Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20 Ide Konten Reels Instagram Terbaru buat Pemula

Apakah kamu sedang mencari ide konten reels di instagram? Seperti yang kita ketahui, reels adalah salah satu fitur instagram yang memungkinkan pengguna menciptakan video pendek berdurasi 15-90 detik yang digabung dan dikreasikan dengan musik pilihan, filter dan efek tertentu yang sedang hits lalu bisa di share kepada follower lewat IG

Fitur ini memang sengaja dibuat pihak Instagram untuk menyaingi TikTok, yang dirasa sudah sangat populer saat ini. Setidaknya saat ini, fitur reels bisa kamu nikmati diantaranya :

  • Fitur Audio, terdapat library audio Instagram yang terintegrasi pada Reels dari artis lokal atau internasional
  • Fitur Durasi, yaitu user Reels bisa memilih durasi video antara 15 atau 30 detik
  • Fitur Speed, yaitu mengontrol kecepatan video, jadi kamu bisa memperlambat, normal, atau mempercepat
  • Fitur Effect, yaitu user Reels bisa memakai AR effect yang sudah tersedia
  • Fitur Touch Up, yaitu dapat memperindah tampilan Reels menjadi lebih indah
  • Fitur Timer, yaitu user bisa menentukan berapa detik durasi perekaman
  • Fitur Video Layout, yaitu untuk record kumpulan video dan bisa menggabungkannya

Bagaimana membuat video reels di IG? Buat kalian content creator instagram, penting sekali jago membuat ini. Pertama pastikan kamu sudah update versi instagram terbaru di perangkat android atau ios milikmu.

Lalu sobat kosngosan bisa membuka kamera Hp di aplikasi Instagram seperti kamu akan membuat Stories, akan ada pilihan Reels, kemudian pada fitur tersebut bakal ada tool pengeditan bertumpuk yang terletak pada sisi kiri layar, gunakan tombol rekam untuk membuat video seperti TikTok


Ide Konten Reels Instagram yang Menarik

ide konten reels instagram

Baiklah sesuai judul yang akan kita bahas dibawah ini, ketika kamu mengalami frustasi karena bingung menentukan tema atau topik pada video singkat yang ada di Instagram

Kamu bisa membaca beberapa rekomendasi ide atau niche buat video reels ig yang bisa kamu tekuni dibawah ini :

Baca juga : Cara Membuat Story Instagram yang Keren dan Aesthetic


Niche Profil diri

Melalui Instagram reels kamu ingin membuat sebuah konten di reels untuk pemula dapat kan diri kamu sendiri secara lebih luas dengan editan video atau filter yang menarik. Kamu bisa membuat video Company pendek yang menarik atau tentang lingkungan kamu.

Membuat video provil diri munkin tampak seperti pekerjaan yang mudah. Namun pada akhirnya dengan video profill tersebut menempatkan diri pada posisi yang diingikan sebagai public figure. 

Namun, dalam pembuatannya tidak semudah yang dibayangkan, banyak kesulitan yang dihadapi dalam emmbuat video profil diri.

Namun, hal tersebut tidak menjadi hambatan bagi pengguna media sosial yang ingin membagikan video profil diri yang ingin dibagikan di reels instagramnya, hal ini dikarenakan asik atau sukanya dalam membuat hal-hal menarik seperti video akan menjad tantangan tersendiri pagi pengguna media sosial.


Niche Video edukatif

Untuk konten pemula membuat sebuah video edukatif yang sesuai dengan keahlian atau sesuai dengan lingkungan. Video edukatif bisa berupa penjelasan mengenai bisnis, sekolah atau pendidikan, make up dan lain sebagainya.

Misalnya adalah sebuah bisnis makanan sehingga sobat kosngosan.com bisa membuat konten edukatif seperti kandungan gizi yang ada dalam produk makanan itu sendiri.


Niche Tips dan trik

Media sosial kini telah menjadi media belajar berbagai macam hal unik dan tak terduga. Salah satu konten menarik yang bermanfaat bagi penonton adalah konten tips dan trik.

Konten tips dan trik ini sangat banyak digemari oleh pengguna media sosial di dunia maya, karena tips dan trik ini termasuk dalam konten yang sangat solutif.

Bagi kamu yang ingin membuat trail di Instagram kamu bisa membuat video tips dan trick yang sesuai dengan fashion atau lingkungan. Tips dan trik ini juga dapat kamu gunakan sebagai ajang promosi secara soft selling.


Niche Video tutorial

Real Instagram bisa menjadi konten yang menarik untuk membuat sebuah video tutorial. kamu bisa membuat berbagai tutorial dalam menggunakan produk apapun maupun sebuah layanan ataupun hal-hal menarik lainnya sesuai bidang.

