Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Alasan Memilih Jurusan IPA yang Wajib Diketahui

Apa saja alasan mu untuk memilih jurusan IPA saat sekolah di bangku SMA? Pada kesempatan kali ini, kosngosan akan membahas apa saja yang menjadi landasanmu dalam menentukan jurusan. Karena ini adalah hal yang krusial dalam mempengaruhi pemilihan program studimu ketika di perguruan tinggi nanti, dan juga menentukan karier mu kedepannya. Makanya, jangan sembarangan memilih jurusan, kalau kamu tidak ingin gagal dan bingung dengan masa depan.

ILMU PENGETAHUAN ALAM adalah jurusan yang mempelajari tentang sains atau biasa kita sebut dengan eksak. Lalu apa saja kelebihan yang bisa kamu dapatkan bila bergabung dan memilih jurusan ini nantinya? Setidaknya ada beberapa, diantaranya adalah :

Kamu akan mendapatkan prospek kerja yang lebih cerah dan mudah diterima dalam ruang lingkup pekerjaan umum. Kamu juga bisa memilih program studi lintas minat nantinya, menjadi jurusan yang mayoritas dan di favoritkan, ilmu yang selalu aktual dan juga memiliki kesempatan untuk mendapatkan beasiswa ke luar negeri.


alasan memilih jurusan ipa

Berbagai Alasan sebelum Memilih Jurusan IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)

Baiklah langsung saja, kita akan bahas satu per satu mengenai beberapa alasan yang mungkin bisa membuatmu untuk menjatuhkan pilihan ke dalam jurusan IPA. Supaya kamu tidak hanya ikut-ikutan teman saja, maka pastikan kamu memiliki satu atau beberapa dari alasan dibawah ini.


1. Dapat Membuat Kamu Berpikir Logis

Di Jurusan IPA kamu akan mendapatkan lebih banyak jadwal mata pelajaran dibandingkan dengan jurusan lainnya. Dimana materi-materi yang diberikan akan dapat melatih sobat kosngosan dalam berpikir secara logis. Karena mata pelajarannya banyak berhubungan dengan logika.


2. Suka Mata Pelajaran Matematika

Jurusan IPA kerap di samakan dengan kemampuan dalam hal berhitung. Tidak hanya berhitung di materi pelajaran matematika, namun di mata pelajaran Fisika, Kimia dan lainnya akan banyak melatih otak kamu di bidang ini. Jurusan IPA sangat cocok bagi yang suka dan lebih senang belajar hitugan.


3. Banyak Eksperimen

Saat di kelas, jurusan IPA tidak hanya belajar menghitung melulu, tidak hanya membaca buku terus-terusan. Ada beberapa eksperimen di beberapa mata pelajaran. Bagi para pemilih jurusan IPA hal ini sangat mengasikkan. 

Contoh di mata pelajaran kimia, kamu akan mempelajari beberapa bahan kimia, mencampurkan larutan, membuat sabun mandi, hingga membuat bom kecil-kecilan dari eksperimen bahan kimia yang sederhana. Contoh lainnya yaitu di mata pelajaran Biologi, ada banyak eksperimen yang akan menambah wawasan. Seperti mempelajari struktur organ tubuh pada mencit, atau mempelajari struktur anatomi bunga dan lainnya.


4. Ilmunya Banyak Dimanfaatkan 

Selain bermanfaat bagi diri sendiri, banyak ilmu dan materi yang dapat memperluas jalan pikir kamu. Materi-materi yang diberikan juga dapat bermanfaat dan dapat kamu terapkan di kehidupan sehari-hari atau di masyarakat. 

Seperti contoh cara pembuatan pupuk organik. Dengan mengetahui cara dan proses pembuatan pupuk organik ini kamu bisa membantu para petani di desa sobat kosngosans untuk mengurangi penggunaan pupuk kimia dengan menyediakan pupuk organik buatan kamu.

 

5. Banyak Ikut Lomba

Anak-anak dari jurusan IPA selalu menjadi pilihan beberapa guru jika sekolah diundang dalam acara lomba karya tulis ilmiah atau olimpiade-olimpiade di kota.


6. Menjadi Prioritas  Guru-guru

Siswa dan siswi di kelas IPA umumnya menjadi prioritas dalam segala hal. Entah bagi guru-guru, staf  Tata usaha maupun kepala sekolah di sekolah. Karena di kelas IPA kamu tidak hanya belajar menjadi terbaik namun juga belajar menata akhlak dan sopan santun menjadi baik.

Menurut beberapa guru anak-anak IPA selalu rajin, rapi, ramah dan sopan. Sehingga secara tidak sengaja kamu yang memiliki sikap buruk akan tertular menjadi anak yang sesuai dengan definisi para guru. Jadi kamu setidaknya juga bisa termotivasi untuk turut menjadi baik seperti yang lainnya.


7. Dikenal Sebagai Siswa Pintar

Anak dengan jurusan IPA umumnya memiliki tinggat kepintaran yang lebih tinggi diandingkan dengan anak jurusan lainnya. Seperti pengetahuan mengenal kata-kata atau terminologi, memahami konsep-konsep lebih cepat, dapat menganalisis dengan baik. 


8. Menyayangi Alam Sekitar

Menjadi anak IPA kamu akan terbiasa dengan hal-hal baik yang mengelilingi hidupmu. Seperti contoh jadwal belajar yang teratur dan sesuai, ada waktu main yang tidak berlebihan, ada jam belajar kelompok hingga menjaga lingkungan sekitar dengan baik bersama teman-teman. 

Atau seperti mengikuti kegiatan-kegiatan pecinta alam dengan kegiatan bersih- pantai, menanam sejuta pohon, menanam mangrove dan lainnya. Tanpa sengaja di sini sobat kosngosan akan dilatih untuk menjadi lebih penyayang dengan menjaga alam sekitar tetap bersih dan aman.


9. Memiliki Rasa Ingin Tahu yang Tinggi

Anak IPA umumnya memilki rasa ingin tahu yang tinggi. Setiap materi yang telah di berikan akan selalu membuat munculnya pertanyaan-pertanyaan di ahir pelajaran. Mendapatkan materi baru tentang alam atau lainnya membuat kamu memiliki sejuta pertanyaan yang ingin kamu tahu selanjutnya.


10. Memiliki Dasar Perhitungan Matematika yang Baik

Ilmu hitung-hitungan adalah sebuah dasar yang harus dikuasi oleh setiap orang, di kelas IPA kamu akan mendapatkan pelajaran matematika dasar yang bisa membantu kamu untuk kedepannya. Dimana setiap ujian tes masuk perguruan tinggi Negeri atau Swasta tes masuknya pasti tentang matematika dasar. 

Selain itu untuk tes masuk di beberapa perusahaan atau tes CPNS sekalipun. Sehingga dengan mengambil jurusan IPA di sekolah akan memudahkan kamu untuk menangani kesulitan saat tes di masa mendatang.


11. Kesempatan Masuk Perguruan Tinggi Lebih Besar

Peluang siswa lulusan IPA lebih besar saat mendaftarkan diri ke sebuah perguruan tinggi negeri. Karena anak-anak IPA umumnya memang sudah memiliki kecerdasan yang tinggi dibandingkan dengan anak-anak lainnya.


12. Banyak Pilihan di Perguruan Tinggi untuk Jurusan IPA

Saat lulus SMA/MA, bagi kamu yang lebih memilih jurusan IPA akan dapat banyak keuntungan. Saat memilih dan mendaftar di perguruan tinggi, ada banyak pilihan jurusan yang boleh diambil untuk jurusan IPA. 

Jadi jurusan IPA memungkinkan kamu untuk mengambil program studi apapun yang kamu inginkan saat kuliah nanti, meskipun itu merupakan jurusan di luar IPA.

Misalkan di ITB (Institur Teknologi Bandung) siswa dengan jurusan IPA diperbolehkan memilih Program Studi Soshum pada tes SNMPTN, namun sebaliknya anak IPS tidak diperbolehkan mengambil Program Studi di luar bidangnya seperti Saintek.

Ada fakta yang menyatakan bahwa pada SNMPTN tahun 2017 lalu, di UGM (Universitas Gajah Mada) menerima 19 calon mahasiswa dengan latar belakang IPS dan menerima anak IPA sebanyak 26 orang di Program Studi Akuntansi. 

Kejadian-kejadian seperti ini tidak hanya terjadi di dua perguruan tinggi ini saja, tapi masih banyak yang lainnya. Selain di Perguruan Tinggi Negeri di Perguruan Tinggi Swasta juga anak IPA memiliki lebih banyak keuntungan untuk memilih Program Studi yang diinginkan.  


13. Cepat Mendapatkan Pekerjaan

Di dunia kerja nantinya, perusahaan-perusahaan akan lebih memilih calon pegawai yang dari lulusan IPA. Karena umumnya anak IPA memiliki skil berupa STEM yaitu Science, Teknologi, Engineering dan Math. Dimana skil tersebut merupakan pengetahuan dasar yang harus dimiliki oleh sobat kosngosan sebagai calon pegawai. Sehingga banyak perusahaan yang mempertimbangkan latar belakang pendidikan seperti ini karena lebih banyak memiliki persentase prosepek yang cerah dan dapat menguntungkan perusahaan.

Di Indonesia masih banyak membutuhkan pegawai dengan latar belakang atau lulusan IPA yang memiliki pengatuan STEM tersebut. Selain itu gaji karyawan yang bekerja di bidang STEM ini juga cukup besar. Menurut survey pada tahun 2016 lalu, gaji karyawan tertinggi adalah di perusahaan Teknologi, Minyak dan Gas, dan Bidang pertambangan.  


14. Anak IPA Lebih Survive di PTN

Beberapa kisah nyata menceritakan bahwa anak dengan lulusan IPA yang mengambil Program Studi di bidang IPA akan lebih bertahan dan tidak kesulitan, bahkan ada yang lebih unggul dari anak lulusan IPS. Misalkan di bidang hitung-menghitung. 

Pasalnya anak IPA pada umumnya sudah terbiasa dengan pekerjaan di bawah tekanan saat sebelumnya. Misalkan banyaknya tugas yang menumpuk, laporan praktikum yang menggunung dan lainnya membuat anak lulusan IPA tidak akan terlalu terkejut saat di perkuliahan, atau malah merasa biasa dengan kondisi seperti ini. 


15. Banyak Pilihan Pekerjaan untuk Anak IPA

Anak lulusan IPA akan memiliki lebih banyak pilihan karir setelah lulus nanti. Salah satunya yaitu Ahli Bikimia atau Biofisika, di balai konservasi tanaman atau hewan di Taman Nasional, Ilmu Lingkungan dan Teknisi di laboratorium sekolah atau PTN, bidang forensik, Ahli georgrafi, balai proteksi tanaman dan masih banyak pilihan lainnya

Baca juga : Alasan Memilih Jurusan IPS


Kata Penutup

Memilih jurusan IPA memang menjadi favorit kebanyakan anak sma. akan tetapi, jangan ikut ikutan teman. Jadi sobat kosngosan.com harus memilih jurusan eksak ini berdasarkan kemampuan dan ketertarikanmu ya Supaya nantinya kamu bisa menjalani perkuliahan dengan perasaan yang nyaman, tidak terkekang.

Demikian beberapa artikel mengenai alasan kamu kenapa harus memilih jurusan ipa sebagai fokus konsentrasimu selama sekolah di bangku SMA. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa untuk share url artikelnya ya. Terimakasih banyak!

Oleh rezaharahap