Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

18 Contoh Produk Grafika dan Percetakan

Apa saja contoh dari produk yang dikategorikan sebagai grafika atau percetakan? Grafika merupakan suatu produk yang yang ditampilkan secara visual dengan menggunakan media permukaan seperti kertas, kanvas atau lainnya.  Adapun tujuan pembuatan produk grafika adalah untuk memberikan informasi, ilustrasi dan juga entertainment kepada konsumen. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas secara lengkap mengenai Grafika

Grafika berasal dari serapan bahasa Inggris yaitu Graphic, yang juga asalnya dari bahasa Yunani yaitu Graphos, artinya gambar atau tulisan. Dalam artian saat ini orang-orang banyak mengenal produk grafika sebagai produk percetakan.

Produk grafika sangat erat kaitanya dengan perkembangan kebudayaan dari masa ke masa. Dimulai dari ukiran di atas batu, sampai percetakan modern di atas kertas dengan desain menggunakan aplikasi. Proses produksi massal grafika sangat dipengaruhi oleh perkembangan teknologi yang semakin pesat dan memudahkan manusia untuk menciptakan produk grafika yang lebih efektif dan efisien.

contoh produk grafika


Contoh dan Jenis Produk dan Barang Grafika Cetakan

Berbagai jenis produk grafika akan kita bahas di bawah ini untuk menambah referensi teman-teman kosngosan.com sekalian. Sebagian sebenarnya sudah sering kita pakai sehari-hari. Karena jenis dari media percetakan itu sendiri sangat beraneka ragam, maka mimin memberikan cukup banyak referensi buat kalian :


Media Massa Koran

Koran adalah produk grafika yang menggunakan aplikasi visual. Dimana tampilan dari produk grafika berupa Koran ini adalah berisi gambar dan teks. Dimana adanya gambar dan teks pada Koran ini dapat bermanfaat memberikan berita, cerita dan informasi yang dituliskan pada Koran ini.

Proses pembuatan Koran menjadi produk grafika ini menggunakan metode cetak secara tidak langsung. Koran akan diproses dengan mesin cetak menggunakan daftar offset dengan cetakan. Cetakan untuk membuat Koran tersebut berisi gambar, berita, cerita dan informasi terbaru yang akan dimuat pada halaman Koran.


Kertas Poster

Saat ini poster merupakan media yang digunakan oleh semua pengusaha dari berbagai bidang usaha. Poster digunakan sebagai alat untuk mempromosikan sebuah produk yang dibuat. Selain itu poster juga merupakan alat untuk memberikan beberapa informasi atau pembelajaran di beberapa tempat seperti sekolah dan universitas. 

Pembuatan poster ini menggunakan cetakan digital. Dimana cetakan ini dapat mencetak beberapa teks dan gambar yang unik dan menarik sesuai dengan keingianan sobat kosngosan. Dimana poster ini umumnya berupa informasi atau promosi yang di pajang dalam ukuran yang besar sehingga dapat dengan mudah dibaca dan dimengerti dari kejauhan.


Pakaian Bermotif Gambar

Produk dari grafika ini juga merupakan kaos bergambar. Produk grafika tidak hanya mencetak gambar atau teks pada kertas saja. Dengan meningkatnya teknologi kini kaos juga dapat diberikan gambar dan teks sesuai keinginan. 

Contohnya yaitu perusahaan sablon. Dimana penggunaan teknik dari mesin sablon ini akan menghasilkan gambar yang unik, menarik dan berkualitas. Pencetakan gambar dan teks pada kaos juga bisa disesuaikan dengan keinginan masing-masing dari pelanggan.


Kemasan Makanan

Kemasan makanan saat ini menjadi salah satu daya tarik dari pemasaran sebuah produk. Dimana dengan dibuatnya kemasan yang bagus dan dapat melindungi makanan akan membuat konsumen tertarik untuk membeli produk tersebut.

Teknik dari pembuatn kemasan makanan dengan metode grafika adalah dengan menggunakan cetakan digital. Dimana di setiap kemasan dapat diberikan gambar dan tulisan yang menarik untuk konsumen.

Baca juga : Contoh Produk dari Kegiatan Industri

 

Kartu Ucapan atau Undangan

Kartu ucapan atau undangan pernikahan dan undangan lainnya adalah sebuah produk yang digunakan untuk memberikan ucapan atau beberapa pesan kepada sobat kosngosan lainnya. Pembuatan kartu ucpan dan undangan ini menggunakan teknik grafika. Dimana proses pembuatannya adalah dengan mencetak tulisan dan gambar dengan tinta pada kertas. 


Iklan Produk

Iklan dibuat untuk memberitahukan kepada orang-orang bahwa produk tersebut sudah ada di pasaran, atau sebagai pemberitahuan promosi dari sebuah produk. Iklan dibuat daengan media cetak, atau melalui Tv atau billboard. Dimana semua proses untuk membuat iklan tersebut menggunakan teknik grafika berupa cetakan digital.


Hologram dan Materai

Hologram dan Materai ini merupakan produk yang diproduksi dengan teknik grafis. Dimana alat produksinya menggunakan cetak datar. Selain menggunakn cetak datar dalam proses pembuatan produk ini juga digunakan mesin cetak digital yang memiliki kapasitas yang bagus dan berkualitas.


Stiker Nama dan Logo

Stiker nama dan logo ini adalah produk grafika yang banyak diminati. Produk ini dibuat dengan menggunakan mesin cetak yang diberikan tinta sesuai dengan keinginan. Dimana prosesnya yaitu dengan teknik saring atau membuat bahan menjadi bisa untuk menyerap tinta ke permukaan bahan. Cetakan pada mesin ini berupa kain kasa yang elastis dan halus.  Dengan cetakan ini kemudian jadilah produk berupa stiker dan logo yang bagus.


Packaging Botol Minuman

Konsumen yang membeli produk seperti minuman, bisa dipengarugi karena adanya kemasan botol yang menarik. Fungsi lain dalam melindungi produk, kemasan juga mencerminkan sebuah produk, selain tentunya untuk menarik perhatian sobat kosngosan sebagai konsumen.

Untuk kemasan produk kebanyakan dicetak menggunakan cetakan digital. Hal ini untuk membuat produk lebih menarik dan banyak konsumen yang membeli. Melalui kemasan yang menarik, maka tingkat penjualan diharapkan bisa bertambah


Kain Sablon

Kain bakal juga bisa dicetak menggunakan alat printing pakaian. Dan hasil cetakan dari media kain dan pakaian ini bisa divariasikan sesuai dengan desain dari aplikasi di laptop atau komputer. 

Kain sablon ini tentu punya nilai seni dan keunikan nya tersendiri sehingga akan nampak lebih berbeda dari kaos lain. Untuk teknik sablon dapat menghasilkan gambar yang tidak luntur apabila di cuci. Kini banyak masyarakat yang menjual kaos dengan berbagai desain.


Fotografi

Fotografi merupakan seni yang berisikan sebuah objek dalam sebuah frame. Dimana hasilnya berupa foto atau gambar yang dapat dicetak dengan mesin print. Selain itu gambar atau foto ini bisa ditampilkan pada handphone atau komputer. Gambar hasil fotografi tersebut dapat diambil melalui kamera. Teknik percetakan ini dikenal dengan sebutan teknik fotografi


Produk dari Grafika Relief 

Jenis relief ini adalah merupakan cetakan yang dalam penggunaannya menggunakan lapisan. Lapisan tersebut berupa cetakan yang terbuat dari balok kayu. Untuk membuat hasil cetakan yang sesuai dengan keinginan kamu. Kamu bisa mengecat cetakan balok tersebut pada area yang timbul saja.

Sedangkan pada area yang tidak timul tidak diberikan cat tinta. Kemudian pada area yang timbul nantinya akan menghasilkan gambar ata tulisan sesuai yang tertulis pada balok kayu tersebut. Contoh pembuatan grafika relief ini adalah stampel, embos (tulisan timbul) dan lainnya.


Produk dari Grafika Intaglio

Teknik grafika jenis intaglio ini adalah merupakan teknik dengen konsep timbul. Dimana cetakan yan digunakan intaglio ini merupakan sebuah cetakan. Setelah digoreskan pada alumunium maka tinta yang ditorehkan akan timbul sesuai dengan keinginan kamu. 

Hasil dari cetakan intaglio ini adalah permanen dan tidak akan bisa hilang. Contoh produk dari intaglio ini adalah berupa pembuatan uang kertas. Selain itu ada baju perang yang diukir dengan etsa pada intaglio.


Produk dari Grafika Stensil

Pada grafika ini menggunakan metode pemotongan. Dimana pembuatannya yaitu dengan menggunting huruf atau angka pada kertas kemudian ditempelkan pada tempat yang diinginkan oleh sobat kosngosan, seperti papan atau kain. 

Setelah diletaklan dan dideretkan kemudian disemprot dengan dengan cat warna sesuai keinginan. Setelah itu akan terbentuk tulisan yang sesuai dengan yang telah dibuat. Contoh produknya yaitu berupa papan informasi, papan peringatan atau spanduk.


Produk dari Grafika Kolagrafi

Teknik grafika yang digunakan pada pembuatan produk berupa kolagrafi ini yaitu menggunakan metode cetak dan tempel. Dimana media yang digunakan yaitu berupa kanvas dengan menggunakan cat. 

Hasil dari cetakan ini akan berbentuk lukisan. Lukisan yang dibuat dengan kolagrafi ini berbentuk cekung pada kanvas. Cara mencetak gambar pada kertas ini adalah dengan mengarsir gambar yang timbul pada kertas kosong. Sehingga nantinya akan muncul gambar dari hasil arsiran pensil tersebut.


Cap dengan Printing Hight

Pada pembuatan cap ini menggunakan cetakan tinggi. Dimana bahan dari cetakan ini adalah berupa bahan yang dicungkil dan membuat permukaan pada mesia akan menjadi tinggi. 

Pada permukaan yang tinggi pada media tersebut akan diberikan tinta sesuai dengan warna keinginan. Kemudian setelah diberikan tinta maka akan terbentuk gambar dan tulisan yang sesuai pada cetakan sebelumnya. Contoh produk yang menggunakan cetak tinggi ini yaitu ada karet, papan kayu, triplek dan lainnya.


Pembuatan lithography

Contoh produk dari lithograpy ini adalah berupa hasil dari mesin cetak dan hasil dari teknik foto mekanik. Dimana teknik Lithograpgy adalah teknik grafika yang dibuat dengan cara membuat tulisan atau gambar dengan cetakan yang datar atau rata. 

Media ini merupakan alat untuk menghasilkan produk dari lithography ini. Umumnya contoh media yang digunakan untuk membuat produk dari teknik lithography ini yaitu ada batu kapur yang dapat menghisap warna pada tinta.

Baca juga : Contoh Teknologi Terapan dalam Kehidupan Sehari hari


Kata Penutup

Selain contoh yang sudah dijelaskan di atas, ada banyak sekali teknik dalam menghasilkan produk Grafika, seperti Teknik Cetek Saring (Silkscreen), Teknik Cetak Tinggi (Woodcut), Teknik Cetak Datar (Lithography), Teknik Cetak Dalam, Engraving, Mezzoint, Drypoint dan lainnya. Masing-masing diantar yang memiliki kelebihan dan kekurangannya

Demikian beberapa referensi untuk menambah pengetahuanmu mengenai jenis-jenis produk Grafika yang kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Untuk berkontribusi dalam pengembangan blog kosngosan.com,  Jangan lupa untuk Klik tombol share di bawah dan bagikan artikelnya ke media sosial kalian

Oleh rezaharahap