Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Tujuan Pengusaha Memulai Usaha Rintisan

Pengusaha rintisan memiliki tujaun dalam memulai bisnis mereka. Salah satu alasan kenapa pengusaha memulai startup mereka adalah untuk memajukan usaha dan bertahan hidup demi mengembangkan skala bisnis mereka. Percaya atau tidak, anak-anak muda seperti kita ini, nantinya hanya ada dua jenis saja, menjadi pengguna teknologi atau yang berhasil memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan produktifitasnya. 

Bagi kalian yang seorang fresh graduate dan sedang mengalami kesusahan mencari kerja, sudah sepatutnya mencari jalan bisnisnya sendiri dengan membuka usaha rintisan atau yang biasa kita sebut sebagai startup. Tapi bagaimana caranya? Salah satunya dengan mengetahui tujuan terlebih dahulu.

Ada banyak masalah disekitar yang bisa dijadikan sebagai potensi bisnis startup. seperti misalnya aplikasi pengelolaan limbah rumah tangga bagi kalian mantan mahasiswa teknik lingkungan atau layanan konsultasi politik pasca pilkada untuk yang bagian fisip. semua bisa dijadikan bisnis unik yang profitable.

Ngomong – ngomong mengenai startup, bisnis khas yang menjadi trend saat ini sangat membutuhkan ruang kerja tepat guna yang akan mendukung aktifitas bisnismu bersama teman-teman.Dan oleh karena itu, startup bisa dikerjakan untuk memberikan layanan semacam co-working space berkualitas wahid dengan jangkauan seluruh tempat strategis di perkotaan.

Seperti apa sih bekerja di startup itu? Sobat kosngosan.com yang baru dengar istilah seperti virtual office sepertinya kudu update hal-hal semacam ini. Bekerja di startup merupakan bekerja yang paling mengasyikkan. Apalagi kamu bisa bekerja sambil koloran di rumah atau di virtual office


Tujuan dari Pengusaha Usaha Rintisan

Tujuan dari Pengusaha Usaha Rintisan

Nah balik lagi kepada bisnis produktif yang dikaitkan dengan startup kali ini. kalian bisa memulai suatau bisnis di salah satu bidang dengan tujuan tertentu, untuk merintis startup bersama teman - teman alumni lainnya. Jadi kalau ditanya, apa tujuan dari pengusaha usaha rintisan dalam memulai bisnisnya? Berikut adalah jawabannya !

Baca juga : Ide bisnis startup yang cocok untuk mahasiswa

Sebagai Fasilitator

Salah satu tujuan dari pengusaha usaha rintisan adalah sebagai mediator, fasilitator atau yang menjebatani antara pihak produsen dengan konsumen. Tujuan dibuatnya startup banyak yang berperan untuk menghubungkan antara pemilik barang dengan konsumen yang selama ini belum terhubung dengan baik

Sebut saja seperti startup Gojek atau Grab, yang menjembatani antara pemilik motor (ojek) dengan penumpang. Dulu, penumpang punya kendala memesan layanan ojek, tapi sejak ada layanan ini, banyak yang terbantukan


Memberikan Solusi bagi Permasalahan yang Ada

Salah satu tujuan dari pengusaha usaha rintisan adalah sering kali menawarkan solusi atas problematika yang sedang dihadapi oleh orang-orang saat ini.

Hal ini karena pemilik startup yang berpikir kreatif dan ingin mengubah cara-cara tradisional dalam menyelesaikan masalah yang ada. 

Para founder atau owner startup atau perusahaan rintisan mungkin menawarkan solusi yang inovatif dan efisien yang belum ada sebelumnya.


Mendukung Pencarian tempat Penginapan

Kamu bisa mendirikan usaha rintisan dengan tujuan untuk menjadikan kebutuhan penginapan di berbagai kota besar sebagai peluang usaha yang prospektif. Seperti hukum ekonomi yang berlaku akan banyak orang yang melakukan pencarian terhadap tempat penginapan yang paling terjangkau namun dengan kualitas pelayanan yang memadai.

Tentu saja dengan adanya layanan pencarian online menggunakan aplikasi ini, maka para pengguna akan lebih mudah dalam menemukan dan membandingkan hotel, wisma atau mess yang tepat dengan kebutuhan mereka. Memanfaatkan tujuan mulia ini untuk kepentingan bisnis jelas tidak salah, karena kedua belah pihak tentunya akan saling merasa untung, bukan?


Membantu Liburan dan Travelling

Banyaknya orang yang melakukan liburan di akhir pekan untuk sekedar refreshing dan menjaga quality time bersama orang-orang tercinta. 

Para pendiri usaha rintisan, bisa memanfaatkan ini untuk membuat platform dimana mereka bisa menyediakan paket liburan, pembayaran tiket, parkir, rental mobil dan sebagainya secara lengkap. Jadi menjadi suatu kesatuan yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna ketika mereka hendak berlibur ke suatu tempat.


Memberikan Layanan secara Online

Para pemilik usaha rintisan, bisa mendirikan usaha mereka dibidang jasa. Sebagai contoh sobat kosngosan bisa buka jasa order makanan, pembelian token listrik, sewa jasa guru privat, ambil –kirim barang, pembayaran tagihan wifi atau indihome dan masih banyak lagi. 

Seiring dunia yang terus mengalami perkembangannya ke arah modern yang praktis, startup yang sobat jalankan pun akan makin populer dan dibutuhkan oleh banyak orang, terutama mereka yang tinggal di perkotaaan dan punya waktu yang sibuk.


Membantu Bidang Pendidikan

Sobat kosngosan bisa memanfaatkan peluang bidang pendidikan untuk membuka usaha rintisan. tujuan dari pengusaha usaha rintisan selanjutnya karena peluang bidang pendidikan yang besar hingga nanti di masa mendatang. Pendidikan bisa saja dapat melingkupi seputar penggabungan antara teknologi

Menciptakan software khusus dimana sang tenaga pendidik dan murid dapat saling berkomunikasi secara daring kapan saja dan dimana saja, pemberian materi belajar yang lebih mudah, penilaian dengan sistem terintegrasi menggunakan modul software yang bisa diakses kapan saja oleh orangtua murid, dll.


Membantu Bidang Medis

Mungkin di masa mendatang dokter di rumah sakit dan klinik kesehatan akan digantikan oleh kehadiran software konsultasi kesehatan. Hal ini lah yang bisa menjadi peluang baru di bidang startup untuk dunia kesehatan. 

Pengusaha dibidang usaha rintisan bisa bekerjasama dengan pihak rumah sakit, mendirikan layanan konsultasi online yang mempertemukan antara pasien dengan dokter. Sehingga para pasien tidak perlu repot lagi berkunjung dan mengantri di rumah sakit


Membuka Lowongan Kerja Baru

Salah satu tujuan dari pendirian usaha adalah untuk membuka lowongan pekerjaan baru bagi tenaga kerja. Sehingga angka pengangguran bisa berkurang.

Selain itu banyak jenis atau model usaha rintisan yang mempermudah perusahaan lain untuk mendapatkan para pekerja yang yang kompeten di bidangnya, dengan menciptakan platform yang bisa mempertemukan antara para job seeker dengan perusahaan impian mereka.


Memudahkan Hidup Lebih Efisien dan Efektif

Tujuan dari pengusaha usaha rintisan berikutnya yang mungkin menjadi salah satu faktor utama Mama para pendiri usaha startup dalam memulai bisnisnya, adalah untuk mempermudah kehidupan manusia menjadi lebih efektif dan efisien. 

Sering sekali mereka menawarkan bisnis solutif, dimana produk yang mereka berikan adalah jawaban dari permasalahan yang sedang dihadapi oleh masyarakat saat ini. Sehingga bisnis mereka sangat cepat menyebar dan diterima oleh kalangan luas.
 
Misalnya siapa yang tidak tahu GoJek, dulu orang tidak berpikir bagaimana cara menghubungkan antara para tukang ojek dengan penumpang secara online. Orang-orang dulu menyetop dan mencari kendaraan ke pangkalan ojek. Tapi sekarang kita bisa lihat kemudahan untuk memesan transportasi online. Dan masih banyak lagi


Memajukan Usaha dan Memenangkan Persaingan Pasar

Dan pada alasan terakhir, tentu saja semua pengusaha memiliki tujuan komersial yaitu untuk memajukan usaha mereka, untuk bertahan serta memenangkan persaingan pasar dari perusahaan kompetitor. Mereka mendirikan usaha rintisan, dengan modal yang pas-pasan. 

Memiliki visi misi besar untuk membawa perusahaan mereka ketahap yang lebih serius, memiliki skala usaha yang besar hingga menjadi perusahaan terbuka yang membuka kepemilikan saham mereka dengan pengajuan IPO, sehingga menjadi perusahaan dengan kapitalisasi yang besar dan bisa berekspansi hingga ke luar negeri, misalnya.

Kedepannya sih mimin kosngosan.com berharap agar kaum milenial bisa terus mengembangkan potensi startup Indonesia. Dengan berkembangnya startup maka potensi bisnis akan layanan virtual office-nya juga akan tersebar ke seluruh kota di indonesia.


Kata Penutup

Ini merupakan suatu inovasi yang dinantikan oleh pebisnis lokal. atau bahkan bagi pebisnis profesional yang sering melakukan kunjungan ke daerah di tanah air. sehingga dengan adanya layanan ini diharapkan dapat merangsang produktifas kerja para kaum muda indonesia.

Demikian artikel bisnis mengenai tujuan dari pengusaha usaha rintisan terutama untuk anak muda milenial kali ini, semoga kamu yang berjiwa enterprenur bisa memulai bisnis startup bersama teman teman mu ya. Jangan lupa share artikel ini untuk memperluas jangkauan manfaatnya !
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya