10 Jenis Pembiayaan Modal Usaha Syariah Tanpa Riba

Apa saja sumber modal bisnis yang bisa didapatkan pengusaha sesuai dengan prinsip dan ajaran Islam? Tentu saja pinjaman ini tanpa melakukan Akad dengan bank dan berpaparan dengan resiko Riba. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas sumber dana apa saja yang bisa dimanfaatkan oleh kalian yang hendak memulai bisnis dan sesuai dengan prinsip syariah.

Berbisnis merupakan kegiatan mencari kebutuhan yang diwajibkan agama islam bagi pemeluknya. Dengan berbisnis kamu bisa menafkahi diri sendiri, keluarga dan orang yang kamu sayangi. Nah untuk mendapatkan modal usaha dalam islam itu memiliki persyaratan khusus

Tidak sembarangan sumber dana yang diperbolehkan dalam islam. Kali ini kosngosan akan membahas mengenai solusi alternatif sumber modal dana yang sesuai dengan syariah islam.

Kebanyakan dari kamu pastinya meyakini bahwa untuk mendapatkan modal usaha terbaik adalah dengan melalui pinjaman dari lembaga finansial seperti bank dan koperasi. Dengan bunga pinjaman yang relatif lebih rendah saat ini, maka meminjam uang dari lembaha keuangan menjadi hal yang lumrah bagi banyak orang.

Namun dalam hukum islam sendiri, bunga pinjaman yang dalam istilah syariah nya adalah riba, menjadi sesuatu yang diharamkan. Dalam islam pembayaran bunga pinjaman itu termasuk ke golongan riba yang di haramkan untuk dilakukan baik bagi pemberi dan penerima.

Muncul pertanyaan, bagaimana bila seandarinya umat islam butuh modal tanpa riba? Adakan contoh sumber dana yang sesuai dengan hukum islam? Jawabannya adalah jelas ada. Setiap permasalahan sejatinya pasti ada solusi modal tanpa riba.

Tingginya populasi muslim dunia sudah tidak diragukan lagi. Terlebih di Indonesia yang menjadi negara dengan populasi islam terbesar di dunia. Islam sudah mengisi 23 persen populasi dunia dan akan terus meningkat sekitar 30 persen dari populasi global di tahun 2050. Ini adalah kekuatan dan sesuatu yang harus dipahami sebagai suatu peluang bisnis.

Baca DULU : Rekomendasi Tempat Belajar Bisnis di Instagram


Sumber Dana syariah


modal bisnis syariah

Berbisnis dengan modal halal adalah suatu keharusan. Bagi kamu yang berani tampil berbeda justru dapat meraup pasar yang lebih luas. Bahkan, akhirnya kamu bisa meraih kesuksesan dan dikenang sebagai pelopor bisnis.

Hari dan bulan baik untuk buka usaha dalam islam ada pada semua hari. Semua hari baik untuk dijadikan awal berbisnis. Untuk itu sobat kosngosàn harus memulai bisnis secepat mungkin dan mulailah menjemput rezekimu. Memulai bisnis dengan modal halal bisa kamu mulai dari berbagai sumber seperti dibawah ini :


1. Dana dari hasil penjualan barang secondhand


jual barang bekas

Menjual barang bekas atau secondhand adalah salah satu alternatif solusi terbaik untuk mendapatkan modal bisnis usaha secara halal. Kalau kamu memiliki barang yang sudah tidak digunakan lagi, misalnya perlengkapan si kecil atau peralatan rumah tangga yang masih bagus, jangan ragu untuk menjualnya.

Kamu bisa menjualnya di berbagai forum atau grup di media sosial, website penyedia layanan penjualan barang bekas seperti prelo dan olx dan bahkan kamu bisa menjualnya langsung dengan menawarkan kepada teman atau kerabat dekat yang tertarik dengan barang bekas milikmu.


2. Modal bisnis dari hasil tabungan


modal tabungan

Jelas ini adalah salah satu jenis sumber modal yang terbilang paling baik dan aman. Kamu yang sudah menabung beberapa tahun yang lalu dalam bentuk tabungan di bank syariah atau membeli emas, bisa segera menggunakannya untuk modal bisnis.

Jangan takut dan ragu. Selama sobat kosngosan punya niat dan tekad yang kuat untuk menabung atau menyisihkan untuk dijadikan tabungan, percayalah bahwa uang tersebut akan tersisih dan tersimpan sendirinya. Yang perlu diubah adalah pola hidupmu agar lebih hemat dan menyisihkan sedikit penghasilan untuk menabung.


3. Modal pinjaman dana dari keluarga atau teman


Bagi kamu yang punya saudara atau sahabat yang berkecukupan, bisa memintanya untuk memberikan bantuan pinjaman modal untuk bisnis mu. Akan tetapi yang perlu diperhatikan adalah jangan justru terjebak dalam pinjaman yang beraroma riba. Ciri cirinya adalah memiliki margin pembayaran akhir, adanya tenggat waktu tertentu dan ada denda apabila terlambat membayar.

Mimin sendiri merekomendasikan memilih meminjam modal dari teman dan keluarga. Tujuannya sederhana, agar kita punya ikatan yang cukup kuat. Kalau meminjam modal dari keduanya menjadi pilihan yang bisa kamu coba.


4. Program dana hibah dari organisasi atau lembaga


hibah

Berbagai cara dilakukan perusahaan besar ketika melakukan promosi produknya, seperti menyediakan dana hibah bagi mahasiswa yang mempunyai tingkat kreatifitas dan kecerdasan yang tinggi dalam bentuk program kreatif mahasiswa dari sisi bisnis.

Bagi sobat kośngosan yang saat ini adalah seorang mahasiswa tentang bisnis (perekonomian), kuliah-lah sebaik mungkin. Jadilah mahasiswa yang terbaik, bukan tidak mungkin suatu saat nanti Kamu akan mendapatkan dana hibah yang sangat banyak, bahkan lebih dari cukup.


5. Mencari dana lewat investor


modal investor

Investor merupakan pihak yang membantu kamu dalam membangun dan mengembangkan bisnis dengan memberikan modal dana dan selanjutnya melakukan kontrak kerja sama dengan mu dengan sistem pembagian keuntungan. Investor bisa berasal dari berbagai kalangan seperti teman, keluarga bahkan orang asing sekalipun.

Kamu harus bisa mengambil hati dan menyakinkan investor agar mereka mau memberikan dana yang mereka punya untuk dipinjamkan kepada pengembangan bisnis milikmu. Dan ini mennjadi tugas yang berkelanjutan agar terus menjaga kerjasama bersama mereka.


6. Mencari partner bisnis dengan sistem bagi hasil


partner bisnis

Hampir sama dengan investor, partner bisnis juga memberikan dana miliknya untuk pengembangan bisnis milikmu. Namun bedanya adalah partner bisnis ikut melakukan kegiatan bisnis bersama sobat kosngosan, berbeda dengan investor yang hanya memberikan modal nya saja dan memberikan tanggung jawab sepenuhnya kepada mu untuk menjalankan bisnis.

Partner bisnis adalah pihak yang setara dengan mu sebagai eksekutor bisnis. Umumnya kamu bisa berkomunikasi, berteman dan menjalani bisnis bersama dengan partner bisnis. Karena memang perannya tidak hanya membantu finansial, tetapi juga pikiran dan ide ide segar untuk bisnismu.

Update


7. Gadai barang untuk modal bisnis


Menggadaikan barang tertentu yang memiliki nilai besar memang bisa membantumu dalam mendapatkan modal yang cukup untuk memulai bisnis. Namun perlu untuk memilih jenis barang apa saja yang tidak terlalu dibutuhkan.

Nantinya dengan sistem gadai, kamu sejatinya menitipkan barang tersebut di lembaga yang sudah kamu percayai untuk kemudian menebusnya pada jangka waktu tertentu setelah pinjaman tersebut sudah bisa kamu lunasi. Pilih BUMN yang terpecaya dalam hal ini PT Pegadaian yang sudah punya jaringan diseluruh indonesia.


8. Menjual aset sekunder


Aset memang menjadi salah satu peluang modal yang bisa kamu manfaatkan untuk memulai bisnis. Tapi seperti yang sudah dijelaskan diatas, pilihlah asaet yang kurang penting untuk dijual. Bedanya kalau gadai sobat kosngósan tidak harus melepas kepemilikan barang tersebut, kalau menjual berarti kamu bersiap untuk memindahkan hak milik ke pembeli baru


9. Bantuan modal usaha langsung dari pemerintah 


Terkadang ada program pemerintah baik pusat maupun daerah, dari yang skala kecil seperti KUR (Kredit Usaha Rakyat) hingga bantuan langsung yang bersifat permanen karena bisnis mu dinilai telah membantu masyarakat luas. Jadi rajin rajinlah untuk mencari informasi bantuan pemerintah terbaru lewat website atau mencari langsung di kantor pemerintahan daerah di tempatmu tinggal


10. Mencoba bisnis berbasis jasa


Kenapa harus bisnis jasa? karena jasa tidak butuh modal besar untuk memulainya. Pada intinya jasa adalah sesuatu yang kamu miliki dari keahlian, kemampuan atau keterampilan pada suatu bidang yang kemudian kamu manfaatkan untuk membantu konsumen.

Tentu saja kamu tidak butuh modal bahan baku. Kamu juga hanya butuh media promosi lewat media sosial, numpang marketplace, buat website landing page dan aplikasi chatting seperti whatsapp yang notabene semua itu gratis (atau relatif murah meriah)

Baca juga : Cobain Peluang Usaha untuk Dosen Berikut Ini


Kata Penutup


Demikianlah pembahasan mengenai Solusi bila Umat Islam Membutuhkan Modal untuk Usaha dan Bisnis kali ini, semoga bisa membantu dan memberikan inspirasi bisnis bagi umat islam.

Salam sukses dan jangan lupa bersedekah dalam setiap kegiatan bisnis yang kamu lakoni. Terimakasih sudah berkunjung di kosngosan.
By

head ads

inline ads

inline ads 2

bottom ads