Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20 Contoh Kerajinan dari Sabut Kelapa yg Prospektif

Apa saja contoh dari kerajinan yang terbuat dari sabut kelapa? Buat kamu yang ingin memulai usaha dengan memanfaatkan limbah kelapa, salah satunya adalah coco fiber. Siapa yang tidak kenal dengan sabut kelapa, yaitu kulit dari buah kelapa yang memiliki serat. Sabut kelapa banyak terdapat disekitar kita dan akan menjadi limbah yang tidak berguna apabila dibiarkan begitu saja.

Padahal limbah sabut kelapa ini jika dimanfaatkan bisa menambah nilai ekonomis atau nilai guna dalam pemakaiannya. Seperti pembuatan kerajinan yang dapat dipakai dalam kehidupan sehari-hari.

Sabut kelapa bisa diuraikan terlebih dahulu menjadi serat sabut. Kemudian serat sabut inilah yang akan digunakan sebagai bahan utama dalam pembuatan berbagai produk kerajinan.

Biasanya sabut kelapa yang berasal dari kelapa tua lebih sering dipakai karena memiliki serat yang lebih bagus, kokoh, tebal, dan lebih awet.


Contoh Kerajinan Sabut Kelapa

Berdasarkan judul dari artikel kosngosan kali ini, maka kita akan membahas beberapa contoh peluang usaha modal kecil yang berbasis kerajinan dan berasal dari sabut kelapa.

Adapun beberapa macam kerajinan yang dihasilkan dari kelapa adalah sebagai berikut :


1. Keset kaki

Keset kaki yang terbuat dari sabut kelapa sudah kerap digunakan. Daya serap keset ini baik dan juga mudah kering. Keset kaki ini sering diletakkan di depan pintu rumah, apalagi yang ada kreasi tulisan “Welcome”, “Selamat Datang” dan lain sebagainya. Kamu juga bisa bikin variasi tulisan di keset kaki sesuai kebutuhanmu lho.


2. Sapu

Sapu dari sabut kelapa menjadi salah satu keterampilan yang sudah diperjualbelikan di pasar. Sabut yang digunakan biasanya berasal dari bagian sabut yang halus juga tipis.

Kumpulan sabut itu dirangkai lalu disatukan ke badan sapu. Jadilah peralatan rumah tangga yang siap di pakai untuk kebersihan.


3. Pot Bunga/Cocopot

Pot bunga dengan berbagai macam bentuk dari sabut kelapa juga sudah sering ditemukan berjejer di depan rumah-rumah warga.

Ada yang bulat, kotak, juga pot bunga yang bisa digantung dan lainnya. Awalnya kulit kelapa yang baru saja dikupas langsung diletakkan dalam pot bunga begitu saja, terutama pada bunga anggrek.

Namun kini, ide-ide pengolahan berkembang untuk membuat yang lebih praktis dan bermutu. Selain dari nilai keestetikaannya

Pot bunga atau cocopot ini lebih ramah lingkungan dan mampu menyerap air dengan baik hingga mempertahankan suhu dan kelembaban tanah. Juga memilki unsur hara yang baik untuk tanaman.


4. Tali Tambang

Ada juga yang dapat mengolahnya menjadi tali tambang. Sabut kelapa ini terlebih dahulu dijadikan coco fiber atau telah dipisah dari kulit terluar yang keras dan sudah direndam dengan air terlebih dahulu.

Lalu sobat kosngosna bisa mem-milin secara manual, juga bisa menggunakan mesin pemintal. Ukuran tebal dan panjangnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan.


5. Cocopeat

Pemanfaatan sabut kelapa yang telah menjadi serat sabut sebagai media tanam atau yang disebut cocopeat. Cocopeat ini cocok untuk media pembibitan tanaman sebagai pengganti tanah karena juga memiliki unsur hara yang baik untuk tanaman.

Bisa menggunakan tray semai sebagai wadah penanaman bibit sebelum ditanam di lokasi akhir. Memakai cocopeat ini mempermudah pemindahan hasil semai tanaman tersebut ke lokasi akhir.


6. Mainan Kunci

Mainan kunci dengan berbagai bentuk yang lucu dan unik. Bisa dijadikan souvenir dan buah tangan untuk kerabat. Atau serat sabut yang telah dihaluskan dibuat karakter boneka kartun, lalu dijadikan gantungan kunci atau gantungan di tas.


7. Tas

Serat yang berasal dari sabut kelapa juga bisa dibuat jadi tas oleh tangan-tangan kreatif para pengrajin. Tas selempang untuk wanita juga berbagai model tote bag dengan desain yang unik dan cantik.

Bahkan tali yang berasal dari sabut kelapa itu juga bisa dijadikan tas. Dengan cara rajut atau dibentuk langsung mengikuti kain lapis bagian dalam tas (furing).


8. Dompet

Hampir sama dengan proses pembuatan tas. Pembuatan dompet berbahan dasar sabut kelapa ini juga dapat dibentuk jadi dompet, hanya ukuran nya saja yang berbeda. Dompet lebih kecil. Disertakan dengan aksesoris yang menambah nilai kerajian semakin tinggi.


9. Hiasan Dinding /Pajangan

Kreatifitas seniman dalam pembuatan hiasan dinding dari sabut kelapa menjadi pajangan bak sebuah lukisan. Di beberapa tempat umum seperti cafe, rumah makan, warung tradisional juga dapat dibuat pajangan kerajinan sabut kelapa agar terlihat lebih etnik dan estetik.


10. Bantal

Coco fiber halus dari sabut serat sudah bisa jadikan sebagai isian bantal. Berbagai bentuk karakter menarik bahkan dijadikan boneka tidur untuk anak.

Kecanggihan peralatan mesin yang tercipta membuat sabut kelapa terolah menjadi serat sabut yang halus, lembut dan juga bersih. Sehingga bisa dijadikan isian bantal pengganti dakron maupun kapuk.

Bagi sobat kosngosan yang takut tungau pada kapuk atau alergi pada bahan dakron bisa mencoba bantal dengan isian dari sabut kelapa.

Pasalnya sabut kelapa mudah kering dan tidak menyimpan debu sehingga mudah dibersihkan dengan menjemur langsung pada panas matahari.

Banyaknya variasi motif sarung bantal bisa dipakai untuk bantal kursi yang siap menghiasi ruang tamu juga lho.


11. Kasur

Sama halnya dengan bantal. Serat sabut kelapa juga bisa dijadikan isian kasur. Ada juga yang menambahkan getah karet agar lebih empuk.

Berkat daya serap sabut kelapa ini cukup baik, ada juga yang sengaja menambahkan aroma terapi agar kasur tetap wangi dan segar membuat kita nyaman dan tidur dengan nyenyak.


12. Jok Motor

Semakin berinovasi, jok motor juga sudah bisa dijadikan dari bahan sabut kelapa. Sebagai penanggulangan limbah kulit kelapa dari perkebunan, kerajinan untuk isian jok motor menjadi salah satu yang dapat meningkatkan nilai ekonomis dari sabut kelapa.


13. Tikar

Sabut kelapa juga bisa dijahit menjadi sebuah tikar sebagai alas untuk tempat duduk yang bisa kita gulung dan bawa kemana-mana.

Berbagai ukuran dari yang kecil, sedang hingga besar. Dan ketebalannya juga disesuaikan dengan kebutuhan permintaan pasar.


14. Peredam Getar dan Suara

Sabut kelapa ini ternyata juga bisa digunakan untuk peredam suara dan getar, biasanya untuk ruangan musik agar tidak bising kedengaran keluar. Kandungan serat yang terdapat pada kulit kelapa ini bisa membuat ruang kedap suara.


15. Sarang Burung

Meski terdengar sepele, pemanfaatan sabut kelapa sebagai sarang burung juga sudah diminati para pecinta burung. Bahkan sudah banyak dijual dipasaran.

Sarang burung buatan ini mampu melembabkan dan menghangatkan telur burung. Sehingga para pecinta burung tidak khawatir karena burung akan merasa seperti di alamnya sendiri. Kamu juga bisa berkreasi sendiri membuat sarang burung yang khas bentuknya.

Begitu banyak pemanfaatan yang bisa sobat kosngosan ambil dari limbah kelapa ini. Mengingat pohon kelapa tersebar diberbagai daerah terutama daerah pantai, sabut kelapa hanya tertinggal dibawah pohon yang dibiarkan membusuk.

Hanya membutuhkan ide dan keuletan pengrajin, maka aneka kerajinan pun akan tercipta. Seiring berkembangnya teknologi, olahan sabut kelapa juga akan menghasilkan produk yang semakin bagus dan berkualitas.

Sehingga permintaan pasar ekspor tidak hanya pada bahan mentah dari serat sabut saja tetapi bisa memproduksi kerajinan-kerajinan yang lebih tinggi nilai jualnya.

Beberapa kerajinan lainnya yang bisa kamu manfaatkan adalah sebagai berikut :

16. Boneka dari Serat Kelapa

17. Campuran Pupuk Kandang

18. Mainan Kunci dari Sabut Kelapa

19. Sapu dan Alat Kebersihan

20. Media Rambat Tanaman Hias

Baca juga : Contoh Kerajinan Tempurung Kelapa


Kata Penutup

Limbah seperti kelapa tidak selamanya hanya menjadi sampah yang tidak berguna, dengan sedikit kreatifitas, peluang untuk mengubah produk dari yang tidak bernilai bisa dirubah menjadi 'mesin penghasil uang' apabila sobat kosngosan mau belajar.

Salah satu contohnya adalah sabut kelapa. Sabut kelapa yang tidak bernilai, masih bisa disulap menjadi barang bermanfaat. Semoga bermanfaat, jangan lupa untuk klik tombol share dan bagikan artikel ini ke sosial media kalian ya

Oleh rezaharahap