Cara Mendapatkan Dana Hibah Untuk Modal Bisnis

Cara Mendapatkan Dana Hibah Untuk Modal Bisnis


Bisnis merupakan kegiatan ekonomi yang tiada matinya. Berikut kosngosan akan membahas mengenai cara untuk memperoleh bantuan dana berupa hibah untuk digunakan sebagai modal bisnis atau usaha. Penasaran? silahkan simak pembahasan kita selanjutnya.

Mencari dana hibah bukanlah perkara gampang. Ada banyak sumber dana yang menjadi pilihan seperti bantuan dana pemerintah, luar negeri dan lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis. Dan kali ini, kita akan mencoba peluang mendapatan bantuan dana cuma cuma atau yang biasa kita sebut dengan dana hibah.

Hibah berasal dari huruf Arab yakni ha di-kasrah dan ba tanpa syiddah berarti memberikan (tamlik) sesuatu kepada orang lain tanpa meminta imbalan atau pamrih. Secara etimologis berarti melewatkan atau menyalurkan. Jadi dapat disimpulkan pengertian hibah merupakan pemberian yang dilakukan oleh seseorang (bisa individu atau kelompok) kepada pihak penerima yang dengan pelaksanaan pembagiannya dilakukan pada waktu penghibah masih hidup.

Ada banyak jenis dan tujuan penggunaan dana hibah, diantaranya untuk kepentingan pendidikan, kepentingan agama, politik, bisnis dan sosial budaya. Jelas sekali penggunaan hibah ini adalah untuk sesuatu yang positif dan membawa manfaat kepada si penerima hibah.

Kamu yang ingin mengembangkan bisnis mu melalui bantuan dana hibah, maka dapat melirik berbagai peluang seperti dibawah ini :

Bantuan Modal dari Kementerian Koperasi dan UKM

Walaupun hibah bantuan sosial tahun kemarin sudah dihapuskan oleh pemerintah, namun Kementerian Koperasi dan UKM tetap memberikan program khusus untuk wirausawan yang bertajuk wirausaha pemula. Adapun skema yang digunakan untuk bantuan pemerintah sesuai dengan amanat peraturan Menteri Keuangan Nomor : 168/PMK.05/2015 mengenai mekanisme pelaksanaan anggaran dari pemerintah pada kementerian atau lembaga

Adapun persyaratannya secara individu memiliki rintisan usaha yang produktif atau minimal usahanya telah berjalan sejak enam bulan dan maksimal tiga tahun. Selain itu, usaha kamu juga belum pernah menerima bantuan sejenis dari Kemenkop dan UKM, memiliki usia maksimal 45 tahun, memiliki pendidikan minimal SLTP atau sederajat.

Selain itu kamu harus sudah memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik yang berlaku, terdapat legalitas usaha (ijin usaha mikro kecil) dan surat keterangan dari kelurahan, pernah mengikuti pembekalan kewirausahaan yang dibuktikan dengan adanya sertifikat maksimal dua tahun sebelum tahun anggaran berjalan. Syarat terakhir adalah memiliki rencana usaha atau business plan juga memiliki rekeninng tabungan yang masih aktif.

Bila ingin mendapatkan info selanjutnya, silahkan kunjungi situs kementrian koperasi dan usaha kecil menengah di www.depkop.go.id

Bantuan dari Badan Ekonomi Kreatif

Bagi kamu yang memiliki startup atau usaha kreatif, bisa melirik bantuan dari Bekraf ini. Total dana hibah yang disiapkan mencapai sepuluh miliar untuk usaha di bidang kuliner, aplikasi digital, serta developer game.

Dana hibah berupa Bantuan Insentif Pemerintah (BIP) adalah skema bantuan berupa modal nonperbankan yaitu penambahan modal kerja dan atau investasi aktiva tetap. Kamu bisa mendaftar secara online di situs Bekraf. Badan ini mengalokasikan dana untuk setiap pelaku usaha yang akan diberikan modal sebesar Rp200 juta.

Bila ingin mendapatkan informasi lebih lengkap dan aktual, kamu bisa segera mengunjungi situs nya dengan alamat www.bekraf.go.id

Bantuan CSR dari Perusahaan Swasta

Ada banyak perusahaan swasta yang memberikan bantuan melalui program CSR (Corporate Social Responsibility) mereka. Seperti perusahaan perkebunan nasional, perusahan pertambangan, perusahaan perminyakan, perusahan transportasi dan lainnya.

Langkah yang tepat dengan mendatangi langsung perusahaan target kamu. Tanyakan ke bagian informasi dimana bagian atau unit kemitraan dan bina lingkungan. Biasanya mereka akan tertarik dengan bisnis yang unik dan kreatif serta mampu mendongkrak bisnis mereka juga. Kamu akan diberikan proposal yang harus diisi sesuai dengan usaha yang digeluti.

Kamu harus memiliki laporan keuangan perusahaan minimal satu tahun. Laporan keuangan ini digunakan untuk mengetahui jumlah asset, omset dan laba usaha. Serta buatlah business plan yang sederhana yang bisa menarik perhatian mereka.

Hibah dari Saudara atau Rekan Bisnis

Terdengar cukup sederhana, apalagi bila kamu memang membutuhkan modal dengan jumlah besar. Tetapi jangan menyepelekan hibah atau bantuan dari orang orang disekitar kita. Mereka tentu lebih tahu siapa kita dan bagaimana kita selama ini berjuang memulai bisnis. Bila kamu adalah tipe ekstrofert dan mudah bergaul, maka mendapatkan bantuan modal dari rekan bisnis sangatlah mudah dilakukan. Akan tetapi berbeda dengan mereka yang cenderung susah dalam menjalin hubungan.

Walaupun mungkin sifatnya bukan hibah (berupa pinjaman) atau memang benar benar hibah tapi dalam jumlah kecil, tetap saja dananya dapat digunakan untuk kemajuan bisnis. Kamu harus bisa mempergunakan dana hibah tersebut sebaik mungkin supaya pihak pemberi modal tidak kecewa.

Terakhir, segala jenis bisnis memang haruslah membutuhkan modal. Hibah menjadi salah satu cara untuk mendapatkan suntikan modal. Tetapi selain itu, sebenarnya yang terpenting adalah efisiensi dan efektifitas untuk menghasilkan profit yang maksimal dengan modal yang sekecil mungkin. 

Demikianlah pembahasan terakhir kita mengenai Cara Mendapatkan Dana Hibah Untuk Modal Bisnis dan Usaha. semoga setelah mengetahui inspirasi sumber pemasukan tersebut kita bisa berekspansi melebarkan usaha kita dan menjadi pengusaha yang sukses. Jangan lupa berkomentarlah untuk menjaga silaturahim antar pengunjung dan mimin kosngosan.