Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Pasang WiFi di Kampung Sendiri Biaya Murah

Bagaimana cara memasang wifi di kampung dengan biaya yang murah? Saat ini, internet memang tidak bisa dipungkiri lagi sudah menjadi kebutuhan masyarakat, tidak hanya di daerah perkotaan tetapi juga di daerah pedesaan. Salah satu caranya adalah dengan memasang jaringan wifi unlimited tanpa adanya batasan kuota.

Apalagi saat ini, kita sangat dianjurkan untuk beraktivitas di dalam ruangan, maka kegiatan berinternet menjadi kebutuhan sehari-hari buat para belajar, mahasiswa maupun pekerja untuk saling berinteraksi satu sama lain. 

Kalau kalian ingin membuat kampung wifi, dan belum mengetahui biaya pasang wifi di desa, maka kita akan bahas dibawah ini range budget yang dibutuhkan berapa.

Akan tetapi masalah utama yang sering terjadi ketika kita hendak memasang jaringan wifi di daerah desa, adalah ketidak-sediaan fasilitas kabel optik yang saat ini ini telah menjadi standar penggunaan koneksi yang menghubungkan jaringan internet.

Tapi masalah tersebut bisa kita atasi dengan beberapa cara seperti yang akan dijelaskan oleh mimin kosngosan dibawah ini. Penasaran? mari kita bahas satu persatu. lets check these out!


Cara Memasang Wifi Sendiri di Kampung

cara pasang wifi di kampung

Apabila sobat kosngosan ingin mengetahui harga biaya pasang wifi di kampung menggunakan jasa dari indihome, ataupun jasa penyedia wi-fi rumahan lainnya, kalian bisa saja langsung menghubungi marketing exececutive nya, atau bisa cek di website "indihome.co.id"

Tapi kalau desa mu belum tercover jaringan optik dari layanan mereka, pastinya kita kesulitan apabila daerah yang kita tempati saat ini berada di perkampungan atau berada jauh dari perkotaan. 

Oleh karena itu kamu bisa memilih opsi beberapa cara pemasangan jaringan internet seperti yang dijelaskan di bawah ini :

Baca juga : Cara Membuat Alat Penguat Sinyal Wifi


Cara Pasang Wifi di Kampung yang Tercover Provider Kabel Optik

Kalau ternyata di kampung atau desa mu sudah tercover jaringan kabel optik, maka tidak menjadi masalah untuk segera langsung memasang dan menyambungkan kabel optik ke kampung tersebut.

Adapun beberapa step by step nya bisa kamu lakukan dibawah ini :

  • Kunjungi Plasa Telkom atau Kantor PLN terdekat di tempat tinggal kalian (kalian bisa pilih produk indihome atau icon net)
  • Sesampainya dikantor cabang terdekat, maka silahkan ambil nomor antrian Customer Service, atau kalau bisa langsung hubungi Marketing executive nya, biar mereka yang langsung mendatangi mu ke rumah
  • Sampaikan keinginan kalian, bahwa kamu akan memasang Wifi di kampung mu, dan mereka akan meminta beberapa data informasi seperti KTP, nomor HP dan alamat email yang aktif
  • Baru kalian akan diminta mengisi formulir pendaftaran, dan petugas akan meminta untuk memilih jenis paket wifi yang akan dipakai (pilih yang sesuai dengan kebutuhan mu)
  • Kemudian petugas akan memberikan penjelasan terkait biaya paket, biaya pasang, cara pembarayannya sampai jadwal pemasangan perangkat di kampung mu
  • Sampai disini kalian sudah terdaftar sebagai calon pelanggan Indihome atau icon net. Tinggal tunggu saja petugas datang ke kampung mu beberapa hari kemudian


Memasang Jaringan Optik Sendiri

Sepertinya sobat kosngosan sudah mengetahui, bahwasanya untuk daerah perkampungan atau pedesaan tidak akan tercapai jaringan optik. 

Karena jaringan kabel optik hanya diprioritaskan untuk masyarakat perkotaan. Dan pemasangan jaringan ini juga membutuhkan biaya yang relatif mahal.

Memang beberapa kasus ada yang sukses membangun jaringan optik secara swadaya ke perkampungan milik mereka, akan tetapi ini Membutuhkan kerjasama masyarakat. 

Seperti misalnya memanfaatkan dana KUD yang dilakukan oleh Budi Hermawan, Warga Kampung Cilimushideung yang telah sukses Membangun fasilitas kabel optik di kampungnya sendiri


Memasang Wifi Jenis Dedicated

Nah salah satu solusi untuk mengatasi ketidak sediaan jaringan kabel optik menuju Kampung atau pedesaan, maka kamu bisa menggunakan wi-fi jenis dedicated. 

Internet Dedicated merupakan jenis koneksi Internet yang biasanya digunakan untuk keperluan bisnis seperti perkantoran atau co-working space. Koneksi yang diberikan secara private, sehingga performansi Internet bisa digunakan secara penuh.

Hanya saja seperti yang kita Jelaskan sebelumnya, untuk memasang perangkat internet dedicated jenis VSAT ini, dibutuhkan biaya yang relatif mahal namun dengan kecepatan dan bandwith yang lebih lega. 

Nantinya Kamu akan membutuhkan peralatan semacam antena parabola yang akan berfungsi untuk menangkap internet langsung dari satelit.


Memasang Wifi Internet Satelit VSAT

Internet Satelit merupakan salah satu cara kita untuk mengakses data internet dengan menggunakan satelit sebagai media transmisi (lastmile). Internet satelit menggunakan teknologi VSAT (Very Small Aperture Terminal) yang merupakan piringan parabola ukuran kecil berdiameter 4 meter. 

VSAT bisa diartikan sebagai terminal pemancar dan penerima transmisi satelit yang tersebar di banyak lokasi dan terhubung ke hub sentral melalui satelit menggunakan antena parabola berdiameter tertentu.

Manfaat dari VSAT untuk menerima dan mengirim data ke satelit. Satelit fungsinya sebagai penerus sinyal yang kemudian dikirimkan ke titik lainnya di atas bumi. 

Piringan VSAT menghadap ke sebuah satelit geostasioner. Satelit ini akan selalu berada di lokasi yang sama sesuai perputaran bumi pada sumbunya. Hal ini memungkinkan karena dia mengorbit pada titik yang sama di atas permukaan bumi.


Memasang Wifi NET1

Net1 adalah brand bisnis dari produk layanan telekomunikasi PT Sampoerna Telekomunikasi Indonesia (STI). Sebagai satu-satunya layanan telekomunikasi yang menawarkan frekuensi 450MHz dengan teknologi 4G LTE (Long Term Evolution). 

Net1 Indonesia bisa sobat kosngosan gunakan untuk jaringan yang memang membutuhkan akses terbatas seperti perkampungan atau daerah pulau

Adapun kelebihan wifi Net1 antara lain : 

a. Memiliki jangkauan internet yuang luas hingga sampai ke pelosok

b. Memiliki desain perangkat elegan yang ramah lingkungan

c. Memiliki tipe perngkat portable yang bisa dibawa kemana-mana (menggunakan baterai)

d. Memiliki jaringan yang sudah 4G

Adapun kekurangan Wifi Net1 ini adalah sebagai berikut :

a. Memiliki harga perangkat yang relatif lebih mahal

b. Supaya performa baik maka kamu harus mengeluarkan uang lagi dengan membeli antena yagi

c. Proses registrasi yang rumit

d. Memiliki ecepatan internet yang relatif lambat

e. Terdapat FUP atau batas kecepatan normal


Memasang Wifi Ubiqu

Ini adalah brand bisnis yang dimiliki oleh perusahaan yang bernama PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN). Memanfaatkan satelit Nusantara Satu yang merupakan satelit berkapasitas tinggi berteknologi terbaru yakni High Throughput Satellite (HTS).

Adapun paket perangkat yang diperlukan untuk memasang internet satelit ini antara lain yaitu Antena VSAT, Mounting VSAT, BUC, kabel, modem satelit, dan wifi router. 

Untuk biayanya sendiri memang masih tergolong mahal, yaitu berkisar antara 7,9 juta Rupiah. Sementara untuk langganan internet bulanan, sobat kosngosan bisa memilih paket berkuota maupun paket unlimited.


Memasang Wifi dari Hotspot Jaringan Seluler

Dan pilihan terakhir yang mungkin terdengar lebih murah dan simpel adalah dengan memanfaatkan jaringan internet broadband seluler dari operator. 

Mungkin sebagian daerah perkampungan masih tercover oleh jaringan internet Telkomsel walaupun mungkin masih belum 4G atau hanya mengandalkan 3G.

Nah supaya ya jaringan internet tersebut bisa lebih leluasa, sobat kosngosan bisa memilih provider bYu, yang mana ini adalah produk telkomsel yang memiliki kualitas jaringan setara telkomsel. 

Terdapat paket internet unlimited selama satu bulan dengan kecepatan yang bervariasi (kamu bisa cek jenis paket internetnya langsung di aplikasi bYu)

Nah setelah itu kamu bisa membeli modem wi-fi yang banyak di jual di ecoomerce, seperti Bolt, XL Go, dan berbagai merek lainnya. 

Kemudian menggunakan jaringan wifi seluler tersebut untuk kepentingan sehari hari. Walaupun mungkin kecepatan internet-nya terbatas, tapi sudah cukup untuk hanya sekedar browsing dan bermain media sosial.

Baca juga : Cara Pasang Wifi Rumahan tanpa Kuota


Kata Penutup

Internet merupakan salah satu kebutuhan masyarakat milenial saat ini, tidak membedakan apakah kamu berasal dari daerah perkotaan ataupun perkampungan. Hanya saja akses terhadap internet mungkin lebih mudah untuk masyarakat perkotaan.

Namun bukan tidak mungkin untuk memasang layanan internet sekalipun kamu berada jauh di pusat kota seperti yang sudah dijelaskan di atas. 

Demikian beberapa penjelasan dari kosngosan.com, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke teman-temanmu yang lain. Terimakasih

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya