Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Alasan Memilih Jurusan IPS Wajib Kamu Ketahui

Apa saja alasan mu untuk memilih jurusan IPS di sekolah? Bagi sebagian orang, memilih jurusan ketika SMA (Sekolah Menengah Atas) itu merupakan hal yang sepele. Namun sebenarnya, memilih jurusan adalah hal yang krusial dalam menentukan karier dan masa depan mu lho. Karena ini akan berhubungan juga ke pemilihan program studi ketika di perguruan tinggi, dan juga pemilihan profesi di dunia kerja.

Walaupun jurusan IPS dikenal sebagai jurusan yang santai, murid murid nya sering di streotipekan sebagai murid yang nakal dan suka pembolos, namun itu semua bukanlah realitas yang sebenarnya.

ILMU PENGETAHUAN SOSIAL merupakan salah satu jurusan yang penting, dan bermanfaat untuk kamu pilih. Kalau kamu sering bingung hendak menentukan apa saja alasanmu untuk memilih jurusan yang satu ini, maka mimin kosngosan akan memberikan beberapa dibawah ini :

alasan memilih jurusan ips


Motivasi dalam Memilih Jurusan IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial)


Dalam tujuan akhirnya, memilih jurusan tentu saja berdasarkan apa yang kita senangi dan telah menjadi passion, bukan? Buat kamu yang masih bingung mengetahui alasan apa yang sebenarnya membuatmu menjatuhkan hati pada jurusan ini, maka mimin kosngosan.com akan berbagai sedikit tentang itu.


1. Belajar Ilmu Komunikasi yang Baik

Di kelas IPS kamu akan diberikan banyak materi tentang cara berkomunikasi dengan baik, cara memperhatikan dan memahami lawan bicara atau cara mengenal kepribadian lawan bicara kamu, sehingga kamu bisa dengan mudah mengerti maksud lawan bicara kamu. 

Jika kamu ingin meningkatkan kemampuan komunikasimu menjadi lebih baik dan lancar, jurusan IPS sangat cocok. Kemampuan sosial dan komunikasimu akan berkembang dan membuat kamu semakin jago di bidang ini.


2. Memiliki Prospek Bekerja yang Banyak

Jurusan IPS akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan. Karena banyak perusahaan yang pada umumnya mencari lulusan IPS. IPS jurusan Ekonomi juga sangat banyak di butuhkan di lapangan baik perusahaan swasta ataupun perusahaan kepemerintahan seperti contoh akuntansi, perpajakan dan manajemen da lainnya. Atau anak IPS jurusan Ilmu Komunikasi yang memiliki speaking yang bagus atau skil menulis seperti jurnalis dan fotografi merupakan pekerjaan yang banyak membutuhkan jurusan IPS. 

Selain itu ada program studi Hubungan Internasioanl yang juga merupakan lulusan IPS ini, saat ini memiliki prospek kerja nasional dan internasional. Jurusan ini dianggap sebagai jurusan yang paling bergengsi. Ada jurusan Psikologi dari lulusan IPS juga sangat banyak diminati di berbagai rumah sakit atau konselor, terapi anak berkebutuhan khusus misalkan, atau human resource development. 

Dan yang terakhir ada jurusan Hukum yang juga berasal dari bidang IPS.  Selain materi dan praktek tentang pelajaran hukum di Indonesia juga tentang hukum internasional. Sehingga peluang bekerjanya pun semakin banyak seperti Staf kementerian, Hakim dan Jaksa, konsultan hukum dan lainnya. 


3. Tidak Banyak Materi Hitungan

Di kelas IPS, selain menyenangkan, tidak terlalu banyak materi yang menegangkan, ada banyak pelajaran yang tidak ada hitungannya. Inilah kenapa jurusan IPS selalu menjadi pilihan bagi anak-anak yang tidak suka berhitung. Meski di jurusan IPS masih ada materi hitungnnya, tapi tidak sebanyak di jurusan IPA.


4. Banyak Guru yang Mengasikkan

Siapa bilang anak IPS tidak pintar? Anak IPS pintar pada bidangnya masing-masing. Karena setiap orang memiliki bakat dan kepintaran yang berbeda. Anak-anak jurusan IPS yang memilih jurusan ini memiliki kepribadian yang humoris dan tidak suka tekanan. 

Itulah kenapa lebih memilih jurusan IPS karena rata-rata pelajaran yang disampaikan sangat menyenangkan. Di kelas IPS pelajaran yang diberikan selalu dinantikan, apalagi guru-gurunya selalu kocak dan asik. Kuliahnya lebih santai tidak stres dan tidak banyak tugas. Sehingga banyak anak IPS yang kuliahnya sambil berbisnis atau bekerja. 


5. Lebih Paham Sejarah

Pelajaran sejarah menjadi salah satu pilihan mengambil jurusan IPS karena di pelajaran ini sobat kosngosan akan lebih menempa jiwa sosial kamu menjadi lebih tinggi. Semakin menghargai perjuangan para pahlawan-pahlawan bangsa yang telah gugur. Selain itu jiwa kepemimpinan kamu juga kan semakin terbentuk di jurusan ini. 


6. Lebih Paham Isu yang Beredar

Masuk jurusan IPS akan membantu kamu untuk lebih cepat memahami dan peka terhadap segala isu yang beredar saat ini entah di berita atau lingkungan sekolah dan rumah. Di jurusan IPS kamu akan diajarkan supaya cepat tanggap dalam menyelesaikan suatu masalah, belajar bagaimana menemukan solusi dari isu-isu atau dari masalah-masalah yang berkeliaran di kehidupan sehari-hari ataupun di lingkungan sekolah.


7. Kegiatan Praktek  Sosial

Apakah kamu suka dengan kegiatan praktek? Nah pada jurusan IPS ini, ada banyak sekali kegiatan praktek sosial ini akan membantu untuk lebih mengerti bagaimana penerapan ilmu-ilmu dan materi sosial yang pernah diajarkan langsung ke masyarakat. 


8. Pelajaran yang menyenangkan

Selain jurusan IPS adalah pelajaran yan menyenangkan, tanpa kamu sadari semua materi-materi yang diberikan di kelas akan membantu kamu menjadi lebih baik kedepannya. Misalkan dengan belajar ilmu komunikasi kamu dapat dengan mudah menjalin koneksi dan interkasi dengan beberapa orang penting di luar sana. Ini bisa kamu langsun terapkan di kehidupan kamu. 


9. Ilmu yang Diajarkan Bisa Langsung Diaplikasikan ke Lingkungan

Ada beberapa macam ilmu-ilmu dari berbagai mata pelajaran yang mengajarkan bagaimana proses aplikasinya secara langsung di lingkungan rumah atau pun lingkungan sekolah. Seperti contoh ketika membantu orang tua berjualan kamu bisa mengaplikasikan materi pada mata pelajaran ekonomi yaitu bagaimana memanaj keuangan misalkan mengatur dengan baik cash flow dan akhirnya membuat kamu menjadi lebih hemat.

Dengan belajar ilmu-ilmu yang diajarkan di kelas IPS seperti contoh ilmu sosiologi ini akan mempermudah sobat kosngosan untuk bisa mengaplikasikan ilmunya seperti cara mudah berkomunikasi dengan memahami perilaku mereka.


10. Mengambil  Peran di Masyarakat

Misalkan pada kegiatan forum pemuda di desa umumnya memiliki banyak susunan keanggotaan yang salah satunya bisa kamu ambil dan menunjukkan peran kamu berdasarkan ilmu lingkungan dan sosial kamu dapatkan di kelas IPS. 

Seperti bagaimana menanggulangi sampah di sekitar lingkungan desa dengan cara yang baik dan bahkan bisa menghasilkan nilai ekonomi jika diperbaharui atau di daur ulang. Hal ini akan membuat kamu memiliki peran yang sangat bagus di desa kamu jika bisa menaklukan sampah dan mendapatkan nilai ekonomi yang bagus.


11. Lebih Sedikit Pesaing

Di Jurusan IPS karena memiliki lebih sedikit siswa, maka teman bersaing pun akan lebih sedikit dibandingkan dengan orang-orang yang berbondong-bodong masuk jurusan IPA. Hal ini akan memudahkan kamu dalam bersaing dalam mendaftar kuliah di perguruan tinggi maupun saat mencari pekerjaan nantinya. 


12. Ada Banyak Pilihan di Perguruan Tinggi

Program studi yang beragam di perguruan tinggi membuat banyak anak IPA yang bahkan melintasi jurusan demi beragamnya program studi di IPS yang lebih menarik. Anak lulusan IPA banyak yang mendaftar di bidang IPS. Hal ini membuktikan bahwa IPS memiliki banyak pilihan dan lebih menguntungkan dari pada program studi di IPA. 


13. Lulusan IPS adalah Calon Pebisnis

Selain materi-materi yang menyenangkan dan asik, di kelas juga kamu akan di ajarkan pelajaran tentang ilmu entrepreneur. Dimana di materi ini sobat kosngosan akan memahami bagaimana cara menawarkan barang dengan baik dengan memahami perilaku dari masyarakat. 

Kamu akan mudah mencari permintaan yang mendesak di masyarakat ataupun mengetahui permintaan yang tidak mendesak. Hal ini akan mengajarkan kamu menjadi pebisnis yang sukses nantinya. 


14. Berperan penting di Dalam kehidupan

Ilmu-ilmu yang dipelajari di kelas IPS sangat penting dalam kehidupan. Seperti kemampuan dalam memahami kondisi saat ini sehingga bisa membuat perencanaan yang baik untuk tujuan hidup selanjutnya. Selain itu misalkan d jurusan manajemen kamu bisa mengembagkan skil pada diri sendiri. 

Dapat menjadi pribadi yang pintar mengatur keuangan, selalu disiplin, pandai dalam bergaul, membentuk kepemimpinan pada diri sendiri dan pintar mengelola bisnis.


15. Memiliki Pribadi yang Baik

Selain banyak alasan dan manfaat memilih jurusan IPS di atas, kamu juga akan mendapatkan bonus karena memilih jurusan IPS yaitu kamu akan dilatih untuk mejadi pribadi tangguh, baik dan bertanggung jawab. Tentu saja dengan jurusan IPS, kamu akan diberikan pemahaman lebih terhadap karakter, sosial dan juga bagaimana cara bergaul dengan sesama.

Baca juga : Daftar Jurusan SMK yang Cocok untuk Perempuan


Kata Penutup

Apapun jurusan mu, tentu saja kamu akan mendapatkan yang terbaik. Salah satunya dengan memilih jurusan IPS, maka sobat kosngosan.com akan memperoleh ilmu sosial yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari hari.

Demikian postingan mengenai beberapa alasan kenapa kamu harus memilih jurusan ips sebagai fokus dan konsentrasimu di sekolah menengah atas. Jangan lupa share dan bagikan artikel ini di sosial media kalian ya. Terimakasih banyak!

Oleh rezaharahap