Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Pasang WiFi di Rumah tanpa Batasan Kuota (Unlimited)

Bagaimana cara memasang fasilitas wi-fi di dalam rumah tanpa adanya batasan kuota alias unlimited? Buat kamu yang ingin memasang jaringan internet untuk dinikmati keluarga, maka kamu perlu membaca beberapa panduan dibawah ini supaya kamu bisa mengerti bagaimana alur dari pendaftaran layanan wifi secara konvensional

Seperti yang kita ketahui saat ini kebutuhan akan internet cukup meningkat. Tidak hanya digunakan sebagai media hiburan semata, akan tetapi juga diperlukan untuk kegiatan bisnis. Seperti pemasaran online, meeting melalui zoom, perkuliahan dan sekolah daring dan sebagainya.

Dibandingkan dengan zaman dahulu di mana akses internet sangat susah untuk dimiliki, saat ini kita cukup mendaftarkan dengan beberapa persyaratan, maka layanan internet unlimited sudah tersedia di dalam rumah kita. Walaupun saat ini terdapat perbedaan yang signifikan antara akses internet di perkotaan dan di kampung.

Tentunya seiring berkembangnya zaman, kebutuhan akan internet terus meningkat. Dalam beberapa kegiatan, akses internet amat sangat dibutuhkan. Bukan hanya untuk sekedar browsing saja, namun dalam aspek bisnis dan komunikasi, jaringan internet tentunya sangat membantu dalam pekerjaan keluarga sehari hari.


Cara Pasang Wifi Sendiri di Rumah tanpa Batasan Kuota/Unlimited

Untuk itu bagi beberapa sobat kosngosan yang memasang wifi adalah jalan yang cukup efektif daripada harus membeli kuota tiap bulannya. Beberapa jenis jaringan wifi juga mudah digunakan dirumah tanpa batasan kuota lho!

Contoh umumnya adalah Indihome (kalian juga bisa memilih layanan lain, tapi pada kali ini, mimin akan mencontohkan untuk indihome). Bagi kamu yang berniat untuk memasang instalasi wifi dirumah, berikut akan kami berikan langkah – langkah mudahnya.

Baca juga : Cara Pasang WiFi di Kampung Sendiri


1. Cara Pendaftaran Wifi unlimited

wifi rumah tanpa batasan kuota

Sebelum melakukan pendaftaran, pastikan kamu sudah menyiapkan segala persyaratan yang akan digunakan nantinya. Umumnya, proses persyaratan hanya membutuhkan dokumen berupa KTP asli untuk validasi identitas.

Untuk melakukan pendaftaran Indihome, ada 2 jenis cara yang bisa kamu pilih. Yaitu melalui cara online dan offline. Berikut beberapa alternatif cara yang dapat kamu lakukan :

a. Datang Ke Kantor Telkom Terdekat

Sobat kosngosan bisa datang langsung ke plaza Telkom terdekat dan mengajukan permohonan pendaftaran disana. Biasanya, petugas Telkom akan menanyakan letak alamat rumah mu terlebih dahulu

Lalu setelah itu mereka akan memberikan formulir pendaftaran yang nantinya akan kamu isi dengan paket yang ingin kamu pilih sesuai kebutuhan. Oh iya, jangan lupa untuk mengisi data dengan benar ya, khususnya denah lokasi rumah mu agar nantinya mudah dijangkau oleh petugas Telkom ketika akan melakukan pemasangan wifi.

b. Melalui Call Center Indihome (147)

Cara selanjutnya yakni dengan menghubungi call center Indihome melalui nomor 147. Ini merupakan alternatif cara yang dapat dilakukan andai saja kamu sedang malas untuk keluar rumah, mengingat prosedur nya yang cukup mudah serta hemat waktu dan tenaga.

Oh iya, sedikit informasi biaya untuk telepon call center sendiri menghabiskan nilai 900 rupiah per menitnya. Jadi pastikan pulsa mu mencukupi ya.

Setelah mendapatkan nomor call centernya, kamu bisa langsung menghubungi dan nanti pihak Indihome akan meminta data administrasi mu dan mencatatnya.

Hal ini dilakukan sebagai konfirmasi ketersediaan pelayanan Indihome di daerahmu. Nah, setelah selesai kamu akan diberikan nomor antrian oleh pihak Indihome. Nomor antrian ini berisi urutan pemasangan wifi pada bulan itu.

c. Melalui Sales Indihome

Selain melalui call center, kamu juga bisa melakukan pendaftaran melalui sales yang disediakan oleh pihak Indihome. Hal ini dilakukan untuk memudahkan seluruh lapisan masyarakat dalam menjangkau layanan mereka.

Untuk mendaftar caranya kamu harus mencari tahu dulu dimana lokasi atau keberadaan para sales. Petugas penjualan Indihome ini diberi nama Tim Sales Avenger. Kamu bisa menemukan mereka di berbagai tempat – tempat yang cukup ramai dan membuka stand Indihome seperti pusat perbelanjaan, mall Wifi ID Corner, dan tempat – tempat ramai lainnya.

Setelah berhasil menemukan mereka, kamu bisa menanyakan perihal pendaftaran dan prosedur instalasi Indihome. Mereka juga akan meminta fotokopi KTP dari pihak pemohon sebagai bahan pengecekan atau survei lokasi nantinya, jadi jangan lupa untuk disiapkan sebelum mengajukan permohonan ya.

Jika dirasa lokasi nya layak, maka pihak Indihome akan mensetujui dan memberikan kamu formulir pemasangan yang nantinya juga berisi paket yang akan kamu gunakan sesuai kebutuhan.

d. Melalui Website Resmi Indihome

Tidak jauh berbeda dengan alternatif telepon, cara daftar dengan melalui website ini juga bisa sobat kosngosan coba. Caranya juga lebih simple. Pertama – tama, kunjungi laman web Indihome. Setelah berhasil menemukan lamannya, kamu akan disuguhkan beberapa opsi yang harus diisi, yaitu meliputi :

• Alamat pemasangan,

Pastikan alamat yang diberikan juga valid dan benar, sehingga lebih memudahkan pihak Indihome untuk melakukan konfirmasi ketersediaan layanan di daerah mu nantinya.

• Pilihan paket yang diinginkan

Umumnya, disini terdapat dua opsi paket yaitu dual play dan triple play. Kamu bisa memilih paket apapun sesuai dengan kebutuhan mu.

• Pengisian data pribadi.

Pengisian data disini meliputi nama pemohon, username email, nomor telepon yang dapat dihubungi, password, dan kode OTP. Kode OTP tersebut akan dikirimkan ke nomor hp yang anda cantumkan sebagai bukti verifikasi.

Jadi pastikan nomor yang diberikan aktif dan dapat menerima telpon serta sms. Pastikan juga semua data yang dimasukkan telah diberikan dengan benar agar tidak ada kesalahan nantinya.

Jikalau kamu merasa menemukan kesulitan, kamu bisa meng – klik Indihome Live Chat yang berada di pojok kanan bawah pada laman website. Maka, customer service akan segera memberikan kemudahan bagi kamu yang mendapati kesulitan saat melakukan pendaftaran.

e. Melalui Aplikasi My Indihome

Selain laman website, Indihome juga sudah meluncurkan aplikasi nya sendiri yang bernama myIndiHome yang bisa langsung sobat kosngosan unduh di google playstore atau apple store.

Caranya, setelah kamu download dan install aplikasi nya, silahkan melakukan pendaftaran sesuai prosedur yang telah ditentukan. Jika masih kebingungan, kamu bisa mencari video referensi yang berisi tutorial pendaftaran di youtube.

Nanti, jika kamu telah berhasil melakukan seluruh prosedur pendaftaran, maka kamu hanya perlu menunggu petugas Indihome menghubungi lewat telepon. Biasanya mereka akan melakukan survei dan instalasi modem untuk pemasangan wifi nantinya.


2. Pembayaran Deposit

Nah itu tadi beberapa cara untuk melakukan prosedur pendaftaran Indihome. Setelah melakukan pendaftaran, umumnya para pelanggan harus melakukan deposit dan tarifnya sendiri disesuaikan berdasarkan paket layanan yang dipilih.

Untuk kamu yang melakukan prosedur pendaftaran di Plaza Telkom, sobat kosngosan akan mendapatkan sms resmi yang berisi link deposit yang harus dilakukan maksimal dalam kurun waktu 3 x 24 jam.

Selain itu, mereka juga akan menghubungi lewat telepon untuk memastikan identitas pelanggan dan lokasi rumah yang akan dilakukan instalasi wifi nantinya. Selebihnya, mereka juga akan mengingatkan untuk melakukan pembayaran deposit. Jadi pastikan kamu membayarnya tepat waktu ya.

Untuk proses pembayarannya sendiri, terdapat 3 macam metode yang bisa kamu pilih atau bisa menyesuaikan dengan jenis bank yang kamu gunakan, yakni Bank BCA, Bank Mandiri dan Bank BNI. Setelah kamu melakukan deposit, kamu juga akan menerima notifikas email yang berisi pemberitahuan bahwa pembayaran anda berhasil dilaksanakan.


3. Tunggu Teknisi atau Petugas Datang

Setelah pembayaran deposit telah dituntaskan, kamu hanya perlu menunggu petugas atau teknisi dari Indihome datang ke rumahmu. Biasanya sebelum itu, mereka akan terlebih dahulu menghubungi untuk proses survei dan instalasi wifi. Kedatangan mereka juga didasarkan atas nomor antrian yang telah kamu dapatkan sebelumnya ya.


4. Pemasangan Wifi Indihome

Setelah proses instalasi wifi selesai, biasanya kamu tidak bisa mendapatkan koneksi internet secara langsung. Proses ini membutuhkan waktu beberapa saat sampai modem kamu benar – benar telah terhubung ke internet dan lampunya yang menyala berwarna hijau.

Jika lampu nya telah berwarna hijau, maka layanan internet sudah dapat kamu pakai sesuai keinginan. Kamu juga memiliki akses penuh terhadap layanan tersebut, termasuk untuk mengganti password wifi Indihome yang kamu gunakan.


6. Menggunakan Hotspot untuk Paket Data Seluler Unlimited

Pilihan lain apabila kamu ingin memasang wifi di rumah tanpa takut akan batasan kuota alias unlimited, maka bisa menggunakan modem wifi atau biasa disingkat MiFi. Ada berbagai merek mifi yang bisa kamu pilih, dan untuk operator seluler yang menyediakan unlimited internet juga ada beberapa.

Salah satu rekomendasi untuk sobat kosngosan adalah provider bYu. Ini adalah salah satu produk dari telkomsel yang memiliki kualitas jaringan setara telkomsel. Terdapat paket internet unlimited selama satu bulan dengan kecepatan yang bervariasi. Kamu bisa cek jenis paket internetnya langsung di aplikasi bYu.

Setelah itu kamu bisa membeli paket internet unlimitednya, kemudian memasang sim card-nya kedalam modem wi-fi yang banyak di jual di ecoomerce, seperti Bolt, XL Go, dan berbagai merek lainnya. Menggunakan jaringan wifi seluler tersebut untuk kepentingan sehari hari di dalam rumah. Walaupun mungkin kecepatan internet-nya terbatas, tapi sudah cukup untuk hanya sekedar browsing dan bermain media sosial.

Baca juga : Cara Mengatasi WiFi IndiHome yang Lelet


Kata Penutup

Memasang internet unlimited di dalam rumah memang menjadi kebutuhan keluarga milenial saat ini. Seperti yang kita ketahui setiap aktivitas sekarang juga membutuhkan koneksi internet supaya bisa berjalan dengan lancar. Dan salah satu yang bisa kalian lakukan adalah dengan memasang peralatan wi-fi seperti yang dijelaskan diatas

Semoga panduan sederhana diatas bisa bermanfaat buat teman-teman kosngosan.com. Sebagai bentuk partisipasi kalian karena telah membaca artikel ini, bisa Klik tombol share di bawah dan bagikan Link nya ke sosial media kalian. Supaya teman-teman dunia maya kamu juga bisa membaca artikel bermanfaat diatas

Oleh rezaharahap