Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20 Contoh Sayuran Batang yang Sering Dikonsumsi

Apa yang dimaksud dengan sayuran batang? Pengertian sayuran batang adalah suatu komoditas holtikultura yang bagian batangnya dijadikan sebagai sayuran dan dikonsumsi oleh manusia. Bagian batang ini memiliki nilai ekonomi tinggi dan dibudidayakan di Indonesia. Bagian tanaman yang membengkak karena penimbunan makanan biasanya ada di akar atau buah, namun di batang juga ada lho. 

Menurut wikipedia, Sayuran Batang adalah adalah batang tanaman yang dimanfaatkan sebagai sayuran. Istilah ini hanya digunakan untuk sayuran yang sebagian besar terdiri dari batang di atas tanah. (source : wikipedia.org/wiki/Category:Stem_vegetables)

Keberadaan sayuran batang ini pada dasarnya dilakukan untuk memenuhi kebutuhan konsumsi dalam negeri. Selain itu untuk melakukan diversifikasi pangan, yang membuat petani menjadi lebih mengenal jenis jenis sayuran yang bagian batangnya dikonsumsi.

Komoditas sayuran unggulan dari Indonesia, memang cukup banyak dan dan bernilai ekspor tinggi. Adapun sayuran batang yang eksklusif ini umumnya memiliki harga yang relatif lebih mahal, karena memang diminati oleh pasar.


Contoh Sayuran Batang

Contoh Sayuran Batang

Sebagai komoditas hortikultura yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, umumnya adalah kangkung, bayam, sawi dan lainnya. Namun selain itu ada juga jenis sayuran eksklusif yang akan kosngosan jelaskan sebagai berikut :

Baca juga : Contoh Hasil Sampingan Sayuran


Asparagus

Asparagus adalah sayuran hijau yang kaya sekali akan vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. Vitamin-vitamin ini tentunya sangat bagus untuk menjaga kesehatan kulitmu. Selain itu, di dalam asparagus juga mengandung alkaline yang tinggi.

Alkaline ini sendiri dapat membantu menyeimbangkan pH kulit. Kulit yang memiliki pH seimbang cenderung bebas dari masalah kulit menyebalkan seperti jerawat, iritasi, alergi, dan flek hitam. Belum lagi kulit dengan pH seimbang membuat kulit lembab.


Pakcoy

Pakcoy adalah contoh sayuran batang yang bisa membantu menghilangkan kerutan di kulit yang diakibatkan oleh penuaan. Hal ini disebabkan oleh kandungan vitamin C yang ada di dalamnya.

Vitamin C memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu mencegah kerusakan yang disebabkan oleh sinar matahari, polusi, dan asap. Selain itu, nutrisi ini juga meningkatkan kemampuan kolagen untuk menghaluskan dan meningkatkan tekstur kulit secara keseluruhan.


Tauge

Pada dasarnya bagian batang, akar dan daun toge dikonsumsi secara keseluruhan. Tauge adalah kecambah yang berasal dari biji-bijian (lebih seringnya biji kacang kedelai atau biji kacang hijau). Rasanya cruncy dan banyak manfaatnya.


Daun Bawang

Salah satu contoh sayuran batang yang sering kita konsumsi sehari hari. Sebagai tambahan sup atau bahan makanan lain, yaitu daun bawang. 

Ini adalah jenis kelompok bawang. Namun istilah umum yang dapat terdiri dari spesies yang berbeda. Ada banyak sekali manfaat dari daun bawang, seperti mengurangi darah tinggi, memperkuat imun dan sebagainya.


Seledri Daun

Selain daunnya, seledri juga biasanya dipakai batangnya untuk campuran sup dan bahan makanan lainnya. Seledri adalah salah satu contoh sayuran batang yang punya aroma khas yang wangi. Biasanya sering disebut juga daun sup.


Kailan

Sayur yang masih satu spesies dengan kembang kol dan brokoli ini memiliki manfaat yang sangat berlimpah, termasuk merawat kecantikan kulit.

Di dalamnya terdapat antioksidan alami seperti vitamin C dan vitamin E yang mendukung proses pembentukan kolagen. Kolagen dapat mencegah tkamu-tkamu penuaan pada kulit.


Pakis

Sayur pakis sering diambil dari perkebunan atau hutan lembab. Contoh sayuran batang ini biasanya dipanen secara di musim penghujan saat tanaman ini tumbuh tunas baru. Saat memetik sayur pakis, disarankan untuk hanya mengambil sebagian pucuk ujung sayurannya yang masih muda.


Kangkung

Siapa yang tidak kenal dengan sayuran yang satu ini ? Sayuran ini banyak tersebar di seluruh daerah di Indonesia. Ada yang menanam jenis kangkung darat, ada juga kangkung air. Pertumbuhannya juga cepat. Selain daun, batang nya juga biasanya dikonsumsi. 


Rebung

Rebung atau bambu muda adalah salah satu contoh sayuran batang. Pemanfaatan batang yang sering dikonsumsi. Rebung didapat dari tunas bambu yang baru tumbuh. Memiliki tekstur cruncy yang khas dan manis jika masih baru dipanen.


Peterseli

Peterseli adalah salah satu contoh sayuran batang yang memiliki banyak sekali manfaat untuk keecantikan kulit. Salah satunya adalah menghilangkan under-eye dark circles atau yang lebih sering kita sebut mata panda. 

Hal ini disebabkan oleh kandungan vitamin C, vitamin K, dan klorofil. Selain mata itu mengkonsumsi sayuran ini juga bisa menguransi mata panda dan juga ikut sirna.


Horenso (Bayam Jepang)

Sayuran dengan nama lain bayam jepang ini dapat mencegah penuaan dini pada kulit. Kandungan vitamin K di dalam horenso dapat mengurangi gejala penuaan dini seperti mengurangi lingkar mata dan mengencangkan kulit.


Arugula

Arugula mengandung lutein dan zeaxathin yang dapat memperlambat penuaan dengan mencegah terbentuknya kerutan dan bintik hitam.

Selain itu, arugula juga mengandung vitamin A dan vitamin C yang dapat merangsang pembentukan kolagen. Kolagen sangat berperan untuk menjaga kekenyalan kulit dan penyembuhan luka di kulit.


Kale

Memiliki kulit yang glowing natural dan cerah adalah impian setiap wanita. Hal itu ternyata dapat diperoleh dengan mengonsumsi kale secara teratur.

Dengan meminum jus kale yang kaya akan berbagai jenis vitamin, kolin, besi, magnesium, dan lain lain akan membantu mendetoksifikasi kotoran dan racun dari dalam tubuh. Keadaan ini dapat terpancar dari kulit wajah yang glowing natural.

Beberapa contoh sayuran batang lainnya yang sering dikonsumsi oleh manusia, antara lain :

contoh sayuran batang
Source : onlyfoods.net

  • Batang mint
  • Batang daun bawang putih/merah
  • Oregano
  • Batang rosemary
  • Batang thyme
  • Batang ubi jalar muda
  • Batang beet muda
  • Batang kacang panjang muda
  • Batang buncis muda

Kata Penutup

Perbedaan buah dan sayur yang berasal dari luar negeri kemudian ditanam di Indonesia, tentu saja akan meningkatkan diversifikasi pangan dan membuat petani untuk lebih mengenal berbagai jenis komoditas tanaman lain yang berasal dari luar negeri.

Walaupun sebenarnya kita harus tetap mencintai produk pertanian yang berasal dari dalam negeri sendiri, tetapi tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi produk-produk eksklusif yang yang seperti dijelaskan di atas. Demikian dari kosngosan.com dan jangan lupa untuk share artikel ini juga ya!
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya