Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alat Penguat Sinyal WiFi Tetangga Jarak Jauh

Apakah kamu suka memakai wifi, tapi letak routernya cukup jauh dari kamarmu, sehingga jaringan internet yang didapat jadi lelet dan lemot? Kalau iya, maka sudah saat nya kamu menggunakan alat penguat sinyal atau Wifi Extender yang banyak dijual di pasar atau market place. Karena kebutuhan wifi saat ini semakin tinggi, karena WFH (Work From Home), tidak hanya mengandalkan sinyal 4G di hp. Penasaran apa saja rekomendasi dari mimin kosngosan untuk kalian? Mari kita simak pembahasannya satu persatu dibawah ini.

Alat penguat sinyal untuk laptop, pc atau hp memang beragam merk nya. Wifi Extender atau Repeater adalah perangkat yang berfungsi sebagai pengulang atau memperluas jangkauan sinyal dari perangkat Wireless Router (Access Point) sehingga sobat kosngosan yang letaknya agak jauh, masih bisa dengan mudah mengakses atau terhubung ke dalam jaringan internet yang disediakan.

Pada beberapa kasus, kamu bisa saja memasangnya untuk memperluas jangkauan wifi tetangga. Tapi ingat, kamu harus izin terlebih dahulu untuk memakai wifi tetangga dan pastikan tanyakan kepada mereka password atau sandi wifinya, supaya kamu bisa bebas menggunakannya tanpa rasa berdosa.


Rekomendasi Alat Penguat Sinyal Wifi Terbaik

Baiklah langsung saja, sesuai judul dari artikel ini yang sedikit bombastis, karena kamu bisa memasang wifi extender untuk mendapatkan wifi tetangga yang lebih baik, maka kamu bisa membeli satu diantara beberapa produk yang sudah kami rangkum dibawah ini, check these out!

Baca juga : Cara Pasang Wifi di Rumah


Xiaomi Mi Wifi Extender

alat penguat sinyal wifi


Penguat signal pertama yang direkomendasikan kosngosan yaitu Xiaomi Mi Wi-Fi Extender versi 2. Sudah menggunakan port USB sebagai power supply. Memiliki desain ciamik dan harga yang terjangkau. Xiaomi Mi Wifii Extender versi kedua ini cukup ringan, dimana Port USB-nya bisa diputar 180 derajat dengan dua antena di dalamnya yang support frekuensi 2,4 GHz dengan Speed transfer data mencapai 300Mbps

Tapi yang perlu kamu ketahui, alat ini membutuhkan adaptor untuk memakainya. Karena port USB sebagai supply tidak bisa langsung dihubungkan dengan listrik. Jadi kamu hanya perlu menghubungkan alat ini pada router, maka alat ini akan repairing otomatis.


TOTOLINK EX200

penguat sinyal wifi

TotoLink EX200 merupakan salah satu brand penguat signal Wifi yang dibuat oleh perusahaan yang bernama TotoLink. Kegunaannya adalah untuk memperluas jangkauan Wifi di rumahmu atau rumah orang lain (hehehe). Produk ini telah dilengkapi dengan tombol WPS yang sudah mendukung akses poin, fungsinya yaitu mempercepat settingan dari perangkat saat pertama kali dinyalakan.

EX200 punya dua antena yang bisa mentransfer data up to 300 Mbps pada jaringan tipe N. Alat ini mampu bekerja pada frekuensi 2,4GHz. Untuk memakainya, sobat kosngosan tinggal menghubungkan alat dengan stop kontak. Lalu setting via website dengan mengikuti buku panduan manual yang sudah includ didalam paket pembeliannya.


KexTech Wireless-N WL0189

Produk ini salah satu penguat signal Wifii dengan harga terjangkau. Memiliki jangkauan sinyal yang cukup luas. Jika kamu meletakkan produk ini dengan tepat, maka bisa menjangkau bagian yang tidak dapat ditangkap oleh router di rumah mu.

Berjalan pada frekuensi 2,4GHz memiliki speed up to 300 Mbps. Termasuk Wifii repeater yang mendukung Wifii 802.11 n/g/b, yaitu alat untuk mengirim ulang signal dengan membuat jaringan kedua.


Comfast CF WR302S

Produk penguat signal berikutnya yang cocok digunakan untuk rumah bertingkat dan banyak ruangan. Punya 2 antena dengan power 10 dbi dan 2 chipset Realtek. Dapat menjangkau ruangan paling tersudut sekaligus memperluas dan mempercepat signal internet.

Berbicara mengenai speed maksimum transfer data dari alat ini, bisa up to 300 Mbps dan digunakan selama 24 jam non stop lho. Harganya juga cukup terjangkau dan spesifikasi yang cukup baik dan tahan lama


Mercusys MW305R

Selanjutnya ada Mercusys MW305R yang mampu meningkatkan penerimaan signal Wifi di rumah atau tetanggamu. Ada tiga antena, chipset mediatek dan ideal untuk digunakan sebagai kebutuan online dengan jumlah banyak anggota keluarga. Proses instalasi alatnya cukup mudah dengan mode install otomatis menggunakan CD.

Produk ini punya speed up to 300 Mbps dengan 2,4 GHz, 4 x 10/Mbps LAN Port dan harga cukup terjangkau buat para streaming gamer, content creator atau yang suka online meeting pakai zoom.


TP-Link TL-WA820RE

Ini menjadi salah satu alat signal wireless terjangkau yang kami rekomendasikan. Alat ini menggunakan USB seperti range extender. Casingnya dapat dilipat, sekaligus berfungsi sebagai antena. Untuk pemasangannya juga cukup mudah, sobat kosngosan hanya perlu menancapkannya ke sumber energi

Seperti USB adapter, powerbank atau charger ponsel. Kelebihan alat ini juga punya fitur Signal Light, dimana membuat kamu mudah mendapatkan lokasi yang pas untuk memasang range extender ini. Support speed up to 300 Mbps, bisa menjadi pilihan buat kamu dirumah.


DLINK DAP-1520

DLINK DAP-1520 ini merupakan salah satu Wifii extender yang cocok buat area yang luas. Untuk melakukan konfigurasinya, kamu hanya perlu menekan tombol WPS. Kamu juga bisa setting melalui iOS atau Android karena support QRS Mobile.

Tapi kelemahannya, alat ini tidak memiliki port LAN dan USB. Mendukung frekuensi 2,4GHz dan 5GHz dengan speed transfer signal up to 750Mbps.


Tenda N301

Produk ini memiliki fitur utama Wifii extender seperti mendukung WPS, parental control yang bisa membatasi pengguna Wifii dan internet melalui Tenda N301 dan juga punya keamanan tingkat lanjut.

Produk ini punya fitur client router mode yang membuat alat bekerja seperti client yang terhubung ke sinyal Wifi dan memperluas jaringannya. Frequency range-nya sekitar 2.4GHz dan speed up to 300Mbps.

Baca juga : Cara Pasang Wifi di Kampung


Akhir Kata

Berinternet ria memang menjadi kebutuhan masyarakat modren saat ini. Masalah kurang panjangnya jangkauan WiFi di rumah atau tetaggga, mungkin sudah menjadi permasalahan klasik. Jadi salah satu solusinya adalah dengan memasang Wi-fi Range Extender Pro-nya di lokasi yang dibutuhkan.

Alat yang sudah dijelaskan oleh admin kosngosan bisa diandalkan saat memberikan tambahan jangkauan untuk kebutuhan rumah mau pun kantor. Walaupun kinerjanya tidak sama dengan router utama, setidaknya masih bisa digunakan untuk kebutuhan internet sehari-hari bukan? silahkan share URL postingan ini di sosial media kalian ya

Oleh rezaharahap