Cara Belanja Online Bayar di Tempat dan Gratis Ongkir Lewat Toko Online

Cara Belanja Online Bayar di Tempat dan Gratis Ongkir Lewat Toko Online

Baca juga :

cara belanja online bayar di tempat gratis ongkir
Bagaimana tips berbelanja online yang aman menggunakan fitur bayar tempat dan gratis ongkos kirim ketika shopping di marketplace seperti lazada, blibli, tokopedia, bukalapak, jdid dan lainnya? Well kali ini kosngosan akan membahas caranya. Karena berbelanja virtual seperti itu merupakan tren yang sudah menjadi gaya hidup masyarakat milenial kini. Mari simak pembahasannya dibawah ini.

Marketplace seperti Lazada dan Shopee sering memberikan beberapa penawaran menarik berbelanja tanpa perlu membayar terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan pihak market place seperti lazada sudah bekerjasama dengan supplier atau toko resmi, menggunakan kurir resmi lazada. Dengan demikian, bayar di tempat sudah menjadi tren yang sangat disukai oleh berbagai customer.

Bayar di tempat menjadi cara yang paling praktis untuk kamu yang tidak biasa atau malas menggunakan pembayaran manual lewat Bank transfer, ATM, Internet Banking atau bayar dengan kartu kredit.

Baca juga : Tips Belanja Online Mahasiswa saat Ramadhan

Selain itu, ada juga promo yang memungkinkan customer untuk berbelanja sepuasnya dengan gratis ongkos kirim menggunakan jasa kurir tertentu, seperti misalnya Shopee yang menggratiskan ongkirnya apabila menggunakan perusahaan ekspedisi J&T.

Kedua fitur ini memang menarik dan bisa mendorong pembeli untuk betah berlama-lama berbelanja kebutuhan dan keinginan di marketplace tersebut. Namun apabila kamu yang notabene baru pertama dan awam belanja online, bukan tidak mungkin toko online yang biasa bayar ditempat nyatanya tidak berlaku atau justru merugikan kamu dikarenakan berbagai faktor.

Oleh karena itu kosngosan kali ini akan memberikan beberapa panduan buat kamu untuk mendapatkan fitur bayar di tempat serta ongkos kirim gratis, simak dibawah ini :

Cara Belanja Online Bayar di Tempat dan Gratis Ongkir


cara belanja bayar ditempat gratis ongkos kirim


Karena cara belanja bayar ditempat merupakan cara yang paling aman dan tidak bikin repot, namun kamu tetap harus memperhatikan etika pemesanan. Jangan sampai memberikan order fiktif yang akan merepotkan kurir nantinya. Berikut beberapa langkah nya :

Langkah pertama :


Masuk ke akun toko online atau market place favorit mu yang memiliki fitur bayar ditempat di kota mu. Kamu bisa mencari tahu informasi tersebut lewat filter pencarian barang yang khusus menyediakan bayar di tempat.

Langkah kedua:


Setelah kamu masuk kedalam akun, secara otomatis kamu juga sudah terdeteksi alamat dan kota domisili berdasarkan alamat yang sudah kamu masukkan sebelumnya ketika mendaftar akun baru. Oleh karena itu, kamu langsung saja mencari barang yang kamu inginkan.

Langkah ketiga:


Pada item barang yang dipilih, pilih tombol "beli sekarang" atau "masukan ke keranjang" (troli atau cart) bila ingin belanja lainnya dan sekaligus melakukan check out secara bersamaan. Sekali lagi, perhatikan apakah keterangan "bayar ditempat" berlaku untuk item barang yang kamu pilih atau tidak. Pastikan terlebih dahulu sebelum memilih barang.

Langkah keempat : 


Pilih metode pembayaran. Kamu akan langsung menuju metode pembayaran, dan pilihlah metode pembayaran "bayar di tempat". Perhatikan juga biaya pajak, administrasi dan ongkos kirim, sehingga akan ada total biaya yang akan kamu keluarkan pada bagian bawah.


Langkah kelima :


Konfirmasi pesanan. Setelah mengklik tombol ini, maka pesanan kamu akan diproses sesegera mungkin menggunakan kurir tertentu. Maka kamu tinggal mengecek status pengiriman barang kamu melalui tab status pengiriman. Disitu, akan ada estimasi waktu sampainya barang ke tempatmu.

Penting : Kebanyakan market place atau toko online hanya memberikan fitur bayar ditempat bagi kota dan kabupaten besar di provinsi seluruh Indonesia saja. Sebagian kota dan kabupaten lain masih belum bisa menikmati fitur ini. Kita doakan saja semoga kedepannya ada market place yang berani memberikan fitur "bayar di tempat" untuk seluruh wilayah kesatuan republik Indonesia ini. 

Lalu, bagaimana caranya mendapatkan Gratis Ongkos Kirim? 


Gratis ongkos kirim atau ongkir menjadi salah satu daya tarik konsumen untuk berbelanja di market place dan toko online. Banyak dari penyedia ini memberikan gratis ongkir pada saat event event tertentu yang diumumkan lewat blog atau media sosial milik mereka.

Atau paling ngenes adalah, beberapa pengusaha tersebut sebenarnya sedang membebankan biaya dari ongkos kirim ke harga barang. Seperti contoh adalah apabila ongkos kirim terjauh sebesar 25.000 rupiah misalnya, maka harga tersebut dialihkan dengan menaikkan harga barang sebesar 25 ribu. Jadi tidak ada yang spesial dari ongkos kirim sebenarnya.

Oleh karena itu, kamu harus jeli melihat promo yang ditawarkan. Bandingkan harga barang sejenis dengan barang lain. Apakah memang benar benar memiliki harga yang jauh lebih murah, atau sama saja dengan atau tanpa ongkos kirim. Mimin tidak men-generalisir semua penjual barang di market place menerapkan trik ini, ada juga yang memang memberikan penawaran gratis ongkos kirim, atau diskon lain seperti flash sale misalnya.

Pada akhirnya semua tergantung dari pembeli. Apakah jeli melihat harga yang ditawarkan dan tidak mudah untuk percaya begitu saja dengan harga murah yang ditawarkan. So, be a smart buyer!

Baca juga : Mahasiswa dan Pelajar Bisa Membuat Toko Online Berkualitas dengan Hosting24

Demikian artikel mengenai Cara Belanja Online Bayar di Tempat dan Gratis Ongkir Marketplace kali ini, semoga dapat membantu kalian untuk lebih bijak dan waspada ketika berbelanja. Bila kalian merasa artikel ini berguna, silahkan bagikan link-nya ke teman-teman kalian. Jangan lupa juga untuk meninggalkan komentar dibawah ini.

Buka Komentar