Melirik Peluang Bisnis Startup Untuk Mahasiswa dan Pelajar

Melirik Peluang Bisnis Startup Untuk Mahasiswa dan Pelajar

Baca juga :

startup mahasiswa pelajar
Bisnis Startup memang sedang berkembang. Ditengah globalisasi dan perkembangan teknologi informasi, usaha startup ini begitu diidamkan oleh berbagai kalangan, termasuk bagi Mahasiswa dan Pelajar.

Bisnis Startup kerap kali  melakukan perubahan/ inovasi secara terus menerus. Inovasi ini bisa dalam berbagai bidang, baik dalam hal pemasaran, pengembangan produk, bahkan dalam hal pelayanan. Dan hal ini menjadi salah satu penyebab berkembangnya perusahaan jenis ini dan mulai menyaingi perusahaan besar di Indonesia.

Peluang memulai start up memang terbuka lebar. Bagi kamu yang tidak menyukai atmosfer perusahaan, kantor, dan karyawan, membuka atau ikut serta dalam bisnis ini adalah tujuan utama. Karena selain bebas minim aturan kerja, start up juga memiliki waktu kerja yang terbilang fleksibel.

Pengertian Bisnis Startup

Sebelum membahas mengenai Startup untuk Mahasiswa dan Pelajar, ada baiknya kita membahas  defenisi startup terlebih dahulu. Startup merupakan jenis perusahaan semi berkembang yang belum lama beroperasi, yang sebagian besarnya merupakan perusahaan baru didirikan, berada dalam fase pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat.

Bisnis Startup identik dengan teknologi dan informasi. Oleh karena itu dibutuhkan sumber daya manusia yang memiliki skill khusus dibidangnya. Maka dari itu, mahasiswa dan pelajar dinilai tepat dalam mengembangkan dan memulai jenis bisnis ini.

Baca juga : Dana Hibah untuk Modal Bisnis

Prospek Bisnis Startup Bagi Mahasiswa dan Pelajar

Untuk memulai bisnis startup dibutuhkan kreatifitas. Mendapatkan ide yang kreatif dan menarik bukanlah hal yang mudah jika kita tidak menganalisis sekitar kita. Ide yang kreatif bisa dimulai dari hal hal kecil tetapi dibutuhkan oleh banyak orang.

Karena startup sudah menjamur, maka persaingan di bidang ini pun menjadi hal yang wajar. Bahkan tidak sedikit startup yang muncul dengan ide serupa antara satu dengan yang lain. Inilah alasan mengapa ketika seseorang ingin mendirikan sebuah perusahaan startup harus didasari ide yang benar-benar original sebagai langkah awal.

Apa peluang bisnis startup yang cocok dengan mahasiswa? Ikuti hasil rangkuman yang telah mimin berikan dibwah ini.

Startup Digital Product 


startup digital

Startup jenis ini sangat fokus dengan produk digital. Bagi kalangan mahasiswa dan pelajar sendiri, sudah tidak ada yang tidak mengenal produk digital seperti gadget, laptop, internet, belanja online dan berbagai layanan digital lainnya. Oleh karena itu, membuka bisnis startup dibidang ini akan sangat menjanjikan bagi pasar anak muda.

Digital produk tidak membutuhkan terlalu banyak produk. Kita hanya perlu membangun brand dan kepercayaan publik terhadap bisnis. Selain itu sistem kerjanya yang mengandalkan internet dan media informasi akan dengan sangat mudah untuk dikelola bagi mahasiswa dan pelajar.

Tetapi jika kamu ingin membangun bisnis yang luas dengan target pasar low-middle alias menengah kebawah, bisa jadi ini adalah jenis startup yang tidak cocok. Kamu musti mempertimbangkan jenis startup berikutnya.

Startup Based on Problem


startup problem

Startup Based on Problem solving bisa menjadi opsi buat kamu yang menyukai tantangan ditengah masyarakat. Buatlah kelompok kerja yang bisa melakukan riset mengenai permasalahan yang sering dialami oleh linkungan sekitar.

Kemudian rumuskan masalah apa yang paling sering dihadapi untuk dirumuskan menjadi suatu bisnis startup yang dibutuhkan oleh banyak orang. Seperti misalnya menciptakan sistem simpan pinjam online bagi para peternak lele di kawasan tertentu, membuat aplikasi jual beli lukisan bagi para seniman di kampung, atau membuat portal belajar bareng bagi para anak-anak petani yang putus sekolah.

Startup Based on Hobby


startup hobbies

Hobi atau kesukaan menjadi salah satu peluang bisnis startup yang menjanjikan bagi kalangan mahasiswa dan anak sekolah. Banyak juga para pengusaha yang sudah sukses dalam memulai bisnis berdasarkan kesukaannya akan sesuatu, seperti mengoleksi atau melakukan suatu hal.

Bagi kalian yang susah mencari peluang bisnis, mimin sarankan memulai bisnis startup jenis ini. seperti misalnya menciptakan aplikasi booking lapangan futsal di kota X, website jual beli buku kampus preloved atau membuat GoBengkel yang bisa melayani masalah otomotif secara lebih fleksibel.

Contoh diatas hanya beberapa dari bisnis startup yang dimulai dari hobi. Ketimbang kalian menghabiskan waktu dengan berbagai kesenangan, mulailah memperoleh income dari kesukaan kalian sendiri.

Well, sebenarnya pada tingkat umur mahasiswa atau pelajar sendiri kita sudah memiliki ketertarikan pada bisnis tertentu. Kita harus bisa menggali potensi yang ada dalam diri sendiri. Karena untuk memulai suatu bisnis, harus berdasarkan dari kerelaan kita dalam mengelolanya. Tidak ada bisnis startup yang bisa jadi sukses sehari dua hari. Intinya berusaha memulai. Jika semua sudah ada dan terwakili dalam satu ide bisnis startup, maka jangan tunda lagi untuk memulainya.

Semoga dengan perkembangan Startup untuk mahasiswa dan pelajar ini, bisa menjadikan peningkatan ekonomi dan menjadikan negara indonesia sebagai negara yang melek teknologi. Kita semua berharap yang terbaik bagi nusa bangsa. Mudah-mudahan bermanfaat!


Buka Komentar