Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20 Rekomendasi Novel Remaja Best Seller Wajib Baca

Apa saja judul novel yang sudah kamu baca? Ada berbagai jenis genre novel saat ini, salah satunya adalah teenlit atau remaja. Dan tentu saja novel ini umumnya diperuntukkan untuk para kalangan milenial atau anak muda dengan ruang lingkup cerita seputar sekolah, percintaan remaja dan hal hal keseharian yang sering dialami oleh anak muda zaman sekarang.

Tidak semua penggemar genre buku remaja adalah yang berumur belasan tahun. Terkadang orang dewasa juga suka membaca buku teenlit. Termasuk mimin kosngosan, walaupun sudah berumur kepala dua, tetapi suka membaca novel remaja yang dibalut dengan cerita ringan dan lucu yang pas.

Novel memang merupakan karya sastra yang menawan. Walaupun tidak mengandung ilmu pengetahuan yang banyak seperti karya berat lainnya (biografi atau ensiklopedi mungkin), tetapi sudah bisa membuat pembacanya tenggelam dalam alur cerita yang ditulis oleh penulis, apalagi kalau penulisnya sekelas Boy Candra, Tere Liye atau Fiersa Besari!


Daftar Rekomendasi Judul Novel Genre Remaja Recomended

novel remaja best seller

Baiklah, bagi sobat kosngosan yang sering bingung hendak mencari judul novel yang pas, dan kalian merupakan pecinta novel remaja, berikut akan mimin berikan beberapa rekomendasi novel best seller yang mungkin dapat kamu baca di waktu luang, lets check these out gaes!

Baca juga : Tips Menulis Novel Best Seller ala Tere Liye


1. Kata – Rintik Sedu

Novel dengan judul ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kalian yang mungkin adalah pengikut akun rintik sedu. Kata, merupakan novel best seller yang masuk urutan top ten di beberapa Gramedia Indonesia.

Novel ini menceritakan kisah cinta antara Binta, Nugraha, dan Biru. Nugraha bersikeras untuk menaklukkan hati Binta padahal gadis ini mencintai orang lain yang entah dimana keberadaannya. Alurnya juga dikemas dengan sangat menarik dan sederhana.


2. Satu Setengah Meter (Five Feet Apart)

Novel ini mengisahkan tentang dua pasien pengidap fibrosis kistik yang tinggal di rumah sakit, yakni Stella Grant dan Will Newman. Penyakit yang dideritanya membuat mereka tidak bisa bersentuhan padahal keduanya saling menyayangi.

Alurnya sangat menyentuh, cocok untuk kalian pecinta novel romance. Oh iya, novel ini juga sudah diangat ke layar lebar loh!


3. Konspirasi Alam Semesta

Novel karya musisi terkenal yang akrab disebut Fiersa Besari ini, adalah rekomendasi novel selanjutnya yang dapat kamu pilih. Novel ini mengisahkan tentang cerita Juang dan Ana

Mereka terlibat dilema kisah cinta ditambah dengan lika – liku kehidupan yang dikemas dengan apik. Dari novel ini, kita dapat belajar bahwa pertemuan dan perpisahan adalah dua hal yang sangat erat di dunia ini.


4. Bad Romance

Novel karya Equita Milianda yang diterbitkan oleh Mizan Publishing ini adalah novel remaja yang menceritakan tentang Nathan, si cowok pembuat rusuh di sekolah.

Statusnya sebagai cucu pemilik yayasan di sekolah, membuat tidak ada seorang pun yang berani menentang perbuatan buruknya. Sampai akhirnya muncul Katya. Namun tak disangka, ternyata kedua nya malah terlibat tantangan untuk pacaran. Wah gimana ya kelanjutan ceritanya?


5. Sebuah Usaha Melupakan

Sobat kosngosan pastinya sudah tahu dong, kalau Boy Candra adalah penulis terkenal. Bukunya sudah terbit lebih dari 5 dan beberapa diantaranya sudah menyandang kategori best seller. Novel karya nya ini menceritakan tentang hubungan jarak jauh antara dua pihak. Kisah awalnya berjalan manis dan menghanyutkan sampai tiba – tiba benar – benar hancur karena pengkhianatan akibat hadirnya orang ketiga.


6. This Is Why I Need You

Apa yang terjadi saat mahasiswa gentle dan bertubuh kekar harus tinggal di sebuah rumah indekos putri? Apalagi mengingat ia menggeluti kerja sampingan sebagai bartender minuman beralkohol di sebuah klub.

Awalnya, kehidupan nya di indekos ini berjalan biasa saja sampai kemudian seorang wanita hadir dan membuat hidupnya jadi berantakan. Penasaran? Oke, mungkin novel karya Brian Khrisna ini dapat menjawab rasa penasaran mu.


7. Haru No Sora

Tiap tahun, Sora selalu menantikan kedatangan musim dingin. Seiring dengan titik – titik putih yang jatuh, dan tebalnya gunungan salju yang hinggap di pelataran rumah

Hal ini membuat Sora rindu akan dekapan kasih sayang kedua orang tua nya. Tapi itu dulu. Sebelum peristiwa kelam tiga tahun lalu mulai merubah kehidupan Sora dengan drastis.


8. Happiness

Novel karya Fakhrisina Amalia ini bercerita tentang seorang gadis bernama Ceria yang memilih masuk jurusan matematika di sebuah perguruan tinggi. Padahal ia tau nilai matematika nya tidak sesempurna nilai mata pelajaran bahasa inggrisnya.

Ini semua dilakukan semata – mata demi kebahagiaan orang tuanya. Ceria akhirnya sadar, bahwa ia telah melepaskan sesuatu yang membuatnya bahagia.


9. Rahasia Ayu

Novel ini sebenarnya masuk kategori teenlit dan agak bergenre misteri. Namun bagi kalian yang suka genre misteri, novel ini bisa jadi pilihan. Cerita nya mengisahkan tentang Ayu yang menemukan catatan harian teman nya yang meninggal karena bunuh diri tahun lalu, namanya Leoni.

Catatan ini berisi tentang hari – hari terakhir Leonni sebelum meninggal. Tapi semenjak kejadian itu, ada sesuatu yang tidak beres. Mungkinkah hantu Leoni sedang balas dendam?


10. Dear Nathan

Novel karya Erisca Febriani ini diangkat dari wattpad dan telah berhasil dibaca jutaan kali. Ceritanya mengisahkan tentang Salma Avira, pelajar di sebuah SMU yang berjuang dalam kisah cintanya.

Di dalamnya juga diberikan cerita tentang persahabatan dan arti kehidupan yang jika disadari memang harus disyukuri dan dihargai dengan baik.


11. Promise

Novel garapan Tisa T.S dan Dwitasari ini juga sudah difilmkan dan diperankan oleh beberapa aktris dan aktor terkenal. Sesuai dengan judulnya, novel ini menceritakan tentang sebuah janji yang diucapkan dalam oleh dua pihak

Mereka menjalin hubungan agar tetap menjaga cinta satu sama lain. Alurnya juga dikemas dengan apik dan romantis. Mungkin sobat kosngosan berminat untuk membacanya?


12. Maps

Selain masuk kategori novel remaja, novel ini juga menyandang status best seller Indonesia loh! Cerita ini diangkat dari wattpad setelah berhasil dilirik 5 juta pembaca, wow! Penulis nya adalah Radin Azkia

Ia menceritakan tentang sebuah hubungan persahabatan antara 2 pihak yakni Gellar dan Gita. Alurnya juga dikemas dengan bahasa yang ringan sehingga mudah dipahami.


13. My Other Half

Dalam karya nya yang satu ini, Cyndi Dianing Ratri sebagai penulis novel nya tersebut menuangkan beberapa karakter yang berbeda dalam buku ini. Namun pada masing – masing karakter yang ada

Semuanya mengajarkan pada pembaca akan banyak nya pelajaran dalam kehidupan ini. Isinya menceritakan tentang kisah cinta, perjuangan, dan juga persahabatan.


14. Bukan Cinderella

Sesuai judulnya, novel ini tidak bercerita tentang Cinderella yang meninggalkan sepatu kacanya di tangga istana waktu acara pesta dansa. Dheti Azmi sebagai penulis novel ini mengisahkan seorang gadis bernama Amora yang sepatu converse barunya ditukar oleh sepatu butut yang ukurannya kebesaran.

Ternyata dalam perjalanan mencari sepatunya, justru ia harus berurusan dengan Ketua OSIS yang angkuh nya minta ampun! Terus gimana ya kelanjutan ceritanya?


15. Mariposa

Novel karya Luluk HF yang berhasil di filmkan ini juga diangkat dari wattpad dengan jutaan pembaca yang sudah dibuat baper oleh alur ceritanya yang manis. Mariposa mengisahkan tentang gadis cantik yang jatuh hati pada Iqbal.

Cowok dingin berhati beku dan cuek mirip kulkas berjalan, hahaha! Jadi, apakah Iqbal akan luluh terhadap perjuangan Acha untuk mendapatkan hatinya?


16. Assalamualaikum Calon Imam

Wah Waalaikumsalam hehehe. Bagi sobat kosngosan yang cewek – cewek muslim, coba deh baca novel ini. Mungkin bagi kalian yang sudah membaca novel ini akan merasa relate.

Hal ini karena dalam kisahnya banyak sekali peristiwa yang bisa dirasakan dalam dunia nyata. Novel ini juga diangkat di layar lebar dalam judul yang sama oleh sutradara film bernama Findo Purwono HW.


17. Hi-Fi

Konflik yang terjadi pada karakter di dalam novel ini, membuat alur cerita menjadi lucu dan menggemaskan sehingga membuat pembaca jadi baper dan senyum – senyum sendiri.

Novel romantis karya Bayu Permana ini, mengisahkan tentang Dimas yang awalnya membagikan password wifi nya secara cuma – Cuma. Eh tapi kelamaan, ternyata ada satu orang yang terus ikut nebeng dalam jaringan internet miliknya sehingga membuat Dimas kesal.


18. Claires

Kisah cinta segitiga pasti sudah tidak asing lagi di telinga kalian. Tapi mungkin bagi kalian yang suka novel remaja romantis bisa mencoba novel best seller ini.

Isinya mengisahkan tentang hubungan Claire dengan cowok bernama Kai. Awalnya perjalanan mereka berjalan baik – baik saja sampai ada satu orang jahil yang muncul dan berniat untuk menguji mereka berdua.


19. Revan dan Reina

Masih kurang greget sama kisah cinta segitiga? Oke, mungkin novel best seller selanjutnya ini bisa jadi jawaban. Ceritanya juga sudah diangkat ke layar lebar loh!

Isinya mengangkat tentang kisah persahabatan antara Revan dan Reina yang ternyata diam – diam menyimpan benih – benih cinta satu sama lain. Sayang, semuanya terhambat ketika mantan Reina datang lagi dan membuat nya idilema. Lalu, siapa kira – kira yang dipilih oleh Reina ya?


20. I am In Danger

Nah, rekomendasi novel yang terakhir ini ditulis oleh Zaeem. Ceritanya juga diadaptasi dari wattpad dan sangat populer di tahun 2019 sehingga masuk dalam kategori novel terbaik.

Isinya mengisahkan tentang gadis bernama Ocha yang mendapat beasiswa di sekolah elit terkenal di Jakarta. Belum lagi, ia bertemu sosok Axel dan Sean yang membuat hidupnya jadi makin rumit dan membingungkan.

Baca juga : Tips Menulis yang Bagus dan Rapi


Kata Penutup

Membaca novel merupakan salah satu hobi yang sangat bermanfaat untuk menghabiskan waktu luang. Selain untuk menambah literasi dan hiburan, kita juga memiliki banyak referensi buku yang nantinya akan bermanfaat untuk diceritakan kepada orang-orang

Terima kasih sudah berkunjung semoga rekomendasi novel diatas bisa bermanfaat buat kawan-kawan kosngosan.com yang saat ini masih bingung hendak membaca novel apa. Jangan lupa share dan bagikan artikel ini ke teman-temanmu yang lain ya

Oleh rezaharahap