Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berapa Lama Transfer Uang dari Luar Negeri ke Bank BCA

Apakah kamu pernah mengirim atau mentransfer uang dari luar negeri ke rekening bank BCA? Mungkin bagi pebisnis seperti eksportir atau importir, kegiatan ini cukup sering dilakukan. Tapi buat pemula, kalian pasti bertanya tanya berapa lama sih waktu yang diperlukan untuk memindahkan saldo antar bank luar negeri dengan bank lokal? Kamu harus tahu terlebih dahulu prosesnya serta berapa lama waktu transfer uang tersebut

Untung saja kali ini kosngosan akan membahasnya untuk kalian. Sebagai salah satu lembaga perbankan swasta yg sudah berdiri sangat lama dan menjadi salah satu bank dengan nilai kapitalisasi tertinggi di Indonesia, Bank Central Asia memiliki banyak jenis layanan. Salah satunya seperti yang kita ketahui yakni layanan menerima dan juga mengirim uang dari dan ke luar negeri.

Sobat pastinya ingin tahu seberapa lama proses yang dibutuhkan untuk mengirim uang dari dan keluar negeri, bukan? Karena pasti ada suatu kepentingan yang mengharuskan kamu untuk melakukan hal tersebut, baik kepada kerabat, keluarga, rekan bisnis dan orang lain yg berada di luar negeri.

BCA menyediakan jasa pengiriman valas untuk 14 jenis mata uang asing dengan kurs cantik dan biaya yang terjangkau dibanding bank lain. Transaksi ini dilengkapi dengan fitur Full Amount dan Value Today, jadi transaksi transfer valas sobat kosngosan akan semakin lancar.

Apabila kamu ingin tahu seberapa lama waktu yang dibutuhkan,  bisa mengulik beberapa informasi lengkapnya dibawah ini dan bisa mengetahui apakah waktu yang kamu alami dalam mengirim uang sudah termasuk dalam kategori terjadi keterlambatan atau tidak, sekiranya nanti kamu butuh dana dadakan misalnya


Berapa Lama Transfer Uang dari Luar Negeri Ke Bank BCA

berapa lama transfer uang luar negeri bca

Nah pada pembahasan utama kali ini, kita akan membahas soal lamanya waktu yg harus kamu tunggu sehingga bisa menerima transferan uang tersebut. Adapun Lamanya waktu yg dibutuhkan untuk mengirimkan uang dari atau ke luar negeri menggunakan BCA tidaklah terlalu lama.


Lamanya waktu pengiriman berdasarkan pilihan si pengirim. Apakah menggunakan layanan Value Today atau tidak. Layanan ini merupakan layanan perbankan yang memberikan pengalaman transfer cepat, jadi si penerima akan langsung menerima uang segera setelah uang tersebut dikirim.


Namun apabila sobat kósngosan memilih untuk tidak menggunakan layanan ini, maka uang akan diterima dalam waktu dua sampai tiga hari kerja.

Untuk biaya yang harus dikeluarkan untuk menggunakan layanan ini bisanya sebesar 30k. Jadi kalau misalnya uang yang dikirim harus segera sampai dan diperuntukkan demi kebutuhan urgent, maka disarankan untuk menggunakan layanan ini

Apalagi kalau kalian menggunakan layanan KlikBCA. Karena ini adalah fitur yang menggunakan layanan real time. Tapi kalau kasusnya kamu harus mengirimkannya pada hari kerja yakni hari Senin-Jum’at, maka akan segera diproses dengan cepat bahkan dalam hitungan menit saja.

Akan tetapi kalau sobat kosngosan melakukan pengiriman pada hari Sabtu dan Minggu alias weekend, maka biasanya akan diterima pada hari Senin-nya.

Jadi ini adalah waktu yang cukup singkat dan sangat menarik dan menjadi berita baik buat kalian. Kamu tidak perlu menunggu selama berhari-hari lagi seperti zaman dulu, karena teknologi keuangan dan perbankan sudah sangat canggih dan bisa membantumu mendapatkan contoh kredit permodalan untuk bisnis.


Cara Transfer Uang dari Luar Negeri ke Bank BCA

Pertama memang sobat kosngósan pasti ingin tahu bagaimana cara transfer uang dari luar negeri ke bank BCA, bukan?

Menggunakan layanan apa kita sebagai nasabah melakukannya? Mekanisme transfer beda negara ke bank BCA adalah sebagai berikut :

  • Nasabah yg ingin mentransfer uang dari atau menuju ke bank BCA harus menggunakan layana yg sudah bekerja sama dengan pihak BCA
  • Nasabah akan diberikan formulir untuk diisi berisikan data penerima dan pengirim
  • Uang transfer akan diambil oleh penerima langsung ke rekening tujuan
  • Apabila ingin menerima secara tunai maka penerima harus mengunjungi cabang BCA dan memberikan PIN serta bukti identitas seperti KTP

Transfer via KlikBCA

Kamu bisa mengirim uang dari atau ke luar negeri melalui aplikasi mobile banking bca yang bernama KlikBCA, daftarkan diri dulu di website resmi KlikBCA. Setelah akun mu dibuat dan proses registrasi selesai, maka transfer bisa langsung dilakukan.

Proses pengiriman cukup mudah, kamu tinggal pilih menu transfer dana dan pilih valas ke rekening bank lain. Biaya pengiriman bisa free dari biaya transfer kalau menggunakan rekening dollar BCA


Transfer Via Kantor Cabang

Selain itu, kalau kamu ingin lebih konvensional, kamu bisa mengunjungi kantor cabang BCA terdekat di kotamu, kemudian kamu bisa mengirim uang ke luar negeri dengan cara DD (Demand Draft) atau memberi secara tunai ke teller bank.

Ada juga cara transfer uang dari akun BCA yang sudah punya fitur TT (Telegraphic Transfer). Biasanya biaya pengiriman akan dikenakan biaya Telex Outward Remittance sebesar 35k


Transfer metode Fire Cash BCA

Ini adalah salah satu metode transfer mata uang asing secara online dan berbasis website, dengan memanfaatkan jaringan correspondence bank BCA. Kalau sobat kosngosan sebagai penerima uang tidak memiliki rekening BCA, namun bisa menggunakan layanan ini secara tunai di kantor cabang BCA seluruh Indonesia


Syarat dan Ketentuan

Akan tetapi dalam pengiriman uang dari atau ke luar negeri juga memiliki syarat dan limit tertentu yang sudah ditetapkan oleh pihak BCAC. Ketentuan yg umum adalah:

  • Limit per transaksi minimal USD 100 (eqv) dan maksimal USD 10,000 (eqv)
  • Limit Harian maksimal IDR 500 juta* (mengikuti ketentuan underlying document yang berlaku)
  • *Ketentuan terbaru bisa berubah sewaktu waktu, kamu bisa mengecek ketentuan terbaru di laman resmi bca.co.id
  • Jam Layanan antara pukul 08.30 - 14.00 WIB


Baca juga : Cara Daftar Agen BRILink Terdekat


Kata Penutup

Kegiatan transaksi antar negara memang menjadi hal yang lumrah saat ini. Hal ini karena banyaknya orang Indonesia yang menjalani pendidikan atau bekerja di luar negeri, yang menjadikan proses pengiriman uang dari atau keluar negeri adalah hal yang biasa.

Apalagi saat ini sudah ada banyak cara transfer uang ke luar negeri menggunakan layanan perbankan dan juga pihak ketiga yang terjangkau, bahkan bebas biaya potong.

Demikian pembahasan kosngosan kali ini, semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa untuk klik tombol share dan bagikan artikel ini ke sosial media kalian ya.

Oleh rezaharahap