Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mencairkan Ovo Paylater ke Rekening Pribadi

Bagaimana cara mencairkan saldo ovo paylater ke rekening bank? Ketika kita ingin membeli suatu kebutuhan, salah satu layanan "paylater" milik e-wallet terbesar di Indonesia ini bisa menjadi pilihan. Karena selain memiliki persyaratan yang relatif mudah, kamu juga bisa menikmati limit pinjaman yang variatif dengan tenor waktu kredit sesuai kebutuhan. Kita akan bahas step by step cara mencairkan ovo paylater dengan mudah menggunakan akun bank lokal, ikuti saja panduannya dibawah ini.

Banyak pengguna yang mengalami akun ovo paylater-nya dibekukan. Lalu bertanya tanya, bagaimana cara mengaktifkan kembali ovo paylater-nya tersebut? Tapi sebelumnya, kamu harus tahu dulu penyebab kenapa akunmu dibekukan. 

Beberapa diantaranya adalah seperti kamu belum memenuhi batas pembayaran minimal, ada perubahan data pribadi yang signifikan, misalnya email dan nomor HP, akun mu sudah melebihi jumlah limit yang ditentukan, kamu belum membayar tagihan bulanan, denda atas keterlambataan belum kamu bayarkan dan alasan lain yang sesuai dengan peraturan OVO.

Ovo paylater ini termasuk kedalam e-money. Nilai uang dalam e-money akan berkurang pada saat kamu menggunakannya untuk melakukan pembayaran. Disamping itu e-money dalam pembahasan kosngosan kali ini juga berbeda dengan “single-purpose prepaid card” lainnya seperti kartu telepon, dikarenakan e-money yang dimaksudkan di sini dapat digunakan untuk berbagai macam jenis pembayaran (multipurposed), hanya saja terbatas untuk platfrom yang bekerjasama dengan pihak OVO saja.


Cara Mencairkan OVO Paylater

mencairkan ovo paylater

Sebagai contoh kamu melakukan pembelian di Tokopedia di tanggal 1 Januari dengan menggunakan kredit limit OVO Paylater, kemudian pada tanggal 27 Januari, maka setiap penggunaan OVO Paylater mu bisa dicek melalui halaman OVO Paylater atau lewat email

Kemudian pada tanggal 1 Februari, kredit limit OVO Paylater yang sudah digunakan bisa dibayar lunas. Kalau diangsur bisa juga, 50% asalkan sebelum tanggal jatuh temponya (sebelum tanggal 1 Maret).

Berikut beberapa cara mencairkan saldo ovo paylater dengan mudah :

Baca juga : Cara Mendaftarkan OVO ke Tokopedia


Pakai Akun OVO Premier

Cara pertama ini paling mudah dan bisa kamu lakukan tanpa repot repot dengan syarat yang ribet seperti pinjaman online, dengan hanya beberapa langkah, seperti dibawah ini :


Langkah pertama :

Apabila sobat kosngosan ingin mencairkan saldo OVO ke rekening Bank lokal milikmu, seperti ke BRI, BNI atau Mandiri, maka kamu harus memiliki akun OVO Premier terlebih dahulu. 

Untuk cara meng-upgrade akun ke level "OVO Premier" dengan mengirim photo KTP kamu dan membawanya ke kios OVO terdekat, untuk panduan selengkapnya kamu bisa cek di youtube atau internet ya


Langkah kedua :

Kemuidian buka Aplikasi OVO, apabila sudah punya akun OVO Premier, kamu bisa langsung mencoba mencairkan saldo OVO mu ke rekening bank lewat aplikasi OVO dengan milih Menu "Transfer"


Langkah ketiga :

Kemudian kamu pilih Opsi "Other Bank" dan pilih Bank serta Nomor Rekening Tujuan, pilih bank yang ingin kamu kirimkan saldonya

Kemudian isi nomor rekening kamu di kolom yang berada tepat di bawahnya (Atas nama rekeningmu hendaknya sama dengan nama akun ovo-mu, supaya proses transaksi bisa berjalan mulus)


Langkah keempat :

Kamu wajib mengisi data bank, selanjutnya tinggal mengisi data, seperti memilih nama bank, memasukan nomor rekening bank. Kemudian dilanjutkan dengan mengisi nominal yang ingin ditransfer, setelah itu pilih menu Lanjutkan.


Langkah kelima : 

Kemudian konfirmasi data, karena akan muncul halaman konfirmasi data, pastikan data rekening tujuan sudah benar dan nominal yang ingin ditransfer juga sudah benar. Apabila semua data sudah terisi dengan benar, silahkan pilih menu Transfer.


Langkah keempat :

pilih Jumlah Uang yang Ingin Kamu Cairkan dan pilih "Berikutnya" dan klik tombol "Konfirmasi", jangan lupa untuk memasukkan Security Code

Tunggu sampai kamu mendapatkan notifikasi "Konfirmasi Pengiriman Berhasil" Pastikan memasukan kode keamanan dengan benar, agar proses transfer dapat berjalan dengan lancar.


Proses Transaksi Berhasil

Setelah berhasil memasukan kode keamanan dengan benar, maka proses cara mencairkan ovo paylater ke rekening bank telah berhasil dilakukan. 

Silahkan sobat kosngosan bisa periksa saldo di rekening bank, apakah sudah bertambah sesuai dengan dana yang ditransfer atau belum (kalau belum, tunggu maksimal 1x24 jam, bisa saja lagi pending)


Beli Barang di Tokopedia

Kamu bisa mencairkan ovo paylater dengan cara membeli barang berharga seperti smartphone, adalah salah satu jenis dari barang berharga yang mudah untuk dijual kembali. 

Kamu bisa beli emas batangan bersertifikat seperti ANTAM atau UBS di aplikasi Tokopedia menggunakan metode pembayaran OVO Paylate. Nanti setelah barangnya sampai, kamu jual kembali. Berikut panduannya :


Langkah pertama :

Pastikan sobat kosngosan sudah menghubungkan OVO paylater mu di akun Tokopedia mu. Untuk panduannya, mimin kira cukup jelas, kamu cukup mengikuti langkah2 sederhananya. 

Pokoknya untuk tahap ini, mimin sudah menganggap kamu sudah punya layanan OVO paylater yang sudah aktif dan bisa digunakan untuk pembelian di tokopedia


Langkah kedua :

Seperti biasa masuk atau login menggunakan akun Tokopedia mu. Lalu pada tab "Pencarian", kamu bisa ketik "perhiasan" atau "smartphone". Lalu pilih tipe seller yang verified, ini akan meminimalisir supaya kalian mendapatkan barang yang berkualitas dan terhindar dari barang yang cacat


Langkah ketiga :

Anggap lah kamu sudah memilih barang berharga yang kamu pesan lewat tokopedia, seperti perhiasan atau smartphone, baru kemudian kamu klik "Beli Sekarang", dan isi alamat tujuan, jasa ekspedisi dan metode pembayaran OVO Paylater, seperti membeli biasanya


Langkah keempat :

Pesanan mu sudah berhasil, maka cek kembali status-nya. Kemudian masukan kode OTP atau Kode Verifikasi yang dikirimkan ke nomor HP yang sudah kamu daftarkan di Ovo Paylater mu.

Setelah kamu menyelesaikan proses pembayaran pada tahapan diatas, kamu tinggal menunggu email pemberitahuan yang dikirimkan pada email yang sudah kamu daftarakan saat membuat akun tokopedia, pada email tersebut kamu akan menerima detail pembelian di Tokopedia. 

Kamu juga akan melihat saldo limit yang sudah di kurangi dengan total belanjaan yang sudah sobat kosngosan habiskan.


Langkah kelima :

Setelah itu sobat kosngosan harus mengecek tagihan setiap tanggal 27 di email atau di aplikasi OVO PayLater. Untuk melakukan pembayaran tagihan dapat langsung dilunasi atau membayar setengahnya terlebih dahulu sebelum jatuh tempo (tanggal 1 di awal bulan)

Ingat, kamu tidak bisa membeli Reksadana atau Emas pakai OVO Paylater, jadi kamu cari saja barang liquid yang mudah untuk dijual kembali

Seperti misalnya HP, Perhiasan, Barang elektronik, dan lainnya yang sekiranya bisa untuk dijual kembali. Jual barang mu dengan tidak membuka bungkusnya, supaya kamu bisa menjual dalam kondisi baru.


Bagian Penutup

Aplikasi ewallet seperti OVO memang sering digunakan untuk membeli produk dengan sistem bayar nanti. Semakin banyaknya pengguna dompet digital tersebut, membuat pihak OVO memberikan pelayanan terbaik nya untuk pengguna. 

Oleh karena itu kamu bisa memanfaatkan layanan untuk bayar nanti di OVO dan mencairkannya menjadi uang yang bisa digunakan untuk keperluan sehari hari. Semoga tutorial diatas bermanfaat, dan jangan lupa untuk share dan bagikan artikel ini ke sosial media sobat kosngosan, supaya yang lainnya juga bisa membaca dan mengikuti panduan diatas.

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya