Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Story IG yg Keren dan Aesthetic

Apakah kamu pengguna Instagram yang sering update story? Story atau yang sering kita sebut SnapGram (sering disingkat SG) adalah salah satu fitur yang dikembangkan untuk pengguna dalam mengupdate kejadian sehari hari yang akan hilang setelah 24 jam kemudian. Sebagai pengguna, tentu saja kita memang sudah tidak asing lagi dengan fitur ini. Dan pertanyaanya adalah bagaimana cara bikin story IG yang terlihat keren dan estetik? Kalau begitu silahkan ikuti beberapa tips dari kosngosan dibawah ini

Ketika membuka aplikasi Instagram, kamu pasti suka membuka SG dari teman atau orang yg kamu ikuti, bukan? Apalagi mereka yang terbilang influencer seperti artis dan selebgram yang punya banyak followers. Mereka membagikan story yg terlihat bagus dan keren.

Selain memang karena punya hal yang dibagikan, mereka juga bisa mendaapatkan banyak uang dari kerjasama endorsement berbagai brand produk dari postingan SG mereka.

Adapun fitur yg terdapat di Instagram memang sudah beraneka ragam dan canggih. Misalnya kamu sudah bisa membuat story ig dengan lagu/musik dari spotify, membuat story ig tulisan bergerak, mengetik dengan background dan sebagainya.

Jadi tidak alasan lagi untuk tidak bisa menghasilkan SG yang keren dan aestetik. Memang selain fitur yang berlimpah, dibutuhkan juga kreatifitas, yang bisa kamu dapatkan setelah mencoba berbagai fitur yang ada didalamnya.


Cara Bikin Story Instagram yang Kekinian

Cara Membuat Story IG Keren

Sebenarnya kamu juga bisa upload dari laptop, tapi lebih disarankan lewat smartphone saja, karena lebih simple. Kalau buat sobat kosngosan yg masih bingung, atau mungkin tergolong masih pemula dalam menggunakan story ig saat ini


1. Pakai iPhone Terbaru

Salah satu rahasia umum yang sudah banyak orang tahu adalah bahwa aplikasi instagram di iOS memang berbeda dengan yang ada di Android.

Kalau kamu capture gambar atau rekam video langsung dari kamera iphone terbaru dengan kualitas kamera yang mumpuni, dan langsung posting di story instagrammu, hasilnya memang lebih berkualitas dibandingkan kamera dari smartphone android.

Tapi ini memang bukan menjadi syarat wajib ya. Kalau kalian yang tidak punya iphone terbaru, jangan bersedih.

Kalian masih bisa melakukan beberapa tips khusus yang akan kita bahas selanjutnya dibawah ini. Jadi kalau kalian ada iphone baru, itu sudah jadi modal awal yang sangat bagus untuk menghasilkan story ig yang keren dan aesthetic kali ini


2. Atur Ukuran Media Supaya Tidak Terpotong

Baru kemudian perlu untu memperhatikan sebelum membuat SG yg keren yaitu memperhatikan ukuran photo atau vidio yang akan di upload supaya tidak terpotong otomatis oleh sistem Instagram.

Tips ini tidak akan berlaku kalau sobat kosngosan langsung mengambil photo atau vidio menggunakan kamera via Instagram secara langsung, karena hasilnya akan langsung menyesuaikan ukuran pada tampilan Instagram.

Tapi balik lagi ke tips pertama, kalau kamu punya kamera iphone hasilnya memang akan bagus, tapi kalau hp android mid range hasilnya tetap butuh editing sebelum di upload

Nah setelah edit photo atau video itulah, kamu harus memperhatikan ukuran media supaya bisa menampilkan tampilan penuh pada story di IG. Berapa ukuran untuk Snapgram supaya tidak terpotong? Ukuran template yg diterapkan yaitu sebagai berikut :

Untuk ukuran portrait = 1080 x 1920 piksel

Untuk ukuran aspect ratio = 9:16

Untuk ukuran lainnya bisa menyesuaikan dengan aspect rastio yaitu = 720 x 1280 piksel atau 450 x 800 piksel (tidak disarankan, karena bisa blur)

Untuk format gambar support JPEG, JPG, PNG dan GIF

Ukuran vidio = 1080 x 1920 piksel

Ukuran aspect ratio = 9:16

Resolusi vidio minimal 720p (disarankan 1080p keatas, 4K lebih baik)

Ukuran maksimal vidio sebesar 4 GB dengan format MP4 atau MOV

(Tips lain cara membuat story ig lebih dari 15 detik tanpa terpotong adalah dengan mempercepat videonya, misal video mu berdurasi 20 detik, kamu bisa percepat jadi 15 detik dengan aplikasi bawaan smartphone)


3. Pakai Aplikasi Tambahan

Pada tips kedua kamu yang diharuskan untuk mengedit foto atau video sebelum upload ke IG supaya tidak terpotong, apabila merasa prosesnya terlalu ribet, maka kalian bisa menggunakan bantuan tool pihak ketiga yang bisa kalian instal dari google playstore.

Kamu bisa menggunakan alat bantu aplikasi ketiga yang bernama No Crop For Instagram Story, nantinya akan membantu Kamu untuk mengedit gambar atau vidio sesuai dengan ukuran tampilan Instagram yang baik dan benar.

Tapi saran mimin kalian pakai saja aplikasi edit default yang sudah tersedia di smartphone masing masing, misalnya samsung yang punya aplikasi editor sendiri yang fiturnya cukup lengkap


4. Maksimalkan Filter dan Stiker

Secara default, ada fitur pada story ig yang membantumu dalam membuat SG yang keren dan aestetik. Filter yang ada bisa kamu maksimalkan, begitu juga dengan berbagai koleksi stiker yang beraneka ragam. Tapi kalau kamu rasa kurang, bisa instal aplikasi tambahan yang menyediakan stok filter dan stiker lainnya yang lebih unik dan spesifik.

Misalnya kamu bisa membuat stiker bergerak atau GIF yang sangat mudah dilakukan menggunakan aplikasi seperti Giphy, AnySticker atau GBOX. Kalau sobat kosngosan ingin menggunakan lebih banyak filter, kalian bisa menggeser deretan koleksi filter ke kiri sampai menemukan ikon pencarian yang mirip dengan kaca pembesar.


5. Pakai Instagram MOD (Tidak disarankan)

Ada beberapa instagram MOD yang populer saat ini, seperti GBInsta, GBInsta Plus, InstaUltra (NMInsta), ZEInsta, OGInsta Plus dan lainnya. Kalau kalian tertarik pakai mod seperti ini, saran mimin kamu bisa memakai GBInsta atau ZEInsta. Karena developer ini sampai saat ini masih mengupdate aplikasi mereka secara berkesinambungan.

Kenapa aplikasi jenis ini cukup populer? karena ada beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh aplikasi resmi Instagram yang kamu dapatkan di playstore atau apple store.

Seperti misalnya kamu bisa Mengunduh Insta Story orang lain, mengganti tema dan warna aplikasi dan juga punya banyak fitur untuk membuat story mu lebih keren dan aestetik. Tapi kelemahan yang paling bahaya dari aplikasi MOD ini adalah data mu kemungkinan akan bocor dan disalah gunakan oleh pihak pengembang.


6. Tips Agar IG Story Tidak Buram

Kamu pasti pernah mengalami ketika sudah berhasil mengunggah photo atau vidio, dan hasil akhir-nya malah blur atau pecah.

Jadinya tidak aestetik lagi kan? Dan itu bisa membuat kesal dan kecewa followersmu. Sobat kosngosan sudah coba mengedit nya supaya hasil akhirnya lebih menarik. Tapi ketika di upload, malah hasilnya tidak sesuai dengan ekspektasi. Berikut tips menghindarinya :

a. Tingkatkan Resolusi Gambar

Tips pertama adalah dengan mengubah resolusi gambar menjadi lebih tinggi seperti yg sudah dibahas sebelumnya. Kamu bisa menggunakan ukuran resolusi untuk photo atau vidio yang lebih tinggi, dimana ukuran paling kecil untuk diterima pada ig story yaitu 1600 x 1200 atau 1024 x 1024 pixel, atau kamu bisa meningkatkan resolusinya menjadi lebih tinggi pakai aplikasi atau fitur "pixel optimalization"


b. Ubah Setting Kamera Smartphone

Kamu dapat mengubah setting aplikasi kamera bawaan yang ada di smartphone Kamu, khususnya pengaturan resolusi. Cobalah untuk mengubah kualitas resolusi kamera menjadi yang terbaik, misalnya dari 28 mega pixel ke 32 mega pixel, atau untuk setting video, ubah dari HD ke UHD atau kualitas 4K (tentu saja ini tergantung dari hardware bawaan smartphone mu masing masing)


c. Pakai Aplikasi Editor

Biasanya ada saja yg membuat story Instagram dari hasil tangkapan layar atau screenshot di Smartphone. Jika Kamu juga demikian, disarankan untuk memanfaatkan aplikasi edit vidio ataupun edit vidio.


d. Setting Kualitas Upload di Instagram

Apabila Kamu sudah melakukan semua hal diatas, namun masih saja menghasilkan ig story yg blur, cobalah trik ini juga. Dimana Kamu perlu mengubah pengaturan di Instagram Kamu.

Bagaimana caranya? Masuk kebagian profil Instagram, lalu setelah itu memilih bagian pengaturan. Disini Kamu bis acari pengaturan kualitas uypload dan rubah menjadi mode normal. Mode ini memungkinkan hasil gambar yg diunggah akan sama dengan kualitas gambar aslinya.


7. Cara Membuat Story IG Swipe Up

Salah satu fitur yang paling diminati di story ig adalah fitur Swipe Up. Karena pada feeds Instagram, sobat kosngosan tidak bisa memberikan link untuk diklik oleh viewers.

Fitur Swipe Up memungkinkan user untuk memberikan link keluar dari IG. Yang membuka story mu hanya perlu untuk swipe atau mengusap Instagram Story, kemudina link tersebut akan langsung terbuka.

Kamu bisa mendapatkan fitur Swipe Up dengan syarat :

1. Akun IG sudah terdaftar sebagai Profil Bisnis/Business Profile

2. Sudah punya minimal 10 ribu followers

3. Selain itu, ada cara lain untuk tetap bisa menggunakan fitur Swipe Up ini, yaitu kalau kamu sudah punya akun Instagram yang verified, yaitu ada tanda centang biru, hal ini berarti bahwa pihak Instagram sudah mengakui keaslian akunmu. Untuk cara mendapat akun centang biru, kamu bisa googling atau nonton di youtube ya

Baca juga : Ide Konten Reels Instagram yang Keren


Kata Penutup

Membuat story instagram atau Snapgram memang menjadi suatu kebutuhan, apalagi buat kalian yang seorang selebgram yang punya follower jutaan. Semoga pembahasan kali ini seputar tips membikin story ig yang keren, estetik dan kekinian bisa membantu sobat kosngosan.com sekalian ya.

Apalagi saat ini instagram sudah menjadi salah satu media sosial yang sangat populer di dunia. Terakhir jangan lupa untuk klik tombol share dan bagikan artikel ini ke sosial media kalian ya, supaya teman teman yang lain juga bisa mengikuti panduan kali ini

Oleh rezaharahap