Video tutorial merupakan rangkaian gambar hiup yang itayangkan oleh seorang konten kreator yang ditampilkan di reels instagram yang berisikan pesan-pesan 

Serta pembelajaran untuk membantu pemahaman terhadap suatu materi pembelajaran sebagai bimbingan atau bahan pengajaran tambahan kepada pengguna media sosial yang akan menonton video reels yang kamu buat.


Niche Info produk

Konten mengenai info produk bisa kamu atau Tampilkan di reel Instagram untuk mengenalkan sebuah produk bagi konsumen, karena hal ini menjadi salah satu keputusan dalam menentukan pembelian.

Oleh karena itu konten mengenai info produk sangat penting bagi penggunaan media sosial, kamu dapat membuat video pengenalan produk dengan trik soft selling agar tidak terkesan promotif.


Konten yang sedang trend

Video yang lagi Hype bisa menjadi konten yang sangat menarik bagi penonton Instagram . kamu bisa memadukan antara konten yang lagi tren dengan atau fashion yang saat ini sedang jalani. 

Misalnya membuat sebuah video dengan musik Instagram reel yang sedang trend, membuat video dubbing atau konten reaction terhadap sesuatu yang viral


Niche Sebelum dan sesudah

Video yang lagi Hype seperti membandingkan sesuatu sebelum dan sesudah bisa dapat dijadikan konten di reel yang menarik penonton Instagram. 

Untuk membuat sebuah konten after and before di reels dapat menggabungkan antar fashion keseharian dengan konten yang trend saat ini di reel Instagram.


Niche Video interaktif

Konten yang interaktif bisa menjadi strategi dalam meningkatkan engagement audience. Untuk ingin membuat reel pemula bisa membuat sebuah video yang interaktif untuk menarik sugesti pengikut.

Hal ini bisa sobat kosngosan lakukan untuk membuat video motivasi dengan kalimat interaktif ataupun sebuah tanya jawab melalui video di reel Instagram


Video ulasan atau Review

Konten real selanjutnya yang dapat dibuat oleh para pemula yakni membuat ulasan video bisa seperti media untuk meningkatkan kepercayaan penonton terhadap diri sendiri. 

Misalnya membuat video review balasan pesan dari pengguna media sosial lainnya maupun review dari influencer. Kamu juga bisa bekerja sama dengan brand produk tertentu untuk review produk mereka,


Niche Video santai

Untuk para pemula yang ingin membuat reel Instagram dapat membuat ulasan video bisa menjadi media untuk meningkatkan kepercayaan dan penonton terhadap pembuat video. Misalnya membuat video review balasan pesan atau menunjukkan kehidupan keseharian.


Niche Bepergian

Konten bepergian merupakan konten yang membagikan video kamu saat berjalan-jalan atau berlibur. Kamu dapat membagikan video di reel instagram dengan pengeditan yang menarik saat kamu bepergian untuk berlibur atau berbelanja.

Bahkan, pengguna instagram yang ingin membuat konten di reels instagram ini dapat membuat sebuah konten taveling virtual seperti yang lagi trens saat ini

Yang dimana kamu mengajak audien untuk berjalan-jalan secara online melalui konten yang dibuat di reels instagram.


Niche Fashion dan Kecantikan

Fashion dan kecantikan merupakan salah satu konten yang sering diandalkan dalam mencari ide konten reels instagram. Hal ini dikarenakan memang konten ini sangat banyak di minati baik dikalangan wanita maupun pria.

Dengan membuat konten fashion maka dapat menginspirasi dengan jarak jauh bagi penonton konten di media sosial instagram. Bahkan, konten ini kerap kali dinilai sebagai konten yang tidak ada matinya.

Karena, pengguna media sosial masih akan terus di ikuti oleh kaum wanita perihal fashion dan beauty. Jadi, untuk pemula dapat memulai membuat konten reels mengani fashion dan beauty di reels instagram.


Niche Resep Masakan

Konten selanjutnya bagi sobat kosngosan adalah membagikan sebuah video mengenai resep makanan atau masakan. 

Walaupun durasi reels hanya 30 detik aja, namun tetap dapat membuat sebuah cuplikan video singkat mengenai masakan sederhana untuk membagikan resepnya.

Apalagi sekarang konten reels merupakan konten yang lagi banyak diminati oleh para pengguna media sosial sehingga akan banyak sekali penonton yang melihat konten di reels dibandingkan konten instagram lainnya.

Dengan begitu, orang-orang yang melihat resep makanan yang biasanya di situs-situs online lainnya akan berpindah melihat resep makanan di reels instagram.


Niche Edukasi

Ide konten reels instagram selanjutnya bagi pemula adalah membuat video singkat tentang edukasi. Jika ingin menjadi orang yang bermanfaat maka konten video edukasi merupakan langkah yang tepat untuk membuat reels di instagram bagi pemula.

