Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rekomendasi Buku yang Menambah Wawasan mu

Apakah kamu setuju kalau buku adalah jendela dunia? Dan pernahkah kamu mendengar istilah "jangan sampai sekolahmu menggangu belajar mu" , jika kamu setuju kalau buku adalah jendela dunia berarti kamu sangat mengerti apa arti dari membaca, membaca buku yaa,, bukan membaca perasaan si doi, hehehe, BUKU sangat lah bermanfaat bagi semua kalangan, baik anak-anak, remaja, dewasa, dan di usia senja pun banyak lansia-lansia yang menghabiskan hari-harinya untuk membaca buku, sebab dengan membaca kamu bisa mengetahui yang bahkan tidak mungkin untuk kamu ketahui

Mengapa kita harus membaca buku? karena membaca buku berarti kita mempelajari sesuatu, menghindari dari kejenuhan, membenarkan apa yang kita percaya, untuk menemukan gagasan atau ide baru, melatih daya berpikir, mendapatkan ilmu baru, menambah soft skiil, memperkuat rasa percaya-diri demi meraih impian, atau bahkan bisa memulai bisnis dengan hanya membaca buku motivasi.

Contohnya: membaca buku biografi seorang raja di zaman dahulu, KING OF SOLOMON, dan istilah diatas mengandung makna bahwa tanpa di bangku pendidikan pun kamu bisa belajar, membaca buku adalah jalan terbaik untuk memperbanyak pengetahuan kamu. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini, kosngosan akan memberikan beberapa rekomendasi wishlist yang bisa kamu jadikan referensi dalam membaca buku yang berkualitas. Penasaran? mari kita bahas satu per satu dibawah ini

buku menambah wawasan


REKOMENDASI BUKU MENGUPGRADE PENGETAHUAN

Beberapa rekomendasi buku dibawah ini memang hanya sedikit dari banyaknya buku yang beredar. Apalagi kalau kita urutkan berdasarkan tahun penerbitnya, maka ada ratusan bahkan ribuan buku lokal yang senantiasa menemani waktu senggangmu untuk dibaca. Semoga beberapa buku incaranmu ada dibawah ini ya :

Baca juga : Situs Download Buku Elektronik Sekolah


1. KOSMOS

Penasaran dengan kalimat pembahasan paling romantis dari seorang astronot?, Saya saran kan kamu untuk membaca buku yang satu ini " KOSMOS " Di dalam buku ini CARL SAGAN mengajak pembaca nya untuk menjelajah ruang dan waktu berimajinasi dan menilik tentang asal usul bumi dan manusia dari kaca mata seorang ilmuwan. 

Dan di dalam buku ini banyak penjelasan tentang betapa bermaknanya planet dan tata surya di alam semesta ini, dan di satu sisi planet dan tata surya tidak bermakna sama sekali, Dan sesudah membaca buku ini kamu akan sangat bersyukur tentang keagungan sang pencipta tentang alam semesta ini.


2. GEN EGOIS ( THE SELFISH GENE)

Mungkin kamu telah membaca bukunya yang berjudul " the god delusion" yang di tulis oleh RICHARD DAWKINS dan ini satu lagi buku yang wajib ada di rak perpustakaan kamu, dalam buku ini mengkaji tentang evolusi, sama halnya dengan darwines yang mengkaji serupa, tapi bedanya di dalam buku yang ini kamu tidak perlu mengkerutkan dahi, anggaplah buku ini versi terbaru dari buku evolusi darwin sebelumnya.


3. TO KILL A MOCKINGBIRD - HARPER LEE

Novel yang satu ini terbilang asik, sebab sejak di terbitkan hingga sampai sekarang selalu menjadi bacaan favorit para para novelis, bagaiman tidak, kabarnya, HARPER LEE hampir menyerah dalam menulis buku ini, di tambah lagi sang editor yang terus meminta revisi perbaikan. Namun, hasilnya sepadan.


4. ANIMAL FARM - GEORGE ORWELL

Satu lagi ni , novel dari George Orwell, dari judulnya tentu saja ini menceritakan tentang hewan, tapi oh tapi!!! di dalam novel ini memang hewan adalah sebagai karakter nya , namun hal menariknya adalah di mana para hewan membahas tentang politik, sosial,dan bahkan ada pemberintakan nya segala, dimana, Old Mayor, Snowball,dan Napoleon, adalah pemberontaknya,

dan yang perlu di ingat novel ini, di terbitkan pas hari kemerdekaan republik Indonesia, yaitu pada tanggal 17 agustus 1945.


5. SAPIENS - A BRIEF HISTORY OF HUMANKIND

Kamu pecinta buku sejarah, yang satu ini pas bangat ni buat kamu buku yang di kemas manis dan cerdas, buku ini membahas tentang perkembangan peradaban manusia dengan semua sisinya.

Dengan gaya bahasa nya yang megalir lancar dan penuh dengan fakta yang mengasyikkan,yang tidak banyak orang mengetahuinya, buku bestseller tulisan YUVAL NOAH HERRARI.


6. THE TIME TRAVELER'S WIFE - AUDREY NIFFENEGGER

Fiksi ilmiah di padu dengan kisah cinta yang nakal, tentu saja akan kamu temukan dalam novel yang satu ini, yang di tulis oleh AUDREY NIFFERENGGER, buku ini sudah banyak mendapatkan piagam penghargaan, dari judulnya tentu saja novel ini akan mengajak kamu melihat kisah henry yang sewaktu-waktu bisa tersedot ke masa lalu dan kembali lagi ke masa depan. versi bahasa indonesianya di terbitkan gramedia pada tahun 2007.


7. BABAD TANAH JAWA - W.L OLTHOF

Babad dalam artian adalah kronik aau catatan sejarah, nah, babad tanah jawa mencaatat sejarah kerjaannya sampai dengan rajanya,mulai dari era hindu-budha, samapai dengan kerajaan mataram islam di kartasura. penyusunnya adalah para pujangga jawa yang bekerja di bawah arahan pakubuwana III. Bisa di katakan buku ini adalah ensiklovedi sederhana dari tanah jawa.


8. ORANG-ORANG DI PERSIMPANGAN KIRI JALAN

SOE HOK GIE , adalah seorang pecinta alam, pemikir, penulis, yang sangat peduli dengan keadilan sosial.dia meninggal pada usia muda saat mendaki gunung. sebelum meninggal di telah terkenal sebagai aktivis kampus universitas indonesia yang galak dan tidak kenal kompromi.

Tulisannya banyak di muat di kompas dan menjadi salah satu penulis produktif dan di cintai. buku ini sebenarnya adalah skiripsi dari aktivis tersebut. namun karna pembuatnya sangat pkamui mengolah kata, data, serta tulisan, maka isinya begitu lengit dan mencerahkan.


9. ANANTA TOER

Koleksi buku hebat kamu tidak akan lengkap tanpa " BUMI MANUSIA " Dalam kisanya buku ini menceritakan percintaan yang mengiris hati antar bangsawan pribumi bernama minke, dan cewek blastran indo-belkamu bernama annalies. selain itu kamu juga akan mendapati seoang perempuan pribumi hbat bernama nyi ontosoroh yang berubah dari gundik menjadi seorang pemilik pabrik dan memerintah para pegawai belkamu.


10. BURUNG-BURUNG MANYAR - Y.B.MANGUNWI JAYA

"BURUNG-BURUNG MANYAR " is absolutely a must-raed book. pokonya karya y.b mangunwi jaya alias romo mangun ini memang layak menjadi salah satu koleksi perpustakaan pribadi kamu, novel ini pertam kali terbit pada 1981, melalui penerbit di jambatan, membaca buku ini kamu akan di ajak berpetualang memutar waktu, dari masa era penjajahan belkamu penjajahan jepang,hingga indonesia medern melalui kisah teto.

Baca juga : Tips Membuat Buku Pelajaran yang Best Seller


Kata Akhir

Nah, itulah 10 buku yang wajib untuk kamu baca, jika kamu membacanya berarti kamu telah masuk dalam imajinasi berbagai penulis-penulis profesional, karna dalam membaca juga harus ada imajinasi yang kuat, agar kamu paham dan mengerti alur ceritanya, beberapa buku ini bisa kamu dapatkan di aplikasi belanja online. Pastikan, dalam membaca sediakn segelas kopi. Jangan lupa untuk share dan bagikan artikel ini ke sosial media mu ya, supaya teman teman mu yang lain juga bisa mendapatkan rekomendasi buku berkualitas lainnya. Terimakasih

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya