Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20 Kelebihan dan Kekurangan Krayon dan Pensil Warna

Apa saja kelebihan dan Kekurangan alat gambar krayon dan pensil warna? krayon dan pensil warna merupakan salah satu media untuk menggambar dan mewarnai yang kandungan bahannya terdiri atas campuran minyak, pigmen dan juga wax. Bagi sebagian orang, krayon dan krayon mungkin sekilas hampir sama. Padahal keduanya memiliki perbedaan pada kandungan bahannya. Umumnya krayon terbuat dari lilin sedangkan krayon terbuat dari lilin dengan campuran minyak.

Untuk kamu yang memiliki hobi pada bidang menggambar, mungkin kamu bisa mencoba menggunakan media berupa krayon ini. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan krayon yang kami rangkum pada artikel berikut. Semoga bermanfaat.


Review Alat Gambar Crayon dan Pensil Warna


Alat gambar seperti krayon dan juga pensil warna memang menjadi pilihan yang banyak digunakan oleh pemula dalam menggambar. Perlu diketahui kalau dalam memilih alat gambar ini, ada yang menjadi nilai plus dari jenis produk yang kita gunakan, ada juga yang menjadi nilai minusnya. Berikut akan dijelaskan oleh mimin kosngosan 

Kelebihan Krayon

kelebihan kekurangan krayon pensil warna

1. Teksturnya Lebih Lembut dan Berminyak

Sesuai dengan namanya, krayon sendiri terbuat dari bahan malam (lilin) dengan campuran minyak dan sifatnya lebih keras dari pastel (krayon) biasa.

Dari bahan minyak inilah yang membuat krayon memiliki tekstur yang lebih lembut dan berminyak dalam penggunaannya sehingga lebih mudah digunakan dan mampu menghasilkan hasil akhir gambar yang lebih baik.


2. Hasil Gambar Lebih Halus dan Lembut

Karena alat warna ini memiliki tekstur yang halus maka hasil goresan dari crayon sendiri menghasilkan kesan yang lembut di tiap hasil akhir gambar.

Selain dari penggunaannya yang lebih mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja, krayon juga praktis karena ringan dan tersedia dalam kemasan kecil, sedang, hingga ukuran besar.


3. Lebih Mudah Menempel Pada Bidang Kertas

Krayon ini bisa sobat kosngosan langsung gunakan pada media gambar contohnya kertas tanpa harus membutuhkan media perantara lain seperti air, minyak, kuas dan lain sebagainya

Seperti pada penggunaan alat warna lain seperti cat. Hasil warnanya juga mudah menempel, teksturnya ringan, dan mudah diaplikasikan.


4. Warna Yang Dihasilkan Krayon Lebih Cerah

Krayon juga memiliki berbagai macam warna yang tersedia dari intensitas paling cerah hingga gelap. Namun umumnya, crayon jenis ini menyediakan berbagai pilihan warna yang sifatnya cerah dan kalem.

Beberapa warna seperti pink, kuning, hijau, dan biru tersedia dari urutan yang sifatnya paling muda hingga ke relatif gelap sehingga dapat digunakan sesuai selera dan kebutuhan.


5. Bisa Dihaluskan Jika Dibutuhkan

Karena krayon bahan dasarnya terbuat dari lilin, maka sifat dari crayon ini adalah ringan, halus dan mudah ditumbuk. Mungkin dari beberapa pihak pengguna krayon sendiri

Ada yang memiliki cara tertentu dalam mengaplikasikan crayon jenis ini pada media mereka. Nah, krayon ini mudah diaplikasikan seperti demikian sesuai dengan keinginan dan kreativitas pribadi masing – masing.


6. Dapat Diaplikasikan Ke Berbagai Media Untuk Menggambar

Bukan hanya dapat digunakan diatas media berupa kertas saja, melainkan crayon ini juga dapat diaplikasikan pada berbagai macam media gambar. Contohnya seperti kanvas, kayu, dan berbagai macam media dengan bidang datar lainnya.


7. Lebih Mudah Diblending Dalam Pengaplikasian Warnanya

Krayon memiliki berbagai macam perpaduan warna yang cerah dan cukup banyak. Warna yang digoreskan pada media kertas juga bisa lebih mudah dipadukan antara satu sama lain.

Teknik ini biasa disebut dengan teknik gradasi. Krayon sendiri sangat cocok dijadikan pilihan bagi mereka yang suka memberikan sentuhan gradasi pada gambar mereka, hal ini biasanya sering terlihat dari objek berupa langit, awan dan beberapa macam objek lainnya.


8. Warnanya Tidak Mudah Luntur

Selain memiliki tekstur yang lebih lembut dan halus, warna krayon yang diaplikasikan pada media gambar tertentu juga tidak mudah luntur. Krayon memiliki kesan yang bertekstur agak kasar saat digoreskan pada bidang gambar sehingga hasil akhirnya terlihat lebih tajam dan mencolok.


9. Memiliki Berbagai Macam Varian Warna Yang Menarik

Sama seperti point sebelumnya, krayon dari berbagai merk apapun umumnya telah menyediakan berbagai macam warna yang beragam dan dominan cerah. Warnanya juga menarik, cocok bagi sobat kosngosan yang notabene nya pecinta crayon, dan anak – anak SD yang sering menggunakan alat mewarnai ini dalam kegiatan menggambar mereka.


10. Warna Yang Dihasilkan Lebih Tebal Dibandingkan Alat Mewarnai Lainnya

Crayon jenis krayon ini umumnya memberikan kesan yang lebih tajam dan mencolok pada hasil akhir gambar nantinya. Selain warna dan tekstur nya yang mudah menempel pada bidang kertas, warna dari krayon sendiri cenderung lebih tebal dibandingkan dengan alat mewarnai lain seperti pensil warna, spidol dan lain sebagainya.


Kekurangan Krayon dan Pensil Warna


1. Krayon Yang Berbentuk Batangan, Rentan Sekali Patah

Seperti yang telah dijelaskan, krayon merupakan alat untuk mewarnai dengan bahan dasar lilin dengan campuran minyak. Hal ini membuat krayon memiliki bentuk yang halus

Selain itu bahannya juga rentan patah jika dipegang dengan kasar dan tidak hati – hati. Oleh karena itu, agar krayon mu awet, usahakan kamu menggunakannya dengan hati – hati dan lembut ya.


2. Mudah Kotor Sehingga Dalam Penggunaannya Harus Berhati – Hati

Selain mudah patah, kekurangan krayon selanjutnya adalah mudah kotor dalam penggunaannya. Karena krayon sendiri sifatnya ringan dan mudah menempel pada media bahkan tangan pengguna, akibatnya jika tidak digunakan secara hati – hati maka akan membuat kotor di bagian – bagian lainnya.

Maka dari itu usahakan saat kamu mengaplikasikan benda ini pada kertas, pastikan tangan mu dalam keadaan bersih dan kering. Kamu juga bisa menambahkan tissue untuk menutupi bagian yang masih belum diwarnai agar tidak mudah tertempel sisa – sisa dan warna crayon dari tanganmu.


3. Mudah Habis dan Meninggalkan Remah Serta Kotoran

Dari segi penggunaan, crayon jenis krayon ini juga lebih mudah habis karena dalam pengaplikasiannya cenderung digores dan meninggalkan sisa – sisa remah dari hasil goresannya. Remah – remah ini jugalah yang bisa membuat kotor pada bagian lain apabila sobat kosngosan tidak sengaja terbawa dan menempel pada tangan.


4. Harganya Cukup Mahal

Crayon memang lebih mudah ditemukan di berbagai toko alat tulis ataupun di toko – toko kecil lainnya. Namun harga dari crayon jenis ini juga lumayan mahal.

Apalagi jika semakin besar dan semakin banyak jumlah varian warna dalam kemasan krayon tersebut. Maka umumnya harga yang dibandrol juga akan semakin tinggi.


5. Kurang Cocok Jika Digunakan Oleh Anak Kecil

Mengingat sifat dari krayon ini yang mudah meninggalkan kotoran dan remah – remah serta bahan dasarnya yang terbuat dari lilin, membuat alat warna tersebut kurang cocok jika diaplikasikan oleh anak kecil terutama yang masih balita.

Tentu saja dalam penggunaannya harus disertai oleh bimbingan orang tua agar resiko dari bahaya krayon seperti dimasukkan ke dalam mulut dapat diatasi.


6. Kurang Bisa Bertahan Lama Pada Media Gambar

Krayon sendiri kurang bisa bertahan lama pada media gambar dikarenakan jika dibiarkan dalam waktu lama akan menghasilkan pigmen – pigmen dan efek berminyak yang ada di sekitar gambar nantinya.

Baca juga : Cara Menggambar Pola Baju dengan Benar


Kata Penutup

Semenjak kita sekolah, pastinya kita sudah pernah menggunakan alat menggambar yang satu ini, bukan? Kalau kamu sering menggunakan crayon untuk mencoret coret di buku gambar, maka kamu pastinya tahu mengenai kelebihan dan kekurangan dari alat gambar yang satu ini.

Semoga setelah membaca artikel mengenai manfaat dan kekurangan dari crayon oil ini bisa menambah referensi teman teman kosngosan.com sekalian. Untuk berkontribusi, silahkan tekan tombol share atau bagikan dibawah ini, supaya teman teman yang lain juga bisa membaca dan menambah pengetahuan mereka.

Oleh rezaharahap