Contoh Surat Keterangan Kerja dari Perusahaan Lengkap

Apa yang dimaksud dengan surat keterangan kerja? Surat ini disebut juga surat referensi kerja di mana sejenis surat formal atau surat dinas yang dikeluarkan oleh perusahaan yang yang berisi pernyataan bahwa seseorang yang namanya tercantum dalam surat tersebut telah bekerja dan memiliki pengalaman dibidang tertentu pada perusahaan tersebut.

Banyak yang menganggap bahwa surat keterangan kerja sama dengan surat pengalaman kerja. sebenarnya kedua jenis surat ini berbeda, yang membedakannya adalah isi pernyataan dari perusahaan lama.

Kalau pada surat keterangan lebih menyatakan potensi dan kualitas kerja kita, sementara surat pengalaman kerja lebih fokus ke teknis skill dan keahlian kita dalam bekerja di suatu bidang pekerjaan.

Dalam beberapa contoh surat, terdapat tujuan pembuatan surat keterangan kerja yang wajib kamu ketahui, diantaranya adalah sebagai berikut :

a. Sebagai pemenuhan persyaratan dalam lowongan kerja baru yang diberikan oleh perusahaan target, karena surat keterangan kerja ini bisa saja menjadi syarat utama buat perusahaan lain yang membutuhkan karyawan profesional (non-fresh graduate) yang artinya dengan adanya surat keterangan kerja ini, sobat kosngosan akan dinilai lebih berpengalaman dan memiliki kepercayaan penuh

b. Untuk pemenuhan kelengkapan dokumen perbankan, seperti sobat kosngosan ingin melakukan pinjaman ke bank atau lembaga peng-kreditan, maka pihak tersebut akan membutuhkan data valid seperti surat keterangan kerja ini

c. Sebagai pengajuan beasiswa studi lanjutan seperti S2 dan s3, dan sebagai syarat yang harus dipenuhi saat melakukan pendaftaran pada jalur beasiswa profesional

d. Sebagai pemenuhan syarat dalam menarik dana BPJS Ketenagakerjaan, karena salah satu syaratnya dengan melampirkan surat keterangan kerja yang sudah di legalisir dari perusahaan plus fotocopy-nya


Contoh Surat Keterangan Kerja


contoh surat keterangan kerja

Baca juga : Cara Resign Mendadak dari Perusahaan


SURAT KETERANGAN KERJA
Nomor : 123/KOSNGOSAN/2022

Dengan hormat,

Yang bertandatangan di bawah ini:

Nama : Muhammad Reza Harahap
Jabatan : Manajer HRD
No ID : 12894580010
Alamat : Jl. Nusa Belida, Perum Oce Regency, Padangsidimpuan

Dengan ini menerangkan bahwa:

Nama : Suci Bella Lestari
Jabatan : Staf Manajer Digital Marketing
No. ID : 129090193021
Alamat : Jl. Nusa Indah, No. 2C, Kel. Pegan, Padangsidimpuan

adalah benar-benar merupakan karyawan yang bekerja di PT. Kosngosan sejak 1 Juni 2020 sampai 30 Juni 2022. Yang bersangkutan telah memberikan kontribusi positif terhadap perusahaan dan bekerja dengan baik selama masa kerjanya.

Demikian surat keterangan ini dibuat dengan sebenar-benarnya untuk dipergunakan dengan semestinya.

Padangsidimpuan, 15 Juli 2022

Muhammad Reza Harahap


Surat Keterangan Kerja Bahasa Inggris


CERTIFICATE OF EMPLOYMENT
TO WHOM IT MAY CONCERN

This is letter to confirm that Mr. Muhammad Reza from PT. Kosngosan under Dubai Binladin, has been worked as the Tower Crane Operator, on theparcel 2.11 King Abdullah Financial District project, Riyadh, Saudi Arabia, during the period of December 04, 2021 to December 15, 2022.

He has been carring diverse tasks to our full satisfaction. His performance withregard to the above mentioned point. Was superior, a good team work, andcontributed to our success.Thus this work certificate duly made and may be useful for the interested.

Riyadh, December 15, 2022


Eng. Ahmad Solihin

Parcel Manager 2.11


Surat Keterangan Kerja untuk KPR


SURAT KETERANGAN KERJA
NO. 123/KOS/2022

Saya yang bertandatangan di bawah ini :

Nama: Siti Aminah Rangkuti
Jabatan: Kepala HRD
Alamat: Jalan Bangau Sakti, Perum UNRI, Panam

Menerangkan bahwa yang bersangkutan di bawah ini :

Nama : Rahmat Amaro
Jabatan : Content Creator
Alamat : Jl. Bakti PU, No. 2C Padang

adalah benar bekerja di PT. Kosngosan sebagai content creator sejak tanggal 01 Januari 2021 sampai 10 Februari 2022. Yang bersangkutan telah bekerja dengan baik dan profesional dalam menjalankan tanggung jawab.

Demikian surat keterangan ini saya buat dengan sebenarnya, agar dipergunakan dengan sebaik-baiknya untuk kepentingan persyaratan Kredit  Perumahan Rakyat yang diajukan oleh pihak bersangkutan.

