Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

21 Jenis Sayuran dan Buah Eksklusif yang Diminati Pasar

Apa yang dimaksud dengan sayuran atau buah eksklusif? Pengertian sayuran eksklusif dan buah eksklusif adalah suatu komoditas holtikultura yang memiliki nilai ekonomi tinggi, jarang di budidayakan di Indonesia karena memang berasal dari luar negeri, yang kemudian diperkenalkan di Indonesia.

Keberadaan sayuran dan buah eksklusif ini pada dasarnya dilakukan untuk memenuhi kebutuhan konsumsi dalam negeri. Selain itu untuk melakukan diversifikasi pangan, yang membuat petani menjadi lebih mengenal jenis jenis sayuran dan buah-buahan dari luar

Komoditas buah-buahan dan sayuran unggulan dari Indonesia, memang cukup banyak dan dan bernilai ekspor tinggi. Adapun sayuran dan buah eksklusif ini umumnya memiliki harga yang relatif lebih mahal, karena memang diminati oleh pasar


Jenis Sayuran Eksklusif


jenis sayur eksklusif

Sebagai komoditas hortikultura yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, umumnya adalah kangkung, bayam, sawi dan lainnya. Namun selain itu ada juga jenis sayuran eksklusif yang akan kosngosan jelaskan sebagai berikut

Baca juga : Kesalahan Petani dan Peternak Pemula


1. Sayuran Asparagus

Asparagus adalah sayuran hijau yang kaya sekali akan vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. Vitamin-vitamin ini tentunya sangat bagus untuk menjaga kesehatan kulitmu. Selain itu, di dalam asparagus juga mengandung alkaline yang tinggi.

Alkaline ini sendiri dapat membantu menyeimbangkan pH kulit. Kulit yang memiliki pH seimbang cenderung bebas dari masalah kulit menyebalkan seperti jerawat, iritasi, alergi, dan flek hitam. Belum lagi kulit dengan pH seimbang membuat kulit lembab


2. Sayuran Pakcoy

Pakcoy membantu menghilangkan kerutan di kulit yang diakibatkan oleh penuaan. Hal ini disebabkan oleh kandungan vitamin C yang ada di dalamnya.

Vitamin C memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu mencegah kerusakan yang disebabkan oleh sinar matahari, polusi, dan asap. Selain itu, nutrisi ini juga meningkatkan kemampuan kolagen untuk menghaluskan dan meningkatkan tekstur kulit secara keseluruhan.


3. Sayuran Paprika

Wajah cerah dapat diwujudkan dengan memasukkan paprika ke dalam menu diet. Di dalam sayuran berwarna beragam ini terkandung banyak sekali zat yang berperan dalam mencerahkan kulit. Diantaranya vitamin, zat besi, betakaroten.

Zat-zat tersebut mencegah terjadinya bintik-bintik di wajah baik yang disebabkan oleh sinar ultraviolet atau penuaan. Sebagai tambahan, produksi melanin yang menyebabkan kulit menggelap juga dibatasi oleh paprika.


4. Sayuran Kailan

Sayur yang masih satu spesies dengan kembang kol dan brokoli ini memiliki manfaat yang sangat berlimpah, termasuk merawat kecantikan kulit.

Di dalamnya terdapat antioksidan alami seperti vitamin C dan vitamin E yang mendukung proses pembentukan kolagen. Kolagen dapat mencegah tkamu-tkamu penuaan pada kulit.


5. Sayuran Peterseli

Peterseli adalah salah satu sayuran yang memiliki banyak sekali manfaat untuk keecantikan kulit. Salah satunya adalah menghilangkan under-eye dark circles atau yang lebih sering kita sebut mata pkamu. Hal ini disebabkan oleh kandungan vitamin C, vitamin K, dan klorofil. Selain mata pkamu, ¬eyebag juga ikut sirna.


6. Sayuran Zucchini

Zucchini kaya akan karotenoid yang apabila dikonsumsi secara teratur dapat melindungi kulit dari sinar UV dan polusi. Selain itu, mengonsumsi zucchini juga dapat membantu menjaga kulit tetap terdehidrasi dan elastis.


7. Sayuran Horenso

Sayuran dengan nama lain bayam jepang ini dapat mencegah penuaan dini pada kulit. Kandungan vitamin K di dalam horenso dapat mengurangi gejala penuaan dini seperti mengurangi lingkar mata dan mengencangkan kulit.


8. Tomat Cherry

Tomat Cherry adalah tomat yang berukuran paling kecil jika dibandingkan dengan tomat-tomat lainnya, namun justru mengandung lebih banyak betakaroten.

Kandungan betakaroten yang tinggi dalam tomat cherry dapat membantu mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas. Sedangkan vitamin C di dalamnya dapat membantu menjaga kekuatan, kelenturan, dan kelembapan kulit.


9. Sayuran Arugula

Arugula mengandung lutein dan zeaxathin yang dapat memperlambat penuaan dengan mencegah terbentuknya kerutan dan bintik hitam.

Selain itu, arugula juga mengandung vitamin A dan vitamin C yang dapat merangsang pembentukan kolagen. Kolagen sangat berperan untuk menjaga kekenyalan kulit dan penyembuhan luka di kulit.


10. Sayuran Kale

Memiliki kulit yang glowing natural dan cerah adalah impian setiap wanita. Hal itu ternyata dapat diperoleh dengan mengonsumsi kale secara teratur.

Dengan meminum jus kale yang kaya akan berbagai jenis vitamin, kolin, besi, magnesium, dan lain lain akan membantu mendetoksifikasi kotoran dan racun dari dalam tubuh. Keadaan ini dapat terpancar dari kulit wajah yang glowing natural.


Jenis Buah Eksklusif


jenis buah eksklusif

Selain konsumsi sayuran, masyarakat Indonesia juga gemar mengkonsumsi buah-buahan untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan seratnya. Buah buahan lokal seperti rambutan, durian, manggis, salak dan sebagianya memang cukup populer.

Namun ada juga sebagian dari buah-buahan eksklusif yang bisa ditanam dan dijual dengan harga tinggi seperti yang akan dijelaskan oleh mimin kosngosan.com dibawah ini :


11. Buah Naga

Kombinasi kandungan vitamin C dan antioksidan membuat buah naga menjadi salah satu pilihan buah yang dapat mengatasi jerawat membandel.

Buah ini dapat dijadikan masker dan diaplikasikan pada wajah yang berjerawat langsung. Dengan memakai masker buah naga secara teratur, kulit juga akan terbantu beregenerasi dimana sel kulit mati akan terangkat dan digantikan dengan sel kulit baru.


12. Jambu Air King Rose Apple

Jambu air king rose apple dapat membantu kulit yang terkena infeksi, baik yang disebabkan oleh jamur ataupun virus.

Anti inflamasi dan anti mikroba yang terkandung di dalamnya dapat membunuh jamur dan virus saat mereka menempel di kulit.


13. Jeruk Sunkist

Masalah komedo di sekitar hidung adalah masalah kecantikan kulit yang dapat diatasi dengan jeruk sunkist. Caranya, kamu hanya perlu memarut kulit jeruk sunkist dan mencampurnya dengan yoghurt. Kemudian, campuran kedua bahan ini dioleskan ke area sekitar hidung yang berkomedo.


14. Blackberry

Jika kamu mengalami masalah kulit berminyak maka kamu dapat menambahkan blackberry ke dalam menu dietmu.

Atau kamu juga dapat membuat pasta pembersih kulit alami dengan mencampurkan jus blackberry dengan tanah fuller. Pembersih kulit alami ini dapat membantu mengurangi kandungan minyak pada kulit wajah, mengecilkan pori-pori, dan memurnikan kulit dari dalam.


15. Blueberry

Blueberry adalah salah satu buah yang dapat kamu masukkan ke dalam menu dietmu dengan menjadikannya cemilan atau teman sarapan.

Buah ini mengandung banyak sekali vitamin termasuk vitamin A, B, C, dan E dan berbagai zat lain seperti antosianin, natrium, kalium, dan sebagainya. Mengonsumsi blueberry dapat membantu pertumbuhan sel yang sehat pada kulit wajah dan memperlambat proses penuaan.


16. Raspberry

Bagi kamu yang memiliki kulit sensitif, mungkin raspberry dapat menjadi pertimbanganmu karena buah ini dapat membantu mencegah peradangan dan kemerahan pada kulit sensitif. Penyebabnya adalah kandungan ellagic acid di dalamnya yang pas sekali untuk mengatasi masalah ini.


17. Buah Kurma

Buah lain yang baik untuk kulit sensitif adalah kurma. Buah ini dapat mencegah munculnya bintik-bintik merah pada kulit yang diakibatkan oleh iritasi.

Selain itu, kandungan dari buah yang kerap menjadi santapan saat bulan puasa ini juga dapat mengurangi kulit kusam karena kandungan vitamin A, B5, dan pantotenat di dalamnya.


18. Blood Lime

Jika kulit terpapar sinar matahari terlalu lama dan sering, maka kulit akan menjadi gelap. Hal ini dapat diatasi dengan jus blood lime.

Kamu hanya perlu mengoleskan jus yang sudah dicampur dengan tepung gram dan tahu susu (dahi). Campuran ini dioleskan ke kulit yang menggelap sebelum dibasuh dengan air bersih.


19. Kiwi

Salah satu manfaat kiwi bagi kecantikan kulit adalah mencegah berbagai penyakit kulit. Kandungan omega-3 yang ada di dalamnya sangat ampuh untuk mencegah berbagai penyakit kulit jika dikonsumsi secara teratur. Selain mencegah berbagai penyakit kulit, mengonsumsi kiwi juga dapat membantu menjaga elastisitas kulit.


20. Jeruk Santang

Sama seperti jeruk sunkist, jeruk santang juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan kulitnya dapat digunakan untuk perawatan kulit secara alami.

Kulit jeruk santang dapat membersihkan pori-pori dari minyak dan kotoran yang kemudian mencegah munculnya jerawat. Pengguanaannya pun sama seperti jeruk sunkist yang dapat kamu jadikan masker dan oleskan ke wajah.

Baca juga : Kata Bijak Petani dan Pertanian


Kata Penutup


Perbedaan buah dan sayur yang berasal dari luar negeri kemudian ditanam di Indonesia, tentu saja akan meningkatkan diversifikasi pangan dan membuat petani untuk lebih mengenal berbagai jenis komoditas tanaman lain yang berasal dari luar negeri

Walaupun sebenarnya kita harus tetap mencintai produk pertanian yang berasal dari dalam negeri sendiri, tetapi tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi produk-produk eksklusif yang yang seperti dijelaskan di atas. Demikian dari kosngosan.com dan jangan lupa untuk share artikel ini juga ya!
Oleh rezaharahap