Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20 Cara Mendapatkan Uang dari Youtube tanpa Upload Video

Bagaimana cara mendapat uang dari youtube tanpa upload video? Menjadi seorang youtuber memang memberikan penghasilan besar, apalagi kalau jumlah view dan subscriber mu melonjak drastis sampai jutaan. Tapi konsekuensinya adalah, kamu harus fokus dan konsisten dalam memproduksi video baru secara berkala, kalau tidak ingin pendapatan dari iklan google adsense mu semakin menurun. 

Untuk bisa menghasilkan video baru, butuh ide, kreatifitas dan modal. Kalau ada teman mu yang bilang, enaknya bisa jadi youtuber berkualitas walaupun jarang upload salut, itu ada benarnya ada juga tidak benarnya.

Hal inilah yang membuat sebagian orang tidak ingin menjadi content creator full time di youtube. Ada yang menganggap mereka tidak bisa tampil di depan kamera, tidak bisa berkomunikasi dengan baik, atau tidak bisa edit video. Berbagai alasan itu dilontarkan. 

Tapi pada kenyataannya, semua orang pasti mau mendapatkan uang dari youtube, bukan? Bukankah enak menghasilkan uang hanya dari dalam rumah saja?

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini, kosngosan akan memberikan beberapa ide menghasilkan uang dari youtube, tanpa kamu harus repot repot meng-upload video, atau membuat video setiap hari. 

Kamu bisa tetap mendapatkan uang dari youtube, kalau memang benar benar punya niat untuk belajar dan berkembang. Apa saja cara mendapatkan uang dari youtube tanpa upload video? Mari kita simak satu per satu dibawah ini


Cara Dapat Uang dari Youtube tanpa Upload Video

cara dapat uang dari youtube

Buat yang belum tahu, untuk mendapatkan uang dari youtube secara umum memang berasal dari kerjasama dengan program periklanan milik google, yang disebut dengan google adsense. Tapi itu bukanlah satu satunya sumber penghasilan yang bisa kamu dapatkan.

Kamu tetap bisa mencari sumber penghasilan lainnya, bahkan tanpa repot menyediakan studio dan alat perekaman yang mahal seperti para youtuber gaming. Berikut beberapa peluang dari kosngosan, untuk mendapat cuan dari youtube tanpa repot meng-upload video di channel :


Jasa Penambah Subscriber dan Viewer REAL

Walaupun sebenarnya jasa ini terbilang tidak direstui oleh youtube, tapi faktanya masih banyak orang yang menawarkan jasa ini kepada para youtuber, khusus nya yang masih pemula. 

Kalau seorang  youtuber yang ingin monetisasi channel miliknya, maka dia butuh subscriber 1000 dan jam tayang yang terbilang tidak sedikit.

Jadi kamu harus menyediakan banyak akun real, bukan boot, dan berikan jasa mu kepada mereka yang membutuhkan. Cara ini masih abu abu, jadi kamu juga harus berhati hati.


Menjadi Crew Youtuber Terkenal

Kamu bisa menjadi salah satu kru atau partnert dari youtuber yang sudah memiliki banyak video dan sudah lama berkecimpung di YouTube. 

Tawarkan dan yakinkan beliau, kalau kamu bisa diandalkan dan ingin terlibat project bersama nya. Karena kalau dibantu lebih dari satu orang, tugas dan juga pekerjaan akan lebih mudah dikerjakan.

Kamu bisa memiliki perspektif yang berbeda dalam memanfaatkan YouTube. Tidak hanya membangun channel dan menjadi seorang youtuber saja, ini bisa jadi salah satu cara dapat uang dari youtube tanpa upload video.

Ketimbang menjadi youtuber baru, kalian bisa digaji menjadi kru mungkin dalam video prank atau vlog yang dibuat oleh youtuber yang sudah punya penghasilan. Jasa yang kalian tawarkan tentunya profesional dan memiliki perjanjian bisnis yang mengikat


Menjadi Editor Video Youtube

Jenis skill atau keahlian yang saat ini sudah banyak dicari oleh industri kreatif baik itu perusahaan atau para pemilik channel youtube, adalah jasa editor video. 

Hal ini menjadi tidak terhindarkan, karena tingginya permintaan industri digital kreatif yang berkaitan dengan pembuatan konten video yang kemudian di upload di channel youtube masing masing.

Profesi editor video menjadi sangat diminati, dan kamu bisa bekerja menghasilkan uang tanpa harus mengupload video, merekam video dan memikirkan konten seperti apa, karena tugasmu hanya mengedit video sehingga layak untuk ditonton.


Mengikuti Give Away dari Youtuber

Kamu bisa mendapatkan uang dari hadiah yang kamu ikuti dari setiap event give away yang diadakan oleh para youtuber. 

Salah satu tujuan pemberian giveaway adalah untuk meningkatkan interaksi antara subscriber atau follower dengan pemilik akun channel. tips untuk memenangkan giveaway yang baik dan benar adalah dengan rutin mengikuti setiap persyaratan yang mereka minta.

Mungkin para youtuber itu ada yang menyediakan hadiah yang menarik dan dibutuhkan oleh banyak orang, tidak selalu mengeluarkan uang yang banyak seperti televisi, laptop atau smartphone, akan tetapi hadiah yang dibutuhkan sehari hari.


Menjadi Pembicara di Live Streaming Channel Youtube

Ada beberapa channel youtube yang sering memberikan konten video berupa live streming di channel nya, membahas mengenai beberapa hal bersama para narasumber. Sobat kosngosan bisa berperan sebagai Master of ceremony atau yang sering disebut sebagai MC atau Host.

Atau kamu juga bisa menjadi narasumber, dan peran ini sangat di butuhkan untuk suatu penyelenggaraan suatu event live streaming. 

Dapat di katakan bahwa orang orang yang mengisi acara tersebut adalah penentu kesusesan event yang di selenggarakan.


SEO Youtube Analyst

Kamu pernah mendengar istilah SEO? ini adalah akronim dari Search Engine Optimize. Jasa SEO Youtube, adalah sebuah jasa optimasi video dan channel youtube yang bertujuan untuk meningkatkan lalu lintas pada channel youtube kalian.

Tujuannya adalah dengan menaikkan posisi videomu pada halaman pencarian, dengan keyword yang sesuai target market channel dan video mu tersebut. 

Dengan berada di peringkat pertama, maka otomatis videomu tersebut akan mendapatkan ribuan trafik yang akan meningkatkan klik iklan dan jangkauan konten dari video mu.


Videografer Channel Youtube

Kamu suka dengan dunia fotografi dan videografi? Prospek bisnis akan permintaan jasa shooting video youtube sangat menjanjikan. Hal ini bisa dilihat langsung dari permintaan lumayan tinggi dan persaingannya rendah.

Permintaan jasa perekaman video ini banyak dibutuhkan oleh para youtuber. Walaupun sudah banyak yang punya HP canggih. Ini bisa jadi cara dapat uang dari youtube tanpa upload video lho.

Nyatanya menyewa jasa shooting tetap menjadi pilihan karena hasil yang diberikan lebih profesional, mengetahui teknik videografi, dan fokus dalam melakukan perekaman dengan kualitas tinggi


Penulis Salinan, Skrip video atau Screenplay

Video youtube yang bagus, tentu saja harus punya subtitle atau skrip video. Misalnya video tersebut berbahasa Indonesia, kamu bisa menambahkan substile berbahasa inggris. Tapi pekerjaan ini butuh keahlian penulisan dan juga penerjemah bahasa asing.

Secara umum jenis pekerjaan ini bertugas untuk menulis naskah atau cerita dalam sebuah proses video. Penting untuk menuliskan dan menerjemahkan setiap interaksi, komunikasi, gerakan, tindakan, eskpresi, dan dialog karakter dalam sebuah format teks yang bisa dibaca.


Produsen Narasi Audio atau Voice Over

Sobat kosngosan punya suara yang khas dan enak didengar? kenapa tidak menjadi Voice Over saja? Peluang usaha jasa sebagai pengisi suara ini semakin besar. 

Apalagi video youtube saat ini yang semakin beraneka ragam, terkadang membutuhkan jasa suara profesional untuk mengisi video didalamnya.

Jasa VO bagi industri periklanan maupun industri kreatif, sudah berkembang pesat dan masih membutuhkan banyak talent didalamnya. 

Tren konten digital berupa video yang saat ini berkembang menjadi lebih hidup apabila terdapat narasi di dalamnya diisi oleh jasa VO profesional.


Jasa Convert Transkrip (ubah Video YouTube jadi Teks)

Apabila kamu suka dengan dunia translate dan ingin mengubah video yang lagi viral ke dalam bentuk artikel, kamu bisa mencari channel video yang bertema pendidikan dan meminta izin kepada pemiliknya untuk mengalihkan konten video tersebut ke dalam bentuk artikel yang bisa dibaca. 

Jadi kamu bisa menerbitkan ke website mu atau membuat semacam buku pelajaran dari kumpulan video youtube tersebut.


Membuat Captions Terjemahan Video Youtube

Menulis skrip untuk substitle video menjadi salah satu cara dapat uang dari youtube tanpa upload video yang memang sudah biasa. Bagaimana dengan peluang untuk menerjemahkan subsitle atau caption video untuk channel youtube?

Misalnya seorang youtuber yang punya konten update setiap hari, dia ingin supaya video di youtubenya dibuat caption berbahasa inggris supaya orang luar bisa menonton tanpa terkendala. Jadi kamu bisa menghasilkan uang atau digaji dengan cara tersebut.


Membuat Grafik Desain untuk Video Youtube

Beberapa konten video di dalam channel youtube membutuhkan informasi grafik atau visual yang membutuhkan jasa profesional. 

Kamu yang memiliki bakat, keterampilan atau skiil dalam hal desain visual tersebut bisa melamar pada youtuber yang punya channel besar

Dan bekerja sebagai desainer untuk beberapa konten didalam videonya. Ibaratnya kamu bekerja sebagai anggota desain dalam suatu tim yang bekerja pada channel youtube tersebut

Baca juga : Daftar Channel Youtube Reupload yang Terkenal


Mempromosikan Produk ke Youtuber

Kamu punya usaha atau bisnis yang ingin kamu perkenalkan kepada para calon konsumen diluar? Kamu bisa menggunakan jasa youtuber atau influencer untuk merekomendasikan produk mu. Tentu saja, dalam hal ini kerjasama ini disebut sebagai endorsement.

Tapi penting untuk mencari youtuber atau influencer yang sesuai dengan target dan segmentasi konsumen dari produkmu. 

Misal, kamu menjual obat herbal, maka kamu cari youtuber yang punya konten kesehatan, olahraga dan hal yang berkaitan dengan kesehatan.


Re-Upload Video Populer pakai fitur Creative Commons (CC)

Apa itu fitur Creative Commons? Ini merupakan lisensi yang menyediakan cara standar bagi konten creator youtube, untuk bisa memberikan izin kepada orang lain terkait penggunaan karyanya selama ini yang telah di publish.

Jadi para creator dapat mengizinkan karya-nya untuk dipergunakan dan juga di edit oleh pihak manapun. Kamu pernah melihat channel youtube calonsarjana, daftar populer, atau MAQ bukan? 

Nah mereka ada yang menggunakan fitur ini, jadi tidak perlu lagi memproduksi video baru, cukup mengoleksi dan mengedit kumpulan video yang sudah ada, sehingga menjadi konten baru dengan topik yang lebih fresh untuk ditonton.

Beberapa ide cara dapat uang dari youtube tanpa upload video lainnya yang bermanfaat antara lain sebagai berikut :


Menjadi Narasumber Podcast 

Untuk menjadi narasumber podcast, langkah-langkahnya adalah kontak produser podcast atau di pemilik channel youtube, Setelah menemukan podcast yang cocok, kontak produser podcast dan sampaikan minat mu untuk menjadi narasumber. Bisa melalui email atau DM.

Kemudian kamu siapkan materi dan mereka mungkin akan meminta sobat kosngosan untuk mengirimkan materi tentang topik tersebut. 

Siapkan materi tersebut sebaik mungkin. Dan lakukan lah podcast sebagaimana mestinya, nanti kamu akan mendapatkan honor sebagai narasumber di channel youtube tersebut


Sewa Peralatan atau Perlengkapan Youtube

Bisnis sewa peralatan atau perlengkapan untuk YouTuber memiliki potensi yang baik mengingat semakin banyaknya orang yang mulai membuat konten di YouTube. 

Berikut adalah beberapa peluang bisnis yang bisa kamu pertimbangkan, seperti sewa kamera dan lensa, sewa peralatan studio, pencahayaan, ruang rekaman, pelaratan editing dan audio, sewa alat gimbal dan stabilizer, sewa drone dan sebagainya


Content Idea Seeker

Terkadang youtuber besar tidak punya tim khusus yang bisa mencari potensi niche atau topik video yang akan dibuatnya. Nah kamu bisa menawarkan pekerjaan ini

Tugasnya adalah untuk mencari topik atau tema video yang akan dibuat, seperti potensi viral, apa saja yang sedang viral, yang intinya mencari ide topik video


Manager Youtuber

Pekerjaannya hampir sama dengan manajer artis. Manajer youtuber adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengelola karir seorang youtuber.

Hal ini termasuk di dalamnya negosiasi kontrak, pengelolaan keuangan, promosi, dan pengawasan kegiatan influncer tersebut. Manajer ini berfungsi sebagai perantara antara artis dan industri hiburan


Desainer Ruangan Interior Youtuber

Desainer ruang interior adalah seorang profesional yang bertanggung jawab untuk merencanakan, merancang, dan mengawasi proses pembangunan ruang interior untuk perekaman video youtube. 

Selain itu kamu menciptakan lingkungan yang fungsional, estetis, dan nyaman untuk digunakan youtuber sebagai backgoround video mereka. 

Desainer ruang interior dapat bekerja pada berbagai jenis proyek, seperti rumah, apartemen, hotel, restoran, gedung perkantoran, dan ruang untuk kepentingan video youtube lainnya.


Jadi Talent dalam Konten Sekali Tampil

Jasa talent hampir sama dengan stuntman atau pemain figuran. Misal ada youtuber besar yang ingin buat konten prank, kamu bisa berperan sebagai korban atau pendukung peran korban, supaya lebih terlihat natural

Kamu bisa menyediakan jasa untuk bakat, seperti menjadi aktor, penyanyi, penulis skenario, atau model, dan membantu para youtuber untuk menciptakan video youtube yang sesuai permintaan mereka untuk memenuhi industri hiburan.


Infografis Cara Menghasilkan uang dari youtube tanpa upload video

infografis cara dapat uang dari youtube


Bagian Penutup

Siapa orang yang ingin mendapatkan uang dari dalam rumah? Tentu saja jawabanya adalah iya, dan salah satunya adalah dengan menjadi youtuber yang menghasilkan banyak uang, jutaan bahkan milyaran setiap bulannya. 

Selain itu mungkin motivasi sobat kosngosan.com untuk di youtube adalah ingin menjadi terkenal dan juga ingin membagikan informasi dan pengetahuan yang kamu punya di channel mu.

Dan penghasilan dari youtube adalah bonus setelahnya. Demikian beberapa cara dapat uang dari youtube tanpa upload video atau menjadi content creator di channel tersebut. 

Kalau kamu ingin berkontribusi, silahkan share dan bagikan artikel ini ke sosial media kalian ya. Terimakasih banyak sudah berkunjung

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya