Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

21 Manfaat Kegiatan Ekonomi Pada Bidang Jasa

Apa saja tujuan dan manfaat yang didapatkan dari kegiatan ekonomi di bidang jasa? Kegiatan ekonomi dan perdagangan di bidang pelayanan seperti ini bisa memberikan dampak positif, terutama bagi masyarakat secara mikro dan bagi negara secara makro

Produk jasa adalah invisible product, dimana layanannya dapat dirasakan dan dinikmati oleh konsumen, tapi tidak memiliki bentuk fisik yang bisa tertangkap oleh indera mata milik manusia. Jenis layanan ini tidak bisa disimpan seperti barang real, tetapi bisa dinikmati pada masa yang akan datang.

Berkaitan dengan kegiatan ekonomi, tentunya tidak pernah lepas dari pemenuhan kebutuhan manusia. Dengan adanya kegiatan ekonomi di bidang jasa, manusia dapat memenuhi kebutuhan dalam hidupnya

Tujuan kegiatan di bidang jasa bisa meningkatkan taraf pendapatan masyarakat, dan juga berperan dalam sarana untuk mencapai tingkat kesejahteraan yang lebih baik.


Tujuan Kegiatan Ekonomi di Bidang Jasa

manfaat kegiatan ekonomi bidang jasa

Pada pembahasan kali ini, kosngosan.com akan sebutkan tujuan dan manfaat kegiatan ekonomi di bidang jasa. Selain untuk mengatasi kelangkaan dalam ekonomi. Kamu bisa mendapatkan beberapa referensi dari penjelasan dibawah ini. Berikut uraiannya :


Memperbaiki Layanan Bidang Jasa bagi Masyarakat

Manfaat Kegiatan Ekonomi Pada Bidang Jasa yang pertama dalah dengan adanya kegiatan ekonomi yang bergerak dalam bidang jasa, maka layanan di bidang masyarakat juga dapat mengalami perubahan yang lebih baik.

Karena seperti yang kita tahu, pelayanan ini tentunya sangat penting bagi kelangsungan hidup masyarakat. Semakin baik pelayanan yang diberikan, maka tingkat kesejahteraan masyarakat juga akan meningkat.


Meningkatkan Laju Pertumbuhan Ekonomi

Dengan adanya kegiatan ekonomi di bidang jasa, maka hal ini juga akan berdampak terhadap peningkatan dan perkembangan ekonomi pada masyarakat.

Semakin tinggi frekuensi kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh masyarakat, maka laju pertumbuhan juga akan semakin naik. Nilai pendapatan pun juga akan semakin baik.


Mengurangi Angka Kriminalitas

Dewasa ini, tingkat kepadatan penduduk tentunya semakin lama akan semakin bertambah. Hal ini juga menyebabkan tingginya nilai pengangguran yang tinggi di lingkungan masyarakat.

Nilai pengangguran yang tinggi dengan kesempatan kerja yang minim, tentu akan meningkatkan resiko kriminalitas di masyarakat

Maka dengan adanya kegiatan ekonomi terutama di sektor jasa, akan mengurangi jumlah pengangguran apabila pembukaan lapangan kerja semakin terbuka luas, dan ini juga akan berdampak positif terhadap menurunya jumlah kriminalitas


Meningkatkan Mutu Pendidikan, Kesehatan, dan Kesejahteraan

Sektor jasa umumnya bergerak dalam bidang pendidikan seperti sekolah, lalu dalam bidang kesehatan yakni adanya pembukaan rumah sakit.

Dengan adanya kegiatan dalam bidang jasa, maka akan memudahkan masyarakat dalam pemenuhan dan pelayanan bagi kebutuhan mereka.

Semakin baik tingkat pelayanan jasa yang diberikan, maka mutu dan kesejahteraan juga akan meningkat. Tentu ini berbanding lurus dengan perekonomian mikro dan makro


Pemerataan Perekonomian Masyarakat

Kegiatan ekonomi tentunya tidak hanya bergerak dalam bidang jasa saja. Namun pergerakan dalam bidang ini lingkup nya juga luas.