25 Juli 2022, Padangsidimpuan

HRD PT. Kosngosan


Siti Aminah Rangkuti


Surat Keterangan Kerja untuk Kuliah


SURAT KETERANGAN KERJA
NO. 0029/KOS/2022

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama Lengkap : Reza Harahap
Tempat, Tanggal Lahir : Padangsidimpuan, 5 Mei 1994
Alamat : Jl. Nusa Indah, no. 31, RT/RW 07/01, Batunadua, Padangsidimpuan
No. KTP : 337282949599340002
Jabatan : Pemilik Perusahaan

Selaku pemilik PT. Kosngosan yang berlokasi di  Jalan Soekarno Hatta, RT 3, RW 1, Kelurahan Sempara, Kota Padangsidimpuan, Provinsi Sumatera Utara dengan ini menyatakan bahwa :

Nama Lengkap : Rahma Nanda Sri Wahyuni
Tempat, Tanggal Lahir : Tebing Tinggi, 12 Oktober 1996
Alamat : Desa Aektuhul, RT 02 RW 01, Batunadua, Padangsidimpuan Selatan, Padangsidimpuan
No. KTP : 28293039400990002

Adalah benar bahwa yang bersangkutan bekerja sebagai Digital Marketing, di PT. Kosngosan  yang beralamat di Jalan Soekarno Hatta, RT 3, RW 1, Kelurahan Sempara, Kota Padangsidimpuan, Provinsi Sumatera Utara.

Demikianlah surat keterangan ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan dipergunakan untuk persyaratan masuk ke perguruan tinggi tujuan bagi pihak yang bersangkutan.

Pekanbaru,

Yang menyatakan,

Reza Harahap


Surat Keterangan Kerja DOC


Nah selain contoh dalam bentuk teks seperti diatas, sobat kosngosan juga bisa mengunduh contoh surat keterangan kerja dalam format word yang bisa diedit sesuai dengan kebutuhan kalian masing masing, jadi sobat tidak perlu lagi membuat surat dari awal, cukup edit bagian yang dibutuhkan. Silahkan scrool dibawah ini :



Unduh contoh file surat keterangan kerja disini

Catatan :

Setelah sobat meng-klik link-nya, maka sobat akan diarahkan ketab baru, tunggu beberapa detik hingga muncul tombol download-nya, klik tombol downloadnya dan kamu akan diarahkan ke Google Drive, sekarang kamu sudah bisa mendapatkan file nya dalam format Word yang bisa diedit sesuai kebutuhan


Contoh lainnya

CERTIFICATE OF EMPLOYMENT
No. 428/DCBJ/I/2013

Dengan ini menerangkan bahwa
To whom it may concern

Nama : MUHAMMAD REZA HARAHAP
Name

Alamat : JL. NUSA PELIDA VI GG.PELITA 17 RT 004/005, PADANGSIDIMPUAN
Address

Tempat/Tanggal Lahir : PADANG, 25 Oktober 1994
Place, date and Birth

Telah bekerja untuk : PT. KOSNGOSAN JAYA
Employed for

Departemen : MARKETING
Department

Sebagai : STAFF PENDUKUNG
As Position

Mulai Bekerja : 25-November-2021 s/d 01-Januari-2022
Effective Date Until

Berhenti Bekerja denganalasan : MENGUNDURKAN DIRI
to be terminated due to

Atas jasa-jasanya terhadap perusahaan kami ucapkan terima kasih.
Therefore, we wish to convey our appreciation the services rendered to us duringabove period.

Medan, 07-Januari-2022


contoh surat keterangan kerja


Cara Membuat Surat Keterangan Kerja


Pada dasarnya, membuat surat keterangan kerja sama saja dengan membuat surat dinas / formal lainnya yang harus mengedepankan aspek teknis penulisan. Kamu bisa mengikuti beberapa langkah penulisan surat seperti dibawah ini :

a. Membuat Kop Surat atau Kepala Surat, bagian ini sama dengan elemen surat dinas lainnya yang terdiri dari : nama perusahaan, alamat kantor, nomor telepon kantor tempat bekerja.

b. Membuat Perihal Surat, ini akan menjadi bagian selanjutnya yang akan dibuat, berisi nama karyawan, jabatan karyawan, nomor identitas karyawan hingga nomor ktp

c. Membuat Isi Surat, setelah itu kemudian barulah pihak perusahaan (yang membuat surat keterangan kerja) membuat bagian terpenting dari surat ini, yaitu memberikan pernyataan "adalah benar bahwa karyawan dengan nama Reza Harahap, misalnya beserta rincian adalah seorang karyawan di perusahaan Kosngosan"

d. Selain itu perusahaan juga memberikan informasi mengenai berapa lama waktu bekerja dan jabatan atau posisi mu di perusahaan tersebut berserta impresi dan penilaian kerja yang diberikan perusahaan selama kamu bekerja disana.

e. Membuat Penutup Surat, seperti surat dinas lainnya, maka bagian ini akan terdapat pada bagian akhir surat keterangan kerja yang isinya salam penutup

f. Membuat Pengesahan, dan terakhir tidak lengkap surat dinas apabila tidak ada tanda tangan dari pihak HRD atau yang berkepentingan dengan penjelasan surat keterangan kerja tersebut. Harus menggunakan nama yang jelas dari pihak HRD perusahaan, kemudian diberikan cap perusahaan dan legalisir dari pihak perusahaan. Hal ini jelas berbeda dari satu perusahaan dengan perusahaan lainnya.

Baca juga : Contoh Surat Referensi Kerja


Kata Penutup


Akhirnya telah sampai kita pada pembahasan akhir mengenai surat referensi kerja dari perusahaan. Semoga kamu yang telah berhenti bekerja dari perusahaan lama mendapatkan surat keterangan ini sebagai bukti bahwa kamu telah bekerja dengan baik pada perusahaan sebelumnya

Buat teman-teman kosngosan yang sedang mengunjungi postingan ini jangan lupa untuk membagikan url artikel ini ke sosial media mu supaya yang lainnya juga turut mengetahui bagaimana proses pembuatan surat keterangan kerja dan mereka juga mendapatkan referensi contoh yang tepat apabila ingin membuatnya. Terimakasih
By

head ads

inline ads

inline ads 2

bottom ads