Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Bijak Menggunakan Smartphone buat Remaja

Bagaimana cara bijak menggunakan handphone bagi pelajar? Penggunaan smartphone bagi kalangan milenial atau anak muda memang tidak bisa dipungkiri. HP pintar juga memberikan segudang manfaat teknologi yang dapat membantu peran besar bagi kehidupan manusia. 

Tadinya pekerjaan harus dikerjakan dalam waktu lama, kini cukup lima menit saja. Contohnya dalam berkirim surat, yang hanya perlu menggunakan email saja. Cara yang bijaksana dalam penggunaan/ pemanfaatan smartphone di kalangan remaja memang butuh penanganan yang komprehensif.

Teknologi smartphone yang berkembang membuat siapa saja, kapan pun dan dimana pun bisa berkomunikasi lewat chat, telepon hingga video call. Smartphone juga yang memberikan begitu banyak layanan hiburan.

Sayangnya dampak menggunakan smartphone secara berlebihan juga harus disadari. Khususnya bagi kalangan remaja yang seharusnya fokus untuk sekolah. Bagaimana cara untuk menggunakan smartphone secara bijak di kalangan remaja?


Cara Bijak Menggunakan Handphone bagi Pelajar

cara menggunakan smartphone

Kesalahan dalam menggunakan smartphone di kalangan remaja adalah tidak adanya kontrol dari orang tua. Masa remaja yang ingin bebas seringkali membuat orang tua kewalahan bagaimana cara membatasi penggunaan smartphone.

Karena dengan terlalu banyaknya media hiburan membuat remaja tidak fokus lagi dalam belajar. Oleh karena itu beberapa cara bijak menggunakan smartphone di kalangan remaja dari kosngosan dibawah ini, bisa diajarkan kepada remaja supaya penggunaan smartphone bisa memberikan dampak yang positif.


Batasi penggunaan smartphone pada malam hari

Di malam hari kalangan remaja sebaiknya menghabiskan waktu lebih banyak untuk belajar dan mengerjakan tugas. Apalagi jika musim ujian sudah tiba. Anda sebagai orang tua sebaiknya menyimpan ponsel mereka agar anak bisa fokus untuk belajar.

Bahkan usai belajar jangan sampai remaja hanya bermain smartphone. Anda bisa membatasi penggunaannya hanya sebatas untuk membalas pesan selama satu jam. Selanjutnya ketika hendak tidur sebaiknya smartphone diambil kembali agar mereka tidak bermain semalaman.


Tidak membawa smartphone ke sekolah

Beberapa sekolah kini sudah memberikan larangan bagi siswanya untuk membawa gadget ke sekolahan. Bahkan pada saat ujian smartphone akan disimpan oleh guru jika murid ketahuan membawa.

Pada hari-hari belajar di sekolah pula smartphone sebaiknya tidak dibawa atau dimatikan saja supaya tidak mengganggu saat jam pelajaran. Apalagi pada saat jam istirahat akan lebih baik jika siswa menggunakan waktunya untuk berinteraksi langsung dengan teman.


Tak perlu bermain hp saat acara kumpul keluarga

Satu lagi kegiatan yang harus dihindari menggunakan ponsel adalah saat acara kumpul bersama keluarga. Apalagi jika waktu berkumpul adalah saat hari raya besar. Menghabiskan waktu hanya untuk bermain smartphone tidak baik karena mempengaruhi jalinan persaudaraan.

Orang tua bisa terus mengingatkan anak agar tidak bermain ponsel saat berkumpul. Banyak hal yang bisa dibicarakan pada saat bertemu dengan anggota keluarga lain. Anda bisa meminta anak untuk membantu persiapan acara agar mereka tidak terpaku pada hp.


Tidak menggunakan smartphone saat berjalan

Bukan hanya remaja yang harus menghindari kebiasaan ini. Banyak juga orang dewasa yang sering melakukannya. 

Janganlah mengoperasikan smartphone pada saat berjalan. Jika ingin membuka pesan dan membalas chat sebaiknya duduk atau berhenti sejenak.

Bahaya menggunakan smartphone sambil berjalan adalah kecelakaan karena terlalu fokus melihat layar ponsel sambil menunduk. Hal yang sama juga tidak boleh dilakukan ketika remaja sedang mengendarai kendaraan.


Atur jam khusus untuk bermain game

Keasyikan bermain game di smartphone seringkali membuat lupa waktu. Supaya bisa tetap asyik bermain, sebaiknya atur jadwal khusus. Misalnya saja saat hari libur atau bermain setengah jam sebelum tidur. Belajar disiplin juga akan baik untuk diri sendiri.

Kekhawatiran orang tua akan dampak negatif smartphone pada remaja bisa diatasi jika penggunaannya dilakukan dengan bijak. Peranan orang tua sangat penting dalam hal ini.


Hindari bermain smartphone hingga larut malam

Ini adalah kebiasaan yang sangat dilarang dan bisa merusak kesehatan kalian. Tetapi mirisnya saat ini banyak remaja di Indonesia memiliki kebiasaan buruk ini, sampai sampai menderita insomnia, atau gangguan tidur akut. 

Oleh karena itu sebisa mungkin buatlah aturan atau prinsip untuk tidak menggunakan smartphone diatas jam 12 malam. Kalau sudah waktunya tidur, jangan bermain hp lagi. Ada baiknya kamu matikan hp mu, supaya notifikasinya tidak menganggu. Atau buat mode pesawat

Baca juga : Cara Menjaga Kesehatan Baterai iPhone


Tips Bijak Menggunakan HP lainnya

Berikut ini beberapa tips aman bermain hp bagi pelajar:

  • Batasi waktu layar, direkomendasikan untuk menghabiskan bermain hp agar tidak mengganggu waktu belajar atau aktivitas lainnya. kamu dapat mengatur batasan waktu dengan menggunakan fitur pengaturan waktu di hp kamu.
  • Jagalah privasi, jangan membagikan informasi pribadi yang penting ke orang lain, seperti nomor telepon atau alamat, pada aplikasi atau platform yang tidak dikenal. Pastikan kamu mengontrol pengaturan privasi di aplikasi dan platform yang kamu gunakan.
  • Pakai password yang kuat, dengan memastikan hp kamu dilindungi dengan sandi atau pola yang kuat dan tidak mudah ditebak. Jangan pernah membagikan sandi kamu dengan orang lain atau mengizinkan orang lain untuk menggunakan hp kamu.
  • Menghindari download dna install aplikasi dari sumber yang tidak resmi, selalu unduh dari aplikasi resmi seperti Google Play Store atau Apple App Store, untuk menghindari unduhan yang tidak aman atau aplikasi yang mengandung malware.
  • Update sistem operasi dan aplikasi secara rutin,  tentunya ini dapat membantu mengurangi risiko keamanan dan memastikan hp kamu tetap aman dari ancaman keamanan terbaru.
  • Jangan pakai hp saat berkendara, hal ini untuk menghindari kecelakaan yang mungkin terjadi akibat kurangnya konsentrasi saat berkendara.
  • Jangan lupa untuk beristirahat, karena mata butuh istirahat dari paparah sinar biru dari hp dalam waktu yang lama. Lakukan istirahat setiap beberapa saat untuk mengurangi ketegangan pada mata dan leher.


Kata Penutup

Smartphone sendiri adalah perangkat yang punya segudang fitur canggih. Tapi ibarat pisau yang bermata dua, HP canggih ini juga selain memberikan manfaat, juga dapat memberikan efek negatif bagi perkembangan kesehatan fisik dan jiwa apabila dipergunakan secara berlebihan.

Semoga beberapa cara bijak menggunakan smartphone di kalangan remaja diatas, bisa sobat terapkan dalam kehidupan sehari hari, supaya terbebas dari efek buruk penggunaan smartphone ini. 

Sekianlah tadi beberapa tips bijak menggunakan smartphone khususnya untuk kaum remaja dan jika membutuhkan informasi seputar dunia teknologi, semoga bermanfaat. Jangan lupa klik tombol share dan bagikan artikel ini ya!

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya