Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Copywriting Produk Makanan untuk Jualan

Copywriting adalah sebuah teknik yang digunakan untuk menulis dan membuat materi untuk pemasaran. Membuat naskah copywriting yang unik dan menarik adalah salah satu cara menarik calon konsumen untuk melakukan transaksi produk atau jasa yang kamuu pasarkan. Misalkan seperti pada pemasaran, kamu menawarkan produk dan calon konsumen akan menerima produk kamu atau membelinya. Selain itu kamu juga bisa membuat calon konsumen menjadi langganan atau member di produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Contoh dasar dari penulisan kalimat copywriting ini adalah dengan menuliskan kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh suatu produk. Copywriting yang baik dapat membuat calon pembeli terhipnotis dengan mudah. Penulisan copywriting ini juga bisa membuka peluang yang besar untuk kelancarn bisnis yang sedang berjalan.

Dalam hal ini, mimin kosngosan.com akan membahas mengenai kata kata yang bisa kalian rangkai untuk berjualan makanan atau kuliner. Kenapa harus makanan? Karena bisnis ini tidak ada matinya. Selain kebutuhan pangan manusia yang selalu ada, trend kuliner dari waktu ke waktu semakin beragam dan bisa kamu coba.

copywriting produk makanan

Contoh Kalimat CopyWriting Produk Makanan / Kuliner

Oke langsung saja to the point, kita akan bahas beberapa contoh kata copywriting yang bisa kamu gunakan untuk mewujudkan visi misi usaha makanan mu. Apa saja itu? Berikut contoh kalimat-kalimat copywriting yang digunakan supaya menarik calon konsumen:


1. Menggunakan Kata yang Memberikan Solusi

Misalkan pada suatu produk makanan yang tujuannya untuk kecantikan, kamu menawarkan produk dengan menyebutkan manfaat dan solusi dari semua masalah kulit pada calon konsumen. Usahakan untuk menggunakan kata-kata yang di dalamnya terkandung solusi. Selain itu kamu juga bisa mencoba menggunakan kata “Tanpa” dalam kalimat yang dibuat. Misalkan contoh kalimat yang bisa menarik calon konsumen adalah:

Cara cepat menghilangkan jerawat tanpa bahan kimia dengan jamu herbal

Cara cepat memutihkan kulit dengan konsumsi Alpukat

Cara sehat menghilangkan kerutan halus di wajah tanpa ribet dengan Lemon

Cara instan membuat wajah glowing tanpa membahayakan kesehatan dengan konsumsi buah Delima

Saat kamu mengggunakan judul-judul di atas, beberapa calon pembeli otomatis akan penasaran dan mulai mengajukan beberapa pertanyaan. Adanya pertanyaan atau sanggahan dari calon konsumen ini merupakan salah satu awal dari pencapaian kamu.


2. Menggunakan Kata yang Menarik

Membuat kalimat pemasaran dengan menggunakan kalimat “Siapa Lagi yang Ingin” ini berarti kamu memberi sebuah mimpi atau kemungkinan yang nyata untuk menyelesaikan masalah dari calon pembeli. Misalkan menggunakan kalimat tersebut untuk memasarkan produk kesehatan:

Siapa lagi yang ingin memiliki tubuh sehat

Siapa lagi yang ingin menjalankan hari-hari tanpa sakit

Siapa lagi yang ini sembuh cepat tanpa bantuan obat

Siapa lagi yang ini mendapatkan sehat plus bonus setiap hari

Penggunaan kalimat tersebut tentunya akan membuat para calon konsumen untuk membaca sampai tuntas konten yang kamu tulis. Calon konsumen akan semakin penasaran dengan produk yang kamu miliki sehingga akan muncul beberapa pertanyaan dan penawaran.

Pastikan sobat kosngosan membut kalimat copywriting yang menarik supaya dapat menarik calon konsumen dan produk kamu semakin dikenal oleh masyarakat.


3. Menggunakan Kata Dan

Kata Dan ini merupakan kata yang sering digunakan dan bahkan kata yang disukai oleh banyak copywriter. Dimana kata ini dapat menonjolkan dua keunggulan dari sebuah produk atau jassa dalam satu judul. Berikut contoh penggunaan kata Dan pada kalimat copywriting di dalam pemasaran jasa friechise makanan

Daftar segera ke Franchise dan jadilah yang sang juara Fried Chicken

Hanya hari ini! Kamu bisa dapat diskon 70 %

Dapatkan diskon 50 % untuk 10 pendaftar pertama frienchise dan jadilah yang terbaik.

Dapatkan paket makan ALL YOU CAN EAT bersama keluarga dengan satu kali bayar


4. Menggunakan Kata Ajaib

Beberapa kata ajaib yang sering digunakan oleh sobat kosngosan sebagai copywriter adalah kata “Rahasia, kata Ajaib, Ampuh” dan kata lainnya. Kata-kata ajaib ini dapat menarik calon konsumen atau calon member baru. Kata-kata ajaib ini dapat membuat pada calon konsumen menjadi semakin penasaran dengan produk yang kamu pasarkan. Penggunaan kata-kata tersebut dapat membuat orang-orang tergoda dan datang untuk mengecek dan memesan. Beberapa penggunaan kata ajaib yang sering digunakan yaitu:

Rahasia menjadi pengusaha kuliner muda sukses anti gagal

Ajaib! Mengikuti tips berikut dapat menghasilkan jutaan rupiah hanya dengan main sosial media.

Ampuh! Bermain sosial media dan dapat uang jajan jutaan rupiah.


5. Menggunakan Kata Tanpa

Penggunaan kata “Tanpa” dapat membuat orang-orang merasa menemukan solusi dalam masalah yang dihadapi. Memunculkan kata ini dalam judul pemasaran sebuah produk atau jasa dapat membantu kamu mendapat beberapa respon dari konsumen. Respon konsumen biasanya akan mengarah ke pertanyaan keberatan, pertanyaan sanggahan, atau bahkan ada yang memberikan pertanyaan penasaran terhadap produk dan jasa yang dipasarkan. Berikut contoh kalimat yang umum digunakan untuk pemasaran sebuah produk makanan kuliner :

All Japanesee Food untuk weekend diskon 15 % tanpa ongkir

Kue Rumahan handmade untuk Ibu di rumah, diskon 10 % tanpa sayarat.

Belanja Sarapan anak di atas Rp. 100.000 dapat potongan harga Rp. 10.000 tanp diundi


6. Meggunakan Kata Bahkan Jika

Saat menawarkan sebuah produk atau jasa kepada konsumen, kamu perlu melakukan hal yang tidak dilakukan oleh saingan kamu. Saingan kamu tentunya akan melakukan apa saja untuk kelancaran bisnisnya. Pastikan produk kamu memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan produk atau jasa dari pesaing kamu. Misalkan promosi saat pemasaran menggunakan kata Bahkan Jika. Kata ini dapat memberikan penekanaan yang kuat, sehingga produk atau jasa kamu menjadi lebih unggul atu lebih memiliki banyak manfaat dari produk atau jasa lainnya. Contoh pengunaan kalimat Bahkan Jika yang sering digunakan:

Jasa pembuatan Gerobak Thai Tea degan cepat bahkan jika kamu sangat sibuk sekalipun

Pembuatan Gerobak Sate secara online dengan mudah, bahkan jika kamu belum paham cara pembuatannya.


7. Membuat Kalimat yang Menantang dan Membuat Penasaran

Membuat kalimat dengan menggunakan kata-kata yang menantang dan membuat calon konsumen penasaran isi dari konten yang sobat kosngosan buat. Dengan begitu kamu bisa membuat calon konsumen tidak berfikir dua kali untuk membeli produk dan menggunakan jasa yang kamu tawarkan. Penggunaan kata-kata ini cukup keren sehingga kamu dijamin bisa closing banyak dalam waktu yang cepat. Contoh kalimat penggunaan trik ini yaitu:

Kesempatan tidak datang dua kali, maka apakah kamu yakin untuk menolaknya?

Sudahkah kamu mempersiapkan masa depan kamu?

Selain itu usahakan untuk menggunakan kata-kata yang masuk akal saat mempromosikan produk atau jasa. Gunakan kalimat yang friendly dan lebih menantang calon konsumen. Misalkan seperti berikut ini:

200.000 orang sudah pernah menggunakan obat herbal yang kami produksi untuk menyembuhkan segala macam penyakit.

Sudah digunakan sampai orang-orang di luar negeri

Fakta membuktikan bahwa menggunakan obat herbal secara rutin selama sebulan dapat menghilangkan penyakit diabetes.


8. Membuat Kata yang Sederhana

Menggunakan kata-kata dan kalimat yang sederhana namun memiliki makna yang besar dapat membuat kamu mendapatkan calon konsumen yang banyak. Dalam hal ini usahakan untuk tidak menggunakan kalimat-kalimat yang membuat calon konsumen bingung. Misalkan seperti menjelaskna manfaat dan keunggulan dari produk dan jasa sudah sangat membantu calon konsumen untuk lebih mengerti. Berikut contoh pembuatan kalimat sederhana yang dapat menarik banyak konsumen adalah:

Penggunaan skin care herbal secara rutin selama 14 hari dapat membuat kulit kamu putih secara alami.

Skin care herbal dapat menghilangkan jerawat dan bekas jerawat hanya dalam seminggu pemakain yang rutin.


9. Mengulik rasa Penasaran pembaca

Rasa penasaran sukses membuat para pembaca dan audiens untuk mengikuti setiap konten yang kamu hasilkan di sosial media. Misalnya kamu membuat part atau beberapa bagian untuk tulisan mu yang menjelaskan mengenai suatu sejarah makanan, atau mengulik berita yang lagi viral cara membuat makanan dengan bahan bahan yang didapat dari pasar. Contohnya seperti :

Hey kosngosans, selain Pizza asli yang terdapat di Italia, ternyata ada lho Pizza buatan luar yang sudah terkenal dari dulu. Apa saja itu? Tunggu infonya di postingan aku berikutnya ya!


10. Memberikan Testimoni Konsumen

Dan terakhir untuk meyakinkan calon konsumen dalam membeli dan mengkonsumsi makanan yang kamu produksi, maka ada baiknya untuk menyertakan review positif alias testimoni dari para pelanggan mu. Hal ini akan memberikan semacam keyakinan tambahan untuk para pembeli sebelum mereka memutuskan untuk membeli produk yang kamu jual. Misalnya :

"PanCake ini memang punya rasa yang khas, seperti campuran yang tidak kamu temui di produk lain yang serupa!" Zehan, Langganan pancake kosngosan

"Saya dan keluarga sering membeli keripik sambal balado disini. Selain pedasnya yang bisa di custom, packaging nya juga menarik dan tahan lama bila dibawa untuk oleh oleh" Suci, pelanggan Keripik sambalado.

Baca juga : Contoh Makanan 4 Sehat 5 Sempurna


Kesimpulan Akhir

Selain untuk meningkatkan jualan, teknik copywriting juga adalah seni dalam pemasaran yang saat ini sudah sangat berkembang. Kita yang sering menonton iklan di televisi, iklan google adsense atau mungkin membuat konten review untuk produk di akun sosial media, juga termasuk copywriting yang sudah berkembang sedemikian majunya untuk memenangkan hati konsumen

Demikian beberapa contoh kalimat copy writing dari mimin kosngosan.com. Semoga saja bisa kamu jadikan sebagai referensi untuk menjual produk kuliner mu. Jangan menyerah, kamu harus menggenjot teknik pemasaran mu lebih kreatif lagi. Jangan lupa share dan bagikan artikel ini ke sosial media mu ya!

Oleh rezaharahap