Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berapa Lama Transfer Uang dari Amerika ke Indonesia

Berapa Lama Transfer Uang dari Amerika ke Indonesia? Mengirim uang dari luar negeri ke Indonesia memang menjadi salah satu kegiatan yang cukup krusial. Kalau salah kirim, bisa jadi uang kamu hangus atau lama sampainya. Karena ada berbagai keperluan ketika seseorang ingin memindahkan uang miliknya. Tapi banyak bertanya, seberapa lama proses transfer uang dari amerika serikat ke Indonesia? Berikut ini kosngosan akan memberikan pembahasan lengkapnya untuk kalian. Simak terus postingan ini.

Yang namanya transfer uang antar negara, memang bukanlah hal yang baru. Tapi dulu orang mengirim uang butuh beberapa hari, tapi kalau sekarang, seiring kemajuan teknologi informasi, membuat kita bisa memindahkan saldo dalam hitungan detik saja (secara real-time).

Beberapa ketentuan dan persyaratan umum sebelum mengirimkan uang, antara lain :

  • Mendatangi outlet bank yang ada di luar negeri yang khusus dalam melayani remittance atau tercatat sebagai company partner bank lokal di Indonesia
  • Mengisi formulir pengiriman uang, dengan melengkapi dengan nama penerima, alamat serta nomor rekening tujuan
  • Memberikan formulir ke petugas yang bersangkutan supaya nanti proses transfer bisa dilanjutkan ke petugas back office
  • Nantinya dana yang dikirim akan langsung masuk ke rekening penerima dan langsung bisa ditarik secara tunai di kantor bank lokal yang ada di Indonesia


Lama Transfer Uang dari Amerika ke Indonesia

Berapa Lama Transfer Uang dari Amerika ke Indonesia

Mengirim atau mentransfer uang antar negara bisa menggunakan layanan berbagai bank yang ada di Indonesia. Karea mayoritas bank lokal sudah support fitur pengiriman internasional. Berikut beberapa pilihan bank lokal yang bisa kamu pilih dan lama waktu yang diperlukan :


BRIfast Remittance

Jasa layanan pengiriman valuta asing antar bank yang disediakan oleh Bank BRI. Ada berbagai fleksibilitas layanan BRI Remittance yang akan melayani kebutuhan pengiriman uang sobat kosnɡosan, baik untuk kepentingan bisnis dan kebutuhan pengiriman personal menggunakan Swift Code BRINIDJAXXX.

Berapa lama transfer uang dari amerika ke Indonesia menggunakan BRIfast Remittance? Transaksi yang realtime online, memungkin kamu mengirim uang dari luar negeri ke Indonesia hanya dalam hitungan detik saja. Jadi tidak perlu menunggu beberapa jam, apalagi sampai berhari-hari.

Apabila Transfer Ditujukan untuk penerimaan Tunai, maka si penerima bisa mengunjungi unit kerja BRI terdekat dan menyebutkan nomor PIN dan menunjukkan bukti identitas yang masih berlaku kepada petugas customer service.


Smart Remittance BNI

Incoming Transfer Remittance BNI account (ITR BNI account) yaitu transfer dari luar negeri (termasuk amerika serikat) yang ditujukan ke rekening BNI. Waktu yang diperlukan juga secar real-time online, artinya hanya menunggu hitungan detik sampai menit saja.

Jika penerima ingin mengambil secara cash, maka menggunakan BNI Wesel PIN, yang dapat diambil secara tunai di outlet BNI, Kantor Pos, Alfamart, Pegadaikan, Agen 46 dan agen pembayar BNI Wesel PIN lainnya.


Mandiri Incoming Transfer

Layanan ini untuk menerima dana dari luar negeri (termasuk amerika serikat) dengan kelebihan dan keuntungan seperti proses yang lebih cepat dan aman.

Sama dengan lama transfer bank lain, kamu juga hanya menunggu beberapa menit saja supaya dana nya sampai ke Indonesia


BCA Inward Remittance

Ketika menerima uang dalam bentuk IDR dari luar negeri melalui bank BCA, sobat kosngosan akan dikenakan biaya kredit ke rekening BCA sebesar 35k, untuk biaya pencairan tunai sebesar 150k, dan biaya sebesar 50k

Jika kamu mengirimkannya ke rekening bank selain BCA. Dana dapat sampai di hari yang sama, bahkan pada jam yang sama jika jaringan tidak sibuk.


Pakai Western Union

Kalau kamu ingin menerima uang dari Amerika Serikat menggunakan layanan Western Union, berikut beberapa proses yang harus kamu jalani :

Melacak uang transfer mu via laman WU.com

Kamu bisa melacak proses transfer melalui situs web WU.com dan masukkan nomor pelacakan (MTCN) untuk mengetahui info status terupdate

Mendatangi Agen Western Union Terdekat

Kalau kamu sudah menemukan informasi pengiriman uang yang sesuai, silakan datangi agen Western Union terdekat dan mengisi "formulir Terima Uang"

Mengisi Formulir Terima Uang

Kamu bisa mengisi formulir yang diminta, seperti nama pengirim, negara pengirim, perkiraan jumlah yang ditransfer, nomor pelacakan (MTCN), dan KTP.


Pakai PayPal

Salah satu favorit kami dalam mengirim uang dari amerika serikat ke Indonesia adalah dengan menggunakan paypal.

Syarat utama proses pengiriman uang lewat layanan ini adalah kedua pihak harus sudah punya akun paypal masing masing yang sudah terverifikasi. Pengirim akan mengirimkan saldonya melalui alamat email paypal si penerima.

Kalau kamu sudah punya rekening PayPal dan alamat emailmu sudah terverifikasi, maka kamu akan dapat saldo dari pengirim langsung dalam menit itu juga.

Setelah uang sampai di akun PayPal, kamu bisa mengirimkannya ke rekening bank lokal milik kamu dengan cara membuka Wallet terlebih dahulu (untuk panduan lengkapnya, kamu bisa googling atau tonton di youtube ya).

Baca juga : Aplikasi Pinjam Uang yang Bisa Dicicil


Bagian Konklusi

Pada akhirnya, sobat kosngosan tidak perlu khawatir lagi mengalami keterlambatan pengiriman uang dari luar negeri, khususnya dari negeri paman sam.

Kamu yang berada di luar negeri, karena menggunakan beberapa metode transaksi pembayaran yang semakin mudah dan nyaman.

Cukup menggunakan gadget di tangan, kalian sebenarnya sudah bisa mengirim atau menerima pembayaran sekalipun dari luar negeri secara real-time dengan biaya administrasi yang relatif ringan.

Semoga informasi diatas bisa bermanfaat, dan jangan lupa untuk klik tombol share dan bagikan artikel ini.

Oleh rezaharahap