Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengubah Sound TikTok Menjadi MP3

Kamu suka main tiktok? Pernah mendapati video dengan sound yang menarik, kemudian berniat ingin menjadikannya ringtone HP? Selain itu, kamu juga bisa menyimpan sound tersebut dalam format mp3 dan memainkannya secara offline. Dalam beberapa tahun terakhir, TikTok menjadi salah satu platform yang semakin dibanjiri pengguna dan tidak lagi menjadi sarana hiburan saja. Media bagi video pendek ini juga menjadi tempat berbagi informasi terupdate, edukasi, musik, life hack, tips and trick, kuliner, dan konten – konten seru lainnya.

Hampir semua konten Tiktok tersebut menggunakan audio atau backsound baik itu musik, efek, suara, instrumen, dan sejenisnya. Sehingga memang tidak heran jika banyak orang yang mencari tau bagaimana caranya mengubah sound Tiktok menjadi format MP3 dan disimpan ke galeri musik agar lebih mudah didengarkan.

Lalu pertanyaannya, apakah bisa mengubah sound TikTok menjadi format MP3? Jawabannya tentu bisa dong. Kamu dapat langsung mengunduh dan menyimpannya ke dalam ponsel, bahkan kamu bisa menggunakannya kembali menjadi backsound untuk video yang kamu edit, dan juga nada dering untuk panggilan masuk di telepon. Wah, menarik ya?

Bagaimana sih caranya? Dalam artikel kali ini kita akan membahasnya bersama. Berikut cara mengubah sound pada video TikTok menjadi Format MP3 di ponselmu. Untuk mengubah sound TikTok tersebut, ada dua cara yang bisa dilakukan. Kamu bisa memilih cara yang mana saja yang kamu anggap paling mudah dan simple.

Jika kamu memiliki aplikasi Telegram di ponselmu, kamu bisa juga kok memanfaatkannya sebagai media untuk mengunduh video Tiktok sekaligus mengubah format sound aslinya ke dalam format MP3 dengan menggunakan akun bot yang ada pada Telegram.

Namun jika kamu tidak memiliki aplikasi Telegram tersebut, kamu juga tetap bisa mengunduhnya melalui website sound TikTok downloader yang banyak tersedia di situs internet.

Kalau kamu ingin menggunakan aplikasi juga bisa kok. Tapi kamu harus mengunduhnya terlebih dahulu di Google Playstore dan menginstallnya.


Cara Convert Sound Tiktok Terbaru

Kita akan mulai dari beberapa cara yang direkomendasikan oleh mimin kosngosan dibawah ini, kalian bisa pilih salah satu dari beberapa cara yang akan dijelaskan, let's check these out!


Cara Mengubah Sound TikTok Menjadi Format MP3 Menggunakan Telegram

1. Hal pertama yang harus dilakukan adalah, pastikan kamu sudah memiliki aplikasi Telegram di ponselmu. Jika belum, kamu bisa mengunduh dan menginstallnya dari Google Playstore. Tunggu sampai instalasi selesai lalu masuk ke Telegram dengan nomor telepon yang kamu miliki.

2. Jika sudah, kamu bisa mencari dan menemukan video TikTok mana yang ingin kamu ubah backsoundnya menjadi format audio MP3. Ketuk saja tombol bagikan (yang berlogo seperti tanda panah di bawah kolom komentar).

3. Pilih bagikan melalui menu “Salin tautan” yang tertera pada layar. Maka otomatis link video Tiktok yang kamu pilih tadi sudah tersalin pada clipboard.

4. Sekarang buka aplikasi Telegrammu dan ketikkan pada kolom search atau pencarian “TikTok Video Downloader”.

5. Jika sudah berhasil menemukannya, klik saja hingga masuk ke dalam bot dan ketuk menu “Mulai”.

6. Paste kan link atau tautan video TikTok yang sudah kamu copy sebelumnya lalu pencet tombol kirim.

7. Akan tampil beberapa menu yang disajikan, kamu pilih dan ketuk saja opsi “Musik”.

8. Tunggu beberapa saat sampai proses pengunduhan musik tadi selesai.

9. Jika sudah, klik tanda titik tiga di samping sound TikTok yang sudah berhasil kamu unduh tadi. Akan muncul beberapa pilihan, kamu klik saja “Simpan di Musik”. Maka otomatis sound tersebut kini sudah tersimpan di galeri musikmu.

10. Selesai.


Cara Mengubah Sound TikTok Menjadi Format MP3 Tanpa Aplikasi

a. Menggunakan ssstik.io

1. Pertama, kamu bisa langsung membuka aplikasi TikTok pada ponselmu dan temukan video mana yang ingin kamu unduh musik atau audionya.

2. Ketuk tombol share atau bagikan, dan pilih “Copy Link” agar tautan tersalin pada clipboard.

3. Sekarang buka google atau chrome yang tersedia pada ponselmu, lalu ketikkan pada kolom pencarian situs “ssstiktok mp3”. Atau kamu bisa mengaksesnya melalui tautan berikut ini https://ssstik.io/download-tiktok-mp3

4. Jika sudah menemukannya, masuk ke website dan paste kan tautan video TikTok yang sudah kamu salin tadi.

5. Kemudian, akan muncul beberapa menu baru dengan background warna biru muda di bawahnya. Kamu pilih saja yang opsi “Download MP3”.

6. Tunggu proses pengunduhan sampai selesai lalu simpan file audio tadi ke dalam perangkat ponsel yang kamu gunakan.

7. Selesai, kini kamu sudah berhasil mengunduh sound video TikTok tanpa perlu menggunakan aplikasi tambahan.

b. Menggunakan MusicallyDown

1. Buka aplikasi TikTok pada ponselmu lalu cari video yang ingin kamu simpan audionya ke dalam format MP3. Caranya hampir sama, yakni salin tautan pada menu share atau bagikan di bawah kolom komentar.

2. Setelah itu, buka chrome atau aplikasi browser sejenisnya yang kamu miliki pada ponsel dan pergi ke website musicaldown.com, lalu klik hingga muncul laman baru.

3. Tempelkan salinan link yang telah kamu copy tadi pada kolom yang telah disediakan. Kemudian klik tombol unduh dibawahnya.

4. Akan muncul beberapa opsi setelahnya. Ada opsi MP4 dan MP3 (MP4 untuk video, dan MP3 untuk musik). Karena kamu ingin menyimpannya ke dalam format audio maka, pilih saja opsi “Unduh MP3 Sekarang”.

5. Klik lagi tombol “Unduh MP3 Sekarang” untuk kedua kalinya, lalu tunggu beberapa saat.

6. Sekarang proses pengunduhan file MP3 sedang berlangsung, kamu tinggal menunggunya hingga selesai dan tada! Sekarang format audio yang kamu inginkan tadi sudah tersimpan di perangkat ponselmu.

7. Selesai.


Cara Mengubah Sound TikTok Menjadi Format MP3 Menggunakan Aplikasi Tambahan

a. Menggunakan Song Downloader

Aplikasi yang bisa kamu coba pertama adalah Song Downloader – Song Tik, buatan Baj dengan ukurannya yang cukup ringan untuk perangkat ponsel yakni sebesar 5,3 MB saja. Langkah – langkah penggunaanya sebagai berikut :

1. Buka Google Playstore atau App Store, lalu unduh dan install aplikasinya sampai tersimpan pada perangkat ponselmu.

2. Kemudian, cari video Tiktok yang ingin kamu simpan audionya ke dalam format MP3.

3. Salin tautan video pada bilah menu share atau bagikan.

4. Tempelkan tautan video yang sudah kamu salin tadi ke kolom song downloader yang sudah disediakan.

5. Setelah itu, klik opsi “Download musik” dan tunggu sampai proses pengunduhan audio selesai.

6. Selesai, sound yang kamu inginkan tadi sudah berhasil diunduh dan telah tersimpan otomatis pada ponselmu.

b. Menggunakan Aplikasi SnapTik

Bukan hanya dapat mengunduh video dari TikTok saja, kini kamu juga bisa menyimpan sound atau musik dari video TikTok ke dalam format MP3 dengan mudah dan praktis.

Aplikasi ini memiliki ukuran yang lebih besar daripada aplikasi sebelumnya, yakni sebesar 9,2 MB dan bisa kamu temukan pada Google Play atau App Store. Berikut langkah – langkah penggunaannya :

1. Setelah kamu unduh aplikasi SnapTik via Play Store atau App Store, silahkan install sampai aplikasi terpasang pada perangkat ponselmu.

2. Kemudian buka aplikasi TikTok dan pilih sound pada video yang ingin kamu simpan nantinya.

3. Salin tautan video pada menu share atau bagikan hingga link tersalin pada clipboard.

4. Kemudian, buka aplikasi SnapTik tadi dan tempelkan link yang telah tercopy tadi pada kolom yang sudah tersedia.

5. Klik opsi “Download Music (MP3)” lalu tunggu sampai proses pengunduhan selesai.

6. Kini sound atau audio yang kamu inginkan sudah tersimpan di ponsel dan bisa kamu dengarkan sesuka hati.


Mengubah Sound Tiktok dengan Record Audio

Pilihan terakhir yang sedikit agak repot, tapi worth it untuk dilakukan adalah dengan menggunakan aplikasi record audio dari bawaan hp.

Kemudian buka audio record dari aplikasi itu, dan buka video tiktok nya, dan otomatis nanti aplikasi record akan menyimpan audio dari video tiktok tersebut. Tapi pastikan kamu berada di tempat yang senyap, sehingga tidak ada backsound yang mengganggu nantinya. Gimana, kamu bisa coba beberapa cara diatas, bukan?

Kamu juga bisa tonton video panduan bagaimana cara mengubah sound tiktok menjadi mp3 di channel youtube kosngosan dibawah ini, tinggal klik tombol play dan mainkan tutorialnya :

Baca juga : Cara buat Video Slow Motion ala TikTok


Kata Penutup

Sobat kosngosan yang juga pasti ingin membuat konten TikTok karena melihat kreator nya yang keren dan punya banyak follower, bisa mengikuti tips diatas ya.

Mungkin juga jika kalian mempunyai bisnis, pemasarannya juga bisa menggunakan tik tok dengan pengemasan yang keren seperti video disana.

Semoga tips mengubah sound diatas bisa bermanfaat ya, jangan lupa untuk klik tombol share dan bagikan artikel ini di sosial media kalian ya, terimakasih banyak

Oleh rezaharahap