Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Mengunci/Lock Jaringan 4G di HP Android dengan Mudah

Bagaimana Cara Lock Band Frekuensi HP ke mode LTE atau 4G saja? Kali ini kosngosan akan membahasnya untuk kalian. LTE atau 4G menjadi salah satu sinyal paling populer yang digunakan masyarakat Indonesia saat ini. Penggunaan smartphone android dan iphone juga menjadi semakin berkembang dengan munculnya banyak brand yang menjual perangkat ini dengan harga murah, seperti xiaomi, oppo dan vivo yang menawarkan hp canggih namun terjangkau oleh dompet kebanyakan orang.

Sepertinya semua smartphone android keluaran tahun 2017 keatas sudah menerapkan teknologi 4G di perangkat mereka masing-masing. Sebut saja seperti xiaomi, oppo dan vivo yang menjadi vendor penyedia smartphone murah di Indonesia.

Hanya saja, beberapa operator lokal di indonesia masih belum memiliki penyebaran band frekuensi 4G yang merata di seluruh daerah di Indonesia. Seperti misalnya saudara kita di pulau Papua atau Sulawesi yang masih harus menikmati jenis jaringan 3G bahkan 2G untuk kepentingan komunikasi mereka.

Bahkan, tahun ini, beberapa negara sudah mulai meninggalkan 4G dan meranjak menuju 5G. Jadi sebenarnya kita sudah ketinggalan teknologi karena memang infrastruktur yang masih belum memadai untuk seluruh wilayah di Indonesia.

Sebelum membahas bagaimana cara men lock band frekuensi LTE ini, ada baiknya kita bahas terlebih dahulu sejarah 4G secara singkat termasuk penggunaan pertama kalinya di Indonesia. Simak pembahasannya dibawah ini.

Baca juga : Cara Mengatasi HP Android Cepat Panas

Sejarah Penggunaan 4G LTE di Indonesia

cara lock band frekuensi hp

Dilansir dari forum kaskus, pembangunan 4G pertama kali di Indonesia dimulai di Jakarta setelah rampung di berbagai kota dengan penyelesaian akhir refarming 4G di frekuensi 1.800 Mhz pada 16 tanggal November 2015.

Kemudian pada tanggal 23 November 2015, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia telah menyelesaikan refarming pita frekuensi 1.800 MHz yang menandakan bahwa kota kota besar di Indonesia sudah siap untuk memakai jaringan 4G tersebut.

Hingga kini, penggunaan jaringan 4G sudah menyebar hampir di seluruh wilayah di Indonesia (kecuali daerah terpencil tentunya). Selain lebih kencang, jenis jaringan ini dinilai lebih efektif dalam transfer data.

Nah terkait penemu 4G, pernah baca tidak bahwa penemunya adalah orang Indonesia bernama Khoirul Anwar? Ternyata beliau bisa dibilang tidaklah penemu 4G secara total. Maksudnya, orang awam memberikan penilaian salah.

Yang benar adalah, beliau adalah penemu salah satu komponen dari penyusun teknologi 4G itu sendiri, dimana 4G punya banyak komponen dan standar, dan Anwar adalah penemu salah satu nya yang bernama standard ITU-R. Jadi semoga tercerahkan dengan informasi diatas ya.

sejarah jaringan 4g

Cara Mengunci (Lock) Frekuensi 4G LTE di HP


Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengunvi sinyal 4G, yaitu dengan menggunakan aplikasi android atau pun tanpa menggunakan aplikasi sama sekali. Cara mengunci jaringan 4G tanpa menggunakan aplikasi langkahnya :

Kunci 4G dari Menu Setting


Untuk melakukannya, silahkan kamu buka menu setting dari ponsel android milikmu. Selanjutnya cari "Jaringan Seluler". Tekan "Mode Jaringan" lalu pilihlah "Hanya 4G". 

Cara ini mudah namun sebenarnya tidak mengunci jaringan 4G secara paksa, hanya memprioritaskan saja. Jadi bila ingin yang lebih kuat lagi lock-nya, mari lakukan langkah kedua dibawah ini.

Kunci 4G dari DialPad (Pengguna Xiaomi)


Kamu buka aplikasi "Telepon" dan ketikkan kode berikut ini *#*#4636#*#* atau *#*#3646633#*#* (beberapa jenis ponsel android mungkin berbeda kodenya, jadi silahkan cek di internet bila kedua kode diatas tidak work)

kode dialpad kunci 4G

Kamu akan diarahkan ke menu "Pengujian" Lalu pilih "Informasi Perangkat" Scroll ke bawah pilihlah bagian  "Set preferred network type" dan pilih "LTE only" Tutup dan rasakan sensasi berinternet 4G yang lebih baik.

Kelemahan cara ini adalah, apabila suatu ketika jaringan 4G di daerahmu hilang, maka jaringan di hp juga akan hilang juga, tanpa otomatis beralih ke 3G atau 2G. 

Untuk mengembalikan nya seperti semula, kamu cukup aktifkan mode pesawat, dan kemudian nonaktifkan mode pesawatnya. Pengaturan nya akan kembali ke semula.

Kunci 4G dari About Phone


Kalau kamu susah menghapal kode diatas, kamu bisa pergi ke pengaturan, kemudian pilih about phone atau tentang ponsel. 

Silahkan aktifkan versi developer dengan menekan 7 kali pada Kernel Version. Setelah itu tekan kembali Internal Storage atau Penyimpanan Internal Sebanyak 5 kali untuk masuk ke menu yang sama seperti pada cara sebelumnya, dari dialpad.

Install Aplikasi Switcher 4G LTE


Selanjutnya bila cara diatas tidak berhasil, maka kamu harus menginstall aplikasi android khusus untuk mengunci jaringan 4G tersebut. Langkahnya :

Download aplikasi 4G LTE Switch (cukup ketik aja keyword 4G switcher di google play)

Kemudian pasang dan jalankan aplikasinya. Nantinya, otomatis kamu akan diarahkan ke menu "Device Info" lalu scrool bawah dan pilih "Set Preferred Network Type"

Lalu pilih "LTE Only" yang merupakan pilihan untuk mengunci jaringan 4G. Sampai pada tahap ini kamu sudah selesai mengunci jaringan 4G di Hp android mu.

Install Aplikasi khusus Root


Langkah terakhir membutuhkan akses "Root" di Android mu. Karena aplikasi tambahan ini hanya bisa diinstal di hape yang sudah memiliki akses penuh di smartphonenya. 

Jika smartphone mu belum di root, kamu bisa membaca tutorial Root Semua Jenis Brand HP android di Internet yang banyak dibahas oleh forum forum online.

Download aplikasi yang bernama "Advanced Signal Status" kemudian pasang pada smartphone dan jalankan, scroll bawah dan cari "Additional Info" kemudian buka. Otomatis kamu akan diarahkan pada menu "Pengujian".

Pilih bagian "Informasi Perangkat" Scroll bawah kemudian pilih opsi "Set preferred network type" lalu terakhir pilih "LTE only". Pada tahap ini kamu sudah berhasil mengganti jaringan ke 4G menggunkan aplikasi root.

Baca juga : Cara Mengatasi Telkomsel Lemot dan Tidak Stabil


Kata Penutup


Demikianlah pembahasan mengenai Cara Mengunci (Lock) Jaringan 4G LTE di Smartphone Android kali ini, semoga dapat bermanfaat bagi kalian. 

Jangan lupa membagikan tulisan ini kepada teman teman mu yang lain supaya tetapi bisa menikmati jaringan 4G dengan nyaman dan tanpa gangguan. Share juga pengalaman mu di kotak komentar dibawah ini ya.
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya