Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mendapatkan Jaringan 5G di HP Terbaru

Bagaimana cara mendapatkan jaringan 5G di HP terbarumu? mendapatkan jaringan generasi kelima adalah masa depan yang membantu kegiatan kita berselancar di internet. Karena selain tentunya lebih cepat, sinyal jenis 5G memiliki kelebihan yaitu latensi yang rendah, sehingga bisa secara real-time lebih baik lagi dibanding 4G. Kali ini kosngosan akan membahas mengenai jaringan 5G yang masih tergolong baru di tanah air.

Apa itu 5G? Menurut laman resmi Qualcomm, 5G adalah jenis jaringan seluler generasi kelima (fifth generation) yang memberikan akses kecepatan pengunduhan dan pengunggahan data 10 - 20 kali lebih cepat dari kecepatan internet generasi sebelumnya (4G).

Kelebihan 5G dibanding dengan jenis jaringan lainnya yaitu :

  • 5G Menggunakan Spektrum Lebih Baik
  • 5G Lebih Cepat dan bisa mencapai kecepatan data puncak hingga 20 Gbps
  • 5G punya lebih banyak Kapasitas karena dirancang mampu 100 kali lebih efisien dalam kapasitas lalu lintas dan jaringan
  • 5G Memiliki Latensi yang Lebih Rendah untuk menghadirkan akses real-time yang lebih instan

Jaringan ini tentunya tidak semua smartphone mendukung. Smartphone dengan tipe lawas tentu hanya mentok di jaringan 4G atau bahkan 3G saja. Tentunya ada beberapa faktor pendukung, seperti support hardware smartphone sobat kosngosan haruslah mendukung koneksi 5G

Jenis operator dan area cover tempat kamu berada saat menggunakan sinyal tersebut. Oleh karena itu penting untuk memastikan kamu berada wilayah yang sudah tercover jaringan dari provider yang dipakai


Cara Mendapatkan Jaringan 5G Terbaru

mendapatkan jaringan 5G


Kamu bisa cek jaringan 5G di area mu dengan menggunakan fitur cek coverage dari masing masing provider, seperti telkomsel kamu bisa cek di laman "telkomsel.com/check-5G-coverage". Lalu bagaimana cara mengganti jaringan 4G ke 5G di android atau iphone ?

Untuk mengaktifkan jaringan 5G di iphone dan android, silahkan ikuti beberapa langkah yang sudah kami rangkum dibawah ini. Berikut diantaranya :


1. Pastikan perangkat sudah support 5G

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memastikan dan mengecek apakah perangkat hp android atau iphone mu sudah mendukung 5G atau tidak. Nah bagaimana caranya?

Pertama

Silahkan buka smartphone android atau iphone kalian

Kedua

Lalu tap "settings" atau "pengaturan" dan lanjut tap connection atau konektivitas (untuk android) -- (untuk iphone) Tap "Settings" atau "Pengaturan" kemudian pilih "data seluler" atau "celuler data" pilih "selanjutnya" atau "next" kemudian pilihan data seluler (celuler data option)

Ketiga

Kemudian tap "mobile networks" atau "jaringan data"

Keempat

Jangan lupa untuk pilih "network mode" (mode jaringan) dan silahkan pilih "5G/LTE/UMTS/GSM"


2. Pastikan provider sudah support 5G

Hal kedua yang harus sobat kosngosan lakukan adalah memastikan bahwa provider yang digunakan sudah memberikan fitur 5G, yang ditandai dengan adanya pernyataan resmi dan kamu juga bisa mengecek fitur yang diberikan oleh beberapa provider

Misalnya telkomsel, indosat dan XL AXIATA. Untuk mendapatkan jaringan generasi kelima ini, kamu tidak perlu mengupgrade kartu lagi, asalkan kartu lama mu sudah support 4G


3. Pastikan area kamu sudah tercover 5G

Hal ketiga yang tidak kalah pentingnya adalah area atau tempat kamu berada saat ini juga harus sudah tercover oleh jaringan 5G ini.

Untuk saat ini ketika artikel di tulis, area yang masih tercover di Indonesia masih berada di kota kota besar seperti jakarta, bandung, surabaya, medan, solo, denpasar, batam, balikpapan, makasar dan lainnya.

Tapi nanti pasti para provider dalam negeri akan segera memperluas area cover di berbagai daerah juga, demi meningkatkan kenyamanan para konsumen mereka. Jadi ini hanya masalah waktu saja, semoga kita bisa menikmati jaringan ini di daerah lain nya ya


4. Lock Jaringan 5G

Untuk melock atau mengunci jaringan 5G ini, sobat kosngosan silahkan tap "Only 5G" tetapi jika ingin otomatis mengganti ke jaringan 4G dan jaringan yang lainnya, pada saat tidak ada jaringan atau lemah jaringan, maka pilih saja otomatis "5G/LTE/UMTS/GSM"

Untuk mengganti jaringan 4G ke 5G di iphone, caranya dalah silahkan buka smartphone iphone kalian, apabila iphone dual sim seperti pada series 12, silahkan pilih salah satu provider yang digunakan untuk data 5G, lalu dilanjutkan ke voice and data dan tap more data on 5G. Maka iphone kalian akan mengunci pada jaringan 5G.

Jika sobat kosngosan memilih "5G on", jika "5G auto" maka jika jaringan 5G akan otomatis hilang dan tergantikan oleh jaringan 4G jika jaringan 5G tidak tersedia atau melemah. Mudah bukan cara mengganti jaringan 4G ke 5G di android dan apple?


5. Lakukan Speed Test Jaringan 5G

Kalau kamu ingin mengecek kualitas jaringan 5G dan membandingkannya dengan kualitas jaringan 4G, kamu bisa tes kecepatan nya menggunakan fitur gratisan lho.

Admin kosngosan menyarankan kalian untuk melakukan speedtest demi mengecek kecepatan koneksi internet seluler maupun Wi-Fi dengan menggunakan jaringan generasi ke lima ini.

Kalian bisa menggunakan aplikasi atau situs yang dapat didownload melalui speedtest.net oleh berbagai jenis platform, baik menggunakan android atau iphone

Baca juga : Cara Lock Jaringan di HP Android


Bagian Penutup

Demikian pembahasan kosngosan kali ini seputar jaringan 5G yang menjadi masa depan. Berbeda dengan jenis jaringan seperti pendahulunya yaitu 1G, 2G, dan 3G yang memiliki perbedaan karakter, untuk jaringan 4G dan 5G memang memiliki karakter yang serupa

Tapi tentu saja jaringan 5G punya keunggulan dengan spektrum lebih banyak. Jangan lupa untuk klik tombol share dan bagikan artikel ini ke sosial media kalian ya, supaya teman teman yang lain juga bisa menikmati kencangnya jaringan ini di Indonesia.

Oleh rezaharahap