Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20 Contoh Kredit Modal Kerja dan Investasi Produktif

Apakah kamu sedang mencari produk pinjaman pendanaan untuk modal kerja dan investasi? Seperti namanya, kita bisa mendefinisikan kredit modal kerja sebagai salah satu produk keuangan yang ditujukan untuk para pelaku usaha, demi membantu pembiayaan modal kerja atau modal usaha supaya lebih produktif lagi. Untuk kredit investasi, bisa didefinisikan sebagai produk pendanaan dalam jangka waktu menengah dan panjang

Adapun tujuan dari pembiyaan ini digunakan untuk sesuatu yang bersifat investasi seperti pengembangan usaha, skala produksi dan upaya investasi yang menguntungkan di masa depan lainnya.

Kedua jenis kredit ini tujuannya adalah untuk mengembangkan usaha. Intinya ini adalah contoh kredit produktif yang dipergunakan untuk menghasilkan cuan kembali. Tentu saja dengan mekanisme yang sudah diatur oleh pemerintah, dengan perhitungan pajak tertentu.

Bagi seorang pebisnis, terkadang mereka membutuhkan modal untuk bisa melakukan ekspansi atau perluasan bisnis. Oleh karena itu salah satu caranya adalah dengan mengambil produk keuangan yang bernama kredit modal kerja atau kredit investasi


Contoh Kredit Modal Kerja dan Kredit Investasi Produktif

Apakah kamu tahu perbedaan antara kredit modal kerja dengan kredit investasi? Terletak pada jangka waktu angsuran atau pembayarannya. Untuk kredit modal kerja biasanya memiliki jangka waktu pendek yaitu kurang dalam waktu 1 tahun. Sementara kredit investasi biasanya punya jangka waktu angsuran lebih dari 1 tahun.

Baca juga : Contoh Kredit Aktif dan Kredit Pasif


A. Contoh Kredit Modal Kerja

contoh kredit modal kerja investasi

1. Kredit Lokal BCA

Produk perbankan ini bisa kamu dapatkan dari bank BCA, menjadi solusi bagi sobat kosngosan yang membutuhkan pembiayaan usaha yang bersifat liquid.

Tentu saja untuk pembukaan dan pengembangan usaha secara lokal yang dikhususkan buat para pelaku UMKM. Dimana penarikan dan pelunasannya bisa kamu lakukan sewaktu-waktu selama jangka waktu fasilitas kredit melalui rekening giro di bank yang bersangkutan


2. BCA Installment Loan

Salah satu jenis kredit modal kerja yang ditujukan untuk untuk usaha bagi sobat yang membutuhkan pembiayaan modal kerja yang penarikannya bisa dilakukan sekaligus atau bertahap.

Selain itu pelunasannya bisa dilakukan dengan cara mengangsur. Adapun keuntungannya adalah pembayaran kredit dilakukan dengan cara di angsur dan perhitungan bunga sesuai dengan jumlah hari pemakaian kredit


3. BCA Time Loan

Jenis kredit modal yang dikeluarkan bank untuk usaha sobat yang membutuhkan pembiayaan yang bersifat liquid dan musiman. Metode penarikan dan pelunasannya bisa juga dilakukan sewaktu-waktu.

Adapun keuntungannya adalah jangka waktu pemakaian kredit yg bervariasi (1 bulan, 3 bulan atau 6 bulan dan sebagainya) serta perhitungan bunga sesuai dengan jumlah hari pemakaian kredit.


4. Kredit Ekspor BCA

Jenis kredit modal kerja yang dimanfaatkan untuk usaha kamu yang membutuhkan pembiayaan kegiatan produksi, pengumpulan, dan penyiapan barang dalam rangka untuk diekspor atau dijual ke negara lain. Adapun keuntungan kredit ini adalah adanya perhitungan bunga sesuai dengan jumlah hari pemakaian kredit.


5. Kredit Modal Kerja BNI

Bank Negara Indonesia juga mengeluarkan produk kredit modal kerja. Adapun kelebihan kredit ini adalah kamu bias mempergunakannya untuk berbagai kebutuhan seperti KMK untuk Industri, KMK untuk Perdagangan

Selain itu ada juga biadng Industri, Jasa Pengangkutan, Jasa Perhotelan, Konstruksi dan sebagainya. Memiliki suku bunga bersaing dan juga pencairan kredit dan transaksi lainnya dengan didukung jaringan BNI tersebar di seluruh Indonesia.


6. BRI Agro Kredit Modal Kerja

Buat kamu yang memiliki usaha dibidang pertanian atau Agribisnis, kamu bisa menggunakan kredit ini. Fasilitas kredit yang ditujukan untuk membiayai operasional usaha para debitur, yang termasuk kebutuhan untuk pengadaan bahan baku, proses produksi, piutang dan persediaan.

Adapun kelebihannya antara lain Bisa diajukan diseluruh Unit kerja BRI Agro, diseluruh kantor cabang BRI Agro seluruh Indonesia, bunga sesuai ketentuan yang berlaku, Fasilitas lengkap seperti e-Banking (mobile banking, Internet banking, sms notifikasi dan lainnya


7. Mandiri Kredit Modal Kerja

Ini adalah salah satu fasilitas kredit dari bank Mandiri untuk memenuhi kebutuhan modal kerja yang habis dalam satu siklus usaha atau kebutuhan modal kerja yang sifatnya khusus. Misalnya untuk membiayai inventory, piutang atau proyek dan kebutuhan khusus lainnya.

Adapun keuntungan dari kredit ini antara lain limit kredit di atas maksimal 10 Milyar, kredit diberikan dalam valuta Rupiah, jangka waktu setahun dan bisa diperpanjang, sifat kredit revolving atau non revolving.


8. Kredit Modal Kerja BTN

Kredit ini untuk usaha bidang usaha industri, perdagangan dan jasa atau yang berhubungan dengan pengadaan atau proses produksi hingga barang tersebut dijual. Suku bunga yang diberikan oleh BTN terbilang cukup efektif terhadap debet harian

Dan sobat kosngosan bisa mendapatkan keuntungan berupa proses pengajuan dan pencairan yang dilakukan juga cepat dan mudah. Pencairan dananya dilaukan secara aplofend (angsuran) dimana pengembaliannya bisa dilakukan dengan cara angsuran


9. Kredit UMKM Modal Kerja BTN

Kredit UMKM Modal Kerja dari BTN bertujuan untuk dimanfaatkan sebagai modal kerja dalam bidang usaha mulai dari usaha konstruksi, perdagangan, industri, atau jasa, dalam skala Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Kredit UMKM Modal Kerja bisa dimanfaatkan untuk pembiayaan usaha mulai dari pengadaan barang, proses produksi, penjualan dan distribusi, maupun pembiayaan aset lancar lainnya.


10. Kredit Modal Kerja Kontraktor BTN

Kredit Modal Kerja Kontraktor adalah salah satu dari tiga produk kredit modal kerja dari BTN yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan modal kerja di dalam menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan kontrak kerja yang dimaksud, dengan suku bunga yang efektif terhadap baki debet harian, dan juga proses pengajuan dan pencairan yang dilakukan juga cepat dan mudah.


B. Contoh Kredit Investasi


1. Kredit Usaha Rakyat (KUR) Mikro BRI

Adalah salah satu produk perbankan dari BRI yang merupakan Kredit Modal Kerja atau Kredit Investasi yang memiliki batas atas kredit hingga dengan plafond sampai 25 juta per debitur. Kredit ini diberikan kepada pengusaha mikro, usaha kecil dan koperasi dengan bisnis produktif yang akan mendapat jaminan dari Perusahaan Penjamin.


2. Kredit Usaha Rakyat (KUR) Kecil BRI

Kredit Modal kerja atau Kredit Investasi dari Bank BRI yang ditujukan kepada para Debitur yang telah memiliki usaha produktif dan sedang berjalan, dengan jumlah plafond antara 25 juta hingga 500 juta sesuai kesepakatan dengan debitur.


3. Kredit Usaha Rakyat (KUR) TKI BRI

Seperti namanya, Kredit ini diberikan oleh Bank BRI kepada para calon TKI yang ingin bekerja di luar negeri, dalam rangka untuk membiayai keberangkatan calon TKI atau TKW tersebut ke negara tujuan. Jumlah plafond nya hanya mencapai 25 juta saja.


4. Kredit Investasi dari BNI

Kredit Investasi dari BNI ini adalah jenis kredit jangka menengah dan jangka panjang yang dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan investasi usaha sobat kosngosan.

Memiliki kelebihan bisa dipergunakan untuk panjang untuk pembelian barang modal dan jasa yang dibutuhkan dalam pendirian suatu proyek baru, ekspansi proyek yang sudah ada, modernisasi, rehabilitasi, relokasi proyek dan juga refinancing atas obyek yang sudah dibiayai terlebih dahulu.

Selain itu untuk jangka waktu kredit bisa disesuaikan dengan kemampuan usaha mu, memiliki suku bunga bersaing dan adanya kemudahan pencairan kredit dan transaksi lainnya dengan didukung jaringan BNI tersebar di seluruh Indonesia.


5. Kredit UMKM Investasi BTN

Kredit UMKM Investasi adalah produk dari Bank Tabungan Negara sebagai bentuk pembiayaan kebutuhan jangka panjang dalam rangka investasi pembelian barang modal atau pembangunan, perluasan, pembaharuan (renovasi) aset tetap produktif dan biaya yang menyertainya, pembiayaan atau pemberian kredit untuk investasi yang telah dilakukan oleh sobat kosngosan sebagai debitur


6. Kredit Investasi BCA

Ini adalah salah satu produk Kredit yang BCA dedikasikan untuk memenuhi kebutuhan pendirian proyek atau ekspansi proyek dari sobat kosngosan sebagai Nasabah BCA.

Kamu juga bisa menggunakan kredit ini untuk keperluan seperti pinjaman untuk membiayai pembelian barang modal, tambahan modal kerja dalam rangka peremajaan, perluasan, peningkatan kapasitas usaha dan juga endirian unit usaha baru

Adapun kelebihan yang didapat dari produk kredit ini adalah jumlah angsuran pinjaman dalam jangka waktu pendek maupun menengah bisa dipilih sesuai kebutuhan, Dana two-step-loan dari Bank Indonesia dan kelebihan lainnya.


7. Mandiri Kredit Investasi

Bank Mandiri juga memiliki produk kredit investasi yang bisa memfasilitasi kredit dalam jangka menengah dan jangka panjang. Didiberikan dalam mata uang rupiah maupun valuta asing untuk pembiayaan pengadaan barang modal untuk rehabilitasi, modernisasi, perluasan dan pendirian proyek baru atau refinancing. Pelunasannya bersumber dari hasil usaha dengan barang modal yang dibiayai.

Kelebihan dari kredit ini antara lain pencairan langsung dipindahkan ke rekening giro, jumlah agunan disesuaikan dengan persentase pembiayaan, limit kredit maksimal 10 Milyar, kredit diberikan dalam valuta Rupiah dan jangka waktu lebih dari 1 tahun.


8. Pinjaman Investasi BTPN

Kredit pembiayaan yang lebih panjang dari BTPN ini bersifat fleksibel dalam mengatur pembiayaan pembelian aset. Selain itu meminimalkan dampak langsung pada arus kas operasional. Dengan membeli aset atau peralatan, Bank BTPN dapat mendukung mu dengan pinjaman jangka menengah sampai jangka panjang dengan suku bunga yang kompetitif.


9. Investment Loan Permata

Ini adalah salah satu produk kredit investasi dari bank Permata, berupa kredit jangka panjang yang digunakan untuk membiayai kebutuhan aset investasi bisnis termasuk pembelian tanah, bangunan, mesin atau kendaraan dalam rangka bisnis. Untuk pencairan kredit bisa dilakukan sekaligus atau beberapa kali selama periode yang tersedia dan dalam batas yang disepakati.


10. Kredit Investasi Mega

Produk dari bank Mega ini merupakan salah satu fitur Kredit Jangka Menengah atau Panjang yang diperuntukkan untuk para debitur atua peminjam, digunakan sebagai bentuk pembelian barang modal dan jasa untuk rehabilitasi, modernisasi, ekspansi, relokasi proyek, pembangunan proyek baru atau tempat usaha.

Baca juga : Contoh Kredit Tanpa Agunan (KTA)


Kesimpulan Akhir

Baik kredit modal kerja dan juga kredit investasi, dua-duanya adalah jenis pendanaan yang produktif dan bisa kamu ambil dalam mengembangkan usahamu kedepannya. Namun ingat kembali bahwa yang namanya kredit, adalah suatu tanggung jawab dalam membayarnya secara rutin

Demikian beberapa penjelasan mengenai contoh dari ke-2 jenis kredit tersebut, semoga bermanfaat dan juga menambah referensi buat teman-teman pengunjung setia kosngosan.com. Sebagai bentuk partisipasi kalian, jangan lupa untuk tekan tombol share di bawah ini. Terimakasih!

Oleh rezaharahap