Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Kelangkaan dalam Ilmu Ekonomi, Contoh dan Solusinya

Bagaimana kelangkaan sumber daya dihubungkan dengan pemenuhan kebutuhan manusia saat ini? Kelangkaan bisa terjadi karena ketidaksesuaian antara supply dan demand, eksploitasi yang berlebihan, adanya perubahan gaya hidup dan faktor eksternal lainnya. Pada kesempatan kali ini, kosngosan akan membahas mengenai scarcity atau kelangkaan bila ditinjau dalam aspek ekonomi, beserta contoh dan solusi dalam mengatasinya.

Pada dasarnya kebutuhan manusia tidak terbatas, namun alat pemuas kebutuhan tersebut bersifat terbatas. Begitu juga sumber daya yang digunakan. Keterbatasan ini terjadi bila tidak ada lagi alternatif pengganti atau substitusi untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Kita akan bahas lebib dalam lagi dibawah, penasaran? mari scrool kebawah satu per satu pada materi dibawah ini.


1. Pengertian Kelangkaan

Kelangkaan dalam ilmu ekonomi berarti sesuatu atau barang yang dari asalnya hampir habis atau berkurang. Kelangkaan ini terjadi karena kebutuhan dan keinginan manusia tidak terbatas sedangkan sumbernya bersifat terbatas.

Kata lain dari kelangkaan atau keterbatasan ini adalah suatu fenomena yang disebabkan karena ketidak seimbangan kebutuhan masyarakat dengan kesediaan sumber daya di alam. Sumber daya merupakan barang langka (Scarce) yang dimana kebutuhan setiap orang terhadap sumber daya tersebut berbeda – beda, sedangkan jumlahnya terbatas dan membutuhkan waktu yang lama untuk menyediakan sumber daya tersebut kembali ada atau tersedia.

Kelangkaan ini menyebabkan manusia akan mengalami problem yang serius masalah berkurangnya sumber daya barang dan jasa yang menyangkut kebutuhan dan keinginan manusia.

Dimana kebutuhan dalam ilmu ekonomi merupakan hanya sebuah materi semata. Dimana materi tersebut berupa kebutuhan yang bisa dimakan seperti pangan, kemudian ada meteri yang berupa kebutuhan yang tidak dimakan salah satu contohnya yaitu jasa dokter dan lainnya. Misalkan saat musim kemarau, sobat kosngosan bisa melihat kekeringan di beberapa daerah menyebabkan masyarakat kekurangan air minum, hingga air pun menjadi sangat langka di beberapa tempat.

Baca juga : Manfaat Kegiatan Ekonomi dibidang Jasa


2. Penyebab Kelangkaan

pengertian kelangkaan dalam ilmu ekonomi

Kemajuan teknologi yang semakin pesat menyebabkan terjadinya kelangkaan saat ini. Misalkan seperti contoh adanya pasar di dalam mall membuat beberapa harga pangan dan lainnya menjadi lebih tinggi dibandingkan dengan harga di pasar tradisional. Sehingga yang mampu untuk membeli hanya orang – orang menengah ke atas.

Selain itu adanya kemajuan teknologi ini menyebabkan kebutuhan setiap orang dan kelompok akan semakin banyak. Bertambahnya penduduk di setiap harinya juga merupakan salah satu penyebab terjadinya kelangkaan. Hal ini karena bertambahnya penduduk juga berarti sumber daya barang dan jasa yang dibutuhkan pun otomatis bertambah sesuai dengan jumlah penduduk di alam.

Lingkungan sosial memiliki dampak negatif bagi beberapa orang dan bagi alam. Selain dapat menyebabkan pengaruh nyata bagi beberapa orang, hal ini juga dapat mengakibatkan kelangkaan sumber daya alam karena manusia lebih suka meniru tingkah laku orang di atas nya.

Biasanya hal ini menyebabkan sobat kosngosan jadi lebih banyak pengeluaran untuk mendapatkan lebih banyak sumber daya. Seperti ikut – ikutan membangun rumah mewah di beberapa tempat. Hal ini menyebabkan sumber daya semakin banyak digunakan, semakin langka dan lahan subur semakin berkurang.

Penyebab kelangkaan lainnya yaitu berupa bencana alam yang menyebabkan kelangkaan di luar kehendak manusia, dengan adanya bencana alam seperti longsor, gempa bumi, banjir dan lainnya menyebabkan kerugian yang sangat besar sehingga menyebabkan kelangkaan di daerah kejadian.

Bencana alam bisa saja merusak pabrik, perusahaan – perusahaan, bangunan, dan lainnya. Penyebab lainnya yaitu rusaknya sumber daya alam oleh ulah manusia, kurangnya sumber daya manusia untuk mengolah sumber daya alam di alam. Jika terjadi peningkatan populasi dan meningkatnya kebutuhan, maka sumber saya alam pun akan semakin langka dan terbatas.


3. Kebutuhan Manusia

Kebutuhan manusia itu dibagi menjadi beberapa kelompok yaitu:

Kebutuhan yang penting seperti kebutuhan primer, sekunder dan tersier. Dimana kebutuhan ini merupakan salah satu penyumbang terjadinya kelangkaan sumber daya alam. Contoh dari kebutuhan primer adalah seperti makanan, minuman dan pakaian, rumah dan kesehatan.

Sedagkan kebutuhan sekunder adalah kebutuhan yang jika tidak dipenuhi maka tidak akan mengganggu kelangsungan hidup seperti contoh telpon dan sarana transportasi.

Kebutuhan tersier yaitu kebutuhan yang relatif bagi setiap orang misalkan bagi orang kaya memiliki mobil mewah adalah kebutuhan sekunder sedangkan bagi orang yang kurang mampu memiliki mobil mewah adalah kebutuhan tersier.

Kebutuhan sekarang dan kebutuhan yang akan datang. Kebutuhan sekarang merupakan kebutuhan yang mendesak dan tidak dapat ditunda seperti pengobatan bagi orang sakit. Sedangkan kebutuhan yang akan datang merupakan kebutuhan yang masih bisa ditunda untuk mendapatkannya. Seperti contoh membeli jas hujan di musim hujan.

Adanya kebutuhan perorangan dan kebutuhan kelompok. Kebutuhan perorangan ada beberapa yang merupakan kebutuhan yang harus segera terpenuhi seprti memiliki alat bantu pendengar, alat bantu melihat (kacamata), alat bantu berjalan (tongkat atau kursi roda).

Sedangkan kebutuhan kelompok merupakan kebutuhan yang dimanfaatkan bersama untuk masyarakat. Contohnya seperti alat transportasi umum, jalan raya, fasilitas kesehatan, fasilitas pendidikan dan lainnya.

Dan adanya kebutuhan material dan immaterial. Kebutuhan material adalah merupakan contoh kebutuhan dari sobat kosngosan yang tidak mendesak seperti contoh memiliki tas, pakaian mewah dan lainnya. Sedangkan contoh kebutuhan immaterial yaitu seperti hiburan dan olah raga.


>4. Contoh Kelangkaan

a. Kelangkaan Sumber Daya Manusia

Adanya sumber daya manusia yang yang berkualitas akan dapat mencegah terjadinya kelangkaan, karena ada beberapa Negara yang memiliki sumber daya alam melimpah namun sumber daya manusia yang mengolah sangat kurang.

Seperti contoh tenaga kerja yang terampil dan berpengalaman di era sekarang ini sangat susah ditemukan untuk dijadikan pegawai atau tenaga kerja. Banyak dari perusahaan – perusahaan sulit mencari sumber daya alam yang memiliki skill, pengalaman dan akhlak baik yang bisa sesuai dengan pekerjaan mereka.

b. Kelangkaan Sumber Daya Alam

Sumber daya alam merupakan segala sesuatu yang ada di alam yang dapat dimanfaatkan. Sumber daya yang alam yang tidak dimanfaatkan dengan baik dan bijaksana menyebabkan terjadinya kelangkaan bahkan bisa menjadi bencana bagi manusia itu sendiri.

Selain itu penyebab langkanya sumber daya alam yaitu dimana saat ketika distribusi sumber daya alam tertentu tidak dibagikan secara merata ke seluruh daerah sehingga di beberapa tempat barang itupun menjadi langka dan terbatas. Dimana perbedaan tempat, lokasi dan wilayah tersebut memiliki sumber daya alam yang berbeda.

Sehingga kelangkaan pun bisa berbeda – beda di setiap tempat. Seperti contohnya yaitu sumber air bersih di seluruh dunia tidaklah sama, ada beberapa daerah yang sangat sulit untuk mendaptkan air bersih. Bahkan sangat langka, maka di tempat itu pun akan terjadi kenaikan harga karena sulitnya mendapatkan air bersih. Namun di beberapa daerah yang lain, sumber air sangat melimpah.


5. Solusi Kelangkaan

Beberapa ilmuan ekonomi mencoba melakukan pengukuran terhadap sumber – sumber yang mengalami kelangkaan. Hingga ahirnya mendapatkan beberapa solusi untuk menghindari kelangkaan sumber daya alam menurut Barnett dan Morse yaitu:

a. Recycling atau adanya daur ulang dari barang bekas seperti botol plastik, bungkus makanan, besi, alumunium, nikel dan beberapa barang lainnya.

b. Adanya impor mineral dan metal untuk beberapa pabrik yang membutuhkan dari beberapa Negara lain.

c. Perbaikan transportasi di beberapa daerah dan tempat yang jauh dari sumber daya alam. Perbaikan ini akan memudahkan masyarakat untuk lebih mudah mendapatkan sumber daya alam.

d. Pengambilan sumber daya di alam dapat dilakukan secara besar – besaran sehingga biaya produksi persatuan barang yang mahal akan lebih ditekan.

f. Dicari pengganti dari sumber daya alam yang langka dengan sumber daya alam yang memiliki kesamaan manfaat dengan jumlah di alam yang lebih banyak.

Baca juga : Inti Masalah Ekonomi


Kata Penutup

Pada dasarnya kelangkaan terjadi bukankah disengaja, karena ini bisa merugikan apabila terus-menerus terjadi. Fenomena kelangkaan suatu barang memang harus ditangani secara tepat, sehingga konsumen tidak dirugikan dengan kelangkaan tersebut.

Terima kasih sudah mengunjungi postingan mengenai materi kelangkaan dalam ilmu ekonomi kali ini, semoga bermanfaat buat teman-teman kosngosan. Jangan lupa untuk share atau bagikan artikel ini ke sosial media kalian

Oleh rezaharahap