Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Cara Merawat Dompet Kulit Supaya Awet

Dompet yang berbahan kulit memang menawan. Tapi dibutuhkan perawatan ekstra supaya bahan dasar kulitnya tidak cepat rusak. Lalu bagaimana tips menjaga dompet kulit agar tetap awet dan tahan lama? Pada kesempatan kali ini, kosngosan akan memberikan beberapa panduan sederhana yang bisa kamu terapkan sehari hari. Karena tempat menyimpan uang dan kartu itu bisa menjadi outfit yang membuat pribadimu terlihat elegan dan mewah, maka jangan menyepelekan penampilan alat yang satu ini ya!

Dompet merupakan benda penting yang dibutuhkan setiap orang. Ada yang berbahan kain, plastik dan juga kulit. Salah satu yang paling menawan memang dompet kulit, yang merupakan produk fashion yang sangat digemari banyak orang karena tampak lebih elegan dan mahal.

Tapi semakin bagus kualitas bahan dasarnya, biasanya semakin sulit juga perawatannya. Sehingga dompet yang berbahan kulit asli tentu saja memerlukan perawatan dan perhatian khusus supaya kualitasnya tetap bagus dan bertahan lama. Kamu tentunya tidak mau kalau wallet milikmu hanya bisa dipakai selama satu atau dua tahun saja, bukan?


Cara Merawat Dompet Kulit

cara merawat dompet kulit

Nah dari judul artikel diatas, tentu saja mimin kosngosan akan memberikan beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk merawat dompet kulit mu supaya tetap terlihat baru dan kamu juga tidak sering lagi gonta ganti dompet yang ujung ujung nya menguras kantong. Berikut tips singkatnya dari mimin :


1. Membersihkan dompet secara berkala

Dompet adalah benda yang sangat dekat dengan aktivitas kita sehari-hari. Akibatnya debu, noda dan kotoran akan menumpuk di dompet setiap harinya. Selain itu, dompet berbahan kulit juga dapat menyerap minyak dan lemak.

Oleh karena itu, dalam merawat dompet hendaklah dibersihkan secara berkala untuk menghindari dompet menjadi kusam dan berjamur, menjaga kualitas serta kelembapan material kulitnya. Membersihkan dompet berbahan kulit dapat dilakukan mandiri atau dengan menggunakan jasa untuk membersihkan dompet.


2. Menggunakan bahan dan alat pembersih khusus

Penggunaan bahan dan alat pembersih untuk merawat dompet kulit haruslah tepat, agar noda dan bakteri hilang dan dompet yang berbahan kulit tersebut tidak mudah rusak.

Bahan-bahan alami yang dapat digunakan untuk membersihkan dompet kulit ialah, seperti cuka, baking soda, perasan jeruk lemon, minyak kelapa atau minyak zaitun, serta kondisioner khusus bahan kulit.

Namun, dalam pengaplikasian kondisioner, hindari produk yang mengandung minyak petrolium, minyak munk, silikon, pelarut petrolium dan minyak sejenisnya. Karena bahan-bahan tersebut dapat meninggalkan noda dan merusak bahan kulit.

Selain itu, sobat kosngosan juga dapat menggunakan produk-produk yang menggunakan uap air panas tanpa resiko merusak material kulitnya. Hindari menggunakan detergen karena residu sabun dapat menutup pori-pori sehingga menyebabkan dompet menjadi kering dan pecah-pecah.

Gunakan kain microfiber ketika membersihkan dompet berbahan kulit. Karena, kain mirofiber adalah kain sintetis berbahan polyester dan polyamide yang mampu menangkap debu, kotoran, hingga bakteri dengan jumlah lebih banyak dibanding kain lap biasa. Sehingga penggunaan kain microfiber lebih efektif untuk membersihkan dompet berbahan kulit.


3. Membersihkan dompet dengan teliti

Membersihkan dompet berbahan kulit harus lebih berhati-hati. Langkah-langkahnya ialah :

• Gunakan campuran air bersih dengan sabun yang berbahan lembut dengan perbandingan 8:1, atau dapat juga menggunakan bahan-bahan alami seperti cuka, baking soda, perasan jeruk lemon, minyak kelapa atau minyak zaitun, serta kondisioner khusus bahan kulit.

• Tuangkan campuran tersebut ke dalam botol semprot.

• Semprotkan pada kain microfiber.

• Kemudian lap permukaan dompet searah alur serat bahan kulitnya.

• Setelah itu, biarkan dompet mengering seacara perlahan di tempat teduh atau tidak terpapar langsung dengan sinar matahari.


4. Menyimpan dompet dengan baik

Ketika tidak digunakan, simpanlah dompet di tempat kering, bersih, dan tidak lembab serta memiliki sirkulasi udara yang baik.

Bungkus dompet kulit dengan benar, agar dompet tidak mudah berjamur dan rusak. Simpan tas dengan menggunakan kantong penyimpan (dust bag). Kemudian, letakkan di dalam lemari, gunakan produk anti lembab seperti kamper atau slica gel.

Jangan menyimpan dompet yang berbahan kulit berdekatan atau menempel dan bertumpuk dengan dompet yang berbahan plastik.

Karena, motif dari dompet berbahan plastik yang berasal dari bahan pencelup akan menempel pada dompet yang berbahan kulit. Sehingga dompet yang berbahan kulit akan bernoda dan terlihat seperti jamur.

Jika, dompet sudah terlanjur berjamur, sobat kosngoѕan hanya tinggal membersihkannya dengan bahan pembersih yang sesuai dengan bahan dompet kita yang berbahan kulit, yaitu bahan alami atau produk khusus serta gunakan kain microfiber. Dan jika dompet terkena air segera keringkan.

Tidak hanya permukaan dompet yang perlu dirawat, akan tetapi resleting dompet agar tidak berkarat dan ujungnya tidak macet. Hal ini dapat dilakukan dengan menggosokkan lilin disekitar resleting dompet.

Selain itu, hindari meletakkan dompet di tempat yang terpapar sinar matahari secara langsung atau terlalu panas. Karena akan merusak material kulitnya sehingga berwarna gelap.


5. Menggunakan Bahan pelindung dompet agar awet

Selain membersihkan dompet dari noda, kuman atau bakteri dan kotoran, kita juga perlu menggunakan produk pelindung yang dapat menjaga kelembutannya.

Sehingga, tampilannya tetap tampak elegan dan baru. Banyak produk khusus maupun alami yang dapat digunakan. Pengaplikasiannya pun mudah, cukup diusapkan pada permukaan dompet.


6. Mengatur isi dompet dengan baik

Mengatur isi dompet dengan baik adalah langkah menjaga dompet dapat bertahan lama dan terlihat rapi. Selain itu, memudahkan kita menemukan sesuatu di dalam dompet.

Kebiasaan buruk yang dapat merusak dompet adalah malas memisahkan uang kertas dan koin. Seringkali kita memasukkan koin ke dalam dompet hingga menyebabkan dompet mengembung dan merubah bentuk dompet. Simpan uang kertas dan koin di tempat yang berbeda. Selain itu, simpan uang kertas sesuai dengan ukurannya.

Kemudian, jangan terbiasa memasukkan struk ke dalam dompet seperti struk restoran dan parkir, hingga membuat dompet berantakan dengan tumpukan struk. Periksa dompet setiap hari dengan mengatur dan memilah isi dompet agar rapi dan teratur.


7. Hindari mengisi dompet melebihi kapasitas

Merawat dompet agar tetap awet ialah menyesuaikan isi dompet dengan kapasitasnya. Kapasitas yang berlebihan dapat menyebabkan lapisan dompet menjadi cepat rusak dan bentuk dompet akan berubah serta merenggang seiring waktu.

Selain itu, dompet yang penuh akan sulit untuk dimasukkan ke dalam saku celana dan merusak kartu-kartu yang ada di dalam dompet. Caranya dengan memilah apa saja yang paling diperlukan, seperti uang, kartu identitas, kartu SIM, kartu transportasi, kartu asuransi kesehatan, kartu debit utama, kartu akses dan kartu ATM.


8. Hindari kebiasaan menduduki dompet

Kebiasaan buruk menduduki dompet ketika masih berada di dalam saku celana dapat merusak lapisan-lapisan dompet sehingga permukaan dompet tampak pecah-pecah dan terlipat berlebihan.

Mengeluarkan dompet terlebih dahulu sebelum duduk, tentu lebih nyaman. Atau sobat koѕngosan bisa menggunakan tas untuk menyimpan dompet ketika bepergian.


9. Hindari benda-benda yang tajam

Gunakan dompet dengan hati-hati dengan menjauhkannya dari benda-benda tajam seperti gunting, pisau, penggaris besi dan benda tajam lainnya agar dompet tidak tergores atau rusak. Selain hal tersebut, kebiasaan menyimpan kunci di dalam dompet juga dapat menyebabkan dompet berbahan kulit rusak dan robek.


10. Hindari kebiasaan mengoleksi terlalu banyak dompet

Beberapa orang memiliki kebiasaan dalam mengoleksi dompet. Akan tetapi, ini mengakibatkan akan ada banyak dompet yang disimpan dan tidak digunakan. Sehingga, dompet tersebut akan mudah berjamur jika tidak sering digunakan.

Sebaiknya, gunakan dompet paling tidak dua minggu sekali secara bergantian, atau keluarkan saja jika tidak digunakan untuk beberapa menit satu sampai dua kali dalam seminggu. Letakkan ditempat terbuka, tentu yang kering dan tidak terkena cahaya matahari secara langsung.

Setelah beberapa menit di luar tempat penyimpanan, simpan kembali dompet tersebut. Lakukan secara rutin, agar dompet tidak berjamur di permukaan bahan kulitnya. Atau sebaiknya, jangan terlalu banyak mengoleksi dompet

Tips lain yang bisa menjadi referensi mu yaitu :


11. Jangan letakkan dompet di saku celana belakang, apalagi kalau sering diduduki

12. Hindari dompet kulit terkena paparan sinar matahari langsung dan panas yang berlebih

13. Hindari terkena air langsung (baik air hujan, cipratan minuman dan lainnya)

14. Jangan masukkan uang kotor didalam dompet (untuk mencegah kotoran menempel)

15. Perbaiki ke servis ahli jika dompet kulit mu rusak


Baca juga : Daftar Pinjaman Online lewat Dompet Digital


Bagian Penutup

Punya banyak koleksi dompet dengan bahan kulit tentunya sudah bukan hal yang asing. Asalkan sobat kosngosan tetap menjaga dan merawat dengan baik ya.

Apalagi jika ada dalam koleksi kamu barang yang terbuat dari kulit asli. Memang susah-susah gampang, jadi jangan lupa perhatikan hal-hal diatas ya. Demikian, semoga bisa membantu, jangan lupa untuk klik tombol bagikan ke sosial media kalian ya

Oleh rezaharahap