Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Cara Mendapat Gratis Ongkir di Online Shop

Bagaimana cara mendapatkan ongkos kirim yang murah dan gratis di marketplace seperti Lazada, Shopee atau Tokopedia? Bagi para buyer atau pembeli, ongkir merupakan salah satu faktor biaya tambahan yang bisa membuat jumlah harga suatu barang menjadi mahal atau murah. Oleh karena itu, sering sekali ongkir menjadi salah satu pertimbangan pembeli dalam memilih ecommerce. Karena beda toko beda pula kebijakan dalam ongkos kirim. Selain itu, pilihan perusahaan ekspedisi juga berpengaruh terhadap diskon atau pemberian biaya kirim.

Buyer yang ada di pulau jawa, umumnya menikmati ongkos kirim dengan lebih murah, bahkan gratis. Tapi berbeda dengan buyer yang berada di pulau sumatera, kalimantan atau sulawesi, bahkan di Papua. Pastinya ongkos kirim dari jawa ke pulau tersebut akan lebih mahal.

Tentu saja sobat kosngosan sebagai buyer yang letaknya jauh dari Jawa, harus bisa mengatur strategi agar biaya untuk ongkos kirim tidak membengkak. Salah satunya adalah dengan cara memanfaatkan promo gratis ongkir atau potongan ongkir murah yang bisa kita dapatkan dari berbagai e commerce yang sudah terkenal.


Cara Mendapatkan Gratis Ongkos Kirim di Lazada, Shopee dan Tokopedia

Hal pertama yang harus kamu lakukan tentu harus punya akun terlebih dahulu dengan cara registrasi menggunakan email atau nomor hp yang aktif. Setelah login, maka penting untuk mencari berbagai promo yang diberikan oleh e commerce seperti shopee, tokopedia, lazada, bukalapak, blibli dan online shop lainnya. 

Selain itu beli barang di momen yang tepat, kadang bisa memberikan kesempatan untuk mendapat gratis ongkir dan bayar ditempat. Berikut beberapa tips lainnya :


1. Membeli Barang dalam Satu Waktu

Cara mendapatkan ongkir atau ongkos kirim yang murah, saat belanja di marketplace online salah satunya yaitu dengan melakukan pembelian beberapa barang sekaligus atau dalam satu waktu. Dengan berbelanja banyak, sobat kosngosán.com sudah dapat menghemat uang, menghemat waktu pengiriman yang lumayan lama dan menghemat pengeluaran. Hal ini dapat membuat kamu mendapatkan ongkir yang murah dan mendapatkan banyak barang.

Dalam siasat belanja di marketplace online, saat belanja dengan berat barang 400 gram, kamu akan tetap membayar untuk ongkir barang seharga 1 Kg. Sehingga, kamu lebih baik membeli beberapa barang dalam satu waktu dan menggenapkan berat barang 1 Kg supaya lebih hemat dan lebih murah di ongkir.

Pastikan kamu belanja di marketplace yang sama supaya tidak membayar ongkir dua kali untuk barang yang berbeda. Carilah barang dengan barang yang berkualitas dengan harga yang miring. Sehingga dapat membayar ongkir juga lebih murah.


2. Mengajak Teman Berbelanja Keperluan Bersama

Cara berikutnya supaya mendapatkan biaya ongkir yang murah adalah dengan mengajak teman untuk berbelanja bersama. Jika kamu dalam keadaan hanya membutuhkan satu barang, kamu bisa share ke teman yang membutuhkan barang yang sama. Sehingga kamu bisa membeli dua barang dan mencukupkan berat untuk 1 Kg. Sehingga biaya ongkir pun bisa kamu share dengan teman kamu. Ini dapat membuat kamu membayar ongkir hanya setengah dari biaya awal.


3. Manfaatkan Promo Free Ongkir di Daerah Tertentu

Beberapa pembeli atau pelanggan umumnya menunggu waktu promo free ongkir untuk berbelanja. Maka cara ini cukup bagus untuk mendapatkan free ongkir saat berbelanja. Saat promo kamu akan mendapatkan beberapa free ongkir atau mungkin potongan biaya ongkir.

Namun dengan adanya promo free ongkir ini janganlah memaksa untuk belanja sesuatu barang yang tidak dibutuhkan karena hanya adanya promo free ongkir. Jangan sampai terjebak belanja yang tidak penting dan tidak kamu butuhkan. Dan sobat kosngosan bisa memanfaatkan saudaramu yang tinggal di kota A misalnya, karena disana ada promo free onkir.


4. Free Ongkir dengan Belanja Minimal

Ada beberapa marketplace yang memberikan ongkir murah atau sampai memebrikan free ongkir dengan melakukan belanja sesuai dengan syarat tertentu dari toko. Misalkan ada toko yang saat kamu belanja dengan minimal harga Rp. 50.000 atau Rp. 100.000 maka kamu akan mendapatkan potongan pembayaran ongkir atau bahkan ada yang memberikan free ongkir secara percuma.

Pemberian promo ini berbeda-beda di setiap marketplace, kamu perlu mengecek setiap toko yang memberikan promo ini supaya bisa menghemat biaya ongkir. Silakan baca peraturan atau persyaratan secara detail yang tertera sebelum berbelanja.


5. Gratis Ongkir saat Event Khusus Tertentu

Di beberapa marketplace umumnya mengadakan promo gratis ongkir pada hari atau event tertentu. Misalkan saat acara 17 Agustus, Lebaran, Natal, Tahun Baru, HarBolNas, momen awal bulan, momen tanggal cantik seperti 10-10, 11-11, 12-12, dan acara-acara peringatan nasional lainnya akan ada pemberian gratis ongkos kirim tanpa syarat dan ketentuan.

Namun pemberian promo gratis biaya ongkir barang ini biasanya berlaku hanya satu hari atau beberapa hari saja dan bisa berubah kapan pun tergantung ketentuan. Jadi kamu harus bisa memaksimalkan momen tersebut untuk mendapatkan gratis ongkir dengan tepat dan cepat.


6. Voucher Gratis Ongkir

Cara mendapatkan ongkir murah atau gratis ongkir di marketplace adalah dengan menggunakan kode voucher. Saat medapatkan voucher, kamu bisa memasukkan kode yang ada di dalam voucher tersebut, maka kamu akan mendapatkan potongan biaya pengiriman barang ke seluruh Indonesia.

Namun ada beberapa yang memberikan pembayar biaya ongkir setengah saja dari biaya aslinya. Namun beberapa marketplace juga memberikan potongan ongkir ini jika dilakukan pengiriman ke tempat yang jauh.


7. Subsidi Ongkir

Ada marketplace yang membeirkan subsisdi untuk biaya kirim barang. Dari subsisdi ini kamu akan mendapatkan potongan biaya kirim. Sehingga kamu akan mendapatkan harga kirim yang lebih murah sebelum tanpa subsidi. Pemberian subsidi biaya pengiriman ini umumnya berlaku di setiap jasa pengiriman. Selain itu subsidi ini juga berlaku untuk sobat kosngosan yang ingin berbelanja di marketplace lainnya.

Selain subsidi ongkir diberikan oleh beberap marketplace, beberapa pelanggan yang berada di luar wilayah yang disebutkan juga akan mendapatkan sibsidi ongkir pengiriman barang.


8. Free Ongkir untuk Pengguna Baru

Bagi kamu yang merupakan pengguna baru di aplikasi marketplace tertentu, biasanya akan mendapatkan potongan biaya pengiriman barang sebesar Rp. 50.000 saat belanja untuk pertama kali. Biaya free ongkir ini akan ditanggung oleh marketplace tempat kamu berbelanja.

Potongan ini akan berlaku untuk beberapa tempat misalkan untuk wilayah pulau jawa akan mendapatkan potongan Rp. 20.000. Untuk wilayah sumatera, Kalimantan, NTB, NTT, Sulawesi, Maluku, Papua akan mendapatkan potongan bagi pengguna baru sekitar Rp. 50.000. Untuk wilayah Pulau Bali, Riau, Bangka Belitung akan mendapatkan potongan sebesar Rp. 40.000.

Kebijakan ini umumnya digunakan di beberapa marketplace dan tidak semua marketplace. Namun pemberian pemotongan biaya ongkir untuk pengguna baru ini bisa saja berbeda untuk nominal dan lokasi di marketplace yang berbeda. Sebagai pengguna baru kamu akan diberikan sebuah kupon untuk mendapatkan promo gratis ongkir atau pemotongan biaya ongkir ini.


9. Free Ongkir untuk Daerah atau Kota yang Sama

Ada beberapa marketplace yang memberikan kebijakan seperti pembeli yang lokasinya berada di tempat yang sama dengan penjual akan mendapatkan free ongkir. Kebijakan ini misalkan dikhususkan untuk wilayah Jabodetabek. Carilah marketplace yang lokasinya sama dengan lokasi kamu saat ini, atau cari promo di marketplace yang berbeda.

Kemudian untuk pembeli atau pelanggan yang berada di luar daerah yang dicantumkan akan diberikan potongan biaya untuk pengiriman barang. Misalkan pelanggan di luar daerah akan mendapatkan potongan 10 % dari biaya pengiriman. Dari pemotongan biaya pengiriman ini juga umumnya memiliki beberapa syarat dan ketentuan yang harus kamu cek dan baca dengan teliti. Seperti contoh pemotongan biaya pengiriman Rp. 20.000 untuk kamu yang berbelanja di atas Rp. 50.000 atau Rp. 100.000. Nominal ini akan berlaku kelipatannya, seperti saat belanja Rp. 1.000.000 kamu akan mendapatkan potongan biaya ongkir sebesar Rp. 200.000 dan seterusnya.

Namun hal ini biasanya hanya berlaku untuk beberapa hari di beberapa waktu tertentu. Kebijakan ini bisa berubah-ubah setiap saat. Jadi kamu perlu teliti mengecek tanggal berlaku promo dan mengecek dengan baik syarat dari promo biaya ongkir ini.


10. Promo Free Ongkir dari PIN

Cara terakhir untuk mendapatkan biaya pengiriman barang yang murah di marketplace adalah dengan menukarkan poin-poin. Poin-poin yang terkumpul saat sobat kosngosan berbelanja akan membantu kamu mendapatkan potongan biaya pengiriman. Selain itu jika poin yang terkumpul sangat banyak, kamu bisa saja mendapatkan bebas biaya pengiriman untuk barang yang kamu beli.

Sebelum mengumpulkan poin, kamu perlu memastikan untuk pengaktifan pengumpulan pinpoin kamu di marketplace. Dengan mengaktifkan menu tersebut, setiap berbelanja, poin kamu akan otomatis masuk dan terkumpul.


11. Poin dari Program Referal

Beberapa ecommerce besar sebut saja di orange, biru atau hijau pastinya memberikan program referal kepada penggunanya untuk memperluas pengguna aplikasi mereka di smartphone. Biasanya kamu bisa mengikuti program itu seperti melakukan share link ke sosial mediamu, mendapatkan kode referal yang bisa digunakan untuk pengguna baru, kemudian kamu akan dapat poin yang bisa kamu manfaatkan untuk gratis ongkir, potongan harga dan keuntungan lainnya


12. Mengumpulkan Koin untuk Potongan Belanja

Bagi pengguna shopee misalnya, ada program yang namanya Shopee Coin yang bisa dikumpulkan dan dimanfaatkan untuk pengganti uang saat pembayaran barang. Ada banyak cara untuk mengumpulkan coin di shopee, misalnya kamu login setiap hari akan ada kesempatan mendapatkan koin, terus kamu membeli barang akan mendapatkan koin, kamu menanam pohon dan game lain yang bisa menghasilkan koin.

Baca juga : Tata Cara Jual Beli Barang di Online Shop


Kesimpulan Akhir

Ongkos kirim merupakan salah satu biaya yang ditanggungkan kepada pembeli yang memiliki jarak tertentu dari seller. Sering sekali ongkir menjadi pertimbangan para buyer dalam menbeli barang di ecommerce.

Semoga materi mengenai cara mendapatkan ongkos kirim diatas bisa bermanfaat dan berguna buat teman teman kosngosan.com sekalian. Jangan lupa untuk selalu share dan bagikan url post. Jangan ini ke timeline sosial media kalian terimakasih banyak ya...

Oleh rezaharahap