Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Cara Merawat Kunci Impact yang Benar

Buat kamu yang punya Kunci Impact dan ingin supaya peralatanmu tersebut bisa awet dan tahan lama, silahkan membaca beberapa tips yang sudah kosngosan rankum pada pembahasan kali ini. Tapi sebelumnya kita akan bahas sedikit mengenai tool ini. Apa itu kunci impact? Impact Wrench adalah power tool yang memanfaatkan daya listrik dan tekanan angin kompresor untuk membuka mur dan baut tanpa harus memutar secara manual menggunakan energi manusia.

Jadi biasanya alat ini digunakan oleh para teknisi, sehingga kita tidak membutuhkan tenaga lebih lagi untuk melakukan pengerjaan dalam membuka atau memasang mur dan baut sehingga proses pengerjaan bisa lebih cepat.

Misalnya ketika menggunakan kunci impact, kamu bisa dengan mudah melepaskan baut yang keras atau macet. Alat ini biasanya digunakan di berbagai tempat misalnya pom bensin, bengkel mobil, toko khusus ban, dan lainnya.

Alat ini bisa juga digunakan untuk melepaskan roda kendaraan besar seperti bus dan truk dan juga untuk melepas dan memasang flywheel kendaraan.


Cara Merawat Kunci Impact

cara merawat Impact Wrench

Sesuai dengan judul pada pembahasan kali ini, kita akan memberikan beberapa panduan sederhana buat teman teman kosngósan yang sudah punya alat ini dan bagaimana cara menggunakannya dengan baik dan benar, supaya bisa awet dan tahan lama untuk penggunaan jangka panjang. Berikut beberapa diantaranya :


1. Waktu dan Tujuan Penggunaan yang Tepat

Tidak semua kondisi dan waktu dalam membuka mur bisa menggunakan alat ini. Untuk itu kamu harus perhatikan beberapa penggunaan yang tepat supaya nanti impact Wrench tidak cepat rusak.

Lebih baik digunakan untuk melepaskan wheel lug nut dan hindari menggunakan impact wrench untuk mengencangkan wheel lug nut (selama masih bisa menggunakan tenaga asli).


2. Menggunakan tekanan yang Tepat

Penggunaan Air Impact Wrench membutuhkan kompresor. Alat ini memerlukan waktu untuk mengumpulkan udara di dalam tangki. Dan jangan lupa untuk menyetel tekanan kompresor sesuai buku manual yang disarankan. Ini akan mempengaruhi besaran torsi yang dihasilkan air impact wrench.

Oleh karena besaran tekanannya bervariasi, sebisa mungkin jaga besaran torsi untuk menghindari terjadinya over torsi maupun under tighten


3. Jaga Kebersihan Kunci Impact

Menjaga kebersihan alat ini dari kotoran dan oli adalah hal yang mendasar. Jangan sampai membiarkan kotoran berkumpul di dalam sistem ventilasi udara. Pastikan cover logam atau lastik kondisi selalu terjaga. Cek apakah kabel listrik ada yang terkelupas atau kerusakan teknis lainnya.

Kemudian jangan lupa memberikan oli terhadap impact wrench karena akan meningkatkan usia pakai, apalagi yang memiliki internal oli reservoir yang mesti sobat kosngosan periksa setiap melakukan kegiatan yang cukup berat.


4. Perhatikan Teknik Pemasangan Baut yang Benar

Sebagai teknisi kita tidak bisa sembarangan dalam membuka dan memasang baut menggunakan Kunci Impact. Tips sederhananya adalah, setiap kali hendak memasang baut atau mur pertama kali, disarankan untuk menggunakan tangan (manual) terlebih dahulu hingga beberapa putaran

Lalu bisa dilanjutkan dengan cepat menggunakan kunci impact. Dan juga untuk proses pengencangan tahap akhir, supaya memakai kunci moment, bukan kunci impact

Apabila sudah dipasang, kamu cukup menarik tuasnya, dan sudah bisa menggunakannya. Masukkan kunci impact sampai ke bagian belakang mur, kemudian tarik tuasnya

Penting sekali untuk memasukkan mur dengan benar, karena kalau salah maka mur akan rusak. Penggunaannya juga jangan diputar sekaligus, akan lebih mudah jika diputar secara bertahap.


5. Menyetel Arah dan Torsi

Mengatur Arah dan Torsi putaran yang tepat sangat penting untuk keawetan alat ini. Pada dasarnya sebelum menggunakan kunci impact, sobat kósngosan harus memutar arah putaran dan kecepatan torsi berdasarkan baut atau mur yang digunakan.

Caranya adalah dengan memutar forward atau backward dengan wrench lever. Putar valve untuk meningkatkan atau mengurangi torsi yang tepat


6. Melakukan Pengecekan Berkala

Sebagai teknisi yang menggunakan alat ini setiap hari, kita harus melakukan pengecekan manual sebelum digunakan. Misalnya cek terlebih dahulu apakah ada kerusakan atau tidak seperti apakah ada retakan atau tidak

Cek bautnya sudah kencang atau tidak, cek kekencangan mur pada air plug, cek air plug dan air socket jika terjadi kerusakan atau sudah aus, serta pastikan socket dan bagian persegi di ujung Anvil tidak aus.


7. Beli Baru dan Klaim Garansi

Kami menyarankan supaya sobat kosngosan membeli alat ini baru dan perhatikan juga garansi yang diberikan. Ada banyak brand Air impact Wrench yang dijual di pasaran. Jadi kamu harus selektif dalam memilih alat yang benar benar berkualitas.

Disarankan untuk membeli di toko original dan langsung (supaya lebih mudah klaim garansi kalau terjadi kerusakan). Atau kalau mau membeli secara online, beli lah di ecommerce dengan seller yang sudah verified atau punya status official store.

Baca juga : Cara Merawat UPS yang Baik dan Benar


Kata Penutup

Penggunaan tool ini memang tidak membutuhkan keahlian khusus, hanya saja perawatan yang tepat bisa menjaga umur penggunaannya sehingga bisa lebih awet dan tahan lama. Semoga artikel dari kosngosan.com diatas bisa membantu, dengan artikel selanjutnya terkait cara menjaga kunci impact, penggunaan serta perbaikannya

Kita bisa berjumpa pada artikel lainnya yang semoga membantu buat kalian. Jangan lupa klik tombol share ya untuk membantu teman teman yang lain menyebarkan informasi diatas.

Oleh rezaharahap