Meskipun sekarang banyak aplikasi edukasi yang tersedia namun tetap saja banyak penguna instagram yang akan melihat-lihat kontens reels. Oleh karenanya, tidak ada salahnya untuk mencoba membuat konten edukasi di reels instagram.


Aktivitas Keseharian/Vlog

Ide konten reels di instagram yang terakhir adalah membuat video aktivitas keseharian. Karena sedang diberlangsungkannya Pembatasan Kegiatan Masyaakat (PPKM)

Jadi kita tidak bleh melakukan kegiatan di luar rumah dan untuk mengatasi kebosenan tersebut agi pembuat konten pemula di reels instagram tidak ada salahnya untuk membuat konten daily activity.

Misalnya melakukan kehidupan keseharian mulai dari bangun tidur, berolahraga, memasa, membaca buku, maupun bekerja. Dengan begitu kamu juga bisa menginspirasi orang lain untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat.


Konten Panduan atau Tutorial

Ada banyak hal yang membutuhkan penjelasan mengenai sesuatu, dan kamu bisa membuat konten tutorial singkat di video reels mu di IG

Pertama-tama, tentukan topik yang akan sobat kosngosan bahas dalam panduan dan buatlah garis besar dari panduan atau tutorial, termasuk bagian-bagian yang akan dibahas dan urutan bagian-bagian tersebut. Ini akan membantu kamu memastikan bahwa konten teratur dan memiliki alur logis.


Konten Keliling Kuliner

Tentukan tujuan konten keliling kulinermu sebelum memulai. Apakah kamu ingin mempromosikan warung makan terbaik di kota kamu, memperkenalkan masakan tradisional dari berbagai negara, atau memberikan tips untuk memasak makanan tertentu.

Kemudian pilih tempat yang akan kamu kunjungi dan bahas dalam konten sobat kosngosan Tentukan warung makan atau restoran yang memiliki menu unik dan menarik, serta memiliki lingkungan yang menyenangkan.

Baca juga : Cara Login Banyak Akun di Instagram Sekaligus


Unboxing dan Beli Kotak Mistery Box

Konten unboxing adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan proses membuka paket atau produk baru di depan kamera atau audiens. 

Konten unboxing biasanya digunakan untuk mempromosikan produk baru, menunjukkan fitur dan spesifikasi produk, serta memberikan pandangan pertama pada produk tersebut. 

Ini dapat diterapkan pada berbagai jenis produk, seperti elektronik, mainan, peralatan rumah tangga, dan banyak lagi. Salah satunya adalah kotak mistery box, yang tidak tahu apa isi didalamnya


Konten Cover Lagu

Konten cover lagu adalah versi baru dari lagu yang sudah ada, yang dibuat oleh penyanyi atau musisi lain. Dalam konten cover lagu, penyanyi atau musisi menginterpretasikan ulang lagu asli dengan gaya atau suara mereka sendiri. 

Cover lagu biasanya dibuat untuk memperkenalkan lagu asli ke audiens baru, atau untuk mengekspresikan kreativitas dan interpretasi baru dari lagu tersebut.

Cover lagu dapat ditemukan dalam berbagai bentuk, termasuk video musik, rekaman audio, atau bahkan live performance. Ini sering diterbitkan di platform media sosial seperti YouTube, TikTok, dan Instagram


Kehidupan Pedesaan

Konten kehidupan pedesaan adalah jenis konten reels yang menjelaskan atau menunjukkan bagaimana kehidupan di daerah pedesaan, termasuk tradisi, budaya, dan gaya hidup masyarakat desa

Video reels seperti ini bisa dalam bentuk video, foto, atau tulisan. tTjuan dari konten ini adalah untuk memperkenalkan dan menunjukkan kepada penonton bagaimana hidup di daerah pedesaan

Termasuk kebiasaan, tradisi, dan gaya hidup masyarakat pedesaan. Ini juga bisa membantu mempromosikan pariwisata pedesaan dan memberikan wawasan baru bagi orang yang mungkin tidak pernah melihat atau mengalami hidup di pedesaan.


Bagian Penutup

Buat sobat yang memang ingin fokus ke instagram dan ingin menjadi selebgram, bisa menghasilkan video atau konten reels yang kreatif dengan berbagai ide yang sudah kosngosan bagikan diatas.

Reels seperti yang kita ketahui adalah salah satu fitur perekaman video pendek mirip TikTok yang memungkinkan pengguna merekam sekaligus menyunting video pendek berdurasi 15 detik. Demikian pembahasan kali ini, jangan lupa untuk klik tombol share dan bagikan artikel ini ke sosial media kalian ya

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya