Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20 Contoh Pemasaran Langsung dan Tidak Langsung

Apa saja contoh dari pemasaran secara langsung dan pemasaran tidak langsung? Dari uraian dibawah ini, sobat kosngosan.com akan mendapatkan beberapa referensi yang cukup mengenai hal tersebut. Seperti yang kita ketahui, pemasaran langsung atau dalam bahasa inggris-nya disebut sebagai direct marketing ialah salah satu cara dalam penjualan yang memanfaatkan media langsung tanpa melibatkan pihak perantara dalam kegiatan transaksi jual-beli serta tawar-menawarnya.

Sementara pemasaran tidak langsung, atau biasa disebut indirect marketing merupakan kebalikan dari direct marketing tadi, yaitu cara penjualan yang memakai saluran media secara tidak langsung (atau menggunakan perantara) dalam menggaet pembeli atau konsumen.

Kamu bisa membedakan keduanya dengan kata kunci "perantara". Yang menjadi perantara dalam penjualan tidak langsung bisa berbagai pihak. Misalkan artis, blog, channel youtube, akun instagram, konsumen itu sendiri, marketing sales dan sebagainya. Biasanya bagi perusahaan yang sudah punya banyak produk, mereka akan melakukan kedua jenis pemasaran ini dengan seimbang.

Pemasaran merupakan suatu kegiatan berupa penciptaan, komunikasi, penyampaian, dan pertukaran tawaran yang memiliki nilai kepada pelanggan, klien, mitra kerja, atau bahkan masyarakat luas. Aktivitas pemasaran bermula dari adanya keharusan atas pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian berkembang menjadi keinginan yang harus diwujudkan.

contoh pemasaran langsung


Contoh Pemasaran Langsung dan Pemasaran Tidak Langsung

Baiklah, tanpa berbasa basi lagi, mimin kosngosan.com akan langsung memberikan beberapa referensi jenis pemasaran kepada kalian untuk dijadikan bahan dalam menentukan apa saja metode marketing yang cocok. Karena tidak semua cara bisa cocok untuk jenis produk tertentu. 

Berikut merupakan jenis dan penjelasan dari pemasaran beserta contoh – contohnya :


1. Pemasaran Langsung

Pemasaran langsung merupakan suatu bentuk pemasaran yang cara pengomunikasian tawaran pada pelanggannya dilakukan secara langsung atau pada saat itu juga. Tempat dimana organisasi yang melakukan pemasaran dapat berkomunikasi dengan pelanggan yang telah ditentukan sebelumnya dan menyediakan metode untuk tanggapan secara langsung.

Hal ini juga biasa disebut dengan pemasaran respon langsung, jadi pihak penjual dan pembeli dapat melakukan interaksi dan transaksi tanpa memerlukan perantara.

Contoh pemasaran langsung meliputi :


a. Social Media Marketing

Di zaman sekarang ini, pemasaran melalui social media marketing merupakan bentuk penjualan yang sudah cukup umum digunakan. Hal ini karena selain terbukti efektif untuk diterapkan, biaya untuk pengeluarannya juga tidak terlalu besar.

Ada banyak sekali jenis platform dan sosial media yang tersedia sekarang untuk dimanfaatkan oleh penjual maupun perusahaan untuk mempromosikan produknya. Misalnya Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, dan lain sebagainya.


b. Personal Selling

Personal selling adalah bentuk pemasaran produk yang dilakukan secara langsung yakni dimana proses penjualannya dengan cara bertatap muka dengan calon pembeli yang ada.

Biasanya, perusahaan akan melakukan survey terhadap lokasi yang akan dijadikan tempat penjualan produk terlebih dahulu. Hal ini tentunya sangat penting karena lokasi menjadi salah satu faktor utama dari strategi 4P agar pemasaran dapat berjalan sukses.


c. Kios Marketing

Kios marketing adalah salah satu contoh penjualan langsung yang memanfaatkan perkembangan teknologi, yakni dengan menggunakan mesin penyedia produk atau barang.