Dengan adanya taraf dan kualitas ekonomi yang cukup tinggi, maka perekonomian sobat kosngosan sebagai masyarakat juga akan merata.

Pemerintah juga berperan penuh dalam proses ini. Setidaknya dengan membantu menangani dengan baik daerah – daerah yang tingkat perekonomian nya masih rendah.


Memberikan Kemudahan Melakukan Usaha di Berbagai Bidang

Dengan adanya kegiatan dalam bidang jasa yang bermacam – macam pergerakannya, hal ini juga berperan dalam pemberian kemudahan bagi orang – orang yang memiliki kesulitan

Terutama pada kegiatan ekonomi dalam bidang mereka masing – masing. Adanya jasa ini juga menunjang terhadap perkembangan usaha yang mereka jalankan supaya dapat tetap berjalan lancar


Meningkatkan Taraf Pendapatan Nasional

Selain berperan dalam pemerataan ekonomi daerah, kegiatan dalam bidang jasa juga dapat mendatangkan manfaat lain yakni membantu dalam peningkatan taraf pendapatan nasional.

Semakin baik nilai pendapatan masyarakat, maka nilai pendapatan nasional juga meningkat. Bahkan adanya kegiatan dalam bidang jasa ini juga dapat membantu dalam penambahan devisa bagi negara lho.


Melancarkan Kegiatan Perekonomian Daerah

Dampak yang paling dirasakan dari adanya kegiatan ekonomi di bidang jasa adalah perekonomian akan berjalan semakin lancar dan hambatan juga akan berkurang.

Mengingat dalam perkembangannya, kegiatan dalam sektor jasa juga semakin diminati dan menjadi penyumbang besar dalam peningkatan perekonomian di daerah, seperti contohnya BUMD


Menciptakan Lapangan Pekerjaan yang Luas

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, adanya angka kepadatan peminat yang tinggi dalam kegiatan ekonomi di sektor jasa sangat berkontribusi luas bagi pembukaan lapangan kerja

Apalagi bagi masyarakat Indonesia yang saat ini mayoritas berada pada rentang umur angkatan kerja. Hal ini dapat mengurangi angka pengangguran dan meningkatkan perkembangan perekonomian yang lebih baik.


Mengantisipasi Disintegrasi Nasional Dari Bidang Ekonomi

Disintegrasi sendiri merupakan proses pemecahan kesatuan yang dapat mengganggu dan menghambat jalannya perekonomian dalam suatu negara.

Dengan adanya kegiatan di sektor jasa yang membawa dampak baik bagi masyarakat, hal ini dapat mengatasi adanya disintegrasi sehingga kelancaran ekonomi dapat tetap berjalan tanpa hambatan.


Meningkatkan Pendapatan Per Kapita

Manfaat lain dari adanya kegiatan di sektor jasa yang juga membawa dampak baik yakni dapat meningkatkan taraf pendapatan per kapita negara dan pendapatan nasional.

Adanya sektor jasa yang bergerak dalam berbagai kegiatan ekonomi bahkan hingga sampai di luar negeri ini dapat mendatangkan devisa yang berperan penting dalam peningkatan pendapatan negara.


Memfasilitasi Layanan Pengadaan Barang dan Jasa

Semakin berkembangnya zaman dari hari ke hari, tentunya kebutuhan masyarakat juga akan meningkat, utamanya dalam bidang jasa.

Sobat kosngosan sebagai masyarakat sangat membutuhkan pelayanan yang baik agar kebutuhannya tetap terpenuhi.

Dengan adanya kegiatan dalam bidang jasa ini, diharapkan dapat memfasilitasi layanan yang dibutuhkan masyarakat agar kemakmuran masyarakat juga dapat berkembang menjadi lebih baik.


Meningkatkan Efektivitas dan Efisiensi Produksi Jasa

Adanya perkembangan teknologi yang semakin canggih dan baik dalam kegiatan di sektor jasa juga dapat mempermudah dalam proses produksi jasa bagi kebutuhan masyarakat.

Hal ini dapat menciptakan proses yang lebih efektif dan efisien sehingga dapat mempermudah masyarakat dalam menjalankan kegiatan dalam bidang ekonomi nya masing – masing.


Menciptakan Persaingan Industri Jasa yang Lebih Kompetitif

Di berbagai sektor perekonomian entah dalam perdagangan, barang maupun jasa tentu pelaku ekonomi juga akan semakin bersaing untuk memasarkan hasil produksinya.

Dengan adanya kegiatan ekonomi dalam bidang jasa, tentunya akan lebih membantu dalam penciptaan persaingan yang lebih kompetitif bagi masyarakat dalam industri kreatif di masa depan.


Memperluas Pasar Industri Jasa

Seperti yang diketahui, perkembangan industri terus mengalami peningkatan yang baik dan signifikan setiap tahunnya, apalagi dengan bertumbuhnya teknologi informasi

Dengan adanya pasar yang terus meluas, diharapkan peningkatan produksi juga terus mengalami perkembangan sehingga dapat membawa dampak baik bagi pemerataan ekonomi bagi usaha mikro maupun makro.


Membangun Brand dan Identitas Produk yang Lebih Baik

Adanya kegiatan ekonomi dalam bidang jasa juga dituntut untuk terus menciptakan brand serta kualitas produk yang lebih baik.

Apalagi dalam hal ini, sudah didukung oleh tumbuhnya perkembangan teknologi yang semakin canggih, agar nantinya produk yang dihasilkan tidak kalah bagus dengan yang ada di pasaran.


Meningkatkan Kualitas Produk Jasa

Untuk memenuhi pelayanan kebutuhan masyarakat, tentunya pelaku ekonomi juga harus inovatif dalam menyediakan produk bagi konsumen.

Dengan adanya hal ini, maka pelayanan masyarakat dapat terpenuhi dengan baik, dan kualitas juga dapat diandalkan. Lagi – lagi adanya perkembangan teknologi juga tidak lepas sebagai fasilitas penunjang bagi terciptanya kualitas yang baik tersebut.


Membuka Inovasi dan Kreativitas Bidang Jasa

Dengan semakin maraknya kegiatan ekonomi di bidang jasa, tentunya hal ini akan membuat masyarakat menjadi lebih terbuka dalam penciptaan inovasi dan kreativitas untuk menciptakan produk yang berkualitas bagi konsumen.

Inovasi dan kreativitas ini tentunya sangat dibutuhkan dalam pembangunan brand dan identitas produk yang lebih baik dan tidak mengecewakan.


Memberikan Solusi Terhadap Permasalahan Bidang Jasa

Berbagai masalah yang dialami masyarakat juga tentunya tidak sedikit. Misalnya masalah masyarakat yang tidak punya waktu mengurus bayi mereka karena sibuk bekerja, solusinya adalah jasa baby sitter

Adanya kegiatan dalam bidang jasa ini dapat membantu mereka dalam penanganan masalah sehingga dapat diatasi dengan lebih mudah, efektif, dan efisien.


Memenuhi Kebutuhan Jasa Konsumen

Pertumbuhan masyarakat yang semakin tinggi juga berarti semakin banyaknya kebutuhan dan pelayanan yang dibutuhkan, salah satunya di bidang jasa

Dalam hal ini kegiatan ekonomi dalam bidang jasa sangat berperan penting bagi pemenuhan kebutuhan masyarakat.

Misalnya masyarakat kota yang butuh jasa laundry kiloan, karena tidak sempat mencuci pakaiannya sendiri karena sibuk bekerja sehari hari.

Baca juga : Contoh Pekerjaan Bidang Jasa


Kata Penutup

Suatu kegiatan ekonomi menjadi salah satu hal penting bagi perusahaan dibidang jasa untuk menggerakkan roda perekonomian.

Tanpa adanya kegiatan ekonomi maka ekspansi perusahaan jasa akan stagnan dan tidak berkembang. Oleh karena itu dibutuhkan kegiatan ekonomi yang masif demi mendukung industri jasa lebih maju lagi

Demikian beberapa informasi mengenai manfaat kegiatan ekonomi yang bisa diperoleh demi berkembangnya produk jasa.

Apabila sobat kosngosan.com merasa artikel ini bermanfaat silahkan share dan bagikan ke teman-temanmu yang lain yang ada di media sosial

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya