Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Brosur Kerajinan Tangan untuk Promosi

Brosur kerajinan tangan bisa menjadi salah satu media promosi yang efektif. Kerajinan tangan atau biasa disebut dengan "kriya" "hastakarya" atau handcraft merupakan suatu kegiatan seni yang menitik-beratkan pada hasil keterampilan tangan untuk membuat dan mengolah suatu produk yang memiliki fungsi pakai maupun fungsi estetika dan juga nilai jual yang punya value ekonomis. 

Produk Kriya ini bisa dibuat dari berbagai macam bahan yang bisa kita temukan dil lingkungan sekitar, seperti misalnya dari batu, tanah, kayu, logam, kain, daun kering, bambu, dan bahkan ada yang dari limbah sampah. 

Kerajinan yang memiliki nilai estetika tinggi, kualitas yang bagus dan tingkat pembuatannya yang semakin sulit akan membuat harganya jauh lebih mahal di pasaran.

Sekarang ini sudah banyak sekali orang – orang yang membuka usaha di bidang kriya atau kerajinan tangan. Untuk memasarkannya mereka biasa menggunakan sosial media yang mereka miliki. Ada juga yang menggunakan cara offline yakni dengan menawarkan langsung atau menggunakan brosur. 


Contoh Brosur Kerajinan Tangan Menarik

Berdasarkan judul postingan diatas, kosngosan akan memberikan beberapa contoh desain brosur tentang mempromosikan kerajinan tangan untuk dijual atau diperkenalkan kepada pembaca, misalnya kerajinan dari sabut kelapa, dll, semoga bisa menjadi referensi buat kalian ya. Check these out!


Contoh Desain Brosur Kerajinan tangan Photoshop

contoh desain brosur kerajinan tangan psd 

Preview brosur promosi kerajinan tangan diatas menjadi salah satu desain yang bisa sobat kosngosan download dan edit sesuai kebutuhan menggunakan aplikasi Photoshop, karena formatnya PSD 

Download Desain Brosur Kerajinan Tangan Photoshop Disini

Nantinya kalian diarahkan pada laman tab baru safelink, tunggu beberapa detik sampai tombol "download" muncul dan kamu akan diarahkan ke media penyimpanan google drive, file akan bisa langsung di-download)


Contoh Brosur Kerajinan tangan lainnya

contoh desain brosur kerajinan tangan 

Contoh Brosur Kerajinan tangan

contoh brosur kerajinan tangan 

Desain Brosur Kerajinan tangan

contoh desain brosur kerajinan tangan   

Desain Brosur Kerajinan tangan

contoh brosur kerajinan tangan  


Desain Brosur Kerajinan tangan

contoh desain brosur kerajinan tangan 

Contoh Desain Brosur Kerajinan tangan

contoh brosur kerajinan tangan


Tips Membuat Brosur Kerajinan Tangan

Brosur yang baik tentunya mampu menarik perhatian dari calon pembeli nantinya. Berikut beberapa tips dalam mendesain brosur kerajinan yang yang menarik :


1. Berikan Headline Yang Unik

Judul atau headline yang menarik sangat mempengaruhi emosi pelanggan saat membaca brosur yang kamu buat. Buatlah judul yang mampu membuat orang lain penasaran untuk mencoba produkmu. 

Misalnya seperti, “Butuh souvenir cantik dan unik dengan harga affordable?” Atau, “Butuh miniatur cantik untuk dijadikan pajangan di rumahmu?” dan lain sebagainya. 


2. Sebutkan Benefits Dari Produk Yang Kamu Tawarkan

Jangan hanya memberikan penjelasan atau deskripsi panjang mengenai produk saja. Daripada desain brosurmu penuh dengan kalimat penawaran dari produk, lebih baik kamu juga menyertakan beberapa manfaat atau benefits yang bisa didapatkan oleh pelanggan jika memakai produk yang kamu jual. 

Hal ini akan membuat mereka mengetahui dengan jelas mengapa mereka harus mencoba produk yang kamu tawarkan. 

Karena disini membahas tentang brosur kerajinan tangan, maka sobat koѕngosan bisa menjelaskan manfaat atau nilai fungsi dari kriya tersebut. 

Misalnya keset dari kain perca, vas bunga yang permukaannya dihiasi kolase kulit telur, tas dari koran dan lain sebagainya. Beberapa barang tersebut pasti memiliki nilai fungsi tersendiri dalam rumah tangga.


3. Disarankan Lebih Menonjolkan Produk Unggulan

Jika kamu menampilkan lebih dari 1 produk dalam sebuah brosur, maka akan sangat bagus jika kamu memfokuskan pada 1 atau 2 jenis produk saja. 

Penonjolan ini bisa kamu lakukan dengan membuat foto produk unggulan dua atau tiga kali lebih besar daripada ukuran gambar produk yang lain sehingga orang akan mudah menangkap perbedaannya. 

Jangan sampai ketika kamu ingin menjual semua produk, namun ternyata tidak ada satupun yang berhasil dibeli konsumen. 

Kamu juga harus menemukan cara untuk menyampaikan kepada konsumen bahwa produk yang kamu tawarkan merupakan pilihan terbaik dibandingkan produk dari kompetitor diluaran sana. Semakin pelanggan yakin, maka akan semakin tertarik juga mereka untuk mencoba produk yang kamu jual.


4. Gunakan Pemilihan Gambar Dengan Kualitas Terbaik

Pemilihan gambar juga menjadi tips penting dalam pembuatan desain brosur. Sobat kosngoѕan bisa mengusahakan memilih gambar atau foto yang memiliki kualitas terbaik (tidak buram, kabur atau semacamnya) sehingga ketika diletakkan pada brosur, akan tetap dapat dilihat dengan jelas oleh konsumen. 


5. Berikan Penjelasan Yang Relevan dan Informatif

Tips selanjutnya adalah mengenai pemberian pesan dan informasi di dalam brosur yang kamu buat. Hindari memberikan penjelasan yang berbelit – belit atau tidak perlu. 

Hal itu hanya akan membuang waktu dan memakan tempat pada brosur. Berikan konten dengan tulisan yang singkat namun dapat mencakup keseluruhan yang penting dalam produk. 

Jangan lupa juga untuk menyertakan info kontak, alamat lengkap, email, website, sosial media, dan lain sebagainya agar konsumen lebih mudah untuk menghubungimu.

Baca juga : Ide Kerajinan dari Batok Kelapa


Bagian Akhir

Usaha kerajinan tangan bisa menjadi peluang bisnis yang menjajikan bagi sobat kosngosan sekalian. Terlebih apabila kegiatan membuat kerajinan tangan ini menjadi salah satu hobi yang kamu telah sukai. 

jelas mencari uang sambil menjalankan hobi adalah suatu kesenangan yang luar biasa, bukan? Demikian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat buat kalian ya, terimakasih jangan lupa untuk klik tombol share di bawah ini

Oleh rezaharahap