Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

17 Contoh Produk Massal dan Penjelasannya

Apa saja contoh produksi massal untuk berbagai barang dan jasa? Dalam kegiatan ekonomi, kegiatan produksi adalah suatu kegiatan yang menghasilkan barang atau jasa yang siap konsumsi. Salah satu jenis dari produksi adalah "massal", dimana ini berlangsung secara terus menerus dalam jumlah dan kapitalisasi yang besar.  kosngosan.com akan membahas mengenai materi ini pada kesempatan kali ini.

Produksi massal terjadi seperti suatu proses yang terus menerus dan saling berkaitan. Kuantitas barang atau jasa yang dihasilkan tentu saja sangat besar, membutuhkan pabrik dengan kapasitas besar. Dan produk yang dihasilkan juga  sudah banyak dikenal oleh masyarakat

Dalam teorinya, contoh produksi massal memiliki ciri-ciri diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Produk berjumlah besar, biasanya diterapkan pada produk yang harus dihasilkan dalam jumlah besar
  • Variasi produk kecil, karena produksi massal menghasilkan barang yang sama dan seragam. 
  • Adanya alur pekerjaan, yaitu adanya product layout dengan urutan peralatan berdasarkan pekerjaan
  • Memerlukan mesin khusus (biasanya teknologi tinggi), mesin yang bersifat khusus (special purpose machines)
  • Operator tidak selalu dibutuhkan, karena peran operator dalam proses produksi sangat kecil


contoh produksi massal

Contoh Produksi Massal dan Penjelasannya


Produksi massal dilakukan untuk memenuhi kebutuhan manusia yang semakin banyak dari hari ke hari. Oleh karena itu sobat kosngosan perlu mengetahui beberapa contoh proses produksi yang termasuk kedalam jenis produksi massal, yaitu diantaranya :



1. Pembuatan Keramik dan Bahan Bangunan Lainnya

Pebuatan Keramik dengan berbagai macam bentuk, warna dan corak selalu diminati. Pembuatan berbagai macam bentuk ini dibuat berdasarkan dari permintaan pelanggan. Selain keramik ada semen dan bahan bangunan lainnya yang selalu dibutuhkan dan selalu banyak permintaan. Pembuatan keramik, semen dan bahan bangunan lainnya secara massal ini berdasarkan dengan banyaknya permintaan dari pelanggan yang melakukan pembangunan dimana-mana saat ini. 

Seperti pembangunan rumah, perumahan, perkantoran, restoran, tempat hiburan serta tempat shopping dan bangunan lainnya membutuhkan keramik, semen dan bahan bangunan lainnya untuk menyelesaikan pembangunan. Itulah kenapa pembuatan bahan bangunan selalu dilakukan secara terus menerus.


2. Produk Coca Cola

Merek terkenal di Dunia ini adalah salah satu produk yang diproduksi secara massal. Minuman dengan berbagai macam bentuk dan varian ini selalu ramai pembeli dan banyak peminatnya. Minuman terkenal ini selalu disajikan dimana pun dan selalu ada di setiap toko. 

Produk massal dari coca cola ini setiap harinya sebanyak 1.9 Miliar produk minuman. Karena tingginya permintaan dari sekitar kurang lebih 200 Negara di Dunia. Sehingga pembuatan dari produk coca cola ini selalu bertambah setiap harinya. Apakah sobat kosngosan suka minum coca cola?


3. Produk Bahan Transportasi dan Otomotif

Perusahaan otomotif berupa kendaraan dan bahan transportasi ini merupakan produk yang diproduksi secara massal. Contoh dari perusahaan ini yaitu Toyota. Dimana produk yang berdiri di bawah naungan PT. Astra asal Jepang ini berhasil menaikkan permintaan dari produknya sebanyak 32 % lebih banyak dari tahun sebelumnya. Perusahaan ini memiliki lebih dari sekitar 8000 orang karyawan pada tahun 2019 lalu. Sehingga perusahaan ini selalu melakukan pembuatan produk secara massal karena banyaknya kebutuhan dari pengguna.


4. Produk Handphone

Produksi handphone di Indonesia selalu bertamabah secara pesat. Hal ini terlihat dari adanya kebutuhan akan penggunaan handphone oleh anak muda, adanya perluasan area untuk internet dan adanya perkembangan dari media sosial. Penggunaan handphone di Indonesia adalah sebanyak 355.5 juta. Dimana salah satu handphone yang paling banyak diproduksi adalah iphone.

Penjualan Iphone ini naik sebesar 45% dari tahun lalu. Kenaikan jumlah pemasaran ini dimulai sejak munculnya Iphone dengan jenis Iphone 5S. Produk dengan kualitas tinggi ini memiliki pendapatan sebesar 91.3 Miliar. Sehingga perusahaan produk gadget terkenal ini, kini semakin membesar dan semakin populer. 


5. Produk Pakaian

Dengan semakin maraknya penjual online shop saat ini membuat produk pakaian semakin meningkat. Hal ini diakibatkan karena semakin meningkat dan bertambahnya sumber daya manusia, sehingga permintaan terhadap produksi pakaian pun semakin banyak. Sehingga pakaian pun diproduksi secara massal oleh beberapa pabrik. Produksi massal ini juga diakibatkan oleh berkembangnya penjualan online di Indonesia. 


6. Pembuatan Perabotan Rumah Tangga

Sobat kosngosan pastinya memiliki perabotan di rumah, bukan? Nah pembuatan perabotan rumah tangga seperti alat elektronik, berupa rice cooker, kipas angin, oven, setrika dan alat dapur berupa kompor dan keperluan rumah lainnya semakin tinggi permintaannya setiap hari. Karena semakin banyaknya pernikahan di setiap bulan membuat produksi ini semakin banyak pula. 


7. Produk Mainan

Pembuatan mainan adalah salah satu produk yang diproduksi secara massal. Mainan merupakan produk yang selalu dan terus dibutuhkan dan tetap dicari. Contohnya yaitu bola mainan, karet gelang, mobil-mobilan, leggo dan lainnya. mainan ini selalu dicari oleh anak-anak pada tingkat Kelompok Bermain, TK bahkan anak SD.


8. Pembuatan Buku dan Pensil

Buku, pensil dan keperluan sekolah lainnya merupakan keperluan utama bagi anak-anak sekolah. Dari masa ke masa pembuatan produk ini tidak pernah terhenti dan berkurang. Selalu bertambah karena permintaan pun semakin banyak. Semakin banyak sobat kosngosan yang masuk sekolah sehingga kebutuhannya akan keperluan sekolah pun semakin meningkat.


9. Pembuatan Sabun, Sampo dan Keperluan lainnya. 

Sabun, sampo dan alat- alat mandi lainnya merupakan produk yang dibuat secara terus menerus oleh perusahaan. Pembuatan yang kontinu ini dikarenakan karena permintaan dari konsumen yang selalu berlanjut dan berkala. Penggunaannya pada setiap hari dan setiap waktu. 


10. Pembuatan Vitamin

Pembuatan vitamin secara massal ini mulai marak semenjak adanya pandemi Corona virus 19 setahun lalu sampai saat ini. Semenjak adanya arahan pemerintah untuk selalu menajaga kesehatan tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh, masyarakat mulai menyerbu beberapa vitamin yang ada di pasaran. Permintaan vitamin ini masih berlanjut dan terus meningkat sampai saat ini.


11. Pembuatan Masker dan Handzaitizer

Pada ahir tahun 2019 lalu, semenjak mulainya pandemi corona virus 19 menghampiri mulailah pembuatan masker secara besar-besaran oleh perusahaan pembuatan masker. Selain itu beberapa orang yang juga memulai usaha melakukan pembuatan masker secara mandiri untuk konsumen yang membutuhkan secara terus menerus. 

Selain pembuatan masker, pembuatan handsanitizer juga menjadi produk yang populer sejak tahun 2019 lalu. Dimana di beberapa laboratorium mulai melakukan pembuatan hadsanitizer secara massal. Hal ini dilakukan karena kebutuhan dari warga akan handsanitizer yang terus meningkat. 


12. Produk Elektronik dari Polytron

Produk dari polytron ini berupa Tv, ada smartphone, ada Audio system, produk elektronik untuk rumah seperti Ac, Kulkas, Masin cuci dan lainnya. produk-produk dari polytron ini terus menerus tersedia di pasaran. Dimana semua produk dari polytron ini adalah kebutuhan bagi semua orang. Sehingga selalu diproduksi secara msasal.


13. Produksi Rokok

Pada tahun 2018 produksi rokok adalah sebesar 332.4 miliar. Kemudian terjadi peningkatan produksi pada tahun 2019 yaitu sebesar 365.5 miliar batang. Dari data ini menunjukkan bahwa produksi rokok setiap tahunnya selalu mengalami kenaikan. 

Meningkatnya kebutuhan rokok dari tahun ke tahun ini menyebabkan produksi rokok selalu dilakukan secara massal. Kebutuhan rokok oleh masyarakat menjadikan produksi rokok ini terjadi secara terus menerus dan selalu meningkat.


14. Produksi Makanan Ringan

Makanan ringan saat ini semakin menjamur di masyarakat. Makanan ringan kini memiliki banyak macam dan bentuknya. Dengan varian yang banyak ini membuat konsumen semakin menginginkannya.

Kebiasaan ngemil sobat kosngosan saat ini semakin meningkat dengan adanya permintaan makanan ringan yang semakin banyak dan kontinu. Produksi massal dari makanan ringan ini membuat konsumen tidak pernah kehabisan makanan ringan dan selalu ada di setiap toko. 

Selain murah, banyak peminatnya dan selalu dilakukan produksi secara massal membuat banyak pengusaha mudah yang juga menekuni bisnis ini. Melakukan produkasi secara besar-besaran dengan peminat yang banyak dan untung yang terus berjalan.


15. Produksi Minuman Kemasan

Minuman dengan berbagai macam rasa dan bentuk yang ada di supermarket, minimarket dan toko-toko, kini semakin laris dan banyak peminatnya. Produksi minuman berupa kopi instan, teh, jus, susu permentasi dan minuman berasa lainnya tidak pernah terputus dalam memproduksinya. Karena minat dari masyarakat untuk mnegkonsumsi minuman instan dengan berbagai varian ini menjadikan perusahaan selalu menyediakan minuman ini dalam jumlah banyak.


16. Produksi SIM CARD Seluler

 Kamu pastinya memiliki handphone bukan? Handphone ini membutuhkan yang namanya jaringan seluler untuk bisa menelpon, sms dan bahkan internetan. Untuk itu kamu harus membeli yang namanya Sim Card atau kartu kecil kemudian dipasang di dalam HP supaya nanti kamu bisa mendapatkan jaringan operator, misalnya dari telkomsel, XL, atau Indosat. Nah produksi dari simcard ini juga bisa dikategorikan secara massal karena dibuat dalam jumlah besar dan didistribusikan ke berbagai daerah di Indonesia


17. Pembangkit Listrik Tenaga Batubara

Sampai saat ini Indonesia masih bergantung dengan batubara untuk menghasilkan listrik utama di berbagai daerah. Walaupun sudah cukup banyak pembangkit listrik terbarukan seperti tenaga air, angin dan surya, namun batubara masih menjadi pilihan yang paling murah untuk menghasilkan listrik. Dan proses dalam pembangkit listrik Ini bisa juga dikategorikan dalam produksi massal, yaitu memproduksi listrik Siapakah yang didistribusikan melalui PLN ke rumah rumah masyarakat.



Kata Penutup


Memproduksi atau menghasilkan suatu barang dan jasa adalah suatu kegiatan ekonomi yang menghasilkan profit. Namun pada kenyataannya, banyak juga produsen yang mengalami kerugian karena kurangnya perencanaan dalam melakukan produksi massal. 

Semoga dengan mengetahui beberapa contoh diatas bisa menambah referensi mu dalam memulai suatu bisnis. Untuk para calon pengusaha sukses, jangan lupa untuk Klik tombol share di bawah dan bagikan artikel ini ke linimasa media sosial kalian masing-masing. Terima kasih sudah mengunjungi blog kosngosan.com
Oleh rezaharahap