Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

21 Contoh Konsumen di Bidang Jasa

Apa saja contoh konsumen yang menggunakan produk jasa? Seperti yang kita ketahui, produk ekonomi dibagi menjadi dua jenis, yaitu barang dan jasa. Selain konsumen bidang barang, ada juga konsumen bidang jasa. Semua produk atau jasa yang kita temui pasti memiliki konsumen. Konsumen merupakan orang yang memakai atau menggunakan barang dan jasa yang ada di lingkungan masyarakat entah untuk kepentingan pribadi, keluarga, orang lain, maupun makhluk lain dan sifatnya tidak untuk diperjualbelikan.

Lalu apa yang dimaksud dengan jasa? Jasa adalah bidang usaha yang menawarkan produk yang berbentuk pelayanan servis atau jasa. Sama halnya saat kamu mendirikan badan usaha yang memproduksi barang tertentu yang dijual demi mendapatkan profit. Konsep ini juga berlaku terhadap bisnis jasa.

Biasa disebut juga sebagai perusahaan penyedia layanan jasa yang memberikan keahlian atau skill tertentu yang bermanfaat bagi konsumen.Pada pembahasan kali ini, kami akan membahas tentang konsumen yang menggunakan bidang jasa. Berikut contoh dan penjelasannya :

Contoh dan Jenis Konsumen di Bidang Jasa 


1. Klien Pengacara atau Advokat

Orang – orang yang biasanya terlibat suatu kasus atau masalah di pengadilan biasanya memerlukan jasa pengacara atau advokat untuk memberikan bantuan hukum, mendampingi, dan mewakili mereka dalam penanganan kasus yang dihadapi. 

Pengacara umumnya adalah orang – orang yang pandai menggeluti bidang hukum. Mereka akan melibatkan klien sebagai pemohon, tergugat, penggugat, bahkan pihak yang turut tergugat dalam perkara Perdata.

Baca juga : Contoh Konsumsi Rumah Tangga


2. Mahasiswa Di Universitas

Mahasiswa yang berada di suatu Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta juga merupakan konsumen yang menggunakan bidang jasa dari dosen mereka. 

Dosen bertugas untuk mendidik, mentransformasikan, mengembangkan, mengabdi kepada masyarakat, serta menyebarluaskan ilmu pengetahuan mereka dalam bidang tertentu secara professional. Ilmu ini juga bisa berupa banyak hal mulai dari seni, teknologi, dan lain sebagainya.


3. Murid atau Siswa – Siswi di Sekolah

Sama halnya dengan mahasiswa di perguruan tinggi, murid – murid yang menimba ilmu di sekolah juga merupakan konsumen yang menggunakan layanan jasa berupa pendidikan dari guru masing – masing. 

Secara umum, guru memiliki tugas untuk mendidik, mengarahkan, mengajar, memberikan dorongan, memuji, menghukum, membentuk tauladan serta membiasakan. Hal ini tidak lain bertujuan agar seluruh peserta didik disamping mendapatkan ilmu dengan optimal, juga mampu menerapkan nilai – nilai yang baik dan terpuji.


4. Pelanggan Tukang Cukur atau Barbershop

Untuk kebanyakan orang khususnya dari kaum laki – laki, mereka pasti membutuhkan layanan jasa dari tukang cukur untuk memotong rambut mereka. 

Dalam perkembangan zaman apalagi sekarang, sudah tersedia banyak layanan jasa cukur atau biasa disebut barbershop diluaran sana. Pelanggan akan diberikan pilihan ingin dipotong dan ditata rambutnya seperti apa.


5. Pasien di Rumah Sakit

Umumnya, di klinik – klinik atau rumah sakit pasti telah tersedia dokter maupun perawat yang akan mengurusi dan mengobati pasien yang sedang sakit. 

Seperti yang diketahui, perawat dan dokter ini bekerja di bidang jasa yang artinya memberikan pelayanan kepada setiap orang yang membutuhkan. Disini setiap pasien yang sakit akan dirawat, diberikan obat serta diperlakukan selayaknya agar bisa cepat pulih.


6. Penumpang Maskapai Penerbangan

Maskapai penerbangan merupakan sebuah instansi yang menyediakan layanan jasa penerbangan yang diperuntukkan bagi penumpang ataupun barang. 

Umumnya mereka menyewa pesawat bagi kebutuhan jasa tersebut agar dapat membentuk kerja sama atau aliansi dengan maskapai lainnya agar mendapatkan keuntungan bersama. Pihak maskapai akan menyediakan pelayanan dengan kabin yang memadai serta didampingi oleh pihak pramugara dan pramugari untuk melayani penumpang.


7. Pelanggan Customer Service

Di jaman sekarang, banyak perusahaan atau instansi – instansi yang menyediakan customer service dalam susunan kepegawaiannya agar dapat melengkapi kebutuhan para pelanggan mereka. 

Tugas customer service adalah melayani dan memberikan informasi seputar produk, memberikan solusi atas keluhan pelanggan, menyelesaikan masalah serta menjadi penghubung antara pelanggan dan perusahaan.


8. Pelanggan Ojek Online dan Transportasi Lainnya

Dalam kegiatan sehari – hari, banyak orang yang cenderung berpergian ke suatu tempat dan tentunya mereka membutuhkan sarana transportasi untuk dapat menjangkau tujuan mereka. 

Terkadang pun banyak orang yang memilih menggunakan transportasi umum ketimbang menggunakan kendaraan mereka sendiri. Ada banyak layanan jasa transportasi yang bisa dijadikan pilihan. Seperti ojek online yang lebih cepat dan efektif karena kita hanya perlu menunggu setelah memesan lewat layar handphone masing – masing.


9. Pelanggan Semir Sepatu

Jasa penyemiran sepatu juga masih digemari masyarakat. Alasannya, tidak banyak orang yang sempat dan berkeinginan untuk menyemir sepatu sendiri. Mereka lebih memilih menggunakan jasa semir di luar atau di pinggir jalan karena lebih cepat dan menghemat tenaga.


10. Pelanggan Laundry

Banyak jasa – jasa laundry yang dibuka seiring dalam perkembangan zaman. Masyarakat cenderung memilih untuk menggunakan jasa ini karena hemat waktu dan tenaga. 

Banyak orang yang tidak sempat dan kesulitan dalam mencuci pakaian mereka. Hal ini tentunya juga bermanfaat karena dapat meringankan beban pekerjaan terutama bagi mahasiswa yang ngekos, serta orang – orang yang bekerja full time dalam kesehariannya.


11. Pelanggan Jahit

Usaha konveksi atau pakaian merupakan jenis usaha yang tidak akan hilang dimakan zaman. Mengingat tidak semua orang memiliki kemampuan dan keahlian menjahit yang baik, maka mereka lebih memilih untuk membeli pakaian jadi atau menggunakan layanan jasa jahit yang beredar di sekitarnya. 

Biasanya permintaan akan jasa ini kian meningkat saat awal pembukaan sekolah karena rata – rata orang akan mengantre untuk menjahitkan seragam untuk anak – anak mereka.


12. Pelanggan Di Restoran

Pelayanan di restoran atau rumah – rumah makan umumnya juga menyediakan jasa dari pekerjaan pelayan atau waitress. Mereka akan melayani setiap pelanggan yang datang untuk sekedar menanyakan keinginan dan selanjutnya mengantarkan pesanan mereka.


13. Pengguna Tempat Parkir

Walaupun terdengar sepele, namun profesi dari tukang parkir ini tidak dapat diremehkan. Biasanya pekerjaan ini tersedia hampir diseluruh fasilitas umum seperti pusat – pusat perbelanjaan, mall, rumah sakit, kantor, restoran, perusahaan besar dan masih banyak lagi. 

Tukang parkir umumnya bertugas untuk menata dan mengarahkan kendaraan agar lebih tertata dan tersusun rapi serta aman.


14. Pengguna Lalu Lintas

Bagi pengguna lalu lintas, jasa dari profesi polisi merupakan layanan yang sangat penting dan berjasa bagi kelangsungan lalu lintas. 

Bayangkan saja jika tidak ada polisi. Adanya lampu merah pun tidak cukup dan menjamin akan lancarnya lalu lintas tanpa ada yang mengarahkan. Dengan adanya jasa tersebut, maka pengguna lalu lintas akan lebih disiplin dan aman dalam perjalanan mereka.


15. Pengguna Jasa Montir

Banyak orang yang mengalami masalah dalam kendaraan mereka. Entah pada bagian mesin atau sparepart kendaraan. Dengan adanya jasa montir ini, maka orang – orang akan lebih terbantu dan dimudahkan dalam memperbaiki kendaraan mereka yang rusak. Hal ini mengingat tidak semua orang mampu dan memiliki keahlian khusus pada bidang ini.


16. Pengguna Jasa Ekspedisi

Jasa ekspedisi atau pengiriman barang merupakan suatu layanan yang disediakan perusahaan untuk memudahkan dalam pengiriman barang baik dari dalam kota maupun luar kota. 

Contohnya saja jika kamu habis membeli barang lewat shoppe, tentu pesanan yang kamu pilih asalnya dari luar kota bukan? Nah untuk mengirimkan barang itu padamu, pihak marketing juga bekerja sama dengan pihak ekspedisi dalam hal pengiriman produk mereka hingga sampai di tangan konsumen.


17. Pengguna Jasa Pemadam Kebakaran

Banyak kasus – kasus kebakaran yang terjadi di sekitar kita. Tentu tidak semua orang mampu mengatasi bencana ini. Bayangkan saja jika kebakaran yang terjadi itu intensitasnya besar. Pasti sangat berbahaya sekali jika tidak langsung ditangani dengan tepat. 

Oleh karena itu, banyak orang yang memilih menggunakan jasa ini agar bencana lebih efektif ditangani sehingga korban dan harta masih ada harapan dapat diselamatkan dengan cepat.


18. Pengguna Jasa Konstruksi Bangunan

Pengguna jasa kontruksi bangunan seperti meliputi orang – orang yang ingin membangun perusahaan atau bangunan baru di tanah mereka. 

Tentu dengan adanya jasa ini dapat lebih memudahkan mereka dan dapat memberikan serta menetapkan kapan tenggat pembangunan lokasi tersebut selesai. Bangunan akan disusun sesuai keinginan dan dapat selesai sesuai waktu yang telah ditetapkan.


19. Pelanggan Jasa Sedot WC

Layanan jasa ini banyak dimanfaatkan utamanya di lingkungan perumahan dan perkantoran. Apalagi dalam pemukiman yang padat warga. Tentu banyak orang yang mengalami masalah pada toilet mereka seperti WC penuh atau mampet. Dengan adanya jasa ini, tentu dapat membantu kesulitan penduduk yang membutuhkan.


20. Pengguna Jasa Bodyguard

Bodyguard mungkin merupakan profesi yang agak asing disekitar kita. Tapi tidak sedikit juga yang menggunakan jasa ini dengan alasan keamanan dan melindungi mereka dari ancaman orang luar. 

Profesi bodyguard umumnya selalu mendampingi atasan mereka kemanapun untuk mengawal mereka dan menghindari marabahaya dari kejahatan yang tak terduga.

Baca juga : Manfaat Ekonomi bidang Jasa

Kata Penutup

Menjadi konsumen suatu produk, salah satunya seperti produk jasa, adalah suatu rutinitas yang dilakukan. Karena pada dasarnya manusia adalah mahluk konsumsi yang membutuhkan produk seperti jasa, maka perlu untuk mengetahui contoh konsumen nya. Untuk jenis usaha dibidang jasa juga sudah dibahas oleh kosngosan

Demikian pembahasan kali ini, semoga bisa menambah referensi dan pengetahuan dari teman teman sekalian. Sebagai bentuk partisipasi kalian, jangan lupa untuk share dan bagikan artikel ini, dengan klik tombol share dibawah. Terimakasih banyak!

Oleh rezaharahap