Pada umumnya, mesin tersebut akan diletakkan pada tempat – tempat yang strategis dan ramai agar lebih mudah dikunjungi orang. Pelanggan juga diberi kebebasan dalam memilih motif, jenis atau warna produk sesuai dengan keinginan masing – masing.


d. Online Marketing

Sesuai dengan namanya, contoh pemasaran ini memanfaatkan media online atau situs web sebagai sarana penjualan dan promosi produknya. Ada banyak contoh media yang bisa dipilih, seperti Google Ads, platform market place, dan website penjualan lain yang tentunya ramai di jejaring sosial.

Salah satu kelebihan online marketing ini adalah jumlah pengguna internet yang cukup besar karena berasal dari dalam maupun luar negeri sehingga membuat produk lebih dikenal luas karena pemasaran tidak mengenal batas wilayah atau negara.


e. TV Home Shopping

Pemasaran menggunakan TV home shopping cukup mendatangkan manfaat yang tinggi. Hal ini disebabkan karena jenis pemasaran ini sifatnya lebih efektif sehingga tingkat penjualan produk bisa dilakukan secara signifikan. Selain itu jangkauan TV juga sangat luas dan teknik agresif yang berasal dari penjual juga mampu menarik minat sobat kosngosan sebagai pelanggan terhadap jenis produk yang dipasarkan.


f. Direct Mail

Direct mail adalah sistem penjualan barang secara langsung dengan menawarkan produk melalui email kepada target market yang telah didaftarkan sebelumnya. Konten yang dibuat dari direct mail marketing sendiri juga harus menarik entah dari sisi desain, image, huruf, ataupun warnanya sehingga lebih mudah dalam menarik minat para calon pembeli nantinya.


g. Catalog Marketing

Catalog marketing merupakan strategi pemasaran yang dilakukan dengan menciptakan dan mengirimkan catalog yang telah dirancang sebaik mungkin kepada target market tertentu yang telah dipilih sebelumnya.


h. Telemarketing

Telemarketing adalah jenis penjualan produk yang proses pemasarannya memanfaatkan media komunikasi berupa telepon atau media suara lainnya. Sebelum memasarkan produk melalui telemarketing, perusahaan harus melakukan role play terlebih dahulu dalam tim penjualan agar mendapatkan hasil yang maksimal nantinya.


i. SMS Blasting

Salah satu teknik penjualan ini juga efektif untuk diterapkan karena biaya yang dibutuhkan cukup terjangkau. SMS blasting adalah cara pemasaran yang dilakukan oleh suatu perusahaan dengan menjangkau pelanggan mereka melalui pengiriman pesan pada sekelompok konsumen. Mereka juga dapat memberikan tautan situs web miliknya, maupun pesan pribadi dan pengingat barang yang akan dikirimkan.


j. Direct Selling

Direct selling juga merupakan strategi pemasaran produk yang cukup efektif untuk dilakukan karena dapat mempermudah pendirian bisnis yang lebih fleksibel dan terjangkau. Cara ini ini dinilai lebih mudah dipahami oleh para pelanggan. Kamu hanya perlu datang atau mengunjungi langsung rumah mereka dan melakukan promosi terhadap produk yang kamu tawarkan.


2. Pemasaran Tidak Langsung

Pemasaran tidak langsung adalah strategi penjualan dan promosi produk atau jasa yang ditujukan pada pelanggan dengan cara menyentuh pikiran dan perasaan mereka dengan harapan dapat menumbuhkan minat lalu membeli produk yang ditawarkan.

Contoh pemasaran tidak langsung yang perlu sobat kosngosan ketahui, yaitu meliputi :


a. Media Iklan

Bagi kebanyakan orang, media iklan tentunya dikenal sebagai media pemasaran yang ampuh dan efektif untuk mengenalkan produk pada masyarakat luas. Ada banyak jenis media promosi yang dapat kita jumpai di televisi, koran, media cetak, dan jejaring sosial. Beberapa macam jenis iklan yang umum ditemui adalah : iklan keluarga, iklan niaga, iklan pengumuman, iklan baris, dan iklan layanan masyarakat.


b. Humas (Hubungan Masyarakat)

Humas atau Hubungan Masyarakat (Public Relation), merupakan jenis penyampaian suatu informasi yang ditujukan pada kalangan masyarakat dalam berbagai bentuk media komunikasi baik cetak, broadcasting, online, media outdoor, maupun pada event – event tertentu. 

Selain berperan sebagai media iklan, humas juga berfungsi sebagai wadah untuk menjaga dan mempertahankan produk dari maraknya brand lain yang ada di lingkup masyarakat.


c. Media Pemasaran Interaktif

Seiring dengan perkembangan zaman, salah satu metode yang umum dimanfaatkan dalam pemasaran produk adalah dengan menggunakan internet sebagai sarana promosi usaha. Meski dalam beberapa referensi ada juga yang mengatakan bahwa pemasaran via online juga termasuk kategori dalam pemasaran langsung, tapi konsepnya juga tetap sama yakni bertujuan dalam mengenalkan produk.


d. Endorsement Produk

Endorsement merupakan bentuk promosi produk yang pada umumnya berupa ulasan positif mengenai barang, layanan, atau jasa yang ditawarkan dan diberikan oleh public figure tertentu pada akun media sosial miliknya. Hal ini biasa dilakukan dan umum dijumpai pada selebgram atau influencer terkenal di mata masyarakat.


f. Content Placement

Content placement adalah suatu kegiatan menata blog yang isinya berupa penempatan konten yang disusun menggunakan trik – trik tertentu baik berupa artikel, tulisan bebas, maupun karya lain dari pihak brand sejenis atau pemilik produk. Jadi sobat kosngosan bisa memperkenalkan produk melalui kerja sama content placement ini.


g. Brand Ambasador

Brand ambassador atau duta merek merupakan istilah pemasaran yang ditujukan pada sebuah kelompok atau perseorangan yang dikontrak atau dipekerjakan oleh suatu perusahaan tertentu agar mempromosikan brand mereka pada masyarakat luas, baik dalam hubungan Nasional, maupun Internasional.


h. Review atau Ulasan

Review atau ulasan merupakan kegiatan penilaian terhadap suatu karya atau produk yang membahas tentang kualitas, kelebihan, maupun kekurangannya. Hal ini dilakukan agar masyarakat dapat mengetahui hal apa saja yang menarik dan kurang dari produk yang ditawarkan supaya dapat dijadikan pertimbangan sebelum membeli dan menggunakan produk tersebut.


i. Testimoni atau Pengalaman Pengguna

Testimoni merupakan bentuk kesaksian jujur dari pembeli dan isinya berupa kepuasan atau kekecewaan terhadap produk yang mereka gunakan. Adanya testimoni ini sangat bermanfaat untuk kelangsungan pemasaran suatu produk agar memiliki citra positif di mata calon pelanggan nantinya.


j. Rating atau Bintang

Rating dikenal sebagai bentuk evaluasi atau penilaian seseorang terhadap suatu produk, layanan atau jasa yang telah mereka gunakan. Umumnya, semakin tinggi bintang atau rating dari suatu produk, maka akan semakin bagus pula kualitas yang diberikan. Begitupun sebaliknya.


k. Rekomendasi Produk

Bentuk pemasaran tidak langsung yang terakhir adalah rekomendasi produk, yakni pemberian hal atau saran dari pihak – pihak tertentu yang diberikan pada suatu media komunikasi baik secara langsung maupun tidak langsung agar nantinya dapat diterima atau ditolak oleh penerima informasinya.

Baca juga : Contoh Dialog Pemasaran Produk


Kata Penutup

Semoga saja beberapa contoh dari marketing langsung dan tidak langsung diatas bisa menjadi referensi bagi kalian yang ingin menjual produk dengan lebih baik lagi. Dengan menerapkan strategi marketing tersebut, tentunya proses pemasaran barang atau jasa akan jauh lebih mudah dan efisien.

Ingat untuk budget yang dikeluarkan sobat kosngosan.com tentunya akan lebih terjangkau. Jika saat ini kalian memang memiliki bisnis berbasis online atau offline, maka perlu mengetahui apa saja strategi pemasaran yang efektif seperti yang sudah mimin jelaskan diatas. Terimakasih, jangan lupa share artikel ini ya!

Oleh rezaharahap