Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Rekomendasi Mesin Kopi untuk Cafe Kecil

Apa saja rekomendasi mesin kopi untuk kebutuhan cafe skala kecil? Dalam membuka bisnis coffe shop, memang membutuhkan modal yang cukup besar. Salah satunya adalah mesin pembuat kopi baik itu yang manual atau otomatis. Berbagai jenis mesin kopi seperti espresso, americano dan lainnya menjadi favorit, sehingga alat untuk membuatnya perlu kamu miliki. 

Tapi sebagai pemula, kamu pasti bingung memutuskan hendak memilih mesin seperti apa yang cocok dengan kebutuhan bisnismu. Tapi jangan khawatir, karena kali ini kosngosan akan memberikan beberapa rekomendasi alat mesin kopi yang diperuntukan bagi cafe dengan watt kecil. Penasaran? mari kita bahas satu per satu dibawah ini

Ketika kamu punya budget antara 10 juta atau dibawah 20 juta, maka sebenarnya kamu sudah banyak dapat pilihan mesin kopi rumahan sampai tingkat profesional yang berkualitas dengan harga segitu. Hanya saja pertimbangan lain selain harga, kamu juga harus memilih mesin yang hemat listrik dan memiliki spare part yang mudah untuk dicari.

Mesin kopi barista memiliki kapasitas produksi yang berbeda-beda. Ada mesin yang bisa membuat kopi untuk puluhan cangkir sekaligus ada juga yang hanya memiliki kapasitas untuk satu gelas kopi saja. Jadi kamu yang baru memulai, dan kapasitas coffe shop juga masih kecil, maka bisa membeli mesin pembuat kopi untuk skala kecil terlebih dahulu

Mungkin bisa untuk mesin kopi rumahan atau pribadi, seperti yang hanya berkapasitas satu sampai tiga gelas kopi. Akan tetapi pilihlah mesin dengan kapasitas yang besar jika kamu sudah membelinya untuk kepentingan coffe shop yang sudah mulai besar seperti starbucks dan kopi kenangan.


Harga Mesin Kopi untuk Cafe Kecil

rekomendasi mesin kopi untuk cafe

Baiklah langsung saja kosngosan akan memberikan beberapa list untuk kamu yang hendak membuka kedai kopi kecil kecilan, beberapa mesin kopi yang menurut kami layak untuk kamu pertimbangkan. 

Tapi alangkahkah baiknya kamu juga melakukan riset pasar secara kecil kecilan, bandingkan harga dan fitur yang dimiliki antara satu mesin dengan mesin lain, supaya sobat bisa mendapatkan alat yang benar benar sesuai dengan kebutuhanmu. 

Check these out!

Baca juga : Quotes dan Filosofi Kopi


1. Mesin Kopi Nespresso

Mesin Kopi Nespresso

Mesin Kopi Nespresso bisa kamu gunakan untuk membuat kopi dengan mudah dalam waktu yang cepat. Mesin kopi dengan satu tombol ini bisa juga kamu jadikan sebagai mesin untuk di cafe. Mesin kopi nespresso bisa memanas hanya dalam 25 detik saja. Sehinga kamu bisa membuat kopi dengan cepat dan rasa yang gurih.

Untuk menciptkan secangkir kopi yang mantap dan sempurna. Mesin ini bisa membantu kamu untuk menyuguhkan berbagai jenis kopi. Ada cappuccino, Latte Macchiato dan caffe latte dan menu kopi lainnya yang viral saat ini.

Mesin kopi dengan desain minimalis ini dapat menghasilkan kopi yang lezat tanpa mengurangi rasa dan kualitas kopi. Mesinnya sangat ringkas dan mudah untuk digunakan. Meski hanya memiliki satu tombol, mesin kopi yang cocok utnuk cafe kecil tersebut memiliki kualitas yang tidak tertandingi.


2. Mesin Kopi Essenza Mini

Mesin Kopi Essenza Mini

Mesin kopi mini untuk cafe kecil-kecilan ini bisa kamu gunakan dengan baik. Kamu bisa mendapatkan mesin mini tersebut dengn harga Rp.1.540.000. Mesin satu ini dibuat dengan memadukan desain yang sempurna namun minimalis. 

Memiliki kualitas yang bagus dengan penggunaan yang mudah. Mesin kopi essenza mini dapat mengolah biji kopi degnan tekanan yang kuat dan menghasilkan kopi degan rasa yang enak.

Kecanggihan tekhnologi yang menjadikan mesin kopi Essenza ini menjadikan beberapa kedai kopi dan cafe-cafe kecil milik sobat kosngosan, tidak perlu repot dalam membut secangkir kopi. 

Kamu bisa menghasilkan kopi rumahan dengan mesin mini ini dalam waktu yang singkat. Selai itu mesin kopi ini memiliki mode hemat yang bisa berjalan secara otomatis. Kopi yang dihasilkan sangat pas, tidak pekat dan aromanya juga cukup enak.


3. Mesin Kopi Ferrtti Ferro

Mesin Kopi Ferrtti Ferro

Mesin kopi Ferrtti Ferro memiliki beberapa menu dan fitur yang cukup lengkap. Harga mesin kopi yang terjangkau dan coock diguanakn untuk cafe-cafe kecil. 

Desain elegan dari mesin kopi ini dapat dengan mudah dioperasikan bagi kamu para pemula. Mesin kopi yang praktis dan bisa untuk usaha bisnis seperti cafe kecil, restoran atau hotel-hotel.

Mesin kopi yang menjadi mesin terbaik di Indonesia ini menghasilkan kopi yang sempurna bagi pecinta kopi. Dimana kekuatan yang diberikan mesin kopi minimalis tersebut yaitu sekitar 600-4900 watt.


4. Mesin Kopi Inissia and Aeroccino Bundle

Mesin Kopi Inissia and Aeroccino Bundle

Mesin kopi yang memiliki fitur otomatis setelah 9 menit proses pemanasan ini membatu kamu untuk menghemat energi lebih baik. Tangki pada mesin di program untuk tahan panas selama kurang lebih 30 menit. 

Waktu pemanasan hanya membutuhkan sekitar 25 menit saja. Sehingga kamu bisa menyuguhkan kopi dengan cepat dengan hasil yang mantap.

Untuk mendapatkan kopi lezat, harum dan gurih, kamu bisa menabung sampai mendaptkan sekitar Rp. 3.599.000. Dengan budget tersebut, kamu sudah bisa memiliki mesin kopi canggih dan praktis itu.


5. Mesin Kopi Pixie Electric

Mesin Kopi Pixie Electric

Dengan harga sekitar Rp. 4.299.000, kamu bisa membawa pulang mesin kopi elegan Pixie Electric. Kamu bisa membuka cafe kecil-kecilan untuk para pecinta kopi. 

Kamu tidak perlu repot meracik kopi rumahan yang lezat. Kamu hanya perlu menuangkan biji kopi, air dan susu ke dalam tangki mesin sesuai dengan kapasitas yang tersedia. Setelah itu kamu akan mendapatkan kopi yang enak dan lezat.

Mesin kopi elegan dengan ukuran minimalis ini memiliki ukuran sekitar 11.1 cm x 23.5 cm x 32.6 cm. ukuran tersebut sangat sempuran untuk cafe kecil di dapur minimalis kamu. 

Hanya dengan satu tombol untuk mendapatan secangkir kopi racikan yang sempurna. Tangki pengisian mesin bisa muat sekitar 0.8 liter persediaan kopi.


6. Mesin Kopi Citiz and Aeroccino Bundle

Harga Mesin Kopi Citiz and Aeroccino Bundle ini yaitu sekitar Rp. 5.399.000. Mesin kopi dengan espresso tekhnologi ini sangat mudah digunakan. 

Tangki penampungan pada mesin kopi itu bisa sampai 1000 ml. Untuk ukuran mesin kopi tersebut berkisar 22 cm x 37cm x 28 cm.

Mesin kopi ini recommended buat sobat kosngosan yang memiliki cafe kecil namun ramai pelanggan. Karena tangki panampungannya yang cukup besar sehingga kamu tidak kewalahan jika mendapatkan banyak pengunjung. Dengan mesin kopi unik ini kamu bisa menyuguhkan kopi dengan aroma relaksasi yang menenangkan.


7. Mesin Kopi Grand Lattissima

Membeli mesin kopi Grand Lattissima ini, kamu bisa mendapatkan resep kopi lezat dan menarik untuk cafe kamu secara gratis. 

Untuk beberapa menu yang ada di resep kamu bisa membuat flat white coffe, hot milk and hot foam, caffe latte, latte macchiato, espresso dan beberapa resep kopi favorit lainnya.

Harga mesin kopi yang bisa memudahkan bisnis kamu ini yaitu sekitar Rp. 8.999.000. Mesin kopi kecil dengan ukuran 20.3 cm x 36.7 cm x 27.6 cm. Tampungan untuk mesin berkisar sekitar 1.3 liter untuk kapasitas air dan 0.5 liter untuk tampungan susu.


8. Mesin Kopi Professional CLT Q006

Mesin kopi ini memiliki kapasitas tampungan air sekitar 2000 ml dan kapasitas tampungan susu sekitar 600 ml dan kapasitas biji kopi sekitar 700 gram. 

Kamu bisa menghasilkan banyak kopi untuk kapasitas yang dimiliki mesin tersebut. Kamu bisa mendapatkan mesin kopi Professional CLT Q006 dengan harga sekitar Rp. 8.200.000.

Mesin dengan kekuatan 1350 watt ini bisa menghasilka kopi yang pas dan tidak meninggalkan rasa pahit di lidah. 

Mesin kopi tersebut bisa kamu miliki untuk usaha bisnis kamu. Untuk cafe, kedai kopi atau restoran, mesin kopi tersebut cocok digunakan.


9. Mesin Kopi Full Otomatis Me 709

Bagi kamu yang memiliki cafe, kedai kopi atau restoran yang selalu dibanjiri pelanggan, kamu bisa menggunakan mesin kopi yang memiliki tekhnologi full otomatis ini. 

Sobat kosngosan bisa meracik kopi yang banyak dengan kapasitas air sekitar 1.6 liter. Kekuatan yang dimiliki mesin kopi ini sekitar 1250 watt untuk racikan biji kopi sekitar 200 gram.

Setelah meracik kopi pada mesin, kamu hanya tinggal meninggalkan mesin tersebut karena sudah di settel otomatis. Kamu bisa menghasilkan kopi yang mantap dan lezat dari mesin tersebut. Harga mesin kopi full otomatis ini sekitar Rp. 6.200.000.


10. Mesin Kopi Espresso Astro

Mesin kopi espresso adalah mesin yang wajib ada di setiap cafe maupun restoran. Mesin ini bisa menghasilkan kopi yang nikmat untuk disuguhkan ke pengunjung dan tamu. 

Mesin kopi itu memiliki beberapa fitur yang memiliki manfaat yang berbeda untuk menghasilkan kopi yang mewah.

Mekanisme kerja mesin kopi espresso ini yang menjadikan kopi espresso tersebut memiliki rasa yang berbeda dari kopi lainnya. 

Cafe kamu bisa menjadi tempat nongkrong favorit dan dibanjiri pengunjung bagi pecinta kopi. Kamu bisa menabung untuk bisa mendapatkan mesin kopi espresso canggih ini.

Baca juga : Contoh Barang Kelontong buat Coffe Shop


Kata Akhir

Pilihlah mesin kopi yang berasal dari perusahaan yang terpercaya karena tentunya sobat kosngosan tidak ingin mesin pembuat kopi yang cepat rusak bukan? 

Harga memang bukan menjadi faktor penentu, tapi kualitaslah yang menjadi nomor satu. Biasanya kualitas mesin kopi juga berbanding lurus dengan harganya. pasti jauh lebih baik dari mesin kopi sejenisnya. 

Tapi jangan lupa untuk pilihlah mesin kopi yang sesuai dengan kemampuan mu juga ya. Hanya saja jangan pilih mesin pembuat kopi dengan harga yang murah. 

Lebih baik kamu menabung dulu agar uangmu bisa membeli mesin pembuat kopi yang lebih baik di kemudian hari harus beli mesin yang murahan dan tidak bertahan lama. Jangan lupa share dan bagikan artikel ini ke sosial media kalian ya

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya