Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Peluang Bisnis StartUp Untuk Mahasiswa & Pelajar

Apa saja ide usaha startup yang cocok untuk mahasiswa? Bisnis startup memang sedang mengalami perkembangan. Di tengah globalisasi dan perkembangan teknologi informasi, usaha startup ini begitu diidamkan oleh berbagai kalangan, termasuk bagi mahasiswa dan pelajar.

Startup kerap kali melakukan perubahan dan inovasi secara terus menerus. Inovasi ini bisa dalam berbagai bidang, baik dalam hal pemasaran, pengembangan produk, bahkan dalam hal pelayanan. Dan hal ini menjadi salah satu penyebab berkembangnya perusahaan jenis ini dan mulai menyaingi perusahaan besar di Indonesia

Peluang memulai contoh startup bisnis usaha kecil kreatif memang terbuka lebar. Bagi kamu yang tidak menyukai atmosfer perusahaan, kantor, dan karyawan, membuka atau ikut serta dalam bisnis ini adalah tujuan utama. Karena selain bebas minim aturan kerja, start up juga memiliki waktu kerja yang terbilang fleksibel


Pengertian Bisnis Startup

contoh usaha startup mahasiswa

Sebelum membahas mengenai Startup untuk Mahasiswa dan Pelajar, ada baiknya kita membahas defenisi startup terlebih dahulu. 

Startup merupakan jenis perusahaan semi berkembang yang belum lama beroperasi, yang sebagian besarnya merupakan perusahaan baru didirikan, berada dalam fase pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat.

Bisnis Startup identik dengan teknologi dan informasi. Oleh karena itu dibutuhkan sumber daya manusia yang memiliki skill khusus dibidangnya. Maka dari itu, mahasiswa dan pelajar dinilai tepat dalam mengembangkan dan memulai jenis bisnis ini

Baca juga : Cara Membuat Rencana Bisnis Startup


Contoh Ide Bisnis Startup untuk Mahasiswa


Untuk memulai bisnis startup dibutuhkan kreatifitas. Mendapatkan ide yang kreatif dan menarik bukanlah hal yang mudah jika kita tidak menganalisis sekitar kita. Ide yang kreatif bisa dimulai dari hal hal kecil tetapi dibutuhkan oleh banyak orang.

Karena startup sudah menjamur, maka persaingan di bidang ini pun menjadi hal yang wajar. Bahkan tidak sedikit startup yang muncul dengan ide serupa antara satu dengan yang lain. Inilah alasan mengapa ketika seseorang ingin mendirikan sebuah perusahaan startup harus didasari ide yang benar-benar original sebagai langkah awal.

Apa peluang bisnis startup yang cocok dengan mahasiswa? Ikuti hasil rangkuman yang telah mimin berikan dibwah ini.

Startup Digital Product


Startup jenis ini sangat fokus dengan produk digital. Bagi kalangan mahasiswa dan pelajar sendiri, sudah tidak ada yang tidak mengenal produk digital seperti gadget, laptop, internet, belanja online dan berbagai layanan digital lainnya. Oleh karena itu, membuka bisnis startup dibidang ini akan sangat menjanjikan bagi pasar anak muda.

Digital produk tidak membutuhkan terlalu banyak produk. Kita hanya perlu membangun brand dan kepercayaan publik terhadap bisnis. Selain itu sistem kerjanya yang mengandalkan internet dan media informasi akan dengan sangat mudah untuk dikelola bagi mahasiswa dan pelajar.

Tetapi jika kamu ingin membangun bisnis yang luas dengan target pasar low-middle alias menengah kebawah, bisa jadi ini adalah jenis startup yang tidak cocok. Kamu musti mempertimbangkan jenis startup berikutnya.

Startup Based on Problem


startup problem

Startup Based on Problem solving bisa menjadi opsi buat kamu yang menyukai tantangan ditengah masyarakat. Buatlah kelompok kerja yang bisa melakukan riset mengenai permasalahan yang sering dialami oleh linkungan sekitar.

Kemudian rumuskan masalah apa yang paling sering dihadapi untuk dirumuskan menjadi suatu bisnis startup yang dibutuhkan oleh banyak orang. Seperti misalnya menciptakan sistem simpan pinjam online bagi para peternak lele di kawasan tertentu, membuat aplikasi jual beli lukisan bagi para seniman di kampung, atau membuat portal belajar bareng bagi para anak-anak petani yang putus sekolah.

Startup Based on Passion


startup hobbies

Hobi atau kesukaan menjadi salah satu peluang bisnis startup yang menjanjikan bagi kalangan mahasiswa dan anak sekolah. Banyak juga para pengusaha yang sudah sukses dalam memulai bisnis berdasarkan kesukaannya akan sesuatu, seperti mengoleksi atau melakukan suatu hal.

Bagi kalian yang susah mencari peluang bisnis, mimin sarankan memulai bisnis startup jenis ini. seperti misalnya menciptakan aplikasi booking lapangan futsal di kota X, website jual beli buku kampus preloved atau membuat GoBengkel yang bisa melayani masalah otomotif secara lebih fleksibel.

Contoh diatas hanya beberapa dari bisnis startup yang dimulai dari hobi. Ketimbang sobat kosngosan menghabiskan waktu dengan berbagai kesenangan, mulailah memperoleh income dari kesukaan kalian sendiri.

Sebenarnya pada tingkat umur mahasiswa atau pelajar sendiri kita sudah memiliki ketertarikan pada bisnis tertentu. Kita harus bisa menggali potensi yang ada dalam diri sendiri. Karena untuk memulai suatu bisnis, harus berdasarkan dari kerelaan kita dalam mengelolanya.

Tidak ada bisnis startup yang bisa jadi sukses sehari dua hari. Intinya berusaha memulai. Jika semua sudah ada dan terwakili dalam satu ide bisnis startup, maka jangan tunda lagi untuk memulainya


Startup Bidang Pendidikan


Manusia selalu membutuhkan pendidikan, tidak tergantung usia. Teknologi selalu membutuhkan media pengajaran untuk membantu proses pendidikan dan pembelajaran. Pada masa sekarang ini, pendidikan tidak hanya dapat kamu dapatkan di sekolah atau perguruan tinggi tetapu juga dalam memanfaatkan media internet.

Kamu dapat mulai untuk memanfaatkan peluang usaha yang satu ini dalam startup. Karena peluang yang besar hingga nanti di masa mendatang. Pendidikan tersebut dapat saja seputar penggabungan antara teknologi, menciptakan software khusus dimana sang guru dan murid dapat saling berkomunikasi secara daring kapan saja dan dimana saja

Startup Bidang Kesehatan


Keberadaab dokter dan bidan di rumah sakit bisa digantikan oleh adanya software konsultasi kesehatan. Bahkan pada saat ini kamu juga bisa berkonsultasi denga para dokter hanya melalui software daring di Perangkat eletronik mereka. 

Sebagai contoh adalah di negara Inggris misalnya yang diperkirakan pada puncaknya tahun 2025, pasar software daring medis akan mencapai sampai dengan 11,2 miliar dollar, sangat prospektif bukan?

Peluang startup ini akan meraih popularitasnya lebih tinggi lagi. Karena masyarakat yang semakin banyak dan peluang sebagai konsultasi kesehatan akan sangat berpotensi di masa yang akan datang. 

Sahabat kosngosan dapat berinovasi untuk menghubungkan para dokter, apoteker, pasien satu sama lain secara daring dalam satu software saja. Pastinya ini akan sangat membantu bagi masyarakat yang belum dapat berkesempatan pergi ke rumah sakit karena kesibukan dan yang lain sebagainya

Startup Bidang Administrasi Pemerintahan


Peluang startup yang bisa diterapkan selanjutnya adalah layanan umum khas pemerintahan atau birokrasi seperti pengurusan SIM, KTP, Akta Lahir dll. 

Tidak dapat dipungkiri lagi memang sekarang ini ada banyak urusan yang populer hanya masanya saja dan dibilang telah ketinggalan zaman. Benarkah demikian? Yaa, namun kebutuhan masyarakat akan urusan pemerintahan tidak akan pernah lenyap atau habis.

Pada saat semua hal menjadi serba digital, tidak semua ASN yang melayai masyarakat cukup untuk memahami teknologi masa kini. 

Oleh karena alasan tersebut lah maka peluang usaha dalam urusan service pemerintahan mempunyai potensi yang sangat besar dalam berbagai kalangan masyarakat

Baca juga : Faktor Penyebab Kegagalan Usaha Startup


Kata Penutup


Semoga dengan perkembangan Startup untuk mahasiswa dan pelajar ini, bisa menjadikan peningkatan ekonomi dan menjadikan negara indonesia sebagai negara yang melek teknologi. 

Kita semua berharap yang terbaik bagi nusa bangsa. Mudah-mudahan bermanfaat
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya