Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Surat Izin Orang Tua untuk Melamar Kerja

Dalam melamar pekerjaan terkadang perusahaan mewajibkan kepada calon pelamar untuk melampirkan dokumen yang disebut sebagai surat pernyataan orang tua atau wali. Hal ini berfungsi untuk bukti legal yang dijadikan oleh perusahaan bahwa karyawannya bekerja, tanpa adanya paksaan dan dan memang memiliki izin dari keluarga

Sebenarnya dokumen ini seperti surat izin orang tua atau wali ketika kamu melamar pekerjaan bukanlah menjadi sesuatu yang wajib. Akan tetapi pihak perusahaan seakan memberikan persyaratan khusus terhadap berkas ini (terutama perusahaan besar dan sistem kontrak)

Buat kalian, sobat kosngosan yang saat ini berstatus sebagai fresh graduate dan job seeker atau pencari kerja, bisa mempersiapkan surat izin orang tua untuk melamar kerja seperti di Pabrik, Kantor dan juga Perusahaan Swasta, dari awal supaya nantinya ketika lowongan kerja sudah ada, kamu tidak repot lagi untuk mempersiapkannya


Contoh Surat Izin Bekerja


contoh surat izin orangtua melamar kerja

Sebenarnya surat izin orang tua untuk melamar kerja hampir sama dengan jenis surat izin lainnya. Hanya saja di dalamnya terdapat pernyataan orang tua untuk memberikan restu secara legal kepada anaknya agar bekerja dari waktu dan sistem yang telah ditetapkan oleh perusahaan.

Nantinya perusahaan akan menjadikan surat ini sebagai bukti, bahwa kamu telah di izinkan bekerja di perusahaannya, tidak ada alasan lagi orangtua untuk menuntut perusahaan memperkerjakan anaknya tidak sesuai standar, dsb.

Baca juga : Cara Mengirim Lamaran Kerja lewat Gmail HP

Contoh 1

Pekanbaru, 09 Agustus 2021

Hal : Surat Izin Bekerja
Kepada Yth,
Bapak HRD PT. KOSNGOSAN Kota Pekanbaru
Di-
Pekanbaru


Dengan hormat,
Dengan ini saya, Ermila Zuliana Harap selaku orangtua dari Muhammad Reza Harahap, menyampaikan kepada Bapak, yang mana pada hari ini Kamis tanggal 09 Agustus 2021, mengizinkan sepenuhnya anak saya untuk masuk bekerja sebagaimana biasanya sesuai perjanjian.

Oleh sebab itu saya sampaikan kepada Bapak, sudilah kiranya untuk dapat memberikan kesempatan kepada anak saya untuk bekerja. Demikian surat pernyataan ini saya sampaikan, atas perhatian dan kebijaksanaannya dari Bapak saya ucapkan terima kasih.


Mengetahui,

Orangtua


Erhan Harahap, SP


Contoh 2

SURAT KETERANGAN IZIN BEKERJA

Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : ____
Agama : ____
Pekerjaan : _____
Alamat : ______
Email : _____

Adalah benar Orang Tua/Wali dari :

Nama : ____
Tempat, tgl lahir : _______
Jenis kelamin : ________
Agama : _________
Status Perkawinan : ________
Pendidikan Akhir : _________
Alamat : __________


Dengan ini, saya menyatakan sebagai orang tua yang bersangkutan, mengizinkan sepenuhnya kepada anak saya yang bernama __________ untuk bekerja di PT. KOSNGOSAN beserta cabangnya dan bersedia untuk ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia.


Demikianlah surat izin ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Atas perhatian bapak/ibu pimpinan PT. KOSNGOSAN, kami ucapkan banyak terima kasih.


Hormat saya

Orang Tua/Wali


Contoh 3

Kepada :
HRD PT. KOSNGOSAN
Di Tempat

Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama orangtua/Wali :
Nomor KTP/SIM :
Alamat :

Memberikan izin kepada :
Nama Anak :
Tempat dan Tanggal lahir :
Usia :
Nomor Handphone :
Email :
Alamat :

Untuk mengikuti setiap proses seleksi penerimaan lowongan kerja yang diadakan oleh PT. KOSNGOSAN, yang diadakan oleh Team HRD Kosngosan.

Dan apabila sampai masuk sebagai karyawan, akan bersedia mengikuti serangkaian kegiatan yang dilakukan, sampai proses pemilihan yang akan diadakan di Jakarta.

Demikianlah surat izin orangtua ini dibuat, supaya dapat dipergunakan sebagaimana mestinya. Terima kasih.


Padangsidimpuan, 05 September 2021


 Peserta                         Orangtua/Wali


____________           _______________



Contoh 4


contohh surat pernyataan bekerja

Contoh surat pernyataan izin bekerja docx

Selain surat izin dalam bentuk teks diatas, kamu juga bisa mengunduh surat izin dalam format docx yang bisa kamu edit sesuai kebutuhan menggunakan aplikasi ms word. Berikut filenya :



Unduh contoh surat pernyataan orangtua bekerja disini


Cara Membuat Surat izin


Pada umumnya surat izin orang tua untuk melamar kerja dibuat sendiri oleh pelamar. Namun ada juga Perusahaan yang memberikan format khusus kepada calon pelamar untuk kemudian diisi dan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Namun pada umumnya, sobat kosngosan bisa mengikuti beberapa langkah di bawah ini mengenai cara pembuatan surat izin orang tua untuk melamar kerja di perusahaan, yaitu sebagai berikut :


1. Membuat bagian "Tujuan pengiriman surat"

Bagian yang dimaksud yaitu informasi kepada siapa surat izin atau pernyataan tersebut ditujukan. Apakah ke pimpinan perusahaan, HRD atau pihak yang berwenang lainnya.

2. Membuat Alasan Izin atau pernyataan

Bagian ini sangat penting dalam surat izin. Karena unsur ini yang menentukan apakah surat yang sobat kosngosan buat bisa di terima atau tidak. Kamu harus menulis alasan yang  logis dan dapat dipertanggung jawabkan

3. Membuat Tanggal dan tempat pembuatan surat izin / surat pernyataan bekerja

4. Jangan lupa membuat Alamat tujuan (kota)

5. Salam pembuka dan membuat Kalimat pembuka surat

6. Menulis Isi dalam surat (termasuk data diri dari orangtua / wali, yang diikuti oleh data diri calon karyawan yang bersangkutan)

7. Menulis Salam penutup surat yang diikuti oleh Nama pengirim surat dan tanda tangan


Baca juga : Panduan mengurus NPWP untuk Melamar Kerja


Kata Penutup


Surat izin menjadi salah satu dokumen yang penting dan persyaratan tambahan yang diminta oleh perusahaan kepada calon karyawan, untuk memastikan para pekerjanya mendapatkan restu dari keluarga atau orang di sekitarnya.

Karena seperti yang kita ketahui, perusahaan akan menghindari yang namanya tudingan memperkerjakan karyawan dibawah umur, atau tidak memberikan upah yang layak. Dengan adanya surat legal ini maka akan memberikan kepastian hukum bagi perusahaan bahwa sobat kosngosan benar-benar direstui dan diberikan keleluasaan untuk bekerja pada perusahaan pilihanmu tersebut. Jangan lupa share juga artikel nya ya!
Oleh rezaharahap