Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Email untuk Kepentingan Bisnis yang Terbaik

Adanya email untuk kepentingan bisnis, seperti penawaran kerjasama merupakan suatu hal yang sangat penting dalam kelangsungan bisnis perusahaan. Karena seperti yang sobat kosngosan ketahui, sebuah bisnis tentunya tidak bisa dilakukan sendirian atau perseorangan. Kamu perlu melakukan kerjasama dengan pihak lain agar bisnis yang dijalankan semakin kuat, memiliki banyak partner dan relasi, mencapai tujuan dan visi misi yang dikehendaki, serta mampu menghasilkan keuntungan yang lebih besar.

Email bisnis adalah surat elektronik yang fungsinya adalah sebagai media pengirim informasi bisnis melalui perantara perangkat yang terhubung dengan jaringan internet.

Lalu, Bagaimana sih caranya mengajukan email penawaran kerjasama dengan perusahaan lain? Electronic mail bisnis ini digunakan untuk mengirim jenis data, berupa file teks, gambar, audio ataupun video.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan email pengajuan atau penawaran kerjasama. Dengan adanya internet maka muncul lapangan bisnis yang baru antara lain jasa kirim email bisnis.

Surat elektronik ini menjadi alat komunikasi penting bagi semua bidang usaha. Surat elektronik juga menjadi media penting yang bisa menghubungan pihak satu dengan yang lainnya sebelum melakukan kerjasama.


Contoh Email Kepentingan Bisnis Terbaik

contoh email kepentingan bisnis


Kecanggihan teknologi telah memudahkan pelaku usaha untuk melangsungkan kerjama usahanya tanpa repot repot lagi mengadakan pertemuan, seperti membuat MoU Kerjasama Bisnis.

Cukup kirim email, dan dalam artikel kali ini, kosngosan akan membahas tentang contoh surat elektronik tentang kerjasama bisnis dan bagaimana sih caranya menulis surat penawaran kerjasama yang baik? Simak dibawah ini :


Contoh Email untuk Kerjasama Bisnis

Contoh 1

Subjek : Penawaran Kerjasama Bisnis

Isi Email :

Yth,

PT MAJU PERKASA

Kami CV. KOSNGOSAN merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang penyewaan alat – alat berat untuk konstruksi proyek. Melalui email yang kami kirimkan ini, kami berniat menawarkan proposal kerjasama kepada anda untuk menjadi supplier alat berat yang nantinya dapat digunakan di setiap kebutuhan proyek PT MAJU PERKASA.

Kami memiliki berbagai macam alat berat yang telah terjamin kualitasnya. Untuk informasi lebih detailnya, kami akan melampirkan dokumen yang berisi spesifikasi produk alat – alat berat yang kami miliki. Selain itu, anda juga bisa mengunjungi website kami di www.alatberatterangabadi.com mengenai informasi seputar pelayanan dan pengalaman kerja kami.

Atas perhatian dan kerjasamanya, kami mengucapkan banyak terima kasih. Kami berharap, semoga kerja sama ini dapat terjalin dengan baik agar kita dapat meraih kesuksesan bersama.

Hormat Kami,

Reza Harahap S.T

Direktur Utama


Contoh 2

Subjek : Penawaran Kerjasama

Isi email :

Yth,

Pengelola RM Nikmat Nusantara

Jalan Citarum No. 09

Bandung

Dengan ini kami dari CV. Kurir Amanah Express yang bergerak dalam bidang pelayanan jasa antar barang atau dokumen dan transportasi di Kota Bandung, maka kami bermaksud untuk menawarkan jalinan kerjasama antar pesanan kuliner yang Bapak/Ibu jual.

Demikian surat penawaran kerjasama ini yang dapat kami sampaikan. Apabila ada informasi yang ingin diketahui lebih lanjut, Bapak/Ibu bisa menghubungi kami di nomor (022) 1183 74 atau di email: ojekexpress.amanah@gmail.com. Atas perhatian dan kerjasama Bapak/Ibu kami ucapakan banyak terima kasih.

Hormat Kami,

Dedi Kiswara

Direktur Utama


Contoh 3

Subjek : Penawaran Kerjasama

Isi Email :

Yth,

Direktur PT. Makmur Indah Kosngosan

Dengan hormat,

Sehubungan dengan adanya pembukaan cabang baru dari perusahaan kami, PT Bintang Karya, yang beralamat di Jalan Jend. Supratman No. 19 Yogyakarta, maka melalui email ini kami bermaksud untuk mengajukan penawaran kerjasama dengan PT Makmur Indah Kosngosan untuk menjadi supplier peralatan kantor di perusahaan baru kami tersebut.

Kami telah mendengar informasi bahwa perusahaan saudara menyediakan kebutuhan dan peralatan kantor yang bagus dan berkualitas. Kami berharap dengan adanya surat penawaran kerjasama ini, saudara dapat menyetuji tawaran kami. Untuk info lebih lanjut, saudara bisa menghubungi kami di nomor telepon 022 – 998543 atau pada website www.bintangkaryaoffice.com mengenai detail perusahaan kami.

Demikian email penawaran yang kami buat untuk dapat dipertimbangkan. Atas perhatian dan kerjasamanya, kami sampaikan terimakasih.

Hormat Kami,

Revansa Budi Santoso

Direktur Utama


Contoh 4

Subjek : Penawaran Kerjasama Bisnis

Yth,

PT Karya Kosngosan Abadi

Jln. Ikan Mujair Nomor 49

Jakarta Timur

Dengan hormat,

Kami dari PT Sejahtera Jaya dengan datangnya surat ini bermaksud untuk mengajukan penawaran kerjasama bisnis kepada PT Karya Utama Abadi untuk menjadi salah satu distributor resmi produk – produk kamu yang berupa peralatan kantor.

Apabila PT. Karya Koѕngosan Abadi bersedia dalam penawaran ini, maka kami akan memberikan kompensasi yang sebanding. Mengenai mekanisme kerjasama yang akan dilakukan, akan kami jelaskan lebih lanjut apabila PT. Karya Utama Abadi tertarik dengan kerjasama yang kami tawarkan.

Demikian surat penawaran kerjasama ini kami buat, atas perhatian dan kerjasamanya kami sampaikan banyak terima kasih.

Hormat Kami,

Latifah Indah Pratiwi

Direktur Utama


Contoh 5

Hal : Penawaran Kerjasama

Yth,

Pimpinan CV. Cita Rasa Nusantara

Jln. Sendu Sendani No.05, Jakarta Timur

Dengan hormat, saat ini perusahaan kami, PT. Cendekia Rasa baru saja memulai kegiatan produksi kue dan olahan makanan ringan lainnya selama 2 bulan terakhir dengan jumlah permintaan produksi yang semakin meningkat tiap minggunya. Hal ini membuat kami cukup kesulitan untuk mendapatkan bahan baku terutama tepung dan bahan lainnya yang kami butuhkan dalam produksi.

Oleh karena itu, dengan datangnya surat ini kami bermaksud untuk mengajukan permohonan kerjasama dengan CV. Cita Rasa Nusantara untuk menjadi distributor bahan baku perusahaan kami. Mekanisme bentuk kerjasama akan kami jelaskan lebih lanjut jika perusahan Bapak/Ibu tertarik dengan penawaran yang kami berikan.

Demikian surat ini kami sampaikan. Atas perhatian dan kerjasama Bapak/Ibu kami sampaikan terima kasih.

Hormat Kami,

PT. Cendekia Rasa


Cara Menulis Email Penawaran Bisnis Yang Benar

Untuk menulis email penawaran bisnis yang ditujukan untuk perusahaan lain tentu ada beberapa aturan baku yang harus diperhatikan. Karena dari tata cara penulisan email inilah akan mencerminkan bagaimana suatu perusahaan, lembaga atau instansi. Berikut beberapa cara untuk menulis email penawaran bisnis yang benar :


1. Menggunakan Alamat Email Yang Professional

Alamat email yang professional maksudnya adalah email resmi yang memang dimiliki oleh sebuah perusahaan. Dengan menggunakan email bisnis yang professional

Hal ini tentunya akan membuat presentase email ditanggapi lebih besar ketimbang menggunakan email pribadi. Selain itu email yang professional akan menumbuhkan kepercayaan dari si penerima nantinya.


2. Gunakan Bahasa Yang Formal

Penggunaan bahasa yang formal dan sopan tentunya sangat penting dalam penulisan email penawaran kerjasama sobat kosngoѕan.

Hal ini akan mencerminkan bahwa perusahaan pengirim adalah perusahaan yang baik reputasinya sehingga bisa diterima dengan baik dan tidak menimbulkan masalah kedepannya.


3. Gunakan Subject Email

Jangan lupa juga untuk mengisi subject email dengan jelas dan mewakili isi email yang ditulis. Sesuaikan judul atau subjek dengan isi emailnya agar ketika dibaca terkesan sinkron dan nyambung.

Misalnya jika kamu mengajukan proposal penawaran tentang peralatan kebutuhan kantor maka subjeknya adalah “Proposal Penawaran Peralatan Kantor”.


4. Gunakan Salam Pembuka Yang Pas

Penggunaan salam pembuka sifatnya sangat wajib dalam kegiatan surat menyurat resmi dan tidak boleh sampai dilupakan.

Beberapa contoh salam pembuka yang umum digunakan seperti : Assalamualaikum, Yang Kami Hormati, Dengan Hormat, Yang Terhormat, dan lain sebagainya.


5. Perkenalkan Identitas Perusahaan

Hal ini juga sangat penting sehingga si penerima email nantinya dapat mengetahui surat tersebut berasal dari mana dan kepentingannya apa.

Apalagi jika kamu memang belum pernah mengirim surat sebelumnya dan pengirim email belum mengenal tentang diri atau perusahaan kamu.


6. Isi To The Point Saja

Untuk isi email bisa langsung kamu masukkan pada intinya saja sehingga tidak perlu banyak basa – basi dan berbelit – belit. Jadi informasi dan maksud dari surat dapat langsung diterima dengan jelas dan lugas oleh si penerima email.

Baca juga : Cara Buat Email baru di HP


Kata Akhir

Perkembangan teknologi informasi memang sudah semakin canggih, melangsungkan kerjasama usaha pun sekarang sudah banyak yang melalui e-mail. Para pelaku bisnis saat ini tidak perlu mondar-mandir lagi untuk menggelar suatu hubungan usaha yang mengikat.

Dan semoga contoh diatas, bisa memberikan penjelasan yang cukup kepada sobat kosngosan.com ya. Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa untuk tekan tombol bagikan dan kirim ke sosial media mu supaya teman teman yang lain juga bisa membaca nya

Oleh rezaharahap