Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

21 Contoh Interaksi antara Individu dan Kelompok

Apa saja contoh interaksi yang dilakukan antara Individu dan Kelompok? Seperti yang kita ketahui, interaksi bisa menimbulkan efek. Interaksi adalah contoh hubungan yang terjadi antara dua atau lebih objek yang saling mempengaruhi dan menimbulkan efek satu sama lain.

Interaksi adalah lawan dari hubungan satu arah yang mengakibatkan sebab akibat. Dan pada kesempatan kali ini, kosngosan akan mencoba membahas mengenai beberapa contoh interaksi antara individu dengan individu ataupun interaksi antara kelompok dengan kelompok yang bisa menimbulkan berbagai efek.

Sebagai makhluk sosial tentunya manusia juga membutuhkan interaksi antara dirinya sendiri dengan orang lain, baik itu ketika bekerja, sekolah, kuliah, di lingkungan alam, aliran sungai dan sebagainya. Interaksi bisa bertujuan untuk melestarikan budaya bangsa, namun ada juga yang mengarah kepada perpecahan

Pembahasan interaksi memang general dan harus didefinisikan Lebih detail lagi. Namun kali ini kita tidak akan fokus untuk membahas pengertian dari interaksi, tetapi akan membahas contoh-contoh interaksi supaya kamu lebih mengerti


Contoh Interaksi Individu dengan Individu

gambar Interaksi Individu dengan Individu

Seperti namanya, interaksi individu dengan individu adalah suatu hubungan yang terjadi antara individu satu dengan yang lainnya, misalnya seperti berkomunikasi, menelepon, chattingan dan lain halnya. Berikut beberapa contohnya :

Baca juga : Contoh Sikap Menghargai Keberagaman


Saat seseorang bertanya tentang lokasi tempat tertentu pada orang asing di jalan

Interaksi ini masuk ke dalam kategori interaksi accidental dimana interaksi antara A dan B yang bertemu di jalan sama sekali tidak direncanakan.

Dalam kata lain, interaksi antar individu dalam contoh ini terjadi secara tidak sengaja. Tapi contoh interaksi ini juga bisa jadi intens jika terjadi lanjutan ikatan


Jual beli antara pembeli dan penjual

Interaksi antar individu seperti ini sering kita temui di pasar, mall, toko, warung, dan tempat jual beli lainnya. Fenomena ini masuk ke dalam contoh interaksi antar individu dimana syarat terjadinya interaksi sosial sudah terpenuhi

Hal tersebut seperti dilakukan oleh setidaknya dua individu, memiliki tujuan yaitu transaksi jual beli, dan terjadi komunikasi antar pembeli dan penjual tentang harga barang atau tawar menawar.


Berbincang dengan salah satu teman

Kamu mungkin sering melakukan ini, bahkan bisa saja setiap hari. Nah, kamu perlu tahu bahwa yang kamu lakukan sehari-hari ini masuk ke dalam contoh interaksi antar individu, yaitu kamu dan temanmu.

Contoh interaksi individu dengan individu ini masuk ke dalam kategori regular dimana interaksi antara kamu dan temanmu terjadi secara umum dari hari ke hari.


Menyapa tetangga di pagi hari

Mungkin kamu sering berjalan melewati rumah tetangga saat mereka sedang berada di teras rumah. Kamu pun selalu menyapa mereka setiap kali bertemu di pagi hari dengan mengucapkan salam atau menanyakan kabar.

Fenomena ini tergolong interaksi antar individu yang repeated atau terulang-ulang setiap hari, walaupun tidak direncanakan secara sadar oleh pelakunya


Konsultasi dengan dokter

Kamu tentunya pernah sakit, bukan? Saat kamu sakit dan bertemu dengan dokter untuk melakukan konsultasi, sebenarnya hal ini pun masuk ke dalam contoh interaksi antar individu.

Bedanya dengan beberapa contoh di atas, jenis interaksi ini sudah direncanakan dan mengikuti aturan tertentu. Jenis interaksi antar individu ini disebut juga regulated.


Orangtua membantu sang anak belajar berhitung

Dilihat dari sifatnya interaksi sosial ada yang positif ada yang negatif. Salah satu contoh interaksi antar individu yang positif atau disebut juga asosiatif adalah seorang ibu yang mengajari anaknya berhitung.

Interaksi individu dengan individu ini yang terjadi antar ibu dan anak ini sifatnya positif karena sang ibu memiliki tujuan yang baik, yaitu agar anaknya pandai.


Perkelahian antara saudara

Kalau tadi interaksi antar individu yang positif, maka yang satu ini adalah yang negatif atau disasosiatif. Interaksi antar adik dan kakak pada contoh ini terjadi karena adanya konflik.

Konflik antar individu akan melahirkan interaksi yang negatif seperti perkelahian, saling sindir, saling hina, dan bahkan baku hantam.


Orang Indonesia yang bersekolah di luar negeri

Orang Indonesia di sini membawa kebudayaan dan bahasa Indonesia ke luar negeri. Di sana, orang ini dapat beradaptasi dengan budaya setempat, namun saat ia bertemu dengan sesama orang Indonesia atau saat ia pulang ke negaraya

Ia tetap mengimplementasikan budaya-budaya Indonesia dan memakai bahasanya. Interaksi antar individu ini masuk ke contoh asosiatif golongan akulturasi dimana seseorang menerima budaya lain tanpa menghilangkan budaya lama.


Perebutan harta warisan antar saudara

Interaksi ini dapat terjadi antar dua orang atau lebih. Interaksi ini disebabkan oleh konflik, dimana setiap pihak merasa haknya lebih besar dari pihak lain.

Jenis interaksi ini masuk ke dalam interaksi sosial antar individu yang bersifat disasosiatif golongan kompetisi. Interaksi individu dengan individu yang saling mengharapkan jatah warisan dari orangtua


Melerai pertikaian antara kedua teman

Salah satu jenis interaksi sosial asosiatif adalah akomodasi dimana seorang individu berusaha menyelesaikan konflik antar dua individu lainnya.

Jika sobat kosngosan.com melihat dua orang temanmu berkelahi dan kamu melerainya, maka bisa dikatakan kamu dan dua temanmu sedang terlibat interaksi sosial asosiatif jenis akomodasi.


Gambar Interaksi Individu dengan Individu

Gambar Interaksi Individu dengan Individu


Gambar Interaksi Individu dengan Individu


Gambar Interaksi Individu dengan Individu



Contoh Interaksi Kelompok dengan Kelompok

gambar Interaksi Kelompok dengan Kelompok

Dan setelah itu kita akan membahas mengenai interaksi antar kelompok, gimana dari namanya kita sudah mengetahui bahwa hubungan ini terjadi antar kelompok atau berbagai individu dengan tujuan tertentu.

Berikut beberapa contohnya


Kedua orang tua menasehati anak-anaknya

Keluarga merupakan sekolah pertama anak-anak. Rumah adalah lingkup sosial pertama yang melibatkan seorang anak sejak mereka dilahirkan.

Oleh karena itu, wajar jika di dalam lingkup keluarga banyak terjadi interaksi sosial, salah satunya interaksi sosial antar kelompok, yaitu kelompok orang tua dengan kelompok sobat kosngosan sebagai anak, misalnya


Pertemuan kedua pihak untuk membahas pernikahan

Dalam interaksi ini yang terlibat bukan lagi dua kelompok dalam satu keluarga, melainkan dua kelompok dari dua keluarga yang berbeda.

Dalam interaksi antar kelompok ini kedua pihak melakukan interaksi sosial dengan tujuan untuk mencapai tujuan bersama, yaitu menyatunya kedua keluarga lewat pernikahan.


Semua guru Mapel Rapat untuk menyusun soal try out

Perlu dicatat, jika hanya satu guru yang hadir mewakili setiap mata pelajaran yang disebutkan maka interaksi yang terjalin adalah interaksi antar individu.

Sedangkan dalam contoh ini, semua guru yang mengajar mata pelajaran hadir sebagai kelompok untuk berdiskusi dengan kelompok mata pelajaran lainnya.


Para mahasiswa menjelaskan sistem perkuliahan di kelas XII

Proses interaksi sosial yang terjadi di sini dilakukan dengan sengaja, direncanakan, dan diatur oleh sistem tertentu.

Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam proses interaksi ini adalah memberi gambaran dunia perkuliahan pada calon mahasiswa.


Tawuran antar dua kelompok siswa dari sekolah yang berbeda

Konflik antar kelompok akan menimbulkan interaksi sosial yang bersifat disasosiatif dimana interaksi yang terjadi akan berujung pada perpecahan.

Dalam contoh ini kedua kelompok berusaha menentang satu sama lain karena adanya dua paham yang berbenturan. Interaksi sosial jenis ini masuk ke dalam oposisi.


Kerjasama POLRI dan TNI untuk menyelesaikan kasus darurat

Interaksi yang berbentuk kerjasama yang terjadi antar dua kelompok di sini bersifat kooperatif dimana kedua kelompok memiliki tujuan yang sama

Dan terlibat suatu interaksi sosial yang kompleks untuk mencapai tujuan bersama tadi. Misalnya adanya konflik perang di Papua, tim dari polri dan tni membuat timsus (tim khusus) untuk menyelesaikan masalah tersebut


Tes rapid gratis di pasar

Interaksi sosial ini melibatkan kelompok tenaga medis dan para penjual di pasar. Jika kegiatan tes rapid gratis berjalan dengan lancar tanpa konflik apa pun antar kedua kelompok

Yang artinya interaksi yang terjadi bersifat kooperatif dimana para pedagang dan tenaga medis berusaha mencapai tujuan bersama.

Namun, jika saat proses interaksi sosial ada konflik di antara kedua kelompok maka interaksi yang terjadi bersifat disasosiatif jenis kontravensi dimana terjadi penolakan, penyangkalan, penghasutan, maupun pengkhianatan.


Kelompok polisi melakukan penangkapan terhadap gerombolan penjahat

Walaupun interaksi sosial pada contoh ini terkesan bersifat positif karena pemikiran kamu pasti wajar penjahat harus ditangkap demi keamanan masyarakat.

Namun, sebenarnya jika dilihat dari ilmu sosiologi, interaksi sosial antar kelompok polisi dan penjahat tetaplah bersifat disasosiatif karena kedua belah kelompok di sini tidak bekerja sama untuk mencapai tujuan tertentu. Sebaliknya, keduanya memiliki konflik dan saling bertentangan.


Penjurian di suatu kontes

Kelompok yang terlibat di sini adalah para juri dan para kontestan. Juri bertugas untuk berinteraksi dengan menilai penampilan atau kinerja kontestan

Mereka menjalin komunikasi lewat komentar-komentar dan pertanyaan-pertanyaan dari para juri yang kemudian dijawab oleh para kontestan.


Demo di depan kantor pemerintah

Interaksi yang melibatkan para demonstran dan pemerintah bersifat disasosiatif, terlepas dari ricuh atau tidaknya demo yang berlangsung.

Karena, kalau sobat kosngosan lihat lagi, yang menyebabkan terjadinya interaksi sosial di sini adalah konflik antar kedua belah pihak yang tidak saling setuju.

Baca juga : Contoh Konflik Horizontal, Vertikal dan Diagonal


Kata Penutup

Sebagai salah satu jenis hubungan yang sangat penting, Interaksi yang terjadi antar individu ataupun kelompok harus dilakukan secara positif untuk mendapatkan efek yang positif juga.

Adapun Interaksi yang bertujuan untuk sesuatu yang negatif maka akan menghasilkan efek yang buruk. Demikian pembahasan kita mengenai beberapa contoh dari interaksi antar individu maupun kelompok

Apabila kamu merasa artikel ini bermanfaat silahkan bagikan linknya ke sosial media kalian supaya teman-teman yang lain juga bisa membacanya

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya