Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

30 Contoh Pekerjaan di Bidang Jasa dan Distribusi

Contoh pekerjaan di bidang jasa dan distribusi adalah beberapa jenis profesi yang tidak menghasilkan barang berwujud, tetapi memberikan produk berupa service atau layanan yang bisa dinikmati oleh konsumen baik secara langsung atau tidak langsung. Lalu apa pengertian dari pekerjaan jasa?

Pekerjaan yang bergerak di bidang jasa dan distribusi adalah contoh profesi yang kegiatan ekonominya melibatkan beberapa interaksi dengan konsumen atau barang milik, tetapi tidak memberikan transfer kepemilikan.

Atau dengan kata lain, contoh pekerjaan bidang ini adalah suatu bidang pekerjaan yang tanpa modal materil, tetapi hanya mengandalkan modal keahlian, keterampilan atau skill dalam suatu aktifitas produksi.

Pengelompokan jenis pekerjaan ini pada dasarnya dibagi berdasarkan jenis barang yang dihasilkan. Apa saja pekerjaan yang berhubungan dengan kegiatan distribusi? 

Buat kamu yang mendapati soal seperti "sebutkan pekerjaan di bidang jasa" atau "berikan contoh pekerjaan di bidang distribusi", maka referensi dibawah ini bisa membantu kamu untuk menemukan jawabannya.




Contoh Pekerjaan di Bidang Jasa

contoh pekerjaan di bidang jasa distribusi

Nah buat temen teman kosngosan yang ingin mengetahui beberapa pekerjaan jasa, bisa scrool kebawah untuk menemukan berbagai profesi yang sebenarnya sering kita temui sehari hari, bahkan kita tidak menyadari bahwa profesi tersebut sebenarnya berkutat dalam bidang jasa. Apa saja itu? yuk simak dibawah

Baca juga : Cara Mengirim Lamaran Kerja Lewat Laptop/Komputer


Pengacara, Advokat atau Lawyer

Salah satu contoh yang paling ketara ketika kita membicarakan pekerjaan di bidang jasa adalah layanan di bidang hukum, konsultan hukum atau pendamping hukum bagi tersangka atau terdakwa yang akan diadili di pengadilan.

Sobat kosngósan sering menyebutnya sebagai pengacara. Profesi ini adalah pekerjaan yang memiliki keahlian di bidang hukum, dan bertugas untuk membantu klien dalam menghadapi setiap tuntutan yang diberikan oleh Jaksa di pengadilan.

Ada pun tujuan dari pengacara ini adalah untuk membebaskan terdakwa, atau mengurangi hukuman yang didakwakan kepada yang bersangkutan


Pilot, Pramugari dan Pramugara

Seorang pilot adalah nahkoda pesawat terbang yang sangat penting peranannya dalam Keselamatan Penerbangan. 

Selain itu tenaga profesional seperti pramugari dan pramugara juga bisa dikatakan sebagai pekerjaan yang memberikan jasa mereka

Kalau dia pilot, dia memberikan jasa keahlian untuk mengendarai, memastikan keamanan dan membawa pesawat dari bandara A ke bandara B. Kalau pramugara dan pramugari, akan memberikan jasa pelayanan kepada penumpang.


Dokter, Perawat dan Bidan

Ketika kita berbicara mengenai pekerjaan jasa di bidang kesehatan atau medis, maka sudah pasti kita akan mendapati tiga jenis profesi utama yaitu seorang dokter, perawat dan juga bidan. 

Walaupun pada akhirnya produk yang diberikan berupa obat, namun bisa dikategorikan pekerjaan ini adalah pekerjaan jasa

Karena seorang dokter akan menggunakan keahlian dan ilmu yang dia miliki untuk mendiagnosis penyakit pasien, begitu juga dengan perawat akan memberikan pelayanan kesehatan, dan juga bidan yang membuka praktek untuk beberapa layanan kesehatan


Akuntan Perusahaan

Seorang akuntan adalah mereka yang bertugas untuk melakukan pencatatan laporan keuangan di sebuah organisasi, sebagai bentuk pertanggungjawaban finansial.

Akuntan adalah salah satu pekerjaan jasa yang erat kaitannya dengan proses hitung-menghitung dan menggunakan kaidah akuntansi. 

Walaupun saat ini seorang akuntan sudah termudah kan dengan berbagai software yang ada di komputer, sehingga tidak perlu lagi melakukan perhitungan secara manual


Customer Service

Misalnya sobat kosngosan sedang mengalami masalah terhadap suatu produk, maka biasanya perusahaan akan memberikan nomor kontak customer service supaya kamu bisa mengadukan permasalahan tersebut.

Orang-orang yang bekerja sebagai customer service atau sering disingkat CS, menjadi salah satu contoh pekerjaan jasa yang memberikan layanan informasi dan pengaduan dari customer atau konsumen


Pekerjaan Sebagai Telemarketing

Kamu bisa melamar pekerjaan sebagai telemarketing. Jika biasanya pihak marketing ini sering kali berkeliling mencari konsumen akan tetapi untuk menjadi telemarketing hanya perlu menggunakan telepon

Sehingga bisa menawarkan produk dari rumah saja tanpa harus bertemu dengan orang lain. Kamu hanya perlu menghubungi orang, baik dengan pesan singkat maupun lewat telepon.

Banyak sekali perusahaan yang membuka kesempatan lowongan sebagai telemarketing ini. Untuk proses lamaran hingga perekrutan pun sudah menggunakan cara online untuk saat pandemi ini. 

Kamu dapat melamarnya melalui email, dan kemudian ikuti proses rekrutmennya dengan baik. Yang perlu digarisbawahi adalah Kamu harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik dalam menjalankan pekerjaan telemarketing.


Pekerjaan sebagai Tutor/Mentor Online

Jika sobat kosngosan memiliki kemampuan di bidang mengajar sangat mungkin jika Kamu melamar pekerjaan sebagai tutor online. 

Saat ini banyak sekolah yang tidak beroperasi dan dilaksanakan secara online oleh karena itu banyak fasilitas bimbingan belajar juga terpaksa menutup bisnisnya secara offline.

Tidak sedikit yang memilih memberikan pengajaran melalui online sehingga mereka membutuhkan banyak guru untuk dapat mengajar secara online kepada para siswa. 

Dengan ini, maka Kamu bisa melamar menjadi tutor di beberapa fasilitas bimbingan belajar. Kamu bisa membuat video pengajaran di rumah dengan berbekal video, papan tulis, dan alat tulis.


Web Developer

Salah satu jenis pekerjaan yang berbasis jasa dan cukup menjanjikan yaitu pembuatan website. Jenis pekerjaaan ini bisa kamu jalankan dirumah, atau tanpa pergi kemana mana, hanya dengan bermodalkan perangkat PC atau laptop dan jaringan internet yang memadai

Supaya bisa menekuni pekerjaan jasa ini, sobat kos ngosan harus memiliki kemampuan dalam dunia website, memahami bahasa pemograman HTML, CSS, PHP dan sebagainya. 

Dalam hal ini sobat kosngosan juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan apabila mendapat deal kerjasama dengan pihak perusahaan besar dan pemerintahan


Content Creator

Kamu bisa melamar pekerjaan di industri kreatif. Hal ini sangat berkaitan dengan bakat dan minat Kamu. Jika Kamu senang menulis maka Kamu bisa melamar sebagai penulis konten. 

Jika Kamu berbakat dalam dunia desain grafis maka Kamu bisa melamar pada bagian tersebut. Ada juga lowongan tentang video editor jika kamu memiliki kemampuan di dalamnya.

Kamu bisa melamar pekerjaan pada perusahaan digital marketing bila memang memiliki kemampuan di dalamnya. 

Banyak sekali industri kreatif yang membuka lowongan pekerjaan pada pandemi kali ini, sehingga Kamu bisa bekerja dari rumah dan mendapatkan uang darinya tanpa harus keluar rumah mencari kerja.


Konsultan

Seseorang yang memiliki keahlian di bidang tertentu (seperti seni, olahraga, pendidikan, agama dan lainnya), maka kamu bisa memanfaatkan pengalamanmu untuk membantu orang lain dalam menyelesaikan masalahnya seperti menjadi konsultan gizi misalnya

Atau kamu yang ahli di bidang pertanian maka bisa mencoba menjadi konsultan pupuk bagi petani yang baru menanam suatu komoditas perkebunan, begitu juga jasa konsultan dibidang hukum, ekonomi, politik dan sebagainya.


Desainer

Menjadi seorang desainer atau menciptakan suatu produk yang bersifat virtual, bisa dikategorikan sebagai pekerjaan jasa di mana kamu menjual keahlianmu di bidang seni untuk dinikmati dan dipakai orang lain secara komersial

Dengan cara membeli produk virtual tersebut serta membeli hak kekayaan intelektual di dalamnya. Ada banyak sekali contoh desainer, seperti desainer web, pakaian, interior ruangan, dll


Translator atau Penerjemah

Keahlian dibidang bahasa asing bisa membantu kamu untuk mendapat banyak penghasilan, karena omset yang didapat seorang penerjemah bisa juga sangat menjanjikan. 

Hanya dengan modal keahlian berbahasa, kamu sudah bisa memulai pekerjaan ini. Jadi apabila sobat kosngosan memiliki kemampuan bahasa inggris, mandarin, jepang, korea, spanyol, arab dan lainnya

Maka bisa mencoba memanfaatkan kemampuan itu untuk menghasilkan cuan. dengan menerjemahkan berbagai karya seperti buku, skripsi, atau substitle film dan acara dari luar negeri


Pekerjaan Sebagai Admin Media Sosial

Banyak juga tawaran pekerjaan sebagai admin media sosial, khususnya admin media sosial untuk bisnis produk atau jasa. Hal ini disebabkan karena pada pandemi kali ini banyak masyarakat yang memilih berbelanja secara online.

Permintaan akan barangnya menjadi lebih meningkat dibanding hari biasanya. Pastinya, si pemilik usaha saja tidak akan cukup untuk mengatur semuanya. Maka dari itu, si pemilik usaha tersebut memerlukan seorang admin untuk membantu meringankan pekerjaannya.


Editor atau Penyunting

Konten video, photo atau artikel yang banyak dimuat di internet dibuat dari kreator yang hasil akhirnya adalah dari pekerjaan para editor atau penyunting. 

Profesi ini memiliki tugas untuk memperbaiki dan menyelesaikan hasil akhir dari suatu karya supaya lebih sempurna dan bisa dinikmati banyak orang.

Apabila sobat kos ngosan seorang yang ahli dibidang desain grafis, bisa menawarkan jasa edit photo. Buat yang ahli dibidang copywriting, bisa buka edit artikel dan sebagianya. Jadi edit konten disini luas maknanya serta bisa sobat ukmsumùt kembangkan ke berbagai bentuk lainnya.


Penyanyi dan Pencipta Lagu

Sebagai seorang entertainer atau penghibur yang selalu tampil di depan TV, seorang penyanyi harus bisa memberikan suara yang merdu untuk didengar. Begitu juga seorang pencipta lagu yang bisa membuat lagu enak


Penari atau Koreografer

Seorang penari atau koreografer adalah pekerjaan jasa di mana mereka memberikan keahlian untuk melenggak-lenggok kan badan sesuai dengan alunan musik, sebagai bentuk hiburan, nilai seni dan komersial


Aktor atau Aktris

Aktor atau aktris juga adalah pekerjaan jasa di mana mereka memberikan keahlian yang mereka miliki di bidang peran atau drama, dalam suatu sinetron, film atau aksi teatrikal yang bernilai seni atau pun komersial.


Contoh Pekerjaan di Bidang Distribusi

Contoh Pekerjaan di Bidang Distribusi

Ada banyak contoh pekerjaan bidang distribusi, pemasaran, penyaluran atau supply chain yang bisa kamu jadikan sebagai referensi, berikut diantaranya :


Agen Produk

Agen adalah jasa di bidang distribusi yang tugasnya sebagai perantara terhadap pihak yang menunjuknya berdasarkan perjanjian dengan imbalan komisi untuk melakukan kegiatan pemasaran produk

Agen bekerja tanpa memiliki dan atau menguasai produk tersebut. Kamu pasti sering mendengar agen properti, agen mlm, dan sebagainya kan? Dan ini termasuk ke dalamnya


Reseller atau Pemasar Ulang

Menjadi seorang reseller atau pemasar ulang adalah salah satu pekerjaan yang paling menjanjikan, karena kita tidak perlu repot-repot untuk memproduksi barang sendiri. 

Cukup untuk membeli produk dari distributor dalam jumlah banyak kemudian menjual kembali menggunakan brand kita


Dropshipper

Perbedaan antara reseller dengan dropship adalah dropship kita tidak perlu membeli produk tersebut, cukup hanya berperan sebagai orang ketiga 

Peran ini bisa menjembatani antara produsen dengan konsumen, namun terlihat seperti produk tersebut adalah brand milik kita


Sales

Menjadi tenaga sales atau pemasar memang cukup melelahkan Karena harus bekerja di lapangan. Ini adalah salah satu pekerjaan jasa di bidang distribusi 

Pekerjaan ini mengharuskan di mana sobat kosngosan harus door to door membagikan produk ke beberapa pasar di suatu daerah


Brand Ambasador

Seorang brand ambasador itu kamu harus terlibat aktif dalam menggunakan produk tersebut seperti misalnya memperkenalkan produk smartphone, barang elektronik, komputer dan lainnya

Maka sebagai BA, kamu harus bisa meyakinkan audiensi untuk mereka percaya bahwa produk tersebut memang berkualitas dengan menggunakannya sehari-hari. Kamu bisa endorse lewat IG, Youtube, tiktok, Facebook dan media sosial lainnya


Supir Transportasi

Berikutnya tenaga distribusi yang bekerja di bidang jasa adalah sopir transportasi. Supir bertugas untuk mengendarai kendaraan yang berisi barang untuk disalurkan ke seluruh cabang dan konsumen

Seperti yang kita ketahui produk-produk tidak bisa didistribusikan ke berbagai pasar yang ada di daerah tanpa adanya sopir transportasi yang bertugas untuk mengendarai truk yang berisi produk tersebut


Penjaga Gudang Penyimpanan

Selain itu, sobat kosngosan yang bekerja sebagai penjaga gudang penyimpanan produk, seorang helper (tenaga angkat), atau menjadi satpam di suatu gudang penyimpanan 

Pekerjaan keamanan ini bisa dikatakan sebagai tenaga jasa yang bergerak di bidang distribusi, walaupun tidak secara langsung berperan dalam penyampaian produk ke konsumen


Penyortir Produk

Bagi sebagian perusahaan yang memiliki standar kualitas tinggi apalagi sampai produknya diekspor ke luar negeri, mereka cenderung melakukan penyortiran terhadap produk yang mereka hasilkan. 

Dan tenaga yang bertugas untuk produk tersebut bisa juga dikategorikan sebagai pekerjaan jasa yang bergerak di bidang distribusi


Contoh Pekerjaan di Bidang Pariwisata

Selain itu, jasa di bidang pariwisata juga bisa jadi referensi buat kalian, berikut diantaranya :

Tour guide atau Pendamping Turis

Salah satu pekerjaan yang cukup menyenangkan. Karena selain bisa berlibur, kamu juga bisa menghasilkan uang. ketika di daerahmu memiliki lokasi wisata yang ramai pengunjung, kamu bisa banting stir untuk menjadi tour guide disana.

Banyak bule atau wisatawan luar yang membutuhkan jasa pemandu ini. Bagi mereka yang baru pertama berkunjung, pasti mereka butuh yang namanya pendamping supaya setiap pergerakan mereka di satu spot ke spot wisata lain bisa berjalan mulus


Penjual Paket Wisata

Salah satu produk jasa yang yang sangat diminati oleh wisatawan adalah, paket wisata di mana ini sudah include didalamnya biaya masuk, ongkos transportasi, makan sehari hari dan juga keamanan.

Dan kamu juga bisa menjual paket wisata ini ke beberapa teman-temanmu baik secara online maupun langsung


Penyewa Tempat Penginapan

Selain itu pekerjaan jasa lain di bidang pariwisata adalah menyediakan tempat penginapan kepada para wisatawan. Layanan penginapan ini bisa dalam bentuk villa, resort, rumah warga, hotel dan sebagainya


Jasa Rental Mobil

Pariwisata tanpa adanya transportasi sepertinya tidak bisa berjalan sama sekali. Itulah pentingnya adanya akses jalan yang memadai. Sehingga jasa rental mobil menjadi bagian penting di industri pariwisata, apalagi lokasi antar spot wisata saling berjauhan


Contoh Pekerjaan di Bidang Perdagangan

Contoh pekerjaan bidang perdagangan adalah mereka yang memiliki tanggung jawab untuk menjual produk langsung kepada konsumen, seperti dibawah ini :


Dagang Pulsa dan Token Listrik

Di bidang perdagangan ada banyak sekali produk-produk jasa yang bisa diperjualbelikan seperti misalnya kebutuhan sehari-hari masyarakat milenial, yaitu pulsa dan paket data. Keberadaan PLN dalam bentuk prabayar juga membuat kebutuhan token listrik semakin meningkat.


Dagang Asuransi

Orang-orang modern saat ini ini banyak membeli produk asuransi sebagai bentuk perlindungan terhadap resiko yang bisa saja mereka hadapi di kemudian hari. Ada banyak jenis asuransi, dan orang-orang yang Berdagang di bidang asuransi biasa juga disebut sebagai agen asuransi

Baca juga : Contoh Usaha di bidang Jasa


Kata Penutup

Ada banyak sekali jenis pekerjaan, baik itu yang bekerja di bidang barang ataupun jasa, bekerja di luar rumah maupun di dalam rumah. Intinya bekerja adalah kegiatan untuk menghasilkan uang demi menghidupi diri sendiri dan keluarga

Demikian beberapa materi dari kosngosan mengenai pekerjaan di bidang jasa dan juga distribusi, semoga bisa menjadi referensi buat teman-teman yang sedang mencarinya. 

Sebagai bentuk partisipasi Kalian juga bisa share artikel ini ke sosial media masing-masing. Trims sudah berkunjung
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya