25 Contoh Sikap Cinta Produk Indonesia

Apa saja tindakan yang mencerminkan perilaku cinta produk dalam negeri yang bisa dilakukan sebagai warga negara Indonesia? Tentu saja untuk mengisi kemerdekaan, kita sebagai generasi muda harus belajar mencintai barang yang dan konten yang diproduksi dari dalam negeri. Karena itu merupakan bentuk nasionalisme dan patriotisme.

Pada kesempatan kali ini, kosngosan akan memberikan pembahasan mengenai definisi, manfaat, dampak dan contoh dari cinta produk indonesia. Karena cinta produk indonesia adalah salah satu cara kita untuk membantu produsen lokal agar lebih dapat bersaing.

Di era globalisasi dan perdagangan bebas seperti sekarang ini, barang dan produk dari luar negeri bebas diperjual belikan di tanah air. Sebagai warga negara yang baik, sobat kosngosan dituntut untuk bijak mengunakan barang yang berasal dari impor luar negeri tersebut dan lebih memprioritaskan barang produk dalam negeri alias lokal. Nah seperti apa bentuk cinta produk indonesia tersebut?

Apa dampak dari mencintai produk dalam negeri bagi pengusaha lokal? Tentunya sangat positif karena omset penjualan mereka akan terangkat. Walaupun sebenarnya untuk masalah harga, produk lokal relatif lebih mahal, namun secara kualitas mimin kira masih lebih baik dibandingkan produk impor yang tidak jelas asal usulnya.

Memakai bahan lokal seperti mainan kepada anak juga merupakan langkah sederhana yang orangtua harus terapkan. Ada banyak kasus mainan impor yang menggunakan bahan berbahaya, tentunya ini menjadikan sobat kosngosan sebagai orangtua yang cerdas, bijak memberikan mainan kepada anak.

Mencintai produk bangsa sendiri juga merupakan salah satu cara untuk mengisi kemerdekaan indonesia. Mengapa bisa demikian? Karena di saat damai seperti saat ini kita warga negara tidak dituntut untuk ikut berperang atau membela negara dengan bantuan fisik. Cukup dengan materi dan gerakan masif yaitu cinta produk Indonesia yang nantinya akan berakibat kepada pertumbuhan ekonomi nasional yang semakin positif

Baca Dulu : Contoh Sikap Hemat dalam Kehidupan Sehari-hari


Cinta Produk Dalam Negeri


cinta produk dalam negeri

Ada banyak pengertian mencintai produk Indonesia. Namun secara sederhana mencintai produk lokal berarti menghargai, menyukai dan turut membeli sesuatu barang atau jasa yang diproduksi dan dimiliki oleh masyarakat, perorangan atau perusahaan yang berasal dari Indonesia, baik bahan baku, tenaga kerja maupun proses produksi yang berada di wilayah Indonesia.

Sebagai warga negara yang mencintai negaranya sudah selayaknya sobat kosngosan menggunakan produk dalam negeri. Dan cinta terhadap produk dalam negeri merupakan salah satu bentuk bela negara dalam bentuk non fisik.


Manfaat cinta produk Indonesia


Mencintai dan menggunakan produk lokal Indonesia bukan nya tanpa manfaat. Ada segudang manfaat apabila seluruh masyarakat menerapkan prinsip ini dalam kehidupan sehari harinya, seperti misalnya :

  • Meningkatkan jumlah lapangan pekerjaan
  • Mengurangi angka kemiskinan dan kriminalitas
  • Menambah jumlah pendapatan nasional atau PDB
  • Meningkatkan pertumbuhan ekonomi negara secara makro
  • Membantu meningkatkan produksi dalam negeri
  • Menambah skala usaha dalam negeri
  • Menambah jumlah investasi di Indonesia
  • Meningkatkan kesejahteraan masyarakat
  • Menjaga nama baik bangsa, karena menjadikan produk dalam negeri sebagai identitas
  • Menunjukkan rasa cinta terhadap produk Indonesia, sebagai bentuk bela negara non fisik
  • Merangsang tumbuhnya bisnis umkm yang dapat memperbaiki kondiri perekonomian mikro
  • Dan masih banyak lagi manfaat lainnya.


Contoh cinta produk Indonesia


Pada akhirnya, sobat kosngosan sebagai warga negara Indonesia yang baik memang memiliki hak untuk menggunakan atau tidak menggunakan barang lokal.

Keputusan ada pada sobat kosngosan, namun mimin perlu memberikan beberapa contoh mencintai produk dalam negeri, supaya nantinya kamu bisa tertarik menerapkannya dalam kehidupan sehari hari.

Jadi bila ada pertanyaan seperti ini, sebutkan contoh atau program cinta produk indonesia! maka kamu bisa jawab, check these out!


1. Ikut mempromosikan produk – produk lokal yang kamu sukai di akun media sosial seperti instagram, twitter, dan facebook mu. Ketika kamu sudah mencintai produk lokal, maka salah satu cara untuk membuktikannya adalah kamu dengan bangga memperkenalkan produk tersebut pada akun media sosialmu, terlebih kamu adalah seorang influencer atau selebgram.


2. Memperkenalkan produk lokal ke teman bule melalui chatting atau pesan online, hal ini berarti kamu turut aktif memberikan informasi mengenai produk buatan negeri kepada teman teman yang berasal dari luar negeri. Mereka juga pastinya penasaran dong mengenai produk lokal kita?


3. Mencari informasi selengkapnya mengenai barang kebutuhan sehari – hari yang diproduksi dalam negeri. Hal ini untuk meningkatkan pengetahuanmu terhadap produk tersebut, sehingga kamu menjadi lebih tahu mengenai manfaatnya, kelebihan dan kekurangannya.


4. Memasukan produk lokal dalam daftar belanja kebutuhan pribadi, jadi apabila kamu hendak shopping di marketplace, ada baiknya untuk lebih memprioritaskan produk lokal dibanding kamu membeli produk dari luar negeri. Selama masih ada di dalam negeri, kenapa harus repot-repot beli dari luar?


5. Menyuruh karyawan/pegawai menggunakan seragam batik buatan dalam negeri untuk hari tertentu. Apabila kamu memiliki perusahaan dan punya karyawan yang bekerja didalam sana, maka tidak ada salahnya membuat peraturan mengenakan batik atau pakaian khas budaya di tempatmu.


6. Menyuruh siswa dan guru menggunakan seragam buatan dalam negeri, tentu saja pakaian seragam harusnya dibuat oleh pabrik lokal, seperti seragam sekolah, guru dan para karyawan kantoran juga. Sehingga supply terhadap pakaian lokal tetap eksis


7. Memberikan bantuan modal kepada pengrajin/produsen dalam negeri. Apabila kamu seorang investor dan memiliki dana yang cukup, bisa membantu para pengrajin produk lokal untuk mengembangkan usaha mereka. Bisa dalam skema kredit atau bantuan modal berupa hibah dengan niat mulia untuk menjaga produk lokal tetap eksis


8. Membeli dan menggunakan kendaraan yang diproduksi di dalam negeri Walaupun kita tahu tidak ada produsen kendaraan yang benar benar asli dari dalam negeri, paling tidak kita bisa memilih pabrikan kendaraan yang sudah ada pabrik perakitannya di Indonesia, supaya para pekerja juga mendapatkan cuan secara tidak langsung


9. Membeli dan menggunakan smartphone yang diproduksi di dalam negeri. Saat ini ada mekanisme KDN (Kandungan Dalam Negeri) sebesar 30 persen, sehingga wajib bagi setiap pabrikan untuk memasukkan elemen dalam negeri sebesar 30 persen bila ingin produknya beredar resmi di Indonesia.


10. Menggunakan domain .id (ekstensi regional milik indonesia) pada website sendiri. Nah bagi para blogger atau para pengembang website, menggunakan domain ID adalah salah satu cara untuk menunjukkan kecintaannya terhadap produk lokal, karena ini adalah domain identitas dari bangsa kita


11. Menggunakan bahasa indonesia dalam setiap kemasan barang yang dijual. Jadi apabila kamu menjual produk, jangan lupa untuk menyertakan informasi dalam kemasan yang menggunakan bahasa indonesia sebagai bentuk nasionalisme mu


12. Membeli dan mengkonsumsi makanan dari produsen dalam negeri. Tentu saja ada banyak makanan dan minuman yang diproduksi asli oleh pengusaha dalam negeri. Jadi apabila ada yang lokal, kenapa harus mengkonsumsi makanan dari luar negeri?


13. Membeli dan mengkonsumsi sayuran dan buah dari petani lokal. Produksi pertanian lokal sangat bergantung dari pola konsumsi kita sebagai konsumen yang mengutamakan untuk mengkonsumsi buah dan sayur lokal, yang jelas lebih sehat, segar dan terbebas dari zat pengawet, walaupun mungkin harganya sedikit lebih mahal.


14. Menggunakan perlengkapan olahraga dari produsen dalam negeri. Bila kamu penggemar futsal, badminton atau olahraga lainnya, bisa lebih mengutamakan perlengkapan olahraga dari brand lokal yang juga menunjukkan bahwa kita cinta terhadap produk lokal.


15. Membeli beras lokal, atau langsung dari petani lokal di daerah. Produksi pertanian lokal memang bisa dikatakan lebih sedikit dan memiliki harga yang relatif lebih mahal dibanding impor, namun dengan memiliki beras lokal, kita sudah mendukung petani kita untuk maju dan terbebas dari keterpurukan akibat anjloknya harga.


16. Menjadi promotor dan influencer produk lokal ke teman teman. Banggalah menjadi promotor freelance dari produk produk lokal indonesia. Tidak harus menunggu teman teman mu untuk memperkenalkannya duluan, kamu bisa jadi yang pertama untuk itu.


17. Menjual barang seconhand atau handmade lokal ke marketplace global seperti ebay dan alibaba. Ini saatnya produk kamu untuk go internasional. Jadi kamu bisa memberdayakan produk lokal untuk dijual ke marketplace global seperti alibaba dan amazon.


18. Memberikan penyuluhan kepada pengrajin barang lokal, kenapa ini penting? karena pembelajaran dan traingin akan memberikan ilmu baru kepada pengrajin lokal mengenai bagaimana manajemen produk supaya mereka bisa bersaing di dunia bisnis yang lebih luas.


19. Menyediakan sekolah gratis untuk anak anak pengrajin lokal. Salah satu bentuk dukungan pemerintah terhadap pengrajin atau pebisnis lokal adalah dengan memberikan beasiswa kepada anak anak mereka supaya bisa sekolah dan melanjutkan bisnis orangtuanya.


20. Menonton kartun dan animasi buatan anak negeri, ada banyak sekali animator dalam negeri yang tidak kalah kerennya dibandingkan animator luar. Jadi sebagai anak negeri, kita wajib untuk mendukung dan menikmati dari karya karya mereka


21. Subscribe dan mengunjungi para youtuber dan blogger lokal, dimana para konten creator ini ada dengan dukungan para penggemarnya di tanah air. Mereka juga bisa bermanfaat nantinya untuk memperkenalkan produk lokal kepada para penggemarnya


22. Mendukung penemuan baru dari anak negeri dan mendaftarkannya ke lembaga kekayaan intelektual. ini yang jarang sekali terwujud, karena banyak sekali anak negeri yang menemukan inovasi, tetapi negara lain lebih cepat untuk mengambil nya dan malah mendapatkan hak kekayaan intelektualnya. Jadi ini menjadi tugas bersama antara pemerintah dan para peneliti


23. Mengkomersialisasi setiap penemuan anak bangsa yang bisa berguna bagi masa depan. Apabila ada penemuan yang bermanfaat dan menjadi solusi bagi permasalahan masyarakat, maka pemerintah bisa memproduksi produk tersebut untuk membantu permasalahan yang ada.


24. Mengadakan festival makan kuliner khas dari seluruh daerah di Indonesia. Sebagai bentuk dukungan terhadap kekayaan kuliner nusantara, maka kita perlu untuk melestarikan makanan tersebut dengan mendakan festival atau bazar makanan supaya generasi muda juga tertarik untuk mencoba nya


25. Mengadakan bazar / expo khusus produk / barang buatan dalam negeri. Selain festival makanan, kamu juga bisa ikut berkontribusi dalam mengadakan pameran produk dari dalam negeri untuk diperkenalkan kepada para generasi muda Indonesia.


Baca juga : Contoh Sikap Peduli dalam Kehidupan Sehari hari


Kata penutup


Mencintai produk lokal tidak hanya sebatas membeli saja, tetapi juga ada unsur kebanggaan dan rasa suka terhadap produk tersebut sehingga dapat menggantikan produk impor yang selama ini kita pakai dengan fungsi yang sama.

Mungkin sebagian dari kalian yang menganggap bahwa brand atau merek itu penting, untuk saat ini kalian bisa melepaskan pola pikir tersebut dan mulailah untuk menggunakan produk lokal walaupun dengan brand atau merek yang tidak terkenal produk impor. Kita cukup menerapkan prinsip seperti ini untuk mendukung perekonomian nasional sehingga bisa memperkuat daya tahan dan kemandirian ekonomi secara makro

Sekian artikel yang membahas mengenai beberapa Contoh Cinta Produk Indonesia dan Manfaatnya kali ini, semoga kalian bisa memulai menggunakan produk hasil buatan anak bangsa sendiri dan bangga menggunakannya. Jangan lupa berikan komentar dan bagikan tulisan ini juga ya.
By