Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Tujuan Menyusun Skala Prioritas Kebutuhan Sehari Hari

Apa yang dimaksud dengan skala prioritas? Ini adalah suatu cara untuk menentukan kebutuhan mana yang bersifat penting, cukup penting, tidak penting berdasarkan tingkat prioritasnya. Adapun tujuan seseorang menyusun skala prioritas kebutuhan adalah untuk mengetahui mana kebutuhan yang harus di penuhi terlebih dahulu sekarang, mana yang harus dipenuhi nanti dimasa mendatang.

Kita tidak akan membahas mengenai pengertian skala prioritas lebih lengkap. Karena kita akan membahas manfaatnya dan tujuannya saja. Pada saat menyusun skala prioritas, hal yang harus diperhatikan adalah waktu, jumlah konsumen, dan jenis kebutuhan itu sendiri.

Skala prioritas kebutuhan perlu dibuat agar memudahkan hidup sobat kosngosan sehari hari. Seperti misalnya kamu seorang siswa, membuat tabel skala prioritas untuk pelajar SMP sesuai dengan tingkat kepentingannya, mulai dari biaya transportasi, konsumsi makanan, perlengkapan ATK, uang jajan dan sebagainya.

Yang namanya skala prioritas dan pengelolaan keuangan sangat berkaitan erat. Mengapa ? Karena dalam melakukan konsumsi perlu adanya skala prioritas yang dibuat dengan harapan pengelolaan keuangan akibat konsumsi bisa ditekan se-efektii dan se-efisien mungkin.


Tujuan Membuat Skala Prioritas Kebutuhan

Pada saat menyusun skala prioritas hal yang harus diperhatikan adalah urutan kebutuhan yang paling mendasar, seperti sesuatu yang tidak bisa digantikan dan sangat vital peranannya bagi kehidupan, misal makanan pokok, listrik dan kebutuhan primer lainnya.

Mengapa dalam melakukan konsumsi perlu adanya skala prioritas? Karena skala prioritas sangat membantu manusia dalam mengelola keuangannya. Karena pada dasarnya manusia itu tidak pernah puas, maka dibuatlah priority scale yang akan membuatnya bijak dalam mengelola setiap kebutuhan yang bersifat vital dan penting.

Baca juga : Cara Membuat Peta Konsep

1. Membantu Perencanaan Hidup Berjangka

tujuan menyusun skala prioritas kebutuhan

Skala prioritas yang dibuat pada dasarnya adalah digunakan untuk membantu merencanakan hidup dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Karena di dalam skala prioritas ini kita akan mengetahui apa saja kebutuhan yang harus dipenuhi secara jangka pendek dan kebutuhan yang harus dipenuhi di masa mendatang.

Oleh karena itu buat kamu yang ingin merencanakan hidupmu satu atau beberapa tahun kemudian, bisa membuat skala prioritas terlebih dahulu sebagai bentuk langkah awal dari life planning


2. Mempersiapkan Kebutuhan Masa Depan

Dengan menyusun skala prioritas yang baik, maka sobat kosngosan akan mengetahui kebutuhan jangka panjang yang selalu dibutuhkan. Misal, kamu seorang mahasiswa akhir, maka kebutuhan masa depan mu adalah laptop bisnis untuk mendukung pekerjaan nantinya, smartphone mumpuni dan sebagainya. Untuk kebutuhan seorang pekerja kantoran juga pastinya akan berbeda.


3. Bisa Membedakan Jenis Kebutuhan Sendiri

Tujuan utama dari pembuatan skala prioritas dalam kebutuhan sehari-hari adalah untuk membedakan jenis kebutuhan itu sendiri. Mana kebutuhan yang sangat mendesak, mana kebutuhan yang tidak terlalu penting dan bisa ditunda, dan mana kebutuhan rutin yang harus dipenuhi secara berkala. Tentu saja kalian akan merasakan manfaat besar ini bila membuatnya secara langsung.


4. Membuat Kehidupan lebih Disiplin dan Teratur

Dengan adanya skala prioritas yang kamu buat, dengan menyesuaikan kebutuhan yang ada, maka hal ini akan membuat kehidupanmu lebih teratur dan disiplin.

Lihatlah orang-orang sukses di mana mereka akan mencatat segala skala prioritas kebutuhan yang mereka miliki setiap harinya, sehingga mereka bisa menentukan mana yang harus diperjuangkan, mana yang harus diacuhkan dengan manajemen hidup yang lebih efektif dan efisien.


5. Membantu Mengelola Finansial

Manajemen finansial yang baik seharusnya memiliki skala prioritas. Apalagi buat kamu seorang pebisnis atau pengusaha, penting sekali untuk menentukan mana kebutuhan yang bisa mempengaruhi kondisi Financial.

Keuangan yang baik tentunya harus bisa memisahkan antara cara mana kebutuhan mana keinginan. Segera setelah kamu mendapatkan penghasilan, Maka sangat penting untuk membuat skala prioritas kebutuhan


6. Menghindari Stress yang Berlebihan

Beberapa orang tentunya pernah mengalami stres atau depresi dalam mengelola keuangannya. Apalagi buat para pasangan muda yang baru menikah, mereka belum mengetahui kebutuhan mana yang harus dipenuhi terlebih dahulu.

Untuk itu dengan adanya skala prioritas maka diharapkan bisa menghindari atau paling tidak meminimalisir terjadinya beban pikiran yang terlalu ekstrim dalam mengelola kebutuhan sehari-hari.


7. Meningkatkan Produktifitas Kerja

Buat para pengusaha yang memiliki waktu sibuk dalam membagi antara dunia kerja dengan dunia pribadi, antara kebutuhan pribadi dengan kebutuhan kerja, maka sangat penting untuk memiliki skala prioritas.

Tentu saja dengan memiliki skala prioritas kebutuhan yang tepat, ini akan menghindari sobat kosngossan untuk menghabiskan waktu dalam mengelola kebutuhannya tidak tepat sehingga akan meningkatkan produktivitas kerja mu.


8. Waktu lebih Efektif dan Efisien

Bagi para pengusaha manajemen waktu sangat diperlukan. Buat yang tidak memiliki skala prioritas, pastinya mereka kan memiliki waktu yang tersita untuk mengurus mana kebutuhan yang harus dipenuhi terlebih dahulu dan mana yang tidak

Dengan adanya skala prioritas kebutuhan, kamu akan memiliki waktu yang lebih efektif dan efisien untuk mengetahui kebutuhan mu yang tepat pada waktu tersebut. Waktu 24 jam juga akan dimanfaatkan secara maksimal


9. Menghemat Biaya dan Energi yang Dibutuhkan

Coba kalau kamu tidak memiliki skala prioritas kebutuhan, kamu akan kelabakan dalam memenuhi kebutuhan yang sejatinya tidak kamu prioritaskan. Energi yang kamu habiskan juga kan lebih banyak, karena tiba-tiba kebutuhan tersebut muncul, tanpa adanya persiapan dan perhitungan yang matang sama sekali.


10. Mengetahui Tujuan dan Arah Hidup

Siapa sih orang yang tidak ingin masa depannya cerah dan sukses? Dengan perencanaan yang matang (tentunya membuat skala prioritas kebutuhan), Kamu tidak akan kebingungan lagi untuk melakukan sesuatu di masa depan, karena hanya akan melakukan apa yang kamu rencanakan satu persatu sesuai dengan planning

Tahapan demi tahapan yang telah kamu rencanakan sebelumnya tentunya akan bisa mengantisipasi segala Resiko yang mungkin terjadi. Karena kamu tidak akan mengetahui apa yang yang bisa datang yang dalam masa depanmu di kemudian hari


11. Contoh Skala Prioritas Siswa

Seorang pelajar baik itu tingkat SD, SMP atau SMA, jarang sekali untuk membuat skala prioritas kebutuhan sehari-hari. Nah kali ini mimin kosngosan akan mencoba memberikan salah satu contoh buat kalian

Harahap adalah seorang pelajar SMP. Dia dalam waktu dekat akan mengikuti proses ujian akhir sekolah untuk semester genap. Sehingga dia membutuhkan alat tulis sekolah. Akan tetapi dirinya juga menginginkan untuk membeli smartphone sebagai bentuk media untuk belajar online nantinya. Harahap merasa bingung dalam memenuhi kebutuhan dan keinginannya itu.

Berdasarkan pada kasus tersebut, maka skala prioritas yang harus dibuatnya adalah Harahap sebaiknya membeli alat tulis sekolah terlebih dahulu seperti Buku, Pulpen, Tipex, Penggaris dan sebagainya karena jika dia tidak punya alat tulis yang lengkap maka dirinya akan kesulitan dalam mempersiapkan ujian nanti

Sementara itu untuk smartphone, dia bisa membelinya dilain waktu saat sudah memiliki kemampuan finansial yang lebih baik lagi. Oleh karena itu diketahui bahwa membeli alat tulis sekolah adalah kebutuhan pokok seorang siswa SMP seperti Harahap

Karena ini adalah hal yang mendesak dan harus dipenuhi saat ini juga. Sementara smartphone merupakan kebutuhan tersier yang bisa ditunda terlebih dahulu untuk memenuhinya.


12. Contoh Tabel Skala Prioritas Mahasiswa

Bagi seorang mahasiswa yang kebanyakan tinggal ngekos atau jauh dari keluarga, membuat skala prioritas juga sangat penting supaya tetap bisa mengatur keuangan yang diberikan orangtua dari kampung. Berikut beberapa skala prioritas yang bisa kamu jadikan sebagai referensi

No Jenis Kebutuhan Jumlah Jangka Waktu
1 Membayar kos bulanan (listrik dan air) Rp 400.000 30 Hari
2 Biaya Makan diluar Rp 700.000 30 Hari
3 Membeli perlengkapan mandi Rp 100.000 30 Hari
4 Minyak Motor Rp 200.000 30 Hari
5 Kebutuhan lain lain Rp 200.000 30 Hari
                          Total Rp 1.600.000


Baca juga : Membuat Jadwal Kegiatan Excel

Kata Penutup


Dalam membuat skala prioritas yang baik dan benar, dibutuhkan pemilihan kebutuhan berdasarkan jangka waktunya, sehingga kamu bisa memilih mana kebutuhan yang harus dipenuhi saat ini dan mana kebutuhan yang harus dipenuhi di masa mendatang

Demikian beberapa materi mengenai berbagai tujuan dan manfaat dalam menyusun skala prioritas kebutuhan sehari-hari, semoga bermanfaat buat pengujung setia kosngosan.com. Jangan lupa untuk share dan bagikan artikel ini ke teman-temanmu yang lain juga ya

Oleh rezaharahap