Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

21 Manfaat Kegiatan Ekonomi Pada Bidang Jasa

Apa saja keuntungan yang didapatkan dari adanya kegiatan ekonomi di bidang jasa? Produk jasa merupakan invisible product, dimana layanannya dapat dirasakan dan dinikmati konsumen, tapi tidak memiliki bentuk fisik yang bisa tertangkap oleh indera mata milik manusia. Jenis layanan ini tidak bisa disimpan seperti barang real, dan dinikmati pada masa yang akan datang.

Berkaitan dengan kegiatan ekonomi, tentunya tidak pernah lepas dari aspek kehidupan manusia. Dengan adanya kehidupan ekonomi, manusia dapat memenuhi kebutuhan dalam hidupnya, taraf pendapatan dapat bertambah, serta berperan juga dalam sarana untuk mencapai tingkat kesejahteraan dalam kehidupan.


Manfaat Kegiatan Perekonomian yang didapatkan dari Bidang Jasa

manfaat kegiatan ekonomi bidang jasa

Pada pembahasan kali ini, kosngosan.com akan menjelaskan tentang manfaat kegiatan ekonomi yang bergerak dalam bidang jasa. Kamu bisa mendapatkan beberapa referensi dari penjelasan dibawah ini. Berikut poin per poin nya :

Baca juga : Contoh Produk Jasa yang Kena Pajak


1. Memperbaiki Layanan di Bidang Jasa Masyarakat

Dengan adanya kegiatan ekonomi yang bergerak dalam bidang jasa, maka layanan di bidang masyarakat juga dapat mengalami perubahan yang lebih baik. Karena seperti yang kita tahu, pelayanan ini tentunya sangat penting bagi kelangsungan hidup masyarakat. Semakin baik pelayanan yang diberikan, maka tingkat kesejahteraan masyarakat juga akan meningkat.


2. Meningkatkan Laju Pertumbuhan Ekonomi

Dengan adanya kegiatan ekonomi di bidang jasa, maka hal ini juga akan berdampak terhadap peningkatan dan perkembangan ekonomi pada masyarakat. Semakin tinggi frekuensi kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh masyarakat, maka laju pertumbuhan juga akan semakin naik. Nilai pendapatan pun juga akan semakin baik.


3. Mengurangi Jumlah Pengangguran

Dewasa ini, tingkat kepadatan penduduk tentunya semakin lama akan semakin bertambah. Hal ini juga menyebabkan tingginya nilai pengangguran yang tinggi di lingkungan masyarakat. Maka dengan adanya kegiatan ekonomi terutama di sektor jasa, akan mengurangi jumlah pengangguran apabila pembukaan lapangan kerja semakin terbuka luas.


4. Meningkatkan Mutu Pendidikan, Kesehatan, dan Kesejahteraan Rakyat

Sektor jasa umumnya bergerak dalam bidang pendidikan seperti sekolah, lalu dalam bidang kesehatan yakni adanya pembukaan rumah sakit. Dengan adanya kegiatan dalam bidang jasa, maka akan memudahkan masyarakat dalam pemenuhan dan pelayanan bagi kebutuhan mereka. Semakin baik tingkat pelayanan yang diberikan, maka mutu dan kesejahteraan juga akan meningkat.


5. Memeratakan Perekonomian Masyarakat

Kegiatan ekonomi tentunya tidak hanya bergerak dalam bidang jasa saja. Namun pergerakan dalam bidang ini lingkup nya juga luas. Dengan adanya taraf dan kualitas ekonomi yang cukup tinggi, maka perekonomian sobat kosngosan sebagai masyarakat juga akan merata. Pemerintah juga berperan penuh dalam proses ini. Setidaknya dengan membantu menangani dengan baik daerah – daerah yang tingkat perekonomian nya masih rendah.


6. Memberikan Kemudahan Bagi Orang Banyak Untuk Melakukan Kegiatan Ekonomi di Bidangnya

Dengan adanya kegiatan dalam bidang jasa yang bermacam – macam pergerakannya, hal ini juga berperan dalam pemberian kemudahan bagi orang – orang yang memiliki kesulitan pada kegiatan ekonomi dalam bidang mereka masing – masing. Adanya jasa ini juga menunjang terhadap perkembangan usaha yang mereka jalankan supaya dapat tetap berjalan lancar.


7. Meningkatkan Taraf Pendapatan Nasional

Selain berperan dalam pemerataan ekonomi daerah, kegiatan dalam bidang jasa juga dapat mendatangkan manfaat lain yakni membantu dalam peningkatan taraf pendapatan nasional. Semakin baik nilai pendapatan masyarakat, maka nilai pendapatan nasional juga meningkat. Bahkan adanya kegiatan dalam bidang jasa ini juga dapat membantu dalam penambahan devisa bagi negara lho.


8. Melancarkan Kegiatan Perekonomian Daerah

Dampak yang paling dirasakan dari adanya kegiatan ekonomi di bidang jasa adalah perekonomian akan berjalan semakin lancar dan hambatan juga akan berkurang. Mengingat dalam perkembangannya, kegiatan dalam sektor jasa juga semakin diminati dan menjadi penyumbang besar dalam peningkatan perekonomian di daerah, seperti contohnya BUMD


9. Menciptakan Lapangan Pekerjaan Yang Luas

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, adanya angka kepadatan peminat yang tinggi dalam kegiatan ekonomi di sektor jasa sangat berkontribusi luas bagi pembukaan lapangan kerja bagi masyarakat Indonesia. Hal ini dapat mengurangi angka pengangguran dan meningkatkan perkembangan perekonomian yang lebih baik.


10. Mengantisipasi Disintegrasi Nasional Dari Bidang Ekonomi

Disintegrasi sendiri merupakan proses pemecahan kesatuan yang dapat mengganggu dan menghambat jalannya perekonomian dalam suatu negara. Dengan adanya kegiatan di sektor jasa yang membawa dampak baik bagi masyarakat, hal ini dapat mengatasi adanya disintegrasi sehingga kelancaran ekonomi dapat tetap berjalan tanpa hambatan.


11. Meningkatkan Pendapatan Per Kapita Negara

Manfaat lain dari adanya kegiatan di sektor jasa yang juga membawa dampak baik yakni dapat meningkatkan taraf pendapatan per kapita negara dan pendapatan nasional. Adanya sektor jasa yang bergerak dalam berbagai kegiatan ekonomi bahkan hingga sampai di luar negeri ini dapat mendatangkan devisa yang berperan penting dalam peningkatan pendapatan negara.


12. Memfasilitasi Layanan Pengadaan Barang dan Jasa

Semakin berkembangnya zaman dari hari ke hari, tentunya kebutuhan masyarakat juga akan meningkat, utamanya dalam bidang jasa. Sobat kosngosan sebagai masyarakat sangat membutuhkan pelayanan yang baik agar kebutuhannya tetap terpenuhi. Dengan adanya kegiatan dalam bidang jasa ini, diharapkan dapat memfasilitasi layanan yang dibutuhkan masyarakat agar kemakmuran masyarakat juga dapat berkembang menjadi lebih baik.


13. Meningkatkan Efektivitas dan Efisiensi Produksi Jasa

Adanya perkembangan teknologi yang semakin canggih dan baik dalam kegiatan di sektor jasa juga dapat mempermudah dalam proses produksi jasa bagi kebutuhan masyarakat. Hal ini dapat menciptakan proses yang lebih efektif dan efisien sehingga dapat mempermudah masyarakat dalam menjalankan kegiatan dalam bidang ekonomi nya masing – masing.


14. Menciptakan Persaingan Industri Jasa Yang Lebih Kompetitif

Di berbagai sektor perekonomian entah dalam perdagangan, barang maupun jasa tentu pelaku ekonomi juga akan semakin bersaing untuk memasarkan hasil produksinya. Dengan adanya kegiatan ekonomi dalam bidang jasa, tentunya akan lebih membantu dalam penciptaan persaingan yang lebih kompetitif bagi masyarakat dalam industri kreatif di masa depan.


15. Memperluas Pasar Industri Jasa

Seperti yang diketahui, perkembangan industri terus mengalami peningkatan yang baik dan signifikan setiap tahunnya. Dengan adanya pasar yang terus meluas, diharapkan peningkatan produksi juga terus mengalami perkembangan sehingga dapat membawa dampak baik bagi pemerataan ekonomi bagi usaha mikro maupun makro.


16. Membangun Brand dan Identitas Produk Yang Lebih Baik

Adanya kegiatan ekonomi dalam bidang jasa juga dituntut untuk terus menciptakan brand serta kualitas produk yang lebih baik. Apalagi dalam hal ini, sudah didukung oleh tumbuhnya perkembangan teknologi yang semakin canggih, agar nantinya produk yang dihasilkan tidak kalah bagus dengan yang ada di pasaran.


17. Meningkatkan Kualitas Produk Jasa

Untuk memenuhi pelayanan kebutuhan masyarakat, tentunya pelaku ekonomi juga harus inovatif dalam menyediakan produk bagi konsumen. Dengan adanya hal ini, maka pelayanan masyarakat dapat terpenuhi dengan baik, dan kualitas juga dapat diandalkan. Lagi – lagi adanya perkembangan teknologi juga tidak lepas sebagai fasilitas penunjang bagi terciptanya kualitas yang baik tersebut.


18. Membuka Inovasi dan Kreativitas di Bidang Jasa

Dengan semakin maraknya kegiatan ekonomi di bidang jasa, tentunya hal ini akan membuat masyarakat menjadi lebih terbuka dalam penciptaan inovasi dan kreativitas untuk menciptakan produk yang berkualitas bagi konsumen. Inovasi dan kreativitas ini tentunya sangat dibutuhkan dalam pembangunan brand dan identitas produk yang lebih baik dan tidak mengecewakan.


19. Memberikan Solusi Terhadap Permasalahan di Bidang Jasa

Berbagai masalah yang dialami masyarakat juga tentunya tidak sedikit. Adanya kegiatan dalam bidang jasa ini dapat membantu mereka dalam penanganan masalah sehingga dapat diatasi dengan lebih mudah, efektif, dan efisien.


20. Memenuhi Kebutuhan Jasa Bagi Konsumen

Pertumbuhan masyarakat yang semakin tinggi juga berarti semakin banyaknya kebutuhan dan pelayanan yang dibutuhkan. Dalam hal ini kegiatan ekonomi dalam bidang jasa sangat berperan penting bagi pemenuhan kebutuhan masyarakat.

Baca juga : Daftar Barang Impor dari Tiongkok


Kata Penutup

Suatu kegiatan ekonomi menjadi salah satu hal penting bagi perusahaan dibidang jasa untuk menggerakkan roda perekonomian. Tanpa adanya kegiatan ekonomi maka ekspansi perusahaan jasa akan stagnan dan tidak berkembang. Oleh karena itu dibutuhkan kegiatan ekonomi yang masif demi mendukung industri jasa lebih maju lagi

Demikian beberapa informasi mengenai manfaat kegiatan ekonomi yang bisa diperoleh demi berkembangnya produk jasa. Apabila sobat kosngosan.com merasa artikel ini bermanfaat silahkan share dan bagikan ke teman-temanmu yang lain yang ada di media sosial

Oleh rezaharahap