Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

25 Manfaat Kegiatan Ekspor dan Impor Bagi Masyarakat Indonesia

Apa saja manfaat dari kegiatan perdagangan ekspor dan impor bagi perekonmian masyarakat Indonesia saat ini? Yang merupakan manfaat dari kegiatan tersebut adalah adanya pemenuhan kebutuhan bagi masyarakat yang belum bisa diproduksi oleh produsen dalam negeri.

Belajar Import Export sudah sering kita hadapi ketika mengikuti mata pelajaran ekonomi, bukan? Sejak di bangku sekolah, istilah ini sangat familiar bagi kita. Tapi tahukah sobat kosngosan bahwa aktifitas ini menimbulkan impact yang sangat signifikan dalam kehidupan perekonomian kita sehari hari?


Manfaat Ekspor dan Impor Bagi Masyarakat Indonesia

Baik kegiatan ekspor maupun impor punya sisi negatif dan positifnya masing masing. Kalau dilakukan secara proporsional, maka suatu negara akan mendapatkan keuntungan maksimal dari perdagangan internasional tersebut. Apa saja manfaat tersebut? Kalau kamu penasaran, silahkan ikuti point point dibawah ini yang sudah mimin kosngosan rangkum untuk kalian!


A. Manfaat Kegiatan Ekspor

Apa itu export? Ini adalah kegiatan mengeluarkan (sending) barang dari wilayah terirorial Republik Indonesia yang meliputi area darat, area perairan dan area udara di atasnya, termasuk Zona Ekonomi Eksklusif dan landas kontinen. Wilayah ini disebut Pabean. Berikut manfaat ekspor itu sendiri :

Baca juga : Manfaat Kegiatan Ekonomi pada Bidang Jasa


1. Menambah Devisa Bagi Negara

Hal ini pastinya sudah jelas. Dengan adanya ekspor, dapat dipastikan nilai atau cadangan devisa yang dimiliki oleh suatu negara juga akan bertambah. Devisa sendiri mempunyai peran yang cukup penting bagi perekonomian dan infrastruktur suatu negara. Semakin baik perekonomian suatu negara, maka angka kesejahteraan rakyat juga akan semakin baik.


2. Adanya Pengembangan Terhadap Usaha Kecil Menengah (UKM)

Dengan adanya ekspor, optimalisasi produksi, laba usaha dan pemanfaatan pasar juga akan meningkat. Hal ini dikarenakan, semakin luasnya kegiatan ekspor, maka pihak eksportir harus melibatkan banyak pihak lagi dalam usahanya, contohnya seperti pelaku Usaha Kecil Menengah. Hal ini tentunya dapat mendongkrak angka kesejahteraan rakyat dan memberikan pengalaman yang besar bagi masyarakat.


3. Produk Yang Dijual Akan Diakui Secara Internasional

Adanya ekspor sendiri bagi kegiatan industri nantinya adalah barang yang dijual akan dikenal luas oleh masyarakat dunia atau Internasional. Apalagi jika segi kualitas barang nya baik, penetrasi harga dan pasar yang juga baik dan adanya konsistensi dalam memenangkan pasar global, maka dijamin produk Indonesia akan semakin dikenal di mata dunia.


4. Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat

Sobat kosngosan harus tahu bahwa sisi positif ekspor sendiri pastinya juga berdampak bagi angka kesejahteraan rakyat. Dengan adanya ekspor, jumlah perkapita suatu negara atau daerah juga akan bertambah. Hal ini juga akan berdampak baik bagi peningkatan produktivitas masyarakat, tingkat kreativitas dan juga kesejahteraan sehingga dapat berjalan signifikan.


5. Wawasan Seputar Transaksi Nasional Juga Akan Bertambah

Dengan adanya ekspor, kegiatan masyarakat dalam melakukan transaksi atau penjualan produk ke luar negeri dan berskala global juga akan meningkatkan wawasan dan pengalaman yang luar biasa. Disamping itu, pelaku UKM dan usaha – usaha lainnya juga dapat terlibat sehingga bisa ikut berpartisipasi dalam kegiatan perdagangan dunia.


6. Investasi Dalam Negeri Akan Meningkat

Selain menambah devisa, ekspor juga dapat mendongkrak investasi dalam jumlah besar – besaran. Hal ini berdampak baik karena dapat mendatangkan dana yang lebih banyak sehingga dapat membantu pembangunan di dalam negeri. Pengembangan manufaktur dan industri perdagangan pun juga akan meningkat dengan signifikan.


7. Memperbaiki Perekonomian Masyarakat Umum

Ini juga merupakan manfaat yang sangat penting. Adanya ekspor sendiri dapat membantu menggerakan kegiatan perekonomian baik dari level mikro hingga mencapai level makro. Ekspor disebut sebagai kunci atau strategi jitu dalam memperbaiki kondisi atau performa bangsa baik secara langsung maupun tidak langsung.


8. Mengenalkan Produk Dalam Pasar Internasional

Ekspor juga disebut – sebut sebagai jalan alternatif untuk mengenalkan produk buatan dalam negeri ke ranah asing atau Internasional. Tentu ini merupakan kesempatan emas yang tidak bisa sobat kosngosan sia – sia kan. Penjualan dan promosi produk ke luar ini dapat membuat produk Indonesia lebih dikenal luas dan eksis di mata dunia.


9. Membuka Lapangan Kerja Yang Lebih Luas

Semakin merebaknya kegiatan ekspor, juga akan membuat beberapa instansi perusahaan banyak membuka lapangan kerja yang lebih luas. Hal ini dikarenakan permintaan terhadap produksi juga semakin meningkat sehingga membutuhkan lebih banyak pekerja. Jika peluang kerja semakin naik, maka dapat mengurangi jumlah pengangguran dan mengentaskan masyarakat dari kemiskinan.


10. Meningkatkan Rasa Cinta Terhadap Produk Dalam Negeri

Dengan semakin meningkatnya jumlah produk yang diekspor ke luar negeri, maka akan menumbuhkan pemikiran positif pada masyarakat. Seperti contohnya “kualitas produk Indonesia juga bagus loh! Buktinya bisa sampai ke luar negeri" Maka dari itu sobat kosngosan harus cinta produk lokal juga karena termasuk salah satu sikap nasionalisme dan patriotisme. Nah hal ini lah yang akan berdampak baik bagi pemikiran masyarakat secara luas.


11. Omset Dagang Juga Akan Meningkat

Jika penjualan barang yang diekspor juga semakin naik, maka otomatis keuntungan dan omset dari penjualan juga akan meningkat dengan siginifikan. Hal ini tentunya juga bermanfaat bagi pelaku UKM sebagai pengusaha. Belum lagi ditambah banyaknya pengalaman berharga karena dapat berbisnis dengan orang asing di luar negeri.


12. Menanamkan Stigma Positif Pada Masyarakat

Tentunya, jika masyarakat sudah semakin teredukasi seiring dengan banyaknya manfaat ekspor, maka hal ini juga akan membawa dampak positif. Beberapa diantaranya seperti meningkatnya kreativitas yang semakin bervariasi dalam mengolah produk agar tidak kalah saing di permintaan pasar global, selain itu masyarakat juga akan ramai – ramai berkompetisi untuk melakukan ekspor.


B. Manfaat Kegiatan Impor

Impor adalah kebalikan dari Ekspor. Impor adalah suatu kegiatan dimana memasukan barang ke wilayah yang disebut Pabean (lihat defenisi pabean di bagian ekspor) dan juga termasuk kegiatan pembelian barang dan jasa dari negara lain demi memenuhi kebutuhan dalam negeri.

Jika tadi sudah dijelaskan tentang beberapa manfaat ekspor, sekarang mimin kosngosan.com akan menjabarkan tentang beberapa manfaat impor bagi masyarakat Indonesia. Berikut penjelasannya :


1. Memenuhi Produk atau Jasa Yang Tidak Tersedia Di Indonesia

Perlu diingat bahwa setiap negara pasti memiliki potensi dan kekurangan sendiri dalam pemenuhan kebutuhan bagi masyarakatnya. Nah, dengan adanya impor ini diharapkan dapat membantu menyediakan bahan baku atau kebutuhan yang tidak tersedia atau tidak mencukupi dalam kehidupan suatu negara.


2. Menjaga Tingkat Kestabilan Harga

Dengan adanya impor maka kestabilan harga barang – barang dalam negeri juga dapat tetap terjaga. Misalnya, jika harga beras di dalam negeri sedang naik maka pemerintah akan mengambil kebijakan impor beras dari luar negeri sehingga harga beras dalam negeri tetap stabil. Karena jika hal ini dibiarkan, maka harga yang tidak stabil tersebut dapat berpotensi buruk dalam aspek perekonomian masyarakat.


3. Dapat Memperoleh Teknologi Yang Lebih Modern

Dengan adanya impor ini juga bermanfaat bagi pemenuhan teknologi bagi kehidupan masyarakat di Indonesia. Kita ambil contoh saja, mesin – mesin dan teknologi pada industri di dalam negeri masih tergolong standar dan tradisional. Maka dengan adanya impor ini, dapat mempermudah dalam pengolahan bahan baku tentunya dengan teknologi yang lebih canggih dan modern.


4. Kemudahan Memperoleh Bahan Baku

Impor dapat mempermudah masyarakat dalam mengurangi kesulitan pemenuhan barang baku. Baik untuk industri maupun usaha pribadi. Dengan adanya impor, tentunya masyarakat akan lebih mudah mendapatkan bahan baku tanpa perlu pergi ke luar negeri dan harga beli yang didapatkan juga relatif lebih rendah.


5. Kualitas Barang Yang Didapat Lebih Bagus

Dengan datangnya barang – barang impor yang berperan sebagai pemenuhan kebutuhan, masyarakat juga akan mendapatkan barang yang cenderung berkualitas tinggi, berbeda serta lebih terjamin. Karena pada umumnya, produk yang dijual sudah terverifikasi dan mutu yang dihasilkan juga berkualitas.


6. Mengurangi Ongkos atau Biaya Dalam Produksi

Dengan adanya impor diharapkan dapat mengurangi tingginya ongkos atau biaya produksi suatu barang. Hal ini dikarenakan beberapa barang dibantu adanya komoditi impor dari luar sehingga perusahaan dalam negeri bisa mengontrol jumlah barang yang akan di produksi.


7. Memperkenalkan Produk Baru di Lingkungan Pasar

Dengan semakin maraknya produk baru yang datang dari luar, maka jumlah produk di pasar juga akan bertambah dan bervariasi. Masyarakat juga akan mendapatkan macam – macam produk baru hasil impor tentunya dengan kualitas yang bagus dan modern.


8. Mencegah Monopoli Suatu Produk Tertentu Pada Usaha Masyarakat

Impor juga mendatangkan dampak positif lain. Seperti mencegah terjadinya monopoli karena minimnya jumlah pasar dan sumber daya. Pelaku UKM juga diberi kesempatan untuk menjangkau lingkup pasar yang lebih luas, mereka bisa mendapatkan berbagai varian produk yang berdampak mengurangi resiko monopoli.


9. Menghindari Persaingan Pada Perdagangan Lokal

Seperti yang kita ketahui, seiring perkembangan waktu jumlah pesaing atau kompetitor di ranah perdagangan asing juga akan terus bertambah. Dengan adanya impor, kegiatan ini dapat menekan persaingan ekspor yang tinggi, mengingat tiap – tiap negara juga butuh pemasok kebutuhan lain.


10. Menjalin Kerja Sama Yang Baik Antar Negara

Sama seperti penjelasan pada kegiatan ekspor sebelumnya, impor juga berdampak baik terhadap pertumbuhan hubungan suatu negara dengan negara lain. Hal ini dibuktikan dengan adanya kerja sama yang bersifat kontinyuitas atau berkesinambungan.


11. Memperbesar Skala Produksi

Selain mempermudah pemerolehan bahan baku, sobat kosngosan harus tahu bahwa impor juga dapat meningkatkan skala penjualan di pasar dengan nilai yang lebih besar. Pelaku usaha dapat memberbesar skala produksi sehingga biaya produksi dapat diminimalisir.


12. Membantu Dalam Perkembangan Sebuah Produk

Dengan adanya kegiatan impor, masyarakat atau pelaku usaha lain dapat mendorong untuk terus menciptakan kreasi – kreasi produk baru yang lebih inovatif. Adanya persaingan yang lebih kompetitif membuat mereka harus membuat produk yang lebih efektif dan efisien agar tidak berdampak ketergantungan terhadap impor barang dari negara lain.

Baca juga : Contoh Barang Impor dari China


C. Kata Penutup

Kegiatan perekonomian sebuah negara, layaknya seperti individu. Hanya saja lebih kompleks. Begitu juga dengan kegiatan seperti ekspor dan impor yang dilakukan berdasarkan kebutuhan dan permintaan dari warga negaranya masing masing. Logikanya, kegiatan impor dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri yang tidak bisa diproduksi sendiri.

Sedangkan ekspor untuk menambah pundi pundi pendapatan sebuah negara. Semoga beberapa contoh manfaat diatas, bisa bermanfaat buat teman teman kosngosan, bisa menambah referensi juga. Sebagai bentuk partisipasi kalian, jangan lupa untuk share dan bagikan artikel ini ke sosial media kalian ya. Sampai jumpa pada kesempatan lainnya!

Oleh rezaharahap