Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menawarkan Endorse ke Selebgram yang Tepat

Apakah kamu tertarik menawarkan produk mu ke selebram? Selebritis instagram atau disingkat selebgram adalah seorang influencer yang memiliki pengaruh cukup kuat di sosial media instagram. Mereka memiliki banyak followers dengan konten yang spesifik. Adapun tujuan orang untuk melakukan endorse adalah untuk meningkatkan jangkauan produk nya. Membuat produkmu diminati banyak pelanggan merupakan sebuah kunci utama dalam keberhasilan usaha yang kamu jalankan.

Semakin tinggi jumlah produk yang terjual, maka akan semakin besar pula profit yang didapatkan. Banyak orang yang bingung merangkai kata-kata minta endorse.

Tidak sedikit para pebisnis yang rela mengeluarkan biaya yang cukup besar hingga jutaan rupiah demi menunjang promosi pada produk mereka.

Salah satu cara yang sering diterapkan adalah melakukan promosi menggunakan jasa endorsement. Tentunya mendapatkan endorsement dari selebgram akan sangat membantu dalam menjalankan sebuah bisnis

Apalagi jika selebgram yang sobat kosngosan pilih memiliki pengaruh yang cukup tinggi di media sosial. Tentu produkmu akan lebih mudah dikenal banyak orang.


Tips Meminta endorse ke selebram yang baik dan benar

cara menawarkan endorse instagram

Lalu bagaimana sih cara menawarkan endorse untuk pemula, sehingga memilih selebgram yang tepat untuk jualan online shop mu? Kamu butuh kata kata menawarkan endorse yang baik dan benar, sehingga muncul kesepakatan nantinya. Mari kita simak penjelasannya :


Jangan Sembarang Menentukan Endorsement

Hal pertama yang harus kamu ingat adalah, jangan pernah asal – asalan dalam memilih selebgram. Mungkin diluar sana tidak sedikit jumlah selebgram yang menawarkan tarif murah pada jasa endorse mereka.

Namun jangan langsung tertarik ya. Kamu tetap harus berhati – hati. Meskipun tarif yang mereka berikan bisa sangat murah

Kamu juga tetap wajib memperhatikan relevansi dengan nilai produk sehingga brand milikmu bisa berkembang dengan baik.

Tidak usah terlalu terburu – buru dalam memilih selebgram. Pastikan kamu memilih keputusan yang tepat agar produkmu bisa di endorse selebgram dan memiliki banyak peminat nantinya.


Sesuaikan Dengan Budget Yang Kamu Miliki

Jika sobat kosngosan tidak memiliki budget yang lebih untuk menggunakan jasa endorse selebgram, alangkah baiknya carilah informasi sebanyak – banyaknya terlebih dahulu.

Kamu bisa memilih selebgram yang menawarkan fee dengan jumlah yang tidak terlalu mahal sehingga tidak melampaui budget yang telah disiapkan.

Jadi bagi kamu yang memang mempunyai budget minim, hindari memilih selebgram dengan terburu – buru ya. Bandingkan dulu harga endorse antara satu dengan yang lainnya dan pilihlah yang menurutmu paling tepat.


Mengenali dan Menentukan Figur Publik atau Influencer Dengan Baik

Setiap bisnis tentunya memiliki target marketing yang telah disesuaikan dengan karakteristik produk masing – masing. Dengan demikian, sesuaikanlah kebutuhan dan target pasar kamu dengan target para audiens dari public figure atau influencer yang kamu inginkan.

Contohnya jika kamu memilih bridestory maka target pasarnya adalah para calon pengantin ataupun para pengantin yang baru menikah. Tentu akan terlihat kurang pas jika kamu memilih pihak influencer yang sudah berkeluarga atau sudah memiliki anak.


Pelajari Profil Mengenai Selebgram

Sebelum mengajukan endorsement, alangkah baiknya pelajari dengan baik terlebih dahulu mengenai karakter selebgram yang dipilih. Kamu juga harus memilih endorsement selebgram yang sesuai dengan produk yang kamu tawarkan.

Pada umumnya, orang – orang akan cenderung memilih selebgram dengan hobi dan karakteristik yang cocok dengan produk mereka. Hal ini bertujuan supaya proses promosi yang dilakukan dapat berjalan dengan baik dan menghasilkan dampak positif terhadap penjualan barang – barangmu nantinya.

Sebagai contoh, jika kamu menjual produk hijab maka carilah selebgram yang berhijab juga. Jika kamu menjual produk kulit dan kecantikan, maka carilah juga selebgram yang memiliki foto cantik dan tertarik dengan alat – alat kecantikan.

Dengan adanya identifikasi terhadap minat dari masing – masing selebgram tentunya hal ini akan membantu peluang endorsement kamu supaya berhasil dan mendapatkan hasil yang optimal.


Cek Jumlah Like dan Komentarnya

Tips lainnya untuk meminta endorsement yang efektif adalah dengan cara memeriksa jumlah like dan komentar yang ada di postingannya. Jumlah follower yang banyak sebenarnya tidak terlalu menentukan bahwa ia cocok untuk menjadi mitra bisnis online dan mengendorse produk kamu.

Inilah pentingnya sobat kosngosan melihat like dan komentar terlebih dahulu. Dengan jumlah engagement yang bagus maka akan menciptakan peluang yang baik untuk menarik minat audiens nantinya.


Membandingkan Dengan Selebgram Lainnya

Kamu mungkin bisa mencoba mematok budget dengan jumlah yang besar untuk kebutuhan promosi. Namun ada baiknya kamu melakukan riset harga terlebih dahulu sebelum benar – benar memutuskan kerja sama dengan selebgram yang telah kamu pilih untuk endorsement produkmu. Pastikan mencari selebgram berkualitas dengan karakter serta minat yang sesuai dengan produk.

Jangan lupa untuk menanyakan tarif harga yang mereka tetapkan untuk satu kali endorse, lalu bandingkan dengan selebgram yang lainnya dan pilihlah sesuai dengan budget yang telah kamu siapkan.

Jika misal ada seorang selebgram yang sudah cukup terkenal namun dia mematok tarif harga yang tidak terlalu mahal dan sesuai dengan karakter produkmu, maka sebaiknya pilihlah selebgram ini untuk menjadi mitra bisnis bersamamu.


Pastikan Dengan Baik Audiens Selebgram Cocok Dengan Produkmu

Memastikan dengan baik audiens selebgram merupakan salah satu faktor penting yang tidak boleh kamu lewatkan. Sebagai contoh, produk yang kamu tawarkan termasuk dalam bidang olahraga, namun selebgram yang kamu pilih ternyata mempunyai hobi dalam dunia kecantikan.

Sedangkan dapat dipastikan bahwa rata – rata audiensnya juga senang dalam hal perawatan kecantikan. Dengan demikian, produkmu tidak akan mendapatkan jumlah peminat yang optimal.

Maka dari itu, kamu harus memperhatikan dengan sungguh – sungguh apakah selebgram yang kamu pilih dapat memberikan dampak positif terhadap endorse produk yang yang kamu tawarkan.


Perhatikan Konten Fotonya

Hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah memperhatikan konten foto atau video yang mereka posting di akun media sosial miliknya.

Pada umumnya, para selebgram yang professional cenderung menampilkan foto dan video dengan kualitas yang baik dan menarik di mata audiens.

Hal ini dikarenakan akan menjadi penilaian bagi audiens tentang bagaimana cara mereka memposting suatu konten atau produk. Kualitas gambar yang bagus tentunya akan menarik minat banyak orang utamanya followers mereka.


Kontak atau Hubungi Influencer Terpilih

Jika sobat kósngosan sudah memutuskan selebgram mana yang akan kamu gunakan jasanya, maka segera hubungi mereka dengan akun bisnismu.

Hal ini penting karena umumnya, dengan mengontak menggunakan akun bisnis, figure public juga akan menilai tingkat profesionalitas kita. Biasanya setelah itu, kamu juga akan diberikan contact person untuk tidak lanjut endorsement nantinya.


Tanyakan ‘Rate Card’ Yang Ditawarkan

Setelah kamu benar – benar yakin dengan seluruh faktor yang telah dipertimbangkan seperti konten foto, video, engagement serta audiens, maka selanjutnya tanyakan berapa rate card (tarif harga) yang mereka tawarkan.

Sesuaikan juga dengan anggaran atau budgeting yang telah kamu siapkan sebelumnya. Dan kalau ternyata harga yang mereka patok tidak sesuai dengan anggaranmu, jangan langsung menghilang ya. Ucapkan saja terima kasih dan sampaikan keinginanmu untuk menjalin kerjasama di kesempatan lain waktu.


Usahakan Endorse Produk Secara Rutin

Strategi marketing dengan sistem endorsement umumnya juga mirip dengan promosi atau mengenalkan produk yang dijual kepada masyarakat.

Namun sebaiknya jangan terlalu berharap banyak terhadap cara ini karena kita tidak bisa menjamin semua follower selebgram tadi akan tertarik dan membeli produk yang kamu tawarkan.

Akan tetapi, kamu juga harus berusaha untuk mengendorse produk secara rutin, jangan berhenti. Paling tidak satu kali dalam satu bulan. Hal ini bertujuan untuk meyakinkan audiens bahwa produk yang kamu jual memiliki kualitas yang baik dan unggul sehingga mereka akan tertarik untuk membeli produkmu.

Baca juga : Contoh Media untuk Mempromosikan Produkmu Secara Online


Bagian Penutup

Endorsement memang menjadi salah satu metode pemasaran yang cukup efektif saat ini.Target selebgram atau influencer media sosial memang sudah lumrah melakukan hal itu, dan tentu saja dengan bayaran yang lumayan menggiurkan.

Tapi pastikan kamu memilih para influencer yang memang sesuai dengan segmentasi pasar mu. Jangan sampai kamu menghabiskna banyak uang untuk membayar mereka, tapi nyatanya peningkatan penjualan tidak ada sama sekali.

Kalau misalnya sobat kosngosan masih ragu bekerjasama dengan suatu influencer, tak ada salahnya kalian berkonsultasi dengan seorang advokat atau ahli yang memang bisa memberikan pandangan hukum terkait kerjasama ini. Demikian pembahasan kali ini, jangan lupa untuk klik tombol share dan bagikan artikel ini ke sosial media kalian ya. Terimakasih

Oleh rezaharahap