Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berapa Lama Transfer Uang dari Luar Negeri ke Bank BNI

Apakah kamu ingin mengirim uang dari atau keluar negeri menggunakan bank BNI? Bank Nasional Indonesia atau akronim nya BNI, merupakan salah satu bank BUMN terbesar di Indonesia yang memberikan layanan finansial terbaik bagi masyarakat dan juga kemudahan dalam pengiriman uang bagi nasabahnya. Bukan hanya skala domestik, BNI juga menyediakan layanan transaksi keuangan mancanegara bagi mereka yang ingin mengirim uang ke luar negeri dengan memanfaatkan fitur BNI OTR (Outgoing Transfer).

Dengan adanya fitur yang canggih ini, sobat kosngosan sebagai nasabah bank bisa mentransfer atau mengirimkan uang dari Indonesia ke Amerika, Malaysia, Singapura, Prancis, Inggris, Turki dan negara lainnya yang juga menggunakan layanan BNI. Pengiriman uang pun juga akan menjadi lebih cepat, aman dan efektif.

Lantas, berapa lama sih waktu yang dibutuhkan untuk melakukan transaksi uang ke luar negeri dengan BNI? Dalam penjelasan kali ini kita akan membahasnya sampai tuntas, sehingga kamu tidak ragu lagi menggunakan jasa dari bank plat merah ini.


Syarat Pengiriman Uang ke Luar Negeri Melalui Rekening BNI

lama transfer uang bni ke luar negeri

Namun sebelum membahas waktu transfer tersebut, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi sebelum melakukan transfer uang ke luar negeri, yang berlaku juga pada bank lokal lain seperti ketika transfer via BCA, BRI, dan sebagainya, berikut penjelasannya :

1. Pertama, pastikan kamu sudah memiliki rekening pada Bank BNI. Siapkan juga dokumen – dokumen pendukung lainnya seperti KTP dan buku rekening.

2. Kemudian, carilah kantor BNI yang memiliki letak paling dekat dengan posisimu agar lebih mudah dijangkau.

3. Setelah sampai di kantor BNI, sampaikan saja kepada petugas bank bahwa kamu ingin melakukan transfer uang ke luar negeri.

4. Nantinya, petugas akan memberikan kamu formulir untuk diisi dan meminta sejumlah persyaratan lain seperti :

Kode SWIFT untuk diisi. Kode ini biasa disebut dengan BIC bank yang menjadi tujuan transaksi. Kamu bisa bertanya pada petugas jika kurang paham.

International Bank Account Number (IBAN Code). Ini merupakan nomor rekening internasional bank yang akan kamu tuju.

Jangan lupa juga untuk melengkapi nama penerima, nominal uang yang akan dikirim, nama bank tujuan, serta negara tujuan dengan benar dan lengkap.

5. Setelah kamu selesai mengisi semua persyaratan yang diminta, silahkan berikan formulir tadi kepada teller beserta dengan tarif dan uang yang akan kamu kirim. Pembayaran sendiri bisa dilakukan secara cash maupun debit dari rekening kamu.

6. Untuk biaya atau tarif pengiriman, umumnya sobat kosngosán akan dikenakan biaya sekitar 20 ribu rupiah. Namun akan dikenakan biaya korespondensi juga berupa :

Mata uang EUR sebesar 30 EUR

Mata uang USD sebesar 20 USD

7. Nah, sekarang kamu hanya perlu menunggu petugas BNI memproses pengiriman internasional yang kamu lakukan tersebut.


Langkah Pengiriman Uang ke Luar Negeri dengan BNI

Sebenarnya sudah dijelaskan sebelumnya mengenai pengiriman uang ke luar negeri dengan cara diatas yakni melalui teller beserta dengan dokumen persyaratannya. Sekarang kita akan membahas langkah – langkah pengiriman uang ke luar negeri dengan BNI melalui fitur BNI Smart Remittance.

Fitur ini merupakan fitur yang disediakan BNI untuk nasabahnya yang ingin melakukan layanan pengiriman valuta asing. BNI Smart Remittance kini telah didukung oleh teknologi canggih sehingga memungkinkan nasabah untuk mentransfer uang ke luar negeri menggunakan mobile banking mereka.

Pengiriman uang juga diklaim lebih cepat bahkan mungkin mampu sampai di hari yang sama. Beberapa mata uang yang mendukung transaksi internasional ini meliputi USD, Ringgit, Won dan Yuan. Berikut cara melakukan transaksi internasional dengan BNI melalui aplikasi mobile banking :

1. Pertama, buka aplikasi mobile banking yang kamu miliki.

2. Pilih menu transfer uang.

3. Setelah muncul halaman baru, klik menu “International Remittance”. Tekan lanjut untuk beralih ke step selanjutnya.

4. Pilih nomor rekening debet lalu klik “Input baru”.

5. Sekarang, pilih negara tujuan yang ingin kamu lakukan transaksi.

6. Pilih bank tujuan transfer.

7. Kemudian, masukkan nomor rekening yang ingin ditransfer dengan benar.

8. Setelah muncul laman baru lagi, isi dengan data diri penerima yang ingin kamu transfer mulai dari nama lengkap dan alamat.

9. Masukkan nominal transfer yang akan kamu kirim.

10. Pilih opsi “Beban Ongkos Bank Koresponden” untuk melanjutkan.

11. Selanjutnya, pilih tujuan transaksi.

12. Sekarang, masuk ke halaman validasi lalu masukkan kata sandi transaksi.

13. Klik lanjut, dan sekarang transaksi sudah berhasil kamu lakukan.

Untuk informasi tambahan, layanan ini khusus diperuntukkan untuk mereka yang menjadi nasabah BNI saja. Jadi untuk warga yang non nasabah, tidak diperkenankan untuk menggunakan layanan ini.


Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Mengirim Uang ke Luar Negeri Melalui BNI?


Seperti yang sobat kosngosan ketahui, proses penerimaan transfer untuk masuk ke rekening juga membutuhkan jangka waktu tertentu. Umumnya waktu yang dibutuhkan untuk transfer uang ke luar negeri adalah hanya membutuhkan waktu beberapa jam kemudian di hari yang sama. Selain itu bukti pengiriman juga bisa langsung kita dapatkan saat itu juga, hanya menunggu proses beberapa menit saja.


Kamu juga bisa langsung menanyakan kepada petugas teller mengenai berapa lama jangka waktu yang dibutuhkan untuk mentransfer uang ke rekening luar negeri. Dalam beberapa testimoni yang didapat dari para nasabah Bank BNI, pengiriman internasional tersebut memang bisa sampai saat itu juga di hari yang sama.

Namun juga bisa menghitung menit atau beberapa jam dan dipastikan dalam waktu atau tanggal yang sama. Hal ini terkecuali bagi kamu yang mengirim uang dengan nominal yang cukup besar dan dilakukan diluar hari kerja. Hal ini kemungkinan bisa sampai menghitung hari sejak tanggal transfer dilakukan.

Disamping itu, hal yang bisa dipastikan ketika kamu menggunakan layanan Bank BNI adalah, pengiriman yang kamu lakukan telah dijamin aman dan terpercaya. Kalaupun ada kesalahan penginputan data atau informasi maka transaksi akan ditolak oleh server.

Jika proses pengiriman memang gagal, maka kamu nantinya akan dihubungi oleh petugas BNI apakah hendak melakukan pengiriman ulang atau proses transaksi dibatalkan saja dan kamu dapat mengambil kembali seluruh uang yang hendak dikirim sebelumnya.

Jikalau nasabah memang tidak dapat dihubungi atau tidak memberikan informasi yang diperlukan untuk persyaratan, maka transaksi tidak dapat dilanjutkan atau ditolak oleh pihak bank.

Beberapa keunggulan lain yang bisa kamu dapatkan saat menggunakan transaksi keuangan internasional BNI adalah pengiriman bisa bersifat multi – curriencies, yakni kamu bisa mengirim uang ke banyak negara diluar negeri mengingat ada sekitar 125 mata uang lokal yang telah diterima beberapa negara.

Kamu juga bisa mendapatkan layanan baru yakni Yuan Remittance, Won Remittance, dan Ringgit Remittance yang bisa memudahkan kamu mengirim uang ke negara luar seperti China, Korea Selatan dan Malaysia. Lalu benefit lainnya seperti kurs kompetitif yang lebih modern karena terus diupdate setiap harinya sehingga kamu dapat menggunakan USD sebagai cover kiriman uang.

BNI juga memiliki call center khusus transaksi remittance yang dapat dihubungi di nomor telepon (021) 29946099. Kamu bisa berkonsultasi mengenai detail dan informasi pengiriman yang akan dilakukan ke luar negeri.

Baca juga : Syarat Jadi Agen BRILink Terbaru


Kata Penutup

Perkembangan teknologi pada Bank Nasional Indonesia memang semakin membuat kemudahan bertransaksi. Sobat kosngosan bisa melakukan transfer dari dan menuju ke luar negeri hanya dengan lama waktu beberapa menit.

Oleh karena itu penting bagi nasabah untuk memilih layanan pengiriman online yang mencantumkan informasi teknis seperti seberapa nominal nilai tukar rupiah terhadap mata uang tujuan saat itu, biaya pengiriman sampai dengan jumlah nominal uang yang akan diterima.

Demikian pembahasan kali ini, jangan lupa untuk klik tombol share dan bagikan artikel ini ke sosial media kalian ya, terimakasih

Oleh rezaharahap