Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

22 Contoh Sikap Simpati dan Empati dalam Kehidupan Sehari Hari

Berikut ini yang merupakan contoh perbuatan simpati dan empati akan kita bahas lebih lengkapnya. Memiliki sifat simpati atau empati, sangat penting untuk menunjukkan sisi sosial kita dalam pergaulan di masyarakat. Kedua perilaku ini sangat penting untuk dimiliki, untuk bisa memiliki pergaulan yang luas.

Kali ini kosngosan akan mencoba memberikan beberapa contoh perilaku atau sikap empati dan simpati dalam kehidupan sehari-hari yang harus kita aplikasikan juga di kehidupan nyata. Selain memiliki yang nilai positif dalam kehidupan sosial, empati dan simpati juga memiliki manfaat yang mempengaruhi terhadap identitas kita dalam menilai diri sendiri dan orang lain.

Selain itu, kamu jadinya bisa meningkatkan kerja sama antar tim dalam suatu kelompok, bisa memberikan pengaruh positif, dan juga memperluas pola pikir dalam menghadapi sesuatu.


Contoh Sikap Simpati

contoh sikap simpati

Secara sederhana, pengertian dari simpati adalah suatu keadaan perasaan kepedulian dan perhatian yang dimiliki seseorang terhadap orang lain karena keterlibatan pribadi yang lebih intim. Adapun beberapa contoh dari sifat simpati adalah sebagai berikut :


Memberikan harta kepada orang yang membutuhkan

Salah satu contoh sikap simpati adalah dengan tetap tidak sombong bagi yang memiliki uang atau harta yang banyak. Karena walaupun sobat kosngośan memiliki harta melimpah, bisa memberikan harta tersebut sebagian kepada mereka yang membutuhkan.

Merasa bahwa harta dan kekayaan yang kamu miliki itu adalah titipan dari Tuhan, sehingga kamu memberikan sebagian sebagai bentuk rasa syukur. 


Hemat Energi

Perilaku hemat energi juga bisa menjadi salah satu dari contoh sikap simpati terhadap alam dan bumi. Karena seperti yang kita ketahui saat ini, bumi kita sedang tidak baik baik saja.

Butuh orang orang yang punya rasa simpati untuk menjaga lingkungan dan hemat energi, supaya alam tetap memberikan hasil yang positif untuk umat manusia.


Memberikan Saran dan Kritikan kepada orang lain

Contoh sikap simpati selanjutnya adalah dengan selalu memberikan saran, masukan dan bahkan kritikan kepada orang lain, baik itu dari teman, orangtua atau orang-orang dilingkungan sekitar.

Jangan hanya karena kamu lebih pintar, lebih kaya, lebih terpandang lantas tidak mau memberikan kritikan atau saran kepada orang lain.

Terkadang ada juga yang merasa dirinya insecure (tidak pede) untuk memberikan saran kepada petinggi atau atasannya. Padahal kritik itu menjadi salah satu hal yang dibenarkan, terlebih kita berada dalam negara demokrasi.


Tidak Malu Memberikan Pujian kepada Orang lain

Orang yang memiliki kedudukan dan abatan yang tinggi pastinya akan sering mendapatkan sanjungan atau pujian dari orang lain.

Sebagai bentuk simpati, kamu juga bisa memberikan pujian, apresiasi atau penghargaan kepada orang lain yang membantumu, berkontribusi atau memberikan yang kamu butuhkan


Mendahulukan Kepentingan Sesuai Prioritas dari Orang Lain

Implikasi sikap simpati selanjutnya adalah tetap mendahulukan orang walaupun dia yang lebih rendah atau tinggi jabatannya, misalnya saja di seorang pejabat atau orang miskin sedang antri, walaupun dia bisa saja ta harus antri namun dia memilih tetap antri karena ada orang lain yang sedang antri.


Memberikan Nasihat Bersabar kepada Orang yang Ditimpa Musibah

Apa yang sobat kosngosan lakukan saat dihina dan dicaci? Setiap orang pastinya memiliki reaksi yang berbeda saat dihina oleh yang lainnya.

Ketika kamu dihina oleh orang yang tidak dikenal misalnya, maka sebaiknya usahakan untuk tidak membalas hinaan tersebut dan jadikan menjadi pelajaran.

Begitu juga kamu juga bisa memberikan nasihat kepada orang yang sedang ditimpa musibah untuk selalu bersabar, sebagai bentuk simpati


Ikut Membantu Masalah Orang Lain

Sikap simpati selanjutnya adalah dengan lapang dada menerima setiap ujian dan masalah yang datang dalam hidup. Sikap rendah hati tersebut muncul karena meyakini bahwa semua masalah dan ujian datangnya dari Tuhan.


Menolong yang Sudah Berbuat jahat Terhadap Kita

Bagaimana sikap kamu saat melihat orang yang pernah berbuat kurang baik kepada kamu tiba-tiba dalam kesulitan? pastinya walaupun orang tersebut sudah berbuat kuarang baik kepada kita maka saat dia dalam kesulitan kita wajib untuk membantu dan menolongnya.

Sikap sobat kosngosan yang tetap mau menolong orang yang sudah berbuat kurang bai terhadap kita adalah cerminan sikap rendah hati.


Mengikuti Kerja Bakti Tidak Memandang Jabatan

Di lingkungan masyarakat sering diadakan kegiatan kerja bakti, maka dari itu walaupun kamu orang yang memiliki jabatan tinggi terpandang dan terhormat maka tidak ada salahnya kamu tetap ikut dalam kegiatan kerja bakti


Selalu Bersyukur dengan Apa yang Dimiliki

Syukur dengan apa yang dimiliki, baik itu dalam kondisi lapang atau susah, senang dan susah merupakan perwujudan dari sikap rendah hati. Jadi agar kamu senantiasa bisa merasa bahagia dan gembira maka banyak banykalah mensyukuri semua nikmat Tuhan


Menerima Kekalahan saat Kompetisi

Kamu pastinya kadang ikut dalam kegiatan yang memiliki format kompetisi atau pertandingan, bagamana sikap kamu jika team kamu kalah dalam pertandingan?

Pastinya walaupun kalah kita harus menerima hasil tersebut dengan kerendahan hati dan berusaha untuk lebih baik lagi kedepannya


Tidak Malu Mengakui Kesalahan

Walaupun kamu adalah seorang yang memiliki jabatan tinggi, memiliki harta yang banyak, berprestasi namun jika suatu saat kamu memlakukan kesalahan maka sebaiknya kamu tetap harus mengakui kesalahan yang kamu lakukan tersebut dengan penuh kerendahan hati.


Contoh Sikap Empati

contoh sikap empati

Apa yang dimaksud dengan perilaku empati? Empati merupakan salah satu sifat yang dimiliki oleh manusia sebagai makhluk sosial dimana keadaan mental yang membuat seseorang merasakan apa yang orang lain rasakan dan alami.

Ini adalah salah satu bentuk kepedulian. Adapun beberapa contoh sifat dari empati dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut :


Memberikan salam dan menyapa orang lain

Ini merupakan salah satu perbuatan yang sangat simpel dan sederhana namun sering sekali disepelekan oleh banyak orang.

Dengan mengucapkan salam dan memberikan perhatian kecil kepada orang lain maka kamu telah bisa dikatakan memiliki sifat simpati kepada orang tersebut


Mengunjungi dan memberikan dukungan kepada orang yang tertimpa musibah

Apapun itu ketika orang yang memiliki musibah pastinya akan bersedih. Di sinilah pentingnya peran orang-orang di sekitar untuk memiliki sifat empati dengan memberikan dukungan baik

Dukungan ini berupa moril maupun material. Dan langkah pertama yang harus sobat kosńgosan lakukan adalah dengan mengunjunginya dan dan memberikan dukungan kepadanya


Memberikan ucapan belasungkawa

Orang-orang zaman dahulu sebagai bentuk Simpati mereka akan memberikan ucapan belasungkawa secara langsung kepada keluarga yang tertimpa musibah.

Tetapi hal itu mulai berubah, ah di mana orang-orang di perkotaan memilih untuk memberikan karangan bunga dan mengucapkan belasungkawa mewakili institusinya


Menjenguk orang lain yang sakit

Menjenguk atau mengunjungi orang lain yang sakit baik itu datang langsung ke rumah sakit atau ke rumahnya, menjadi salah satu bentuk kepedulian sosial yang harus kita miliki.

Tidak hanya menghadirkan diri kita dihadapan orang yang bersangkutan, tetapi juga kita harus membawa makanan atau buah-buahan serta memberikan dukungan moril kepadanya


Menghindari sikap SMS

Apa itu sikap SMS? ini adalah kepanjangan dari Senang Melihat orang Susah, dan Susah Melihat orang Senang. Sejatinya kita harus turut bahagia atas kebahagiaan orang lain, dan juga bersedih atas musibah yang dialami oleh orang lain, bukan malah sebaliknya


Tidak menyebarkan aib orang lain

Banyak dari kita yang memiliki kebiasaan buruk yaitu menyebarkan aib orang lain bahkan sampai memfitnah. Hal ini tentu saja tidak menjadi ciri dari orang yang bersimpati, tetapi malah menyulut api kebencian dengan menyebarkan keburukan


Memberikan bantuan yang tepat sasaran dan tepat guna

Sebagai orang yang memiliki kepedulian, kita harus memberikan bantuan kepada orang lain baik berupa materil (uang, barang, fasilitas, dll) dan juga moril (semanangat, dukungan)

Terutama bantuan material sering sekali sobat kosngosan berikan kepada orang yang tidak terlalu membutuhkan, sehingga manfaat yang dirasakan tidak tepat sasaran.

Oleh karena itu penting untuk merencanakan dan memilih dengan matang kepada siapa bantuan tersebut kita berikan


Memberikan solusi terhadap permasalahan sekitar

Tidak hanya bantuan material atau moril yang menunjukkan kamu memiliki sifat empati, tetapi juga kamu bisa berkontribusi dengan memberikan ide

Ide ini berupa gagasan atau solusi yang bernilai pemecahan dalam mengatasi suatu masalah. Misal anak muda yang memberikan mesin penyemai benih kepada petani, dsb


Turut andil dalam mengembangkan lingkungan sekitar

Bentuk kepedulian lain yang perlu untuk dimiliki adalah bersifat proaktif terhadap program-program pembangunan yang melibatkan kemajuan suatu desa, wilayah atau perkampungan masyarakat disekitarmu berada.

Baca juga : Contoh Perilaku Bersih dan Hidup Sehat


Kata Penutup

Rasa empati atau simpati sangat penting untuk menunjukkan kepedulian kita terhadap suatu permasalahan yang dihadapi oleh orang lain. Karena sebagai makhluk sosial manusia membutuhkan dukungan dari lingkungannya supaya bisa melalui setiap masalah yang dihadapi

Semoga dengan menerapkan beberapa contoh sifat empati dan simpati yang telah mimin kosngosan jelaskan diatas, kita bisa mendapatkan semangat dan pelajaran yang berharga untuk bisa menghargai setiap kerja keras dan pencapaian orang lain. Jangan lupa untuk share artikel ini ke sosial media teman-teman juga ya

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya