Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Brosur Bimbingan Belajar yang Menarik

Punya usaha les privat atau bimbingan belajar? Kamu butuh desain brosur sebagai media promosi untuk memperkenalkan jasamu tersebut kepada calon klien, baik murid atau orangtuanya. Bimbingan belajar atau sering disingkat dengan bimbel merupakan suatu kegiatan belajar yang ditujukan untuk siswa atau kalangan tertentu yang bertujuan untuk memberikan bimbingan pendidikan yang sesuai dengan bakat, minat, dan kebutuhan mereka. 

Bimbel juga bermanfaat untuk memberikan solusi kepada siswa dalam mengatasi masalah atau kesulitan belajar di sekolah formal, sehingga mereka dapat menemukan cara yang efektif dan efisien untuk memecahkan problematika pada pelajaran yang diberikan guru di sekolah.

Bimbel umumnya dilakukan di luar sekolah pada jam – jam tertentu. Seperti bimbel di malam hari, di hari weekend, atau bahkan Bimbel Online. Di jaman sekarang ini, sudah banyak sekali berbagai macam bimbel baik untuk siswa SD hingga SMA. 

Tetapi sebenarnya tidak hanya pelajaran sekolah saja. Untuk kursus private bisa saja sobat kosngosan menawarkan pembelajaran tentang bidang lain, seperti olahraga, musik atau keahlian lain yang dinilai penting untuk perkembangan karier si anak.

Nah untuk memperluas jangkauan bisnis bimbingan belajarmu, kamu butuh yang namanya brosur. Brosur menurut Wikipedia adalah media yang dibuat secara tidak berkala yang bisa saja terdiri dari satu hingga sejumlah kecil halaman, berdiri sendiri (tidak berhubungan dengan terbitan lain), dan selesai dalam sekali terbit. Biasanya punya sampul, tetapi tidak pakai jilid keras. Pengertian brosur menurut UNESCO yaitu media terbitan tidak berkala yang tidak dijilid keras, lengkap satu kali terbitan.


Contoh Brosur Bimbingan Belajar

Supaya postingan ini bisa langsung to the point, buat teman teman yang penasaran seperti apa contoh desain brosur yang kami sajikan, silahkan scrool saja kebawah, kamu bisa save gambarnya bila ingin disimpan dan dijadikan sebagai rujukan :


Desain Brosur Bimbel Format Photoshop

contoh brosur bimbel psd

Contoh desain brosur bimbel diatas menjadi salah satu yang bisa sobat kosngosan unduh secara gratis dan diedit sesuai kebutuhan menggunakan aplikasi Photoshop, dengan format PSD 

Download Brosur Bimbingan Belajar format Photoshop Disini

Setelah klik, kamu akan diarahkan pada laman baru berupa safelink, tunggu beberapa detik sampai tombol "download" muncul dan kamu akan diarahkan ke media penyimpanan google drive, file bisa langsung di-download)


Contoh Brosur Bimbel Lainnya

contoh brosur bimbingan belajar


Desain Brosur Bimbel Lainnya
 
desain brosur bimbingan belajar

Desain Brosur Bimbel Lainnya
 
contoh brosur bimbingan belajar


Desain Brosur Bimbel Lainnya
 
desain brosur bimbingan belajar


Desain Brosur Bimbel Lainnya
 
contoh brosur bimbingan belajar


Desain Brosur Bimbel Lainnya
 
desain brosur bimbingan belajar


Desain Brosur Bimbel Lainnya
 
contoh brosur bimbingan belajar


Desain Brosur Bimbel Lainnya
 
desain brosur bimbingan belajar


Desain Brosur Bimbel Lainnya
 
contoh brosur bimbingan belajar


Desain Brosur Bimbel Lainnya
 
desain brosur bimbingan belajar


Desain Brosur Bimbel Lainnya
 
contoh brosur bimbingan belajar


Tips Membuat Brosur Bimbel

Dari beberapa contoh broser diatas, mungkin sobat kosngosan sudah punya preferensi untuk membuat brosur sendiri. Dan supaya usaha bimbel dapat dikenal banyak orang, tentunya kita harus membuat brosur yang baik dan menarik. Berikut beberapa tips membuat desain brosur bimbel :


1. Gunakan Headline atau Judul Yang Menarik

Judul adalah hal pertama yang dibaca orang ketika melihat brosur kamu. Judul atau headline yang menarik dapat membuat orang penasaran terhadap apa yang kamu tawarkan. 

Cara membuat judul brosur yang menarik sebenarnya mudah, mulailah dengan mencari alternatif atau kata kunci yang bisa mewakili masalah yang biasa dialami banyak orang. 

Karena tema brosur ini adalah untuk mempromosikan bimbel, maka kamu bisa menggunakan kalimat seperti, “Ingin lolos SBMPTN dengan mudah? Gabung segera di bimbel kami dan dapatkan materi SBMPTN terlengkap!”.


2. Ketahui Dengan Baik Target Sasaran Yang Dituju

Tips mendesain brosur selanjutnya adalah, ketahui dengan pasti siapa audience atau target pemasaran yang ingin kamu tuju. 

Karena jika kamu membuat brosur yang tidak sesuai dengan target, maka tentunya tidak akan efektif dan waktu juga danamu akan terbuang percuma saja. 

Lakukan riset kecil untuk menentukan siapa saja target bimbelmu nantinya. Apakah siswa sekolah dasar, menengah, atau siswa SMA yang ingin meneruskan ke jenjang perkuliahan.


3. Cantumkan Testimonial Dari Pelanggan

Poin yang satu ini juga cukup penting untuk dicantumkan dalam sebuah brosur. Terutama bagi tempat bimbel yang memang sudah buka dalam waktu yang cukup lama dan terkenal

Serta telah mengajar banyak peserta didik sebelumnya. Pasalnya, testimonial client dapat menarik perhatian pelanggan untuk mengetahui lebih jauh mengenai bimbel yang kamu buka. 

Kebanyakan orang selalu mencari tanggapan dan pendapat terlebih dahulu dari pelanggan yang pernah menggunakan jasa bimbel tersebut. Pastikan juga sobat kosngosan menulis testimonial secara professional, jelas, dan terfokus pada bidang yang ditawarkan.


4. Singkat dan Informatif

Siapkan konten tulisan yang sesingkat mungkin namun tetap bisa membuat pelanggan memahami inti dari pesan atau maksud yang disampaikan dalam brosur.

Jangan sampai brosur penuh dengan tulisan yang sekiranya tidak terlalu perlu untuk dimasukkan sehingga pesan pentingnya menjadi sulit dipahami. 

Jangan lupa juga untuk mencantumkan info penting lainnya seperti kontak yang bisa dihubungi, alamat lokasi, e-mail atau website dan lain sebagainya. Hal ini akan memudahkan mereka untuk menjangkau dan menghubungi bimbelmu nantinya.


5. Atur Tulisan Dengan Tepat dan Baik

Sangat penting untuk menata dan mengatur tata tulisan dalam sebuah brosur. Brosur yang rapi, jelas, informatif, dan mudah dibaca akan terlihat lebih professional di mata customer. 

Aturlah hal – hal penting dalam tulisan seperti font yang digunakan, gaya font, infografis, text box, poin – poin penting dan gambar – gambar yang mendukung. 

Umumnya, jenis font paling popular yang biasa digunakan dalam pembuatan brosur adalah Times New Roman, Garamond, Georgia, Palatino, Bookman, dan Courier. Pastikan juga ukuran font yang digunakan tidak lebih kecil dari 10 sehingga menghindari tulisan kekecilan dan sulit dibaca.

Baca juga : Desain Brosur Handcraft Terbaik


Bagian Akhir

Memulai jasa dibidang pendidikan seperti bimbel memang bisa menjadi pilihan karir yang solid bagi sobat kosngosan yang memiliki keahlian untuk dibagikan dan keinginan untuk mendapatkan uang dengan jam kerja yang fleksibel.

Cara kali ini semoga bermanfaat sebagai titik awal yang kalian butuhkan untuk membantu untuk meluncurkan bisnis dengan tepat. Share artikel ini ya, trims